Cara Mendaftarkan Toko Online di Google Maps, Mudah Banget!

Kamu punya bisnis online dan mau meningkatkan penjualanmu? Yuk coba daftarkan toko onlinemu di Google Maps. Jadi, meskipun tokomu online, kamu tetep bisa mendaftarkan tokomu di situs ini.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika tokomu masuk dalam pencarian di Google, dan tentunya akan berdampak pada omzetmu loh!

Terlebih cara mendaftarkan usahamu di Google Map ini terbilang cepat dan mudah. Hal ini juga cukup efektif untuk membantu perkembangan bisnis, tertarik buat mencobanya?

Nah, sebelum kita bahas lebih jauh, kamu harus tahu dulu nih definisi dari layanan Google Maps ini, simak baik-baik ya!

Apa Google Maps itu?

Google Maps merupakan layanan pemetaan situs tempat atau lokasi yang telah dikembangkan oleh perusahaan Google. Nah, layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, dan panorama 360 derajat, serta jelas bisa dilihat dari situs Google.

Google Maps juga memberikan atau memberitahukan kondisi lalu lintas hingga perencanaan rute untuk bepergian dengan mobil, sepeda, angkutan umum, ataupun bahkan jalan kaki. Melihat dari kecanggihan Google Maps ini, bisa dilihat bahwa aplikasi pencari ini cukup populer ya!

Terlebih aplikasi ini memudahkan orang-orang untuk mencari lokasi tertentu, bahkan jika kamu baru mengunjungi satu lokasi tersebut. Nah untuk sekarang, Google Map tidak hanya memudahkan pencarian lokasi, namun juga bisa membantu mengembangkan bisnismu, terutama bisnis online.

Kemudian, bagaimana cara mendaftarkan toko di Google Maps ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Cara Mendaftarkan Toko Online di Google Maps Via Desktop

Yang pertama, cara yang bisa kamu lakukukan adalah mendaftarkan toko onlinemu di Google Maps menggunakan browser melalui laptop atau PC. Kamu bisa simak langkah-langkah berikt ini:

  • Buka browser yang kamu miliki, seperti Chrome, Firefox, Opera, atau situs yang lainnya.
  • Kemudian masuk ke Google Search, kemudian cari Google Maps di sana.
  • Ketika muncul tampilan Google Map di layar, klik pada tiga baris yang ada dibagian pojok kiri atas, dan klik tambahkan tempat bisnis atau add your business.
  • Setelah itu, kamu bisa isi pop up yang lengkap dan jelas, biasanya akan muncul berupa pertanyaan seperti: nama, tempat, alamat, katagori, email, nomor telepon, website, dan gambar lokasi terbaru.
  • Nah, kamu bisa atur pada pointer untuk memudahkan pencarian seperti pop up. Klik ‘submit’.
  • Kamu bisa periksa Gmail akun kamu, jika memang data sudah masuk, maka kamu akan mendapatkan keterangan pada email, berupa data-data yang sudah dimasukkan pada pop up sebelumnya.
  • Namun, jika ternyata kamu tidak mendapatkan email berarti data yang dimasukkan gagal disimpan dan ulangi lagi sampai kamu berhasil.
  • Jika ada email yang masuk ke gmail kamu, maka data-data yang sudah dimasukkan akan ada beberapa keterangan berhasil bahwa Google telah mengkonfirmasi dan me-review alamat email yang terdaftar.
  • Namun kamu perlu mengetahui jika untuk menunggu lokasi rumah atau lokasi usaha yag di daftarkan masuk, prosesnya cukup lama.
  • Biasanya pendaftaran ini membutuhkan waktu beberapa hari sampai lokasi toko online yang kamu daftarkan bisa aktif.
  • Jika sampai beberapa minggu ternyata data yang sudah kamu masukkan dan masih belum aktif, maka kamu bisa mencoba menghubungi pihak Google.

Nah, saat kamu sudah melakukan kedua cara berikut dan sudah terdaftar di Google, maka nama toko bisnismu atau toko onlinemu akan muncul di laman pencarian. Sehingga peluang kamu untuk mendapkan traffic pengunjung yang lebih banyak. Bisa jadi, setelah pendaftaran ini omzet dari toko onlinemu juga bisa lebih meningkat!

Cara Mendaftarkan Toko Online di Google Maps Melalui Ponsel

Nah, setelah penjelasan pendaftaran toko online melalui komputer di atas, sekarang kamu bisa mencoba mendaftarkan usaha onlinemu melalui ponsel android.

Caranya juga cukup mudah dilakukan, yang penting kamu memiliki jaringan internet yang stabil di ponsel kamu. Nah, yuk simak langkah-langkah berikut ini:

  • Yang pertama harus kamu lakukan adalah memastikan kamu memiliki aplikasi Google Maps, jika tidak unduh terlebih dahulu di Play Store.
  • Kemudian kamu buka aplikasi Google Maps dan aktifkan lokasi pada mode notifikasi, lalu klik ‘ya’.
  • Lalu klik pada tanda titik tiga baris di bagian pojok kiri atas, dan pilih menu ‘Tambahkan Tempat’.
  • Setelah itu akan muncul form yang harus diisi lengkap sesuai dengan keterangan nama tempat, alamat, katagori, dan lainnya.
  • Lalu, kamu bisa mencoba membagikan lokasi tersebut melalui media atau aplikasi chatting.
  • Nah, proses ini Google akan melakukan review permintaan tambahan lokasi toko online milikmu.
  • Kemudian permintaan ini akan ditinjau oleh Google selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu.
  • Jika sudah berhasil terdaftar, kamu bisa menemukan lokasi dengan mudah. Kamu bisa membagikan lokasi kamu ke beberapa teman dan relasi bisnismu.

Keuntungan dan Manfaat Mendaftarkan Lokasi Toko Onlinemu di Google Maps

Kamu harus sadar bahwa keuntungan Google Maps ini tidak bisa dipisahkan dari para pelaku bisnis. Tentunya kamu bisa sangat dibantu dengan adanya lokasi yang terdaftar di Google Maps terhadap toko onlinemu.

Nah, apa saja sih keuntungan yang kamu bisa dapatkan jika menampilkan lokasi di aplikasi Google Maps? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Tidak Dipungut Biaya / Gratis

Hal yang gratis dan tidak dipungut biaya apapun tentunya akan menguntungkan untuk kamu yang telah memiliki bisnis. Terlebih kamu bisa menemukan lokasi toko di pencarian Google tanpa harus mengeluarkan biaya promosi sama sekali.

Nah, Google Maps bisa menjadi solusi untuk kamu dalam meningkatkan penjualan dengan biaya yang gratis. Kamu hanya cukup mendaftarkan bisnismu atau toko onlinemu di Google maps dan mengikuti alur pendaftarannya secara detail. Sehingga saat melakukan pendaftaran ini, toko online kamu bisa muncul pada halaman di Google.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mendaftarkan toko online di Google maps yaitu bisa menugkatkan rangking lokal di Google search. Saat kamu mendaftarkan toko online di Google Maps, kamu bisa mendapat privilage karena Google akan membantu memunculkan toko onlinemu di halaman pencariannya.

Semakin tinggi taffic pengunjung, maka tidak menutup kemungkinan kamu bisa menaiikan omzet yang kamu dapatkan.

Menampilkan Informasi dari Toko Online

Saat konsumen mencari toko tertentu, mereka biasanya menginginkan informasi mengenai alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Kamu bisa menampilkan semua informasi yang berkaitan dengan toko online atau bisnis, dimana informasi itu memang dibutuhkan oleh konsumen.

Biasanya informasi mengenai alamat lokasi, website, nomor telepon, jam operasional, foto, deskripsi bisnis, hingga beberapa ulasan yang diberikan pengunjung lain terhadap tokomu. Jadi, janhan malas untuk memberikan informasi di Google Mapsmu ya!

Nah, tampilan lokasi usaha kamu akan lebih terlihat menarik jik kamu memberikan informasi tang lebih detail saat kamu mendaftarkan toko online di Google Maps.

Tampilan ini akan muncul biasanya berupa kontak box, dimana itu akan memuat informasi alamat, jam operasional, website, dan nomor telepon.

Bisa Mendapatkan Wawasan Baru dari Google Analytics

Google akan memberikan database yang lengkap yang bisa memberikan keuntungan pada konsumen ataupun kepada pemilik bisnis. Nah, jika kamu memiliki toko online, kamu bisa melihat informasi penting seperti jumlah kunjungan, asal kunjungan, demografi pengunjung, hingga memberikan informasi tindakan yang dilakukan konsumen.

Dengan adanya data-data tersebut, kamu akan dibantu untuk melihat seberapa banyak calon konsumen yang mencari toko onlinemu yang sudah kamu daftarkan tersebut. Sehingga kamu bisa menilai keputusan apa atau promosi apa yang akan kamu lakukan untuk perkembangan bisnismu.

Ingin tahu lebih banyak soal Google Analytics, cek infonya di sini.

Mampu Menambah Sales Marketing

Marketing atau pemasaran ini merupakan langkah penting yang bisa kamu lakukan sebagai pelaku bisnis. Salah satunya dengan melakukan promosi di media internet, agar lebih banyak calon konsumen potensial bisa mengetahui toko onlinemu.

Google Maps bisa membantu tim marketing untuk promosi dengan maksimal. Caranya dengan mengisi profil bisnis secara lengkap, update promo, atau mengadakan event di saat-saat tertentu. Kamu juga bisa meng-upload foto-foto menarik yang di dalamnya terdapat display dari bisnistoko onlinemu.

Nah, inilah cara mendaftarkan toko onlinemu di Google maps. Kamu bisa mencoba cara ini untuk bisa meningkatkan brand awareness dari toko online yang sedang kamu jalani. Semog artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu ya, terima kasih semuanya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment