Mengenal My Shopee Ads: Cara Iklan di Shopee yang Menguntungkan dan Mudah

Strategi pemasaran secara digital kini menjadi senjata ampuh untuk menaikkan brand awareness produk dan meningkatkan penjualan. Terlebih kini sebagian besar kegiatan penjualan dan pembelian produk dilakukan secara online.

Sebagai brand owner, kamu pun harus mempelajari dan memiliki strategi pemasaran produk secara online dengan tepat. Misalnya dengan menggunakan fitur My Shopee Ads yang disediakan oleh pihak Shopee secara resmi.

Seperti yang kamu tahu, Shopee merupakan e-commerce yang populer di kalangan masyarakat. Karena menyediakan sistem pembayaran, transaksi, pilihan pengiriman yang beragam, juga menawarkan berbagai jenis diskon dan promo yang menarik.

Nah, tingginya minat akan Shopee ini, membuat peluang bebisnis di e-commerce orange ini juga kian besar. Untuk mendukung para pelaku usaha, pemilik toko dan brand resmi, Shopee memberikan fitur-fitur pendukung khusus untuk para seller.

Yap! Apalagi kalau bukan My Shopee Ads!

Ngomong-ngomon, apakah kamu sudah tahu apa sih yang dimaksud My Shopee Ads ini? Manfaatnya untuk bisnis atau toko onlinemu? Serta bagaimana cara iklan di Shopee Ads ini?

Well, kalau kamu masih sangat asing dengan My Shopee Ads ini, langsung simak ulasan super lengkapnya berikut ini, ya!

Apa sih My Shopee Ads Itu?

Iklanku merupakan sebuah fasilitas atau fitur yang disediakan dalam situs e-commerce Shopee. Tujuan fitur ini untuk memungkinkan seller mempromosikan produk yang mereka jual, sehingga dapat ditemukan dengan mudah oleh target pasar.

Shopee memang lapak online yang sangat laris, tapi persaingannya juga tak kalah tinggi. Untuk itu, fitur ini disediakan untuk mendukung para pelaku bisnis agar mampu bersaing ketat dan memaksimalkan penjualan produk.

Tak hanya itu, ketika menggunakan cara iklan di Shopee ini, peluang yang kamu miliki pun akan sangat besar. Karean menurut data yang dari Databoks, Shopee menjadi e-commerce nomor dua dengan jumlah kunjungan terbesar di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, simak data berikut ini, ya!

Nah, dengan tingginya jumlah pengguna Shopee di atas, bisa kamu bayangkan seberapa efisiennya dan efektifnya pemasaran yang akan kamu lakukan.

Terlebih, orang yang mengakses Shopee sebagian besar telah benar-benar ingin berbelanja. Artinya, kemungkinan peningkatan penjualan produk kosmetik yang kamu buat pun akan semakin tinggi juga.

Jenis Iklan di My Shopee Ads

Fitur My Shopee Ads terdiri dari tiga jenis yang berbeda. Kamu bisa menyesuaikan jenis iklan tersebut dengan kebutuhan dan strategi pemasaran yang telah kamu rancang sebelumnya.

Nah, apa saja jenis iklan di My Shopee Ads yang bisa kamu coba? Yuk, simak ketiga jenisnya berikut ini!

Iklan Pencarian Produk (Keyword Search)

Jenis iklan yang pertama adalah lewat iklan pencarian produk. Dalam jenis My Shopee Ads satu ini memungkinkan pembeli dengan mudah menemukan produk yang kamu jual sebagai hasil pencarian kata kunci yang dipasang tersebut.

Dengan kata lain adanya iklan ini akan memungkinkan produk milikmu mendapatkan lebih banyak visibilitas, khususnya pada konsumen yang benar-benar kamu targetkan.

Biaya dari iklan kata kunci ini pun terbilang cukup ekonomis karena hanya dikenakan biaya per-klik. Yap! Artinya kamu hanya perlu membayar iklan yang sampai pada target audience yang kamu tuju.

Uang iklan yang kamu keluarkan pun akan jadi lebih efektif, hasilnya juga akan sebanding karena sifatnya yang efisien.

Tak hanya itu, pada iklan pencarian atau keyword search ini memungkinkan produkmu menempati posisi promosi berikut ini.

Tampilan pada situs Shopee

Dalam Iklan Pencarian Produk ini, kampanye yang kamu buat akan ditampilkan pada posisi lima teratas pada halaman pencarian. Setelahnya, aka nada lima kampanye lain yang akan ditampilkan pada tiap 40 produk dalam halaman hasil pencarian.

Tampilan pada aplikasi Shopee

Tak hanya itu, iklan ini pun akan ditampilkan pada dua posisi teratas dalam hasil perncarian Shopee. Tentu dengan kata kunci yang telah ditentukan dan dimasukkan sebelumnya.

Setelah itu, iklan akan juga ditampilkan tiap tiga produk dalam halaman pencarian aplikasi Shopee.

Baca Juga: Cara Iklan Pencarian Produk di Shopee Beserta Pengoptimalannya!

Iklan Pencarian Toko

Jenis iklan yang ditawatkan pada fitur My Shopee Ads selanjutnya adalah iklan pencarian toko. Yang membantu menampilkan nama toko, voucher toko, hingga produk dari toko online milikmu yang paling relevan dengan pencarian pembeli.

Dilengkapi dengan opsi untuk menyesuaikan tampilan gambar dan tagline untuk iklan produk yang kamu pasang. Dengan iklan pencarian toko, kamu bisa mendapatkan lebih banyak visibilitas untuk toko atau brand kosmetik milikmu.

Misalnya, ketika kamu menjual produk-produk dekoratif, seperti eyeshadow, lip cream, bedak wajah, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan kata kunci seperti ‘Kosmetik’, ‘lip cream’ dan berbagai keyword sejenis.

Nah, ketika pembeli yang mencari kata kunci berkaitan tersebut akan meng-klik atau mengunjungi Iklan Pencarian Toko yang kamu pasang sebelumnya.

Baca Juga: Cara Iklan Pencarian Toko di Shopee Beserta Pengoptimalannya!

Iklan Produk Serupa

Jenis My Shopee Ads selanjutnya adalah iklan produk serupa, yang biasanya ditempatkan dengan produk serupa atau dengan kata kunci yang sama dengan produk milikmu.

Tujuannya pembeli yang tertarik dengan produk toko lain tersebut akan tertarik dengan Iklan Produk Serupa yang kamu pasang.

Berikut beberapa jenis penempatan Iklan Produk Serupa yang ditawarkan oleh My Shopee Ads:

Produk Serupa

Pemasangan iklan ini berada dalam rincian produk. Pembeli akan melihat hingga 21 iklan di 100 posisi pertama pada bagian tersebut.

Kamu Mungkin Juga Suka

Jenis pemasangan iklan selanjutnya adalah Kamu Mungkin Juga Suka. Sejenis dengan rekomendasi produk, karena pembeli akan melihat 13 iklan di posisi pertama di bagian Kamu Mungkin Juga Suka di halaman rincian produk.

Rekomendasi

Jenis lainnya adalah rekomendasi. Di bagian ini pembeli akan melihat hingga 26 iklan terpasang di posisi 55 pertama, pada posisi Rekomendasi di halaman utama.

Baca Juga: Cara Iklan Produk Serupa di Shopee Beserta Pengoptimalannya!

Keuntungan Memasang Iklan di Shopee Bagi Seller

Memasang iklan di Shopee dapat memberikan banyak keuntungan untuk bisnis atau toko online yang kamu miliki, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Meningkatkan Brand Awareness Merk / Toko

Manfaat yang pertama dalah membantu meningkatkan brand awareness merk / toko kosmetik yang kamu miliki. Sebab, ketika kamu menggunkana My Shopee Ads, produk atau toko kosmetikmu akan semakin mudah ditemukan oleh pengguna.

Jika, kamu bisa membuat konten promosi yang juga menarik. Tentu, iklan ini akan dapat bekerja lebih maksimal dalam meningkatkan branding dari bisnismu.

Menjangkau Target Konsumen dalam Skala Lebih Besar

Dengan cara iklan di Shopee ini, kamu akan dapat menjangkau target konsumen yang kamu miliki dengan skala lebih besar.

Yap! Karena semua iklan di My Shopee Ads ini akan dikaitkan dengan kata kunci yang digunakan konsumen untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Meningkatkan Jumlah Penjualan Produk

Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan adalah meningkatnya jumlah penjualan produk kosmetik. Sehingga tokomu juga akan kian laris dan keuntungan yang didapatkan pun turut bertambah.

Memperbesar Daya Saing Brand

Semakin tinggi pertumbuhan industri kosmetik di Indoensia, maka semakin besar juga tingkat persaingan di pasar. Nah, untuk membuat brand kosmetikmu bisa melewati dan bahkan memenangkan persaingan kamu perlu membuat strategi pemasaran yang potensial.

Misalnya dengan rajin mempromosikan dan mengiklankan toko official brand kosmetikmu di berbagai jenis e-commerce, termasuk menggunakan cara iklan di Shopee ini.

Besaran Modal Iklan dapat Diatur dengan Mudah

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan cara iklan di Shopee adalah kemudahan dalam mengatur besaran modal iklan.

Yap! Kamu bisa menentukan seberapa besar dana yang akan kamu keluarkan dalam iklan tersebut. Baik menyesuaikannya dengan budget, tujuan iklan, atau jumlah produk yang akan dipromosikan.

Nilai plusnya lagi, biaya pembuatan iklan di Shopee ini juga enggak terlalu besar. Mulai dari ribuan rupiah saja kamu sudah bisa mengiklankan toko ataupun produk kosmetik milikmu.

Cara Iklan di Shopee Ads dengan Mudah

Sebenarnya, ada berbagai jenis iklan di Shopee dan cara memasangnya juga berbeda. Namun, secara umum, kamu bisa menyimak cara iklan di Shopee berikut ini.

Buka Laman Shopee dan Log In Ke Seller Centre

Langkah pertama adalah membuka lama Shopee dan melakukan log in ke akun Seller Centre yang kamu miliki.

Pilih Menu Iklan Shopee

Untuk memulai pemasangan iklan, kamu bisa langsung memilih menu Iklan Shopee dan melanjutkan lewat klik + Buat Iklan Baru.

Tentukan Jenis Iklan yang Diinginkan

Setelah itu, secara otomatis kamu akan diberikan opsi mengenai jenis iklan Shopee. Pilihlah yang paling kamu butuhkan dan sesuai dengan besaran budget yang kamu miliki.

Kalau sudah memilih jenis iklan ini, maka pengaturan akan disesuaikan dengan jenis tersebut. Termasuk pemasangannya, manual atau tidak, hingga memilih produk mana yang akan diiklankan.

Menentukan Modal dan Periode Iklan

Nah, langkah selanjutnya adalah menentukan modal dan periode iklan Shopee yang akan kamu buat. Modal ini biasanya dihitung per hari dan akumulasi sepanjang periode yang kamu inginkan.

Kamu bisa menyesuaikan besaran modal yang akan dikeluarkan berdasarkan tujuan promosi yang kamu inginkan. Selain itu, kamu enggak perlu merasa rugi, karena pembayaran iklan ini hanya akan dilakukan kalau iklan tersebut mendapatkan klik dari pengguna.

Tentukan Kata Kunci yang Relevan

Setelah mengatur modal dan periode iklan, kamu juga harus menambahkan kata kunci iklan yang relevan dan paling dekat dengan produk / toko kosmetikmu.

Lewat My Shopee Ads, ada dua opsi yang bisa digunakan untuk menentukan kata kunci, yakni secara manual atau otomatis.

Secara manual, artinya kamu memasukkan kata kunci yang kamu inginkan dan telah diriset sendiri sebelumnya. Sementara jika diatur secara otomatis, maka sistem Shopee akan mengusulkan keyword yang paling potensial berdasarkan kategori produk / toko kosmetik kamu.

Kalau semua pengaturan telah selesai kamu isi dengan tepat, maka kamu bisa langsung mengonfirmasi pembuatan iklan. Kemudian secara otomatis iklan yang kamu buat akan terpasang.

Selalu Pantau Perkembangan Iklan di Shopee

Cara iklan di Shopee enggak hanya berhenti ketika iklanmu terpasang, ya! Sebagai pebisnis, kamu juga harus memantau perkembangan dan efektivitas iklan yang kamu buat secara berkala.

Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah iklan ini memberikan efek atau hasil yang kamu inginkan secara optimal. Nah, kalau seandainya belum, kamu bisa menganalisis di sisi mana iklan ini yang tidak maksimal dan bagaimana cara menanggulanginya.

Membuat Iklan Shopee Kian Menarik dengan Media Promosi Interaktif

Untuk memaksimalkan cara iklan di Shopee yang telah dibahas sebelumnya, kamu bisa menggunakan media promosi yang interaktif dan eyecatching!

Yap! Mash Moshem Indonesia bisa membantumu untuk membuat media promosi ini, lho!

Tentu, selain membantu pembuatan produk kosmetik yang diinginkan, kami juga berkomitmen akan memberikan pelayanan lengkap pada klien. Termasuk menyediakan pembuatan media promosi, baik fisik maupun online, yang kamu butuhkan.

Misalnya dengan membuatkan foto dan video produk, company profile, juga brosur, katalog, dan FAQ. Semua media promosi ini akan membantu memaksimalkan kegiatan pemasaran yang kamu lakukan, baik secara online maupun offline.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment