Kembangkan Toko Online-mu, Ini Cara Daftar LazMall yang Harus Kamu Tahu

Hai Beautypreneurs! Sebagai brand owner kosmetik, kamu tentu harus menyiapkan strategi pemasarang yang efisien untuk membuat brand milikmu dapat dikenal dan diterima oleh target pasar dengan baik, bukan?

Nah, untuk memaksimalkan strategi pemasaran yang telah kamu susun tersebut, jangan hanya menggunakan satu media promosi saja. Melainkan, lakukan pemasaran yang massif dari berbagai media atau sarana promosi online, termasuk menggunakan e-commerce.

Dengan membuka toko online official untuk brand kosmetikmu di e-commerce kamu bisa memasarkan produk lebih efisien. Bahkan, bisa menjangkau target pasar potensial dan meningkatkan penjualan produk.

Untuk membuat toko resmi dari brand kosmetikmu dipercaya oleh pengguna Lazada, kamu perlu mengetahui cara daftar LazzMall terlebih dahulu.

Memang apa sih, LazzMall ini? Apa juga keuntungan yang akan kamu dapatkan untuk brand kosmetikmu dengan mengikuti cara daftar LazzMall?

Langsung baca ulasan di bawah ini supaya kamu lebih tahu soal Lazmall dan bagaimana cara daftar Lazmall dengan mudah!

LazMall Adalah …

Resmi didirikan pada tahun 2012 lalu, pada tahun yang sama Lazada juga masuk ke Indonesia. Hingga kini e-commerce dengan warna logo yang didominasi warna biru ini menjadi salah satu lapak online tepercaya dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Ini dikarenakan, Lazada memberikan berbagai fitur dan promo menarik bagi penggunanya. Misalnya, adanya event gratis ongkir, diskon pembelian, hingga event belanja online nasional dengan berbagai keuntungan dan potongan harga yang tak kalah beragam.

Selain memanjakan konsumen mereka, Lazada pun memberikan banyak keuntungan pada pemilik brand dengan menyajikan berbagai fitur menarik, misalnya penyediaan fitur Lazmall atau Lazada Mall.

Sebagai seorang pembeli, kamu pasti selalu akan mempertimbangkan kualitas, keaslian dan keamanan pengiriman produk, bukan?

Nah, untuk memberikan ketiga jaminan tersebut dan membuat konsumen lebih nyaman untuk berbelanja di toko onlinemu. Kamu perlu mendaftarkan toko online atau brand yang kamu miliki di Lazmall.

LazMall merupakan lapak jual beli online yang ada dalam platform Lazada, di dalamnya terdapat berbagai merk / brand terkemuka yang dipilih dan diatur dengan cermat.

Dengan kata lain, fitur ini memiliki konsep sebagai toko yang tepercaya dan langsung dari sumber pertamanya. Sehingga bisa membuat konsumen lebih percaya dan nyaman dalam bertransaksi.

Berbagai Keuntungan Menjadi Penjual LazMall

Setelah memahami apa itu Lazmall, kamu juga perlu tahu apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika mendaftarkan toko online maupun brand kosmetikmu sebagai penjual di Lazada Mall.

Lantas apa saja keuntungan menjadi penjual Lazmall yang disebut-sebut di atas? Yuk, langsung cari tahu daftarnya dalam ulasan berikut ini.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Ketika berbelanja online, tak bisa dipungkiri pasti banyak konsumen yang mengkhawatirkan keaslian dari produk tersebut. Apalagi, dalam industri kosmetik, peredaran kosmetika illegal dan palsu masih sangat massif ditemukan.

Nah, dengan mendaftarkan brand kosmetikmu di Lazmall kamu bisa membantu meningkatkan kepercayaan produk serta tokomu di mata konsumen.

Karena brand yang terdaftar di Lazmall ini enggak sembarangan dan harus memenuhi persyaratan yang lengkap. Seperti adanya sertifikasi produk dan usaha, juga jaminan keaslian dan keamanan produk yang dijual.

Akses Fitur Kampanye Eksklusif di Lazada

Dengan mendaftar LazzMall kamu juga bisa mendapatkan akses ke fitur kampanye eksklusif yang dibuat oleh Lazada. Misalnya adanya fitur cashback, diskon toko atau produk tertentu, juga adanya program barter Kampanye Mega.

Visibilitas Beranda Toko yang Lebih Baik

Tak hanya akses kampanye, ketika kamu mendaftarkan brand kamu di Lazmall maka secara otomatis visibilitas toko onlinemu akan jadi lebih baik.

Misalnya ditampilkan pada laman utama pencarian produk, serta bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna Lazada dengan pencarian kata kunci serupa.

Tak hanya itu, ini juga akan berpengaruh pada peringkat hasil pencarian dengan kata kunci yang sama dan relevan dengan yang kamu pasang pada toko online-mu.

Memiliki Akses ke Golden Slots dan Solusi Pemasaran

Salah satu keuntungan dengan mendaftarkan brand dan toko online-mu ke Lazmall adalah adanya akses ke layanan Golden Slots dan Solusi Pemasaran.

Dalam layanan ini kamu akan menikmati layanan pelanggan gratis, misalnya pengembalian produk, pun fitur untuk memilih mengambil produk sesuai lokasi yang ditentukan.

Membuat Brand Kosmetik jadi Lebih Eksklusif

Dengan mendaftarkan brand kosmetik kamu di Lazmall kamu akan mampu menciptakan kesan eksklusif pada brand tersebut.

Karena lencana LazMall ini akan selalu terlihat pada produk dan ikon toko kosmetik milikmu. Dengan begitu pembeli akan lebih mudah percaya dan tertarik dengan produk atau toko kosmetik kamu.

Selain itu, toko kosmetikmu pun akan dimasukkan dalam channel khusus untuk merek di LazMall. Kamu bahkan bisa menambahkan hingga enam produk kosmetik dalam menu Pilihan Penjual.

Kriteria Untuk Memenuhi Syarat Untuk Menjual LazMall

Nah, kamu sudah mengetahui apa saja keuntungan ketika mendaftarkan brand kosmetikmu di LazMall, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Well, sebelum membahas cara daftar LazMall untuk brand kosmetik, kamu juga harus tahu terlebih dahulu kriteria yang harus kamu penuhi ketika ingin memiliki toko di Lazada Mall.

Berikut ada beberapa kriteria yang perlu kamu penuhi ketika akan mendaftar LazMall.

  1. Merek produk kosmetik yang kamu miliki harus telah terdaftar sebelumnya.
  2. Memiliki bukti keaslian produk, bisa berupa sertifikasi Badan POM.
  3. Menawarkan kebijakan pengembalian produk lima belas hari setelah penerimaan.
  4. Memiliki track record penjualan dan pelayanan yang baik.

Namun, jika kamu sudah memiliki LazMall sebelumnya, kamu perlu mempertahankan status tersebut dengan memenuhi kriteria berikut ini:

  1. Mempertahankan peringkat penjualan yang tinggi
  2. Tidak memiliki jumlah pembatalan pesanan atau complain yang tinggi
  3. Pengiriman produk yang konsisten dan sesuai jadwal
  4. Waktu respon obrolan yang tinggi dan pelayanan yang ramah.
  5. Menghasilkan minimal 30 pesanan produk tiap bulannya.

Syarat yang Diperlukan untuk Mendaftar LazzMall

Selain memenuhi kriteria akun yang bisa didaftarkan LazMall di atas, cara daftar Lazmall untuk brand kosmetik lainnya adalah dengan memenuhi persyaratan dokumen berikut ini:

Mendaftar Sebagai Perorangan

  1. Identitas diri (KTP);
  2. Siapkan buku tabungan / rekening atas nama kamu, sebagai pendaftar.
  3. Perlu diingat: nama identitas diri dan buku tabungan yang didaftarkan haruslah sama

Mendaftarkan Sebagai Perusahaan

  1. NIB dan Izin Usaha dari OSS;
  2. Buku tabungan/rekening koran, sesuai dengan nama perusahaan atau penanggung NIB dan izin usaha.

Sebagai Distributor Produk yang Resmi

  1. NIB dan Izin Usaha distributor yang kamu kelola dari OSS;
  2. Siapkan buku tabungan/rekening koran, pastikan sesuai dengan nama perusahaan atau penanggung jawab dari NIB dan izin usaha;
  3. Surat distributor;
  4. Memiliki website resmi dan aktif di media sosial (minimal 1000 pengikut);
  5. Terdaftar di toko retail minimal 3 cabang.

Pemilik Brand atau Merk Tunggal

  1. NIB dan Izin Usaha yang kamu miliki dari OSS
  2. Siapkan buku tabungan/rekening koran, pastikan sesuai dengan nama perusahaan atau penanggung jawab dari NIB dan izin usaha tersebut.
  3. Sertifikat merek;
  4. Memiliki website resmi dan aktif di media sosial (minimal 1000 pengikut);
  5. Terdaftar di toko retail (minimal 3 cabang).

Cara Daftar LazMall (Lazada Mall)

Setelah kamu melengkapi kriteria dan dokumen yang dipersyaratkan secara lengkap, kamu bisa langsung melakukan step by step cara daftar Lazmall untuk brand kosmetik berikut ini. Simak baik-baik, yaa!

  1. Langkah pertama, masuk ke laman situs Lazada.co.id dan pilih menu Menjadi Seller. Seperti pada gambar berikut ini!
  2. Kalau sudah, kamu akan secara otomatis di arahkan ke halaman pendaftaran dan langsung klik Daftar Sekarang. Misalnya seperti gambar berikut!
  3. Setelah itu akan muncul halaman untuk memilih kategori penjual, yakni Penjual LazMall, Penjual Lokal, dan Penjual LazGlobal.

Masing-masih jenis penjual di Lazada ini memiliki karakteristik, ketentuan, dan sistem yang berbeda. Seperti dalam gambar berikut ini.

  • Cara daftar LazMall selanjutnya adalah dengan mengisi data yang diminta oleh sistem dengan benar.

Seperti mengisi alamat email, password, mengupload Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta berbagai data lainnya.

  • Sebelum mengkonfirmasi pendaftaran, baiknya kamu membaca dan menyimak baik-baik Term & Conditions yang ada.
  • Jika semua langkah sudah dilakukan, kamu bisa segera mengirim konfirmasi pendaftaran.

Setelah memiliki akun penjual, kini ada sudah memiliki toko di platform Lazada.

Mengoptimalkan Toko Brand Kosmetik di LazMall

Nah, setelah toko brand kosmetikmu sudah mendapat label LazMall, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan peforma toko online tersebut.

Karena, sama halnya dengan toko fisik, toko online ini juga perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Selain bisa menarik perhatian pembeli, kamu juga bisa lebih siap untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.

Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan toko brand kosmetik milikimu di LazMall? Simak ulasan di bawah ini supaya kamu enggak ketinggalan!

Gunakan Logo Sebagai Foto Profil

Gunakan foto profil yang baik (seperti menggunakan foto bergambarkan logo toko Anda)

Pasang Foto Produk yang Menarik dan Berkualitas Tinggi

Upload foto setiap produk dengan kualitas terbaik (diambil dari berbagai sudut pandang,  menunjukkan detail produk, warna produk yang variatif, dan lainnya)

Tulis Deskripsi yang Jelas dan Rinci

Tulis deskripsi setiap produk yang di-upload dengan jelas dan mudah dipahami calon pembeli.

Sesuaikan Produk yang Dijual dalam Kategori yang Sesuai

Susun produk yang dijual sesuai etalasenya atau buat pengkategorian. Hal ini akan membuat tampilan toko Anda menjadi rapi dan mempermudah calon pembeli ketika mencari produk dalam suatu kategori.

Gunakan Lazada Ads untuk Meningkatkan Brand Awareness

Manfaatkan fitur-fitur yang tersedia di platform untuk meningkatkan daya tarik toko Anda.

Nah, itu adalah berbagai hal yang mungkin belum kamu tahu soal cara daftar LazMall (Lazada Mall). Mulai dari syaratnya, kewajiban toko, bahkan step by step yang harus dilalui.

Apakah artikel ini memberikan banyak informasi yang kamu butuhkan? Jangan lupa untuk membagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment