Manfaat Biotin untuk Kecantikan dan Penggunaannya dalam Kosmetik

manfaat biotin untuk kecantikan

Penggunaan micronutrient dalam produk perawatan kecantikan sudah bukan hal baru lagi. Sebagai contoh, kamu pasti dengan mudah menemukan vitamin E dan vitamin C sebagai kandungan skincare, ataupun hair care. Nah, selain kedua vitamin tersebut, biotin juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, loh!

Pada dasarnya tubuh manusia secara alami dapat memproduksi nutrisi sendiri. Namun, seiring dengan pertambahan usia, perubahan hormone, genetika, paparan radikal bebas, dan kondisi lingkungan yang kian memburuk, kemampuan tersebut pun akan kian menurun.

Karena itulah, berbagai merek kecantikan akhirnya menciptakan produk dengan kandungan nutrisi, seperti vitamin dan mineral untuk membantu memberikan suntikan gizi tambahan pada kulit.

Biotin, sebagai salah satu vitamin yang berperan penting terhadap kesehatan kulit, rambut, dan kuku adalah contohnya. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis produk perawatan kecantikan yang menyematkan nama ‘biotin’ dalam komposisi produk mereka.

Nah, lantas bagaimana sih peranan biotin dalam merawat kecantikan kulit? Serta bagaimana penggunaannya dalam kosmetik?

Apa itu Biotin dan Dari Mana Asalnya?

biotin

Biotin, juga dikenal sebagai vitamin B7, adalah vitamin B kompleks yang larut dalam air yang berkontribusi pada fungsi metabolisme, saraf, pencernaan, dan kardiovaskular yang sehat. Sangat penting untuk memetabolisme lemak dan karbohidrat dan bekerja secara sinergis dengan asam pantotenat (vitamin B5) untuk memperkuat rambut, meningkatkan ketebalan kuku dan mencegah rambut bercabang dan menipis.

Beberapa makanan yang paling kaya biotin termasuk hati, ragi Brewer, kuning telur, roti gandum, alpukat, salmon, keju, pisang, dan kacang-kacangan. Sebagian besar individu sehat menerima biotin dalam jumlah yang cukup melalui diet mereka. Namun, wanita hamil dan menyusui mungkin memerlukan peningkatan biotin karena tubuh mereka memecahnya lebih cepat.

Manfaat Biotin untuk Kecantikan Kulit, Rambut, dan Kuku

Telah kita singgung sebelumnya bahwa biotin memiliki manfaat yang baik untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit, rambut, maupun kuku. Lantas, bagaimana sebenarnya micronutrient ini bekerja?

Rambut

Vitamin B membantu menciptakan asam amino yang menghasilkan bentuk keratin (yang sebagian besar terdiri dari rambut kita). Sehingga ketika kita mengonsumsinya dalam dosis kecil atau mengonsumsi makanan kaya biotin, tentu dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan sedikit meningkatkan kekuatannya.

Tapi pertanyaan sebenarnya adalah: Bisakah mengonsumsi suplemen biotin membuat rambut tumbuh?

Sayangnya, menurut penelitian ini, hasilnya cukup tipis. Namun, penelitian lain menunjukkan keberhasilan bila digunakan selama periode tiga bulan bersamaan dengan seng, silika, vitamin C, dan protein laut. Kelompok ini melaporkan lebih sedikit kerontokan, rambut lebih tebal, lebih kuat, dan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat.

Kulit

Mirip dengan pengaruhnya terhadap penampilan rambut, biotin menghasilkan asam lemak yang menutrisi kulit untuk mempertahankan warna kulit yang cerah.

Ketika lapisan luar pelindung kulit tidak seimbang, kulit kering dan dehidrasi dapat muncul. Ini membantu dalam produksi sel-sel baru dan membantu kelenjar minyak berfungsi dengan baik, menghasilkan kondisi kulit yang sehat.

Kuku

Untuk kuku yang lebih kuat, sains sebenarnya setuju dengan yang satu ini. Studi klinis telah menunjukkan bahwa mengonsumsi biotin sebenarnya dapat memperkuat kuku yang lemah dan rapuh.

Sebuah penelitian di Swiss menunjukkan peningkatan ketebalan pelat kuku sebesar 25 persen pada mereka yang memiliki kuku rapuh yang mengonsumsi pil biotin setiap hari.

Ini adalah kabar baik terutama bagi mereka yang penggigit kuku kronis atau sering mengunjungi salon kuku yang mungkin mengalami kuku tipis dan rapuh akibat terlalu banyak memakai varietas akrilik.

Adakah Efek Samping Biotin untuk Kesehatan dan Kecantikan?

Tidak hanya diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung manfaat biotin, tetapi juga untuk mendukung gagasan bahwa kelebihan biotin dapat menyebabkan masalah pada seseorang yang rentan berjerawat. Jaliman mengatakan lonjakan jerawat akibat mengonsumsi biotin bisa jadi terkait dengan ketidakseimbangan vitamin.

Melansir dari Byrdie, para ahli menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen secara berlebihan akan membuat asupan vitamin B tidak seimbang. Karenanya, meskipun ini tidak terjadi pada semua orang, jika kamu melihat peningkatan jerawat setelah memulai biotin, perlu dipertimbangkan ini sebagai pemicu.

Namun, hinga kini untuk penggunaan topical (dioleskan pada luar kulit) kandungan ini tak menyebabkan efek samping yang berbahaya. Justru biotin dapat membantu merawat kulit, menjaganya agar terhidrasi dengan baik, serta mampu meningkatkan tekstur kulit pengguna.

Penggunaan Biotin dalam Kosmetik

Penggunaan biotin dalam kosmetik sendiri sudah cukup umum. Vitamin yang berperan penting untuk mendukung kesehatan kulit, ramut, dan kuku ini banyak digunakan dalam skincare, haircare, hingga body care.

Melansir dari Cosmily, Biotin sendiri sudah tercantum dan digunakan pada 139 produk perawatan kecantikan kulit dan rambut, loh. Seperti yang ada dalam tangkapan layar berikut ini.

penggunaan biotin dalam kosmetik

Dari data di atas, tampak biotin ditemukan dalam berbagai jenis produk, termasuk perawatan kulit wajah, tubuh, dan rambut. Mengapa biotin begitu penting dalam perawatan kecantikan? Sederhana saja, tubuh kita dapat menghasilkan keratin penting hanya jika ada cukup biotin – vitamin kuat untuk kulit – di dalam organisme.

Keratin protein adalah zat tanduk yang berharga, yang tanpanya kulit, rambut, dan kuku akan menjadi lemah dan rentan terhadap pengaruh luar. Rambut tipis, kasar atau bahkan rambut rontok, kuku rapuh dan kondisi kulit yang rusak akan menjadi konsekuensinya.

Sementara itu, banyak sampo dan kondisioner berkualitas tinggi yang mengandung biotin tersedia di pasaran. Itu juga terkandung dalam banyak pengeras kuku kosmetik. Kuku mendapatkan kekuatan dan juga tumbuh lebih cepat.

Produk yang sesuai biasanya mengandung seng, yang juga memperkuat efek positifnya. Seng adalah elemen jejak yang memberikan kelembapan pada kulit, memperkuat kuku, dan dapat mencegah kerontokan rambut.

Membuat Produk Perawatan Kecantikan Berkandungan Biotin dengan Merek Sendiri

Melihat banyaknya manfaat biotin untuk kecantikan, apakah kamu tertarik untuk menciptakan produk kosmetik dengan merek milikmu sendiri dengan kandungan satu ini?

Mengingat bersama Mash Moshem Indonesia, menciptakan produk kosmetik tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mendiskusikan berbagai kebutuhan dan konsep produk yang kamu inginkan bersama tim pemasaran kami.

Setelah itu, tim formulator kami yang akan membantumu merancang dan membuat sample produk sesuai dengan bahan-bahan yang kamu inginkan. Dari sample tersebut, kamu bisa memeriksa kesesuaian produk dan mengajukan revisi bila tak sesuai dengan ekspektasimu.

Seusai pembuatan sample, kami juga akan langsung mengurus semua keperluan administrasi dari merek maupun produk yang kamu buat bersama kami. Mulai dari legalitas BPOM, sertifikasi tambahan seperti HAKI merek dan produk, Halal Kosmetik, Vegan, hingga sertifikasi HSA Singapura.

Sementara itu tim kreatif kami akan membantumu merancang desain kemasan produk, termasuk komponen branding seperti pemilihan warna dan pembuatan logo merek. Semakin lengkap, kami juga memberikan pelayanan aftersales untuk menciptakan media promosi bagi produkmu, seperti product knowledge (FAQ), video produksi, foto produk, dan banyak lainnya.

Kamu hanya perlu klik Contact Us untuk memulai membuat produkmu dengan jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment