Cara Mengaktifkan Promo Gratis Ongkir di Lazada untuk Seller, Menguntungkan!

cara mengaktifkan gratis ongkir di lazada

Hallo Beautypreneurs! Menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen di toko online-mu merupakan hal yang sangat penting. Dengan begitu, mereka akan terus berlangganan dan membeli produk-produk kosmetik jualanmu secara rutin.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan memberi mereka banyak dukungan dan layanan, termasuk memberikan gratis ongkos kirim (Ongkir). Nah, kalau kamu menjadi seller Lazada tentu langkah ini juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk memanjakan pelanggan tokomu.

Tak hanya membuat konsumen lama jadi makin sayang pada tokomu. Cara mengaktifkan gratis ongkir di Lazada ini bisa menarik lebih banyak konsumen baru untuk membeli jualanmu.

Memahami bahwa gratis ongkir ini bisa berdampak besar untuk bisnis online-mu, kami merangkumkan segala hal yang perlu kamu ketahui tentang cara menagktifkan gratis ongkir di Lazada untuk penjual.

Termasuk menjelaskan apa saja manfaatnya untuk bisnismu, serta membaca bagaimana peluang berjualan di Lazada.

Penasaran, kan? Yuk, simak artikel ini sampai habis ya, Beautyprenueurs!

Apa Itu Program Gratis Ongkir Lazada?

Sebelum membahas bagaimana cara mengaktifkan fitur gratis ongkir di Lazada. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami definisi dan sistematika gratis ongkir ini terlebih dahulu.

Karena tiap e-commerce juga memiliki syarat dan aturan yang berbeda. Misalnya, kamu telah memiliki toko online di e-commerce lain, tentu syaratnya yang ada di sana akan berbeda dengan yang diberlakukan oleh sistem Lazada.

Program gratis ongkir merupakan jenis program yang dibuat oleh Lazada untuk para penjual yang terundang, agar berpartisipasi dan mendapatkan subsidi biaya ongkir.

Hingga kini terdapat dua jenis program gratis ongkir yang ada di Lazada, yakni Free Shipping Cashback dan Free Shipping Cashback Max.

Di mana penjual yang terundang dapat mengikuti hanya salah satu dari kedua program gratis ongkir tersebut, yang sebelumnya telah ditentukan oleh sistem Lazada.

Kedua program gratis ongkir ini pun memiliki keunggulan dan karakterisrtik yang berbeda. Namun, tetap saja pada dasarnya sistem gratis ongkir ini dibuat untuk membantu meningkatkan peforma toko seller.

Baca Juga: Cara Jualan di Lazada untuk Pemula, Plus Tips Biar Untung!

Lantas apa saja keuntungan atau manfaat mengaktifkan gratis ongkir di Lazada ini untuk tokomu? Simak terus uraiannya sampai habis!

Keuntungan Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Lazada untuk Seller

cara mengaktifkan gratis ongkir di lazada

Dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir di Lazada ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini!

Meningkatkan Kunjungan Produk dan Toko

Keuntungan mengaktifkan fitur gratis ongkir di Lazada yang pertama adalah membantu meningkatkan jumlah kunjungan (traffic) produk dan toko. Bahkan pihak Lazada mengklaim bahwa fitur ini berhasil mendongkrak trafik hingga 127%, lho!

Sebenarnya fenomena ini sangat wajar. Karena ketika kamu mendaftarkan toko atau produkmu dalam program gratis ongkir manapun, maka akan ditampilkan logo fitur tersebut pada halaman produk.

Ini akan menambah minat konsumen untuk mencari tahu lebih banyak prouduk dan toko onlinemu. Sehingga jumlah klik atau kunjungan pada kedua halaman tersebut secara otomatis akan meningkat.

Minat Pembelian Produk Meningkat

Manfaat mengaktifkan program gratis ongkir di Lazada selanjutnya adalah menaikkan minat pembelian produk. Melansir dari halaman Lazada Seller Center, mereka mengklaim bahwa produk yang ditambahkan ke keranjang setelah memasang program gratis ongkir ini lebih besar, yakni meningkat 151%.

Ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat beli pada konsumen ketika melihat adanya diskon pengiriman. Wajar juga sebenarnya, karena ongkir pun sangat menentukan keputusan masyarakat dalam membeli produk secara online.

Sebagai gambaran, sebuah produk memiliki harga beli sebesar Rp 35 ribu, tapi karena ongkos kirim yang besar konsumen harus mengeluarkan uang tambahan Rp 35 ribu lagi. Tentu, biaya pengiriman yang setara dengan harga beli ini justru membuat barang tersebut tak lagi menarik buat mereka.

Jumlah Pemesanan Meningkat

Karena minat beli konsumen meningkat, maka bukan tak mungkin kalau pemesanan produk pun juga turut meningkat. Apalagi program gratis ongkir ini enggak selalu ada untuk para konsumen, jadi mereka merasa harus cepat-cepat melakukan pembelian selama promo berlangsung.

Jumlah Pendapatan Meningkat

Keuntungan mengaktifkan gratis ongkir di Lazada selanjutnya adalah meningkatkan jumlah pendapatan toko. Ini secara otomatis akan terjadi ketika minat beli dan pemesanan meningkat.

Syarat dan Ketentuan Mengaktifkan Gratis Ongkir di Lazada untuk Seller

Menyadari betapa banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan mengaktifkan gratis ongkir di Lazada. Kamu pasti sudah tak sabar ingin memasangnya di tokomu, bukan?

Nah, Beautypreneurs, untuk mendaftar gratis ongkir ini kamu bisa mengunjungi halaman Seller Center. Kemudian memilih program yang kamu inginkan.

Namun, sebelum benar-benar memasang program ini, kamu perlu tahu terlebih dahulu syarat dan ketentuan mengaktifkan fitur gratis ongkir di Lazada untuk Seller berikut ini.

Free Shipping Cashback Program

Merupakan jenis program gratis ongkir Lazada yang menawarkan keuntungan dalam bentuk cashback, serta memberikan peningkatan trafik pada halaman toko/produk. Sehingga konversi dan peforma toko online-mu pun akan bertambah.

Syarat dan Ketentuan Free Shipping Cashback Program

  1. Cashback yang ada sebagai biaya subsidi pengiriman oleh seller.
  2. Ada dua jenis opsi cashback yang bisa digunakan oleh seller, yakni:
  3. Cash back 50%

Cashback ini memiliki durasi yang panjang, jumlah minimal pembelian dan subsidi ongkos kirimnya diatur oleh Lazada. Semua jenis produk dapat menggunakan promo ini, sementara pemilihan pengiriman produk standar.

  • Cashback 30%

Durasi promo ini juga dalam jangka panjang, dengan minimal pembelian telah ditentukan oleh Lazada. Namun, nilai yang ditetapkan jauh lebih tinggi dibandingkan pilihan cashback 50%.

Subsidi ongkos kirim oleh seller juga telah ditentukan oleh Lazada. Promo ini dapat kamu terapkan pada seua jenis produk, serta menggunakan layanan pengiriman standar.

  • Pengaturan Minimal Pembelian dan Besaran Subsidi oleh Lazada.

Ini untuk mencegah adanya keraguan dan kesimpangsiuran, kedua pengaturan ini ditetapkan Lazada. Pada penerapannya, berbeda-beda untuk tiap penjual sesuai dengan profil penjual/toko online untuk memaksimalkan penjualan.

  • Nilai maksimum yang akan didapatkan dari tiap pemesanan adalah sebesar Rp 30 ribu.
  • Untuk mengklaim cashback, status pesanan yang terhitung haruslah sudah berstatus delivered/diterima.
  • Periode program ini berlangsung dalam jangka panjang, di mana seller Lazada wajib megikuti program selama minimal 3 hari setelah pendaftaran.

Untuk mendapatkan pembaruan detail persyaratan dan ketentuan lainnya kamu bisa mencari tahu pada halaman berikut ini!

Free Shipping Max

Program ini merupakan gratis ongkir yang menawarkan keuntungan dalam bentuk subsidi ongkos kirim, serta mampu meningkatkan trafik toko/produk dengan biaya program lebih rendah.

Syarat dan Ketentuan dari Program Free Shipping Max

1. Ketika mengikuti program Free Shipping Max, seller akan mendapatkan bantuan ongkos kirim sebesar Rp 10 ribu tiap pesanan. Namun, dengan minimal pembelian produk sebesar Rp 30 ribu.

2. Voucher diskon ongkos kirim ini berbentuk voucher. Di mana konsumen harus melakukan klaim atau koleksi terlebih dahulu melalui halaman produk tersebut.

3. Untuk mengikuti program gratis ongkir ini, seller memiliki kewajiban untuk membayar biaya partisipasi. Kalau toko online-mu tergolong LazMall, berarti biaya yang harus kamu keluarkan sebsar 2%. Sementara kalau penjual biasa harus mengeluarkan 3%.

Biaya partisipasi ini akan dikenakan pada tiap produk yang ada, tanpa ada pengecualian. Selama kamu masih mengikuti program biaya Free Shipping maksimlum Rp 10 ribu tersebut.

4. Untuk menghindari keraguan atau kesimpangsiuran, besaran biaya partisipasi berlaku pada tiap produk yang terjual. Baik yang menggunakan atau tidak memakai voucher gratis ongkir yang ada.

Namun, biaya partisipasi program ini tidak berlaku untuk pesanan yang menggunakan promosi gratis ongkir yang kamu buat lewat Seller Center.

5. Periode program Free Shipping Max ini terbatas, sesuai dengan waktu dan ketentuan yang diberikan oleh pihak Lazada. Untuk mengikuti program ini kamu harus selalu update dan mencari informasi terbaru di sini.

Cara Mengaktifkan Gratis Ongkir di Lazada

Setelah memahami apa saja syarat dan ketentuan pada tiap program gratis ongkir. Kamu sudah siap untuk melanjutkan cara mengaktifkan gratis ongkir di Lazada.

Langkahnya juga sangat mudah untuk kamu lakukan kok, Beautypreneurs? Enggak percaya, langsung simak beberapa step-nya berikut ini!

Buka Halaman Seller Center dan Masuk Akun Jualanmu

Langkah pertama masuk ke halaman pusat penjual dan masuk ke akun toko online-mu di Lazada. Setelah itu pilih Promosi dan pilih Free Shipping untuk melanjutkan cara meangktifkan gratis ongkir di Lazada.

Atur Syarat Berlaku Promo Gratis Ongkir

Setelah berada dalam menu Free Shipping kamu dapat mengatur layanan promo gratis ongkir yang kamu buat. Misalnya menentukan jumlah minimum pembelian, serta berapa besaran produk yang dibeli, untuk produk mana saja, dan untuk jenis pengiriman apa saja.

Meski begitu, sebenarnya beberapa pengaturan ini pun telah ditetapkan oleh sistem Lazada. Kamu hanya perlu membuat sedikit penyesuaian.

Mengaktifkan & Menonaktifkan Gartis Ongkir

Selain mengatur dan memasangnya, menonaktifkan fitur gratis ongkir ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengklik ikon Aktif / Nonaktif pada template gratis ongkir yang ada dalam halaman Free Shipping tersebut.

Well, itu adalah syarat dan cara mengaktifkan fitur gratis ongkir di Lazada untuk seller yang harus kamu tahu. Apakah artikel ini membantumu?

Jangan lupa untuk menuliskan pendapatmu dan tipsmu soal cara mengaktifkan gratis ongkir di Lazada di atas, ya!

Kami bakalan senang mendengar dan mendiskusikannya bersamamu!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment