Shopee Video: Penjelasan, Jenis, Tips, dan Cara Membuatnya!

Pada aplikasi Shopee ada fitur menarik yang bisa dipakai oleh semua pengguna setia aplikasi ini. Fitur tersebut adalah Shopee Video, dimana fitur ini memungkinkan kamu bersosialisasi dengan sesama pengguna Shopee melalui Video.

Mungkin belum banyak yang tahu mengenai fitur baru ini, karena fitur ini belum sepenuhnya bisa diakses oleh orang-orang. Saat ini, Fitur khusus dari SHopee ini hanya tersedia hanya untuk pengguna terpilih, sehingga kamu perlu tahu penjelasan lebih lengkap dari fitur ini.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu Shopee Video, apa saja keuntungannya, dan bagaimana cara membuatnya. Dengan begitu, kamu perlu menyimak artikel ini dengan seksama, sehingga akan memudahkanmu saat menggunakan Shopee Video!

Apa Pengertian dari Shopee Video?

Shopee Video merupakan sebuah fitur terbaru dari Shopee, dimana setiap penggunanya dapat berbagi foto ataupun video layaknya aplikasi hiburan lainnya. Ya, fitur ini mirip dengan aplikasi Tik Tok, Helo, dan aplikasi sejenis.

Fitur ini akan menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih menarik menggunakan video produk. Dalam video bisa menjelaskan produk dengan baik, sehingga akan memudahkan konsumen dalam mengetahui produk tersebut. Fitur ini juga akan memberikan hasil gambaran yang tepat saat pembeli ingin membeli produk tersebut.

Shopee Video nyatanya cukup berhasil dan sangat berguna dalam mendemonstrasi produk, mulai dari cara pakai, kelebihan, dan penjelasan yang lainnya. Dengan adanya video ini, produk bisa tergambar dengan sempurna dan menurunkan kemungkinan barang return.

Jenis dari Shopee Video

Dengan menggunakan fitur Shopee tersebut, kamu bisa mencoba banyak teknik dalam menyajikan produk. Biasanya dalam fitur ini dibagi menjadi dua macam video produk untuk menggaen konsumen potensial. Dan tentunya video ini akan memperjelas gambaran produk dari barang yang kamu jual. Nah dua macam jenis video ini dijelaskan sebagai berikut:

Video Deskrisi

Saat kamu melakukan video deskripsi produk, video ini akan menyahikan fitur dan detil dari produk tersebut. Kamu bisa mengambil beberapa angel sudut dari produk, bahkan rekaman yang close up.

Biasanya video deskripsi ini digunakan pada produk fashion, perhiasan, kosmetik, ataupun produk yang dibuat dari materia khusus seperti kulit. Dalam video juga bisa dijelaskan mengenai keunggulan, kelebihan, dan kualitas produk tersebut.

Video Demonstrasi

Dalam video demonstrasi, kamu bisa menunjukkan tata cara pemakaian produk secara singkat dan sederhana. Sebagai penjual kamu mampu menjelaskan langkah-langkah pemakaian dari produk tersebut.

Video demostrasi biasanya digunakan untuk menjelaskan produk elektronik, alat masak, dan lainnya. Dengan adanya video ini, diharapkan konsumen bisa paham betul mengenai cara kerja sebuah produk yang ingin mereka beli.

Tips Membuat Shopee Video

Dalam artikel ini ada beberapa tis yang bisa kamu coba saat membuat Shopee Video sebuah produk. Tips ini bisa kamu gunakan ketika sedang mengedit atau mendesain sebuah produk agar terlihat lebih bagus dan bermanfaat. Simak penjelasan berikut ini ya guys!

Membuat Perencanaan

Perencanaan ini bisa kamu buat secara sederhana, dan meliputi penelasan tentang apa saja yang hendak kamu tayangkan dalam video. Kamu bisa merekap produk dengan sudut-sudut yang tepat, kemudian dikombinasikan dengan pengambilan video secara close up.

Menentukan Panjang Durasi Video

Shopee Video biasanya tidak lebih dari 1 menit. Dalam durasi tersebut, kamu harus bisa menjelaskan sebuah produk sevara singkat, padat, dan jelas. Terlebih pengambilan video yangdengan durasi yang efektif akan memberikan informasi yang maksimal pada konsumen.

Kualitas Video

Kualitas dalam membuat video juga perlu kamu perhatikan. Kamu bisa menentukan sendiri apakah pengambilan video menggunakan smartphone atau kamera. Tentunya kedua alat tersebut menentukan kualitas dari video yang kamu buat.

Pencahayaan

Beberapa orang mungkin meremehkan hal yang satu ini. Namun pencahayaan merupakan salah satu elemen penting dalam membuat Video pemasaran. Meski tidak menggunakan pencahayaan yang pro, namun kamu bisa menggunakan alat bantu pencahayaan yang lain. Karena adanya pencahayaan ini akan membuat produkmu terlihat lebih jelas.

Background

Background sendiri akan masuk dalam video yang kamu buat, sehingga kamu memerlukan background yang membantu mempercantik produk yang kamu jual. Kamu bisa memakai latar belakang yang simple dan tidak ramai, sehingga orang-orang akan lebih berfokus pada produk ataupun instruksi dari pengguna.

Adanya Teks Pendukung

Option ini bisa juga kamu tampilkan untuk memaksimalkan penyampaian tentang produkmu. Adanya teks pendukung ini. Teks pendukung ini bisa berupa tulisan sederhana, misalnya manfaat produk, ataupun instruksi dari cara pemakaian sebuah produk.

Latar Musik

Latar musik juga bisa kamu butuhkan untuk menyempurnakan videomu. Berikan musik yang tidak terlalu kencang atau bahkan menutupi suara penjelasan dalam video. Sehingga kamu bisa menyesuaikan sendiri musik seperti apa yang akan kamu masukkan dalam video ini.

Ketentuan Video Produk

Shopee Video juga memiliki beberpaa ketentuan yang wajib kamu ikuti. Video yang akan diupload haus sesuai dengan aturan, yaitu memiliki waktu 10-60 detik. Memiliki format MP 4, berukuran maksimal 30MB, dengan resolusi maksimal 1280 X 1280px.

Cara Membuat Akun Shopee Video

Sebagai penjual, pada aplikasi Shopee tentunya sudah muncul fitur Shopee Video. Nah, untuk membuat akun Shopee Video ini kamu bisa melakukan step-step seperti berikut:

  • Buka aplikasi Shopee terlebih dahulu dan pastikan ponselmu tersambung pada jaringan internet.
  • Kemudian setelah berhasil, masuk ke tampilan utama Shopee, dan langsung saja klik menu Shopee Video pada bagian tengah, bawah sendiri.
  • Setelah itu, kamu tinggal lanjut pilih menu profil pada bagian pojok kanan atas untuk melakukan Daftar Akun terlebih dahulu.
  • Dalam langkah ini akan memunculkan beberapa menu tersedia, kamu cukup klik Daftar.
  • Kamu kemudian membuat username atau nama pengguna di Shopee Video ini.
  • Selanjutnya, isi biogradi tentang kamu, ataupun tentang tokomu sendiri.
  • Setelah semua kamu isi, kamu langsung klik Simpan dan kamu bisa langsung memulai membuat Shopee Video.

Cara Upload Shopee Video

Jika kamu kreator yang akan membuat video di Shopee Video, kamu bisa melakukan langkah berikut untuk mengunggah video yang telah kemu ciptakan. Caranya sebagai berikut:

  • Untuk memasukkan video produk melalui aplikasi Shopee, kamu bisa klik tombol Tambah Produk Baru di halaman Toko Saya.
  • Kemudian klik Tambah Foto dan unggah gambar cover produk.
  • Setelah itu klik Tambah Foto/Video dan pilih video produk yang ingin kamu unggah.
  • Kamu bisa menambahkan data produk misalnya Nama Produk, Deskripsi, Kategori, Harga, dan sebagainya.
  • Sementara jika kamu ingin memasukkan video dari produk yang telah ada. Kamu bisa klik tombol Produk Saya.
  • Kemudian klik tombol Ubah dari produk yang kamu inginkan.
  • Selanjutnya klik Tambah Foto/Video untuk mengunggah video pilihanmu.

Cara Menggunakan Shopee Video

Cara menggunakan Shopee Video juga terbilang cukup mudah. Kamu menonton video jika kamu sebagai pengguna, dan kamu bisa membuat video jika kamu sebagai kreator. Nahinilah cara menggunakan video di Shopee yang perlu kamu tahu.

  • Kamu bisa mengganti pilihan tab Temukan, Mengikuti, dan Untuk Anda dengan cara menggeser layar ke kanan/kiri.

Kegunaan Tab Temukan untuk menampilkan hastag ataupun video yang sedang trending dan event yang berlangsung pada fitur tersebut.

Sementara, Tab Mengikuti untuk menampilkan video dari akun atau kreator yang kamu ikuti.

Tab Untuk Anda akan menampilkan rekomendasi video berdasarkan ketertarikanmu atapun dari pengguna Shopee yang lainnya.

  • Kamu bisa mengganti Mengikuti dan Untuk Anda dengan cara: Geser layar ke kanan/kiri atau pilih tab Mengikuti atau tab Untuk Anda di bagian atas halaman.
  • Untuk melihat video selanjutnya, kamu bisa menggeser layar ke atas, dan geser layar ke bawah untuk kembali pada video sebelumnya.
  • Untuk me-refresh video, kamu bisa menggeser layar ke bawah pada video pertama atau bisa me-tab pilihan judul Untuk Anda.
  • Untuk menghentikan atau putar video, kamu bisa ketuk layar satu kali untuk menghentikan video. Dan untuk memutar video kembali juga bisa ketuk layar satu kali juga.

Nah, inilah beberpaa penjelasan mengenai Shopee video yang telah kamu baca pada artikel ini. Kamu tentunya sudah mengetahui penjelasan, keuntungan, dan cara membuatnya untuk bisnismu. Kamu bisa mencobanya sendiri, entah sebagai kreator ataupun sebagai pengguna saja. Terlebih Fitur dari Shopee ini sangat memudahkanmu mendapatkan informasi dari produk yang ingin kamu beli.

Semoha artikel ini bisa bermanfaat dan kamu bisa mencoba Fitur dari Shopee ini untuk memasarkan produkmu sekreatif mungkin. Selain tips ini, kamu juga bisa menemukan berbagai artikel bisnsi dan pemasaran di E-commerce lainnya lewat laman Berita Terkini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Beautypreneurs!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment