Cara Mencari Keyword untuk Toko Online yang Efektif, Jangan Dilewatkan!

cara mencari keyword untuk toko online (2)

Ketika memulai bisnis lewat toko online terkadang cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi kalau Website ataupun halaman toko di e-commerce tersebut jarang mendapat kunjungan dari konsumen. Sudah bisa kamu bayangkan betapa sepinya bisnis tersebut, bukan?

Ada banyak factor yang menyebabkan toko online-mu menjadi sepi, misalnya penggunaan kata kunci secara asal-asalan. Karena enggak sedikit juga para pebisnis online yang tidak memahami strategi keyword yang tepat untuk toko online mereka.

Alhasil, mereka sekadar posting jualan tanpa memikirkan banyak hal. Bukannya menarik konsumen, langkah ini justru membuat kampanye yang dilakukan kurang efektif dan tidak dapat menjangkau konsumen potensial yang kamu inginkan.

Kata kunci atau Keyword memegang peranan penting untuk membuka jalan bagi konsumen menemukan produk dan toko online-mu. Karena mesin pencarian Google dan berbagai jenis lapak online biasanya menggunakan algoritma hampir serupa untuk menganalisis data pencarian.

Lantas bagaimana sih cara mencari keyword yang tepat untuk toko online? Juga apa manfaatnya untuk bisnis atau brand kosmetikmu?

Baca ulasan ini sampai habis, biar kamu enggak ketinggalan satu informasi pun!

Apa Itu Keyword?

Sebelum membahas cara mencari keyword yang tepat untuk toko online, kamu harus tahu dulu apa pengertian dan konsep dasarnya. Keyword atau kata kunci ini umumnya digunakan untuk mencari suatu topik/benda/apapun di mesin pencari.

Misalnya, ketika kamu membutuhkan penyedia jasa maklon terpercaya di Indonesia. Kamu hanya perlu memasukkan kata kunci yang sesuai dengan tujuanmu, dengan mengetik “daftar perusahaan maklon kosmetik di Indonesia”.

Saat keyword tersebut dimasukkan, maka secara otomatis sistem pencarian akan menampilkan berbagai judul artikel dan alamat web yang sesuai dengan kata kunci pencarian.

Secara sederhana itulah konsep kerja keyword. Lantas apa hubungannya dnegan toko online yang sedang kamu kelola saat ini?

Well, keyword ini memegang peranan penting untuk membuat website atau toko onlinemu lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Karena kemampuannya untuk mendapatkan hasil pencarian dalam sistem pencarian internet.

Begitupula ketika kamu membuka toko online di Shopee, Tokopedia, atau e-commerce sejenisnya. Kamu perlu menemukan dan menggunakan kata kunci yang tepat, agar ketika konsumen mencari sebuah produk sejenis dengan jualanmu, tokomulah yang paling direkomendasikan oleh sistem mereka.

Karena semakin tinggi visibilitas konten promosi dan jualan produk terlihat. Maka semakin banyak orang yang akan mengunjungi tokomu, hingga traffic dan potensi terjadinya penjualan pun akan kian meningkat.

Cara Menemukan Keyword yang Tepat untuk Toko Online Milikmu

cara mencari keyword untuk toko online (1)

Memiliki peranan yang penting, cara mencari keyword yang tepat untuk toko online milikmu tentu enggak bisa sembarangan. Meski begitu, bukan berarti untuk sulit kamu lakukan, ya!

Berikut ini beberapa cara menemukan keyword yang tepat untuk toko online yang telah kami rangkumkan dari berbagai sumber terpercaya.

Yuk, baca dan pahami langkah-langkahnya berikut ini, ya!

Gunakan Tren atau Isu Populer

Cara mencari keyword yang tepat untuk toko online-mu yang pertama adalah menggunakan tren atau isu popular. Tips ini terbukti ampuh meningkatkan visibilitas toko online-mu dalam hasil pencarian SEO Google.

Kok bisa? Yap, karena keyword yang kamu buat berdasarkan tren atau isu popular pun akan masuk kedalam kategori kata kunci yang sering dicari masyarakat. Hasilnya, toko onlinemu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk ditemukan oleh masyarakat.

Sayangnya menggunakan cara mencari keyword untuk toko online ini agaknya cukup menantang. Karena tren yang ada di masyarakat selalu berubah-ubah, serta enggak semuanya bisa kamu terapkan dalam kampanye brand atau bisnis online-mu.

Riset Peforma Toko Online Pesaing

Selain mencarinya dari tren, kamu pun bisa melakukan riset peforma toko online pesaing sebagai langkah selanutnya. Dengan begitu, kamu bisa menganalisis mana konten-konten yang potensial dan bisa kamu pakai untuk konten promosimu sendiri.

Lantas bagaimana cara mengamati penggunaan keyword oleh kompetitor ini? Well, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu coba. Mulai dengan membandingkan laman website dan media sosial miliki perusahaanmu.

Juga menggunakan alat analisis domain, seperti Semrush dan banyak lainnya. Untuk mencari tahu perbedaan, keunggulan, dan kekurangan yang dimiliki oleh tiap website.

Baca juga: Jangan Gengsi, Ini Pentingnya Riset Kompetitor untuk Brand Kosmetik Milikmu

Menggunakan Sistem Long-Tail Keyword

Cara mencari keyword yang tepat untuk toko online selanjutnya adalah focus dengan sistem Long-Tail Keyword. Apakah kamu sudah dengar soal sistem ini sebelumnya?

Well, sebelum kita bahas lebih jauh, sebenarnya keyword memiliki dua jenis jika dilihat dari panjang klausa-nya. Pertama short-tail keyword, dengan klausa pendek yang hanya memiliki satu atau dua kata saja.

Sementara yang kedua adalah long-tail keyword, yakni memiliki susunan klausa yang lebih panjang, umumnya dari 3 hingga 5 kata. Karena panjang, maka keyword ini memiliki sifat yang lebih spesifik sehingga cocok digunakan untuk menghasilkan pencarian yang tepat sasaran.

Misalnya, ketika akan membeli produk kosmetik untuk menjaga keremajaan kulit. Orang akan langsung menuliskannya dengan lengkap, apalagi kalau sudah tergambar brand apa yang mereka inginkan. Sehingga keyword yang mereka gunakan pasti, ‘jual produk pencerah wajah X (nama brand)’.

Karenanya penggunaan long-tail keyword akan memberikan trafik yang lebih besar daripada penggunaan shor-tail. Sebab keyword ini pun diklaim sebagai tipe keyword yang jauh lebih berkualitas.

Gunakan Aplikasi Pencarian Keyword

Susah mendapatkan ide atau topik tertentu untuk membuat konten promosi? Kalaupun sudah terpikirkan, bagaimana cara mencari keyword yang tepat untuk toko online-mu dengan cepat?

Well, menggunakan aplikasi pencarian keyword bisa jadi solusi praktis yang bisa kamu coba. Banyak perusahaan besar, toko-toko online yang telah lama berdiri, e-commerce, juga website lainnya menggunakan alat ini untuk mencari keyword dengan mudah.

Umumnya alat pencarian keyword ini akan merangkum data tren dari seluruh dunia juga regional. Kamu bisa menyesuaikan jangkauannya dengan besaran target pasar yang ingin kamu raih.

Mengelompokkan Keyword yang Potensial

Langkah selanjutnya dalamc ara mencari keyword untuk toko online yang efektif adalah mengelompokkan kata kunci potensial. Ketika menggali insipirasi keyword, kadang kala kita justru merasa kebingungan karena variable yang luas.

Untuk mempermudah hal ini, kamu bisa mengurai topik apa saja yang bisa kamu olah sebagai konten promosi. Misalnya dalam memperkenalkan sebuah brand kosmetik, apa saja topik yang relevan? Tentu mulai dari tips kecantikan, penggunaan produk, informasi bahan, juga legalitas produk.

Sebagian orang mungkin mengira hal ini cukup melelahkan atau justru membuat pekerjaan tambah rumit. Tapi percaya, deh, ketika kamu membuat pengelompokkan yang lebih rinci maka akan semakin mudah untukmu menemukan keyword yang tepat dan potensial untuk toko online-mu.

Mendata Rekomendasi Keyword dari Kolom Search Engine Google

Cara mencari keyword untuk toko online yang tepat selanjutnya adalah dengan mendata rekomendasi kata kunci dari kolom pencarian Google.

Ketika akan mencari produk/barang atau artikel tertentu di Google, kamu pasti memasukkan kata kunci pada kolom pencarian. Nah, sebelum terburu-buru menekan enter, biasanya sistem Google telah menganalisis dan merekomendasikan pencarian yang lebih spesifik.

Nah, Beautypreneurs kamu bisa mendapatkan kata kunci untuk toko online-mu dari sini, lho!

Yap! Tak dimunculkan secara sembarangan, rekomendasi ini diambil dari banyaknya orang yang menggunakan dan meng-klik artikel dengan kata kunci tersebut. Karenanya, sudah pasti jumlah trafik atau penggunaannya juga tinggi.

Well, itu adalah berbagai cara mencari keyword yang tepat untuk toko online-mu. Apakah kamu sudah pernah menerapkan beberapa cara di atas, atau justru baru mendengarnya?

Meskipun berbisnis online memiliki sistem yang lebih mudah dibandingkan dengan bisnis konvensional. Kamu juga enggak boleh lengah dan tetap harus menyusun strategi pemasaran yang matang.

Cara mencari keyword yang tepat untuk toko online ini bisa memberikan bantuan untuk memikat konsumen mengunjungi Website jualanmu. Namun, untuk membuat mereka membeli dan bertahan pada produkmu tentu ada strategi lain yang harus kamu terapkan.

Misalnya dengan meningkatkan kualitas produk kosmetik jualanmu bersama Mash Moshem Indonesia. Karena kami mampu membantumu memproduksi kosmetik berkualitas dan bermutu tinggi. Kamu bisa memilih bahan dan manfaat produk sesuai dengan keinginan maupun tren pasar.

Menarik, bukan?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment