Cara Mengaktifkan Fitur Produk Pilihan Toko Shopee untuk Tingkatkan Pembeli

Apakah kamu memiliki produk menarik yang tak banyak diketahui pelanggan? Sekarang kamu bisa lebih mudah menawarkan produk terbaikmu lewat fitur baru Shopee. Yuk, pelajari cara mengaktifkan fitur produk pilihan toko shopee agar pembeli makin melimpah.

Siapa sih sekarang ini yang nggak belanja di Shopee? Nah, untuk meningkatkan pengalaman pelanggan kini Shopee menawarkan sebuah fitur baru.

Fitur ini disebut Fitur Produk Pilihan Toko. Banyak respons positif baik dari penjual maupun pembeli mengenai fitur baru dari Shopee ini.

Apakah kamu sudah mengaktifkan fitur ini untuk tokomu di Shopee? Kalau belum, segera aktifkan fitur Produk Pilihan Toko agar pelanggan lebih mudah menemukan produk unggulanmu dengan mengikuti cara berikut ini:

Apa Itu Fitur Produk Pilihan Toko Shopee?

Sebelum kamu tahu alasan kenapa fitur ini harus diterapkan. Maka akan lebih baik kalau kamu mengenal dulu Fitur Produk Pilihan Toko ini.

Fitur Produk Pilihan Toko adalah sebuah fitur yang akan memudahkan pemilik toko atau seller maupun pembeli. Melalui fitur ini, pelanggan bisa lebih mudah menemukan produk yang mereka cari atau lebih mudah menemukan produk terbaik dari sebuah toko. 

Meski sudah ada beragam fitur lain di Shopee seperti cashback, iklan, event bulanan dan lainnya. Fitur baru ini tetap ditunggu dan disukai oleh para pelanggan maupun penjual.

Melalui fitur baru ini, Shopee mengharapkan agar penjual dapat meningkatkan penjualan produk dengan lebih baik. Dengan menampilkan 4 hingga 8 produk unggulan toko, pelanggan pun bisa lebih mudah menemukan produk yang mereka cari.

Misalnya, kamu menjual parfum dengan kualitas bagus dan kamu yakin akan memuaskan pelanggan. Namun, produk ini sepi pembeli karena tak banyak pelanggan tahu kalau kamu juga menjual parfum tersebut.

Melalui fitur Produk Pilihan Toko kamu bisa langsung memberitahu pelanggan bahwa kamu juga menjual produk tersebut tanpa mereka cari.

Nah, sudah mulai penasaran bagaimana cara menerapkan fitur ini untuk toko kosmetikmu di Shopee? Yuk, simak langkah-langkah berikut:

Cara Mengaktifkan Fitur Produk Pilihan Toko di Shopee

Untuk bisa mengaktifkan fitur produk pilihan toko di shopee kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Simak dengan baik agar tak ada langkah yang terlewat ya!

1. Login Akun Toko Shopee melalui Shopee Seller Center

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login atau masuk ke toko online kamu yang ada di Shopee. Ada tiga pilihan cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa login atau masuk ke akunmu.

Caranya antara lain dengan menggunakan username, nomor handphone atau menggunakan alamat surel (e-mail). Selanjutnya masukkan password dan klik pada tombol “Login”.

Setelah masuk, segera lakukan langkah selanjutnya.

2. Masuk ke Dashboard Shopee

Langkah selanjutnya adalah masuk ke dashboard Shopee. Terdapat banyak pilihan fitur pada dashboard Shopee. Pada langkah ini, pilihlah “Promosi Saya”.

3. Fitur Produk Pilihan Toko Shopee

Setelah sebelumnya kamu memilih menu “Promosi saya” selanjutnya adalah memilih pada fitur “Produk Pilihan Toko”.

4. Tambahkan Koleksi Produk Pilihan Toko

Setelah pilih dan klik “Produk Pilihan Toko” selanjutnya adalah menambahkan produk yang ingin kamu pilih untuk para pelanggan.

Caranya adalah dengan menekan “+ Tambah Koleksi” kemudian isilah Nama Koleksi sesuai keinginan. Selanjutnya klik “+” untuk memilih produk yang ingin kamu tampilkan.

Kamu bisa memilih berapapun produk, namun harus lebih dari 4. Produk yang akan ditampilkan adalah berjumlah maksimal 8.

Setelah kamu memilih semua produk yang ingin kamu tampilkan selanjutnya adalah proses menyimpan.

5. Simpan

Setelah semua produk yang ingin kamu tampilkan sudah kamu pilih, selanjutnya klik “Konfirmasi” kemudian klik “Simpan”. Koleksi yang ingin kamu tampilkan akan otomatis tersimpan oleh pihak shopee.

Setelah produkmu tersimpan, kamu bisa langsung klik “Aktifkan koleksi ini” untuk segera mengaktifkan koleksi produk pilihan shopee. Namun jika masih ada yang ingin kamu pilih ulang atau ingin kamu aktifkan di lain waktu, maka kamu bisa klik “Aktifkan Nanti”.

Dengan klik pada “Aktifkan Nanti” kamu juga bisa membuat koleksi lain. Dengan begitu kamu bisa membuat beberapa koleksi untuk ditampilkan sebagai produk pilihan toko serta mengaktifkannya kapan saja secara bergantian.

Dari koleksi yang sudah kamu pilih, kamu bisa mengatur ulang isinya dengan cara menekan tombol drag and drop yang ada di bagian bawah “Aksi”.

Nah, ternyata cara mengaktifkan fitur produk pilihan toko shopee sangat mudah kan! Kenapa sih kamu wajib mengaktifkan fitur ini? Tentu saja karena fitur Shopee ini memiliki banyak manfaat baik untuk pelanggan maupun untuk seller.

Pentingnya Mengaktifkan Fitur Produk Pilihan Toko di Shopee

1. Rekomendasi untuk Pelanggan

Sebagai seller tentu kamu ingin memberikan sebanyak mungkin pengalaman belanja yang menyenangkan untuk pelanggan. Nah, melalui fitur ini kamu memiliki kesempatan untuk mewujudkannya.

Yaitu dengan cara memberikan rekomendasi para pelanggan. Kamu bisa memberikan rekomendasi berupa produk unggulan yang selama ini selalu laris. Atau merekomendasikan produk baru yang menarik untuk dicoba. Ketika fitur ini sudah aktif, pelanggan akan lebih mudah mencari produk yang diinginkan.

2. Cross Selling

Berjualan secara online membuat kita tidak akan pernah tahu produk apa yang dicari oleh pelanggan. Melalui fitur Produk Pilihan Toko ini, kamu bisa membuat pelanggan untuk membeli produk yang mungkin sebenarnya tidak ia cari.\

Inilah yang dinamakan cross selling. Yaitu menawarkan produk yang tidak dicari oleh pelanggan dengan tujuan agar mereka juga membeli produk tersebut meski awalnya tidak ingin membeli.

Kemungkinan bagi pelanggan untuk membeli produk yang kamu tawarkan akan semakin tinggi ketika ternyata produk yang kamu tawarkan merupakan pelengkap dari produk yang sedang mereka beli.

Misalnya, kamu memiliki produk paling laris yaitu krim pencegah jerawat. Maka kamu bisa menampilkan rekomendasi berupa masker pereda jerawat agar pelanggan tertarik karena memiliki manfaat yang mereka butuhkan.

3. Bantu Tingkatkan Penjualan

Jika strategi produk pilihan toko yang kamu tampilkan tepat, maka sangat mungkin cross-selling berhasil. Jika cross-selling berhasil, maka kamu akan dapat mempercepat proses penjualan dan meningkatkan hasil penjualan toko shopeemu.

Artinya, kamu akan memperoleh untung lebih banyak dibanding ketika kamu tidak menampilkan produk pilihan toko.

Tips Optimasi Koleksi Produk Pilihan Toko

Apakah kamu sudah memutuskan untuk segera mengaktifkan fitur Produk Pilihan Toko? Jika sudah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar koleksi yang kamu tampilkan lebih menarik untuk pelanggan.

1. Pilih Produk unggulan Anda Secara teliti

Memilih produk unggulan tidak bisa sembarangan. Kamu harus terlebih dahulu menentukan tujuanmu menampilkan koleksi tersebut. Berikut uraian mengenai cara memilih koleksi berdasarkan tujuan:

a. Koleksi untuk menjual lebih banyak produk:

  • Atur koleksi dengan tiga produk pertama yang saling melengkapi atau memiliki relevansi dengan produk lain di dalam toko.
  • Pilih produk yang paling bisa menarik perhatian pembeli.
  • Pilih produk terlaris dengan ulasan terbaik

b. Koleksi promosi produk baru:

  • Isi koleksi dengan produk terbaru dan jangan lupa untuk rutin memperbarui koleksi
  • Pastikan produk baru yang kamu rekomendasikan relevan atau saling berkaitan. Misalnya kamu mempromosikan seri baru dari lipstik unggulan dari toko Shopeemu.

c. Koleksi Cuci Gudang

Jika kamu ingin menampilkan koleksi dengan tujuan untuk menghabiskan stok sisa yang menumpuk kamu harus melakukannya dengan strategi agar cara ini berhasil. Salah satunya adalah dengan membuat harga diskon untuk produk-produk cuci gudang.

Terutama jika produk cuci gudang yang kamu tawarkan tidak relevan atau tidak berkaitan dengan produk lain di toko milikmu.

Ketika kamu memilih produk-produk untuk kamu masukkan dalam koleksi pastikan agar tidak memasukkan produk yang banyak dikunjungi oleh pelanggan. Jika kamu memasukkan produk dengan banyak pengunjung, maka sama saja kamu melakukan hal yang sia-sia.

Alasannya adalah produk yang kamu masukkan dalam koleksi akan tetap ditampilkan meski pelanggan sedang membuka koleksi tersebut. Oleh karena itu, pilihlah produk yang saling berhubungan saja.

Selai itu, buatlah nama yang mudah diingat oleh pelanggan untuk setiap koleksinya. Sesuaikan saja nama koleksi dengan tujuanmu pada awalnya. 

2. Atur Waktu Penampilan Produk Pilihan Toko

Sebelum mengaktifkan koleksi, kamu bisa membuat sebanyak mungkin koleksi Produk Pilihan Toko. Kemudian, aktifkanlah koleksi tersebut menyesuaikan dengan promo yang sedang berjalan.

Misalnya, kamu mengaktifkan koleksi paket lebaran ketika memasuki bulan puasa atau koleksi spesial valentine. Pelanggan menyukai kelangkaan atau promosi yang berbentuk sementara. Cara ini akan lebih efektif untuk menarik minat pelanggan.

3. Perbarui koleksi Produk Pilihan Toko secara teratur

Pastikan agar pelanggan di tokomu bisa melihat perubahan setiap kali mereka berkunjung. Tentu saja dengan tetap membuat pelanggan baru mendapatkan produk yang relevan untuk mereka.

Dengan rutin memperbarui isi koleksi, kamu dapat meningkatkan kunjungan produk. Jika kamu selalu memiliki produk baru untuk dipromosikan, maka akan lebih mudah untuk membuat koleksi berbeda yang baru.

4. Tampilkan foto terbaik

Salah satu yang paling penting agar produkmu dilirik oleh pelanggan adalah dengan menampilkan foto terbaik dari produk yang ada di dalam koleksi toko.

Tampilkanlah foto dengan kualitas yang baik serta jelas untuk ditampilkan sebagai foto utama. Foto yang bagus akan membuat pelanggan semakin percaya akan kualitas produk yang kamu tawarkan dalam koleksi.

Nah, itu dia yang bisa kamu lakukan dengan fitur Produk Pilihan Toko dari Shopee. Kamu bisa dengan mudah mengatur produk secara berkelompok melalui fitur ini. Pelanggan juga akan jadi semakin mudah mendapatkan produk yang mereka harapkan.

Selain itu, pelanggan juga akan menjadi semakin nyaman dengan tampilan toko Shopee mu yang lebih rapi dan praktis. Kamu juga jadi lebih mudah dalam mengatur dan mengelola produk yang kamu jual.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu juga akan jadi lebih mudah mengawasi dan melakukan pengecekan pada produk-produk di tokomu. Kamu juga bisa lebih mudah menilai apakah strategi promosimu berjalan baik atau masih kurang.

Wah banyak sekali bukan manfaat dari fitur ini. Setelah mempelajari cara mengaktifkan fitur produk pilihan toko shopee maka kini saatnya kamu menerapkannya di toko Shopee-mu dan merasakan manfaatnya.

Untuk mendapatkan lebih banyak penjelasan soal tips jualan di E-commerce lainnya, kamu bisa cek kabar terbaru di laman News, ya.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment