Cara Jualan di Lazada untuk Pemula, Plus Tips Biar Untung!

cara jualan di lazada untuk pemula

Lazada merupakan salah satu jenis marketplace yang sangat ramai dikunjungi oleh mayarakat Indonesia. Saking tingginya minat berbelanka pada situs jual beli online ini, banyak juga penjual yang akhirnya beralih dan memperluas bisnis mereka di sini.

Nah, kamu bisa mengambil dan memanfaatkan peluang yang sama dengan berjualan secara online di Lazada.

Tak perlu khawatir karena masih baru, e-commerce ini terbilang mudah digunakan. Bahkan enggak sedikit keuntungan yang bisa kamu raih ketika akan menggunakan Lazada sebagai media jual beli online untuk bisnismu.

Untuk mempermudah langkahmu dalam memulai bisnis online di Lazada, kami merangkumkan berbagai informasik yang bisa kamu pelajari dengan baik dalam ulasasan berikut ini!

Langsung simak ulasan cara jualan di Lazada untuk Pemula berikut ini, ya!

Cara Daftar Akun Seller di Lazada

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam cara jualan di Lazada untuk pemula adalah dengan mendaftar akun seller terlebih dahulu.

Membuat akun seller di Lazada juga terbilang cukup mudah, bisa melalui website resmi Lazada atau langsung membukanya di aplikasi seluler kamu.

Untuk lebih jelasnya, ikuti beberapa langkah pembuatan akun seller di Lazada berikut ini.

Masuk Ke Halaman Resmi Lazada

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke situs resmi Seller Centre di Lazada.

Pilih Local Seller

Secara otomatis kamu akan dialihkan pada halaman kategori penjual. Ada beberapa pilihan kategori penjual, yang terdiri dari Local Seller, LazzMall, dan LazGlobal.

Karena kamu baru mulai, kamu bisa memilih kategori Local Seller terlebih dahulu.

Daftar Manual dan Masukkan Nomor Telepon

Langkah selanjutnya adalah melanjutkan pendaftaran dengan memasukkan nomor teleponmu yang masih aktif, setelah itu klik Selanjutnya/Daftar.

Masukkan Kode Verifikasi Akun

Setelah itu, secara otomatis sistem akan mengirim kode verifikasi akun ke nomor tersebut. Kamu akan diminta untuk memasukkan kode tersebut.

Atur Jenis Akun, Email dan Password

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis akun, kemudian masukkan email, dan atur kata kunci dari akunmu. Kalau sudah, kamu bisa langsung klik Selanjutnya.

Nah, selain mendaftar secara manual, kamu juga bisa menggunakan akun email, Facebook, ataupun akun Google milikmu untuk membuat akun seller di Lazada.

Setelah semua langkah-langkah di atas kamu lalui, kamu sudah memiliki akun seller di Lazada! Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa untuk selalu menyimak Terms & Condition yang ada sebelumnya.

Cara Jualan di Lazada untuk Pemula dengan Mudah

Setelah memiliki akun seller, cara jualan di Lazada untuk pemula bisa segera kamu mulai dengan mudah.

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa langkah cara jualan di Lazada untuk pemula yang bisa dengan mudah kamu coba. Yuk, simak baik-baik!

Mulai Lengkapi Profil Toko

Langkah pertama dalam cara jualan di Lazada untuk pemula adalah dengan mulai melengkapi profil toko. Buat semenarik dan seprofesional mungkin, dengan begitu calon pelanggan akan semakin mudah menaruh kepercayaan pada tokomu.

Beberapa hal yang harus kamu lengkapi di Informasi tokomu adalah:

  1. Nama dan URL toko online-mu di Lazada
  2. Atur foto profil toko, boleh berupa logo toko agar tampak lebih professional.
  3. Deskripsi singkat dan menarik mengenai toko online milikmu.
  4. Masukkan dan lengkapi alamat toko (Kalau kamu telah memiliki toko fisik / offline)
  5. Memverifikasi Informasi Identitas diri (baik KTP maupun NPWP).
  6. Mencantumkan buku tabungan, sesuai dengan nama pemilik identitas diri yang didaftarkan.
  7. Dan banyak lainnya.

Kamu dapat melengkapi berbagai informasi mengenai toko onlinemu di laxada inilangsung pada halaman Seller Centre.

Mengunggah Foto Produk

Setelah terdaftar sebagai seller Lazada secara resmi, kamu bisa langsung mengunggah beberapa produk yang akan kamu jual nantinya. Pastikan kamu menggunakan foto produk yang menarik, memiliki kualitas tinggi, dan diambil dari sudut pandang yang berbeda.

Kamu bisa membuat bundling produk agar toko tampak lebih ramai dan terasa ada banyak produk yang bisa dijual di tokomu.

Baca Juga: Strategi Bundling Product dan Manfaatnya untuk Bisnis Kosmetik

Tips Jualan di Lazada untuk Pemula Agar Produk Cepat Laku

Setelah selesai membuat toko online kamu di lazada, maka kamu sudah bisa memulai menjalankan toko kosmetik yang kamu miliki.

Namun, yang harus kamu perhatikan adalah cara untuk membuat jualanmu cepat laku dan bagaimana kamu bisa mendapatkan keuntungan.

Nah, agar toko dapat berkembang dengan efektif, kamu bisa menerapkan beberapa tips jualan di Lazada untuk pemula pada ulasan berikut ini.

Memperkuat Branding Toko

Langkah yang pertama adalah memperkuat branding toko, dengan demikian kamu bisa menunjukkan warna dan ciri khas dari brand toko online yang kamu miliki.

Hal ini akan membantu konsumen mengingat dan membedakan toko kosmetikmu dengan competitor. Serta membuat mereka tertarik untuk melakukan pembelian produk kosmetik.

Kamu bisa memaksimalkan branding toko ini dengan menggunakan layanan iklan di Lazada. Dengan biaya per klik, kamu hanya dikenakan pembayaran jika iklan berhasil mendapatkan klik dari pengguna e-commerce ini.

Dengan kata lain, kamu hanya membayar kalau iklannya berhasil.

Tertarik menggunakan fitur Iklan di Lazada? Ketahui syarat dan caranya di sini!

Mengoptimasi Konten Produk yang Dijual

Tips penjualan selanjutnya adalah dengan mengoptimasi konten-konten produk yang akan dijual nantinya. Baik dari segi foto produk, deskripsi produk, hingga keyword-keyword yang akan kamu gunakan nantinya.

Foto Produk

Untuk memaksimalkan penjualan, kamu harus membuat foto produk tampak menarik. Misalnya dengan mengeditnya menggunakan platform editing gratis diinternet, memperbaiki kualitas gambar, serta mengambilnya dari sudut yang tepat.

Selain foto produk, kamu juga bisa menyisipkan deskripsi dan keunggulan produk di gambar. Tentu hanya dalam beberapa kalimat saja, ya!

Kamu juga bisa memasukkan foto produk dari berbagai sisi dan meletakkannya dengan produk lain. Dengan begitu, konsumen bisa melihat produk dari berbagai sisi dan mengetahui ukuran riil produk jika dibandingkan dengan barang tertentu.

Baca Juga: Foto Produk Kosmetik – Manfaat dan Cara Membuatnya Menarik

Deskripsi Produk

Tak hanya lewt foto, kamu juga bisa membuat deskripsi produk yang menarik untuk meningkatkan pembelian. Sisipkan kelebihan produk, manfaat, beda produk dengan merk lain, dan banyak lainnya.

Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang asik dan persuasif. Agar konsumen betah membaca deskripsi produk sampai habis dan memutuskan membeli produk tersebut.

Pengen tahu cara nulis deskripsi produk yang bagus? Cek di sini.

Menggunakan Berbagai Fitur Promosi yang Ada

Langkah selanjutnya adalah memaksimalkan penggunaan fitur promosi yang ada di toko kosmetikmu. Yap! Fitur ini bisa membantumu untuk memikat konsumen melakukan pembelian.

Nah, Lazada memiliki banyak fitur promosi. Mulai dari gratis ongkir, diskon dengan minimal pembelian, cashback, dan masih banyak lainnya.

Menggunakan Jasa Pengiriman Barang yang Bervariasi

Tak hanya harga dan kualitas, konsumen umumnya memutuskan pembelian karena adanya kemudahan dalam transaksi dan pengiriman. Karena itu, cara jualan di Lazada untuk pemula lainnya adalah memasang jasa pengiriman yang bervariasi.

Karena semakin banyak pilihan ekspedisi yang kamu tawarkan, pelanggan pun akan lebih nyaman untuk memilih jasa pengiriman yang mereka suka sesuai dengan kebutuhan dan biaya.

Memasang Harga yang Kompetitif

Langkah selanjutnya adalah memasang harga kompetitif pada produk yang kamu jual. Tips ini terbilang sangat efektif, karena harga adalah pertimbangan pertama konsumen dalam membeli produk.

Nah, jika kamu akan membuat toko kosmetik online di lazada, maka lakukan riset mengenai harga pasar terlebih dahulu. Sebaiknya, jangan memasang harga yang terlalu tinggi dari rentang harga produk di pasaran.

Meski memberikan penawaran yang kompetitif, kamu juga harus bisa menghitung laba-rugi yang akan kamu terima nantinya. Karena tentu, harga ini enggak akan bisa kamu ubah gitu aja dalam waktu dekat.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk Kosmetik Agar Untung

Join Ke Lazada Club di Facebook

Tips yang satu ini sangat penting untuk para pemula, khususnya jika kamu ingin menambah jaringan relasi di bisnis online. Lazada Club di Facebook adalah tempatnya para penjual professional Lazada berkumpul dan membagikan strategi gratis ke sesama penjual.

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi, tips, dan berbagai berita terbaru mengenai cara kerja Lazada. Tak hanya itu, kamu bahkan bisa saling berinteraksi dengan seller lain dan membangun hubungan kerja sama yang baik.

Selalu Menanggapi Konsumen dengan Cepat

Pelayanan konsumen adalah hal nomor 1! Ini adalah strategi wajib yang harus kamu lakukan setiap saat, bahkan ketika bisnismu sudah jauh berkembang dan memiliki banyak pembeli.

Pelanggan akan merasa nyaman, dihargai, dan tidak segan melakukan repeat order ketika mereka mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Salah satu bentuk pelayanan memuaskan ini adalah dengan menanggapi chat / aduan secepat mungkin.

Nah, itu adalah cara jualan di Lazada untuk pemula yang mungkin belum kamu ketahui dengan detail. Apakah kamu sudah siap memulai toko onlinemu?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment