Cara Menerapkan Strategi Pemasaran 4P untuk Bisnis Kosmetik

strategi pemasaran 4P untuk bisnis kosmetik

Banyak orang yang berpikir, bahwa menciptakan strategi pemasaran ini hanya untuk mereka yang memiliki bisnis besar. Padahal, ketika kamu memulai bisnis pun, harus sudah ada sebuah strategi tersendiri.

Salah satu jenis strategi yang harus diketahui oleh pebisnis pemula adalah strategi pemasaran 4P atau yang dikenal juga dengan strategi pemasaran campuran / kombinasi.

Sesuai dengan namanya nih, ada empat variable penting yang harus kamu pelajari dalam strategi pemasaran kombisasi ini. Dan untuk menerapkannya pada bisnis kosmetik, kamu juga harus memahami bagaimana langkahnya dengan baik.

Penasaran, kan? Langsung simak ulasan berikut ini agar kamu lebih tahu apa dan bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran 4P untuk bisnis kosmetik.

Pengertian Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix

Tujuan utama dari adanya kegiatan pemasaran adalah memastikan produk dapat dikenal dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Sehingga nantinya bisnismu akan mendapatkan laba ketika ada pembelian yang masuk.

Karenanya, banyak perusahaan besar juga rela mengeluarkan dana besar untuk melancarkan strategi pemasaran mereka. Mulai dari menggandeng actor papan atas, menyewa billboard dalam jangka waktu yang lama, dan masih banyak lainnya.

Meski begitu, strategi pemasaran ini enggak hanya untuk perusahaan besar yang sudah memiliki keuntungan tinggi. Kamu, yang baru mulai atau masih tergolong UKM, juga harus memiliki stertegi pemasaran sendiri.

Misalnya dengan menggunakan stratergi pemasaran campuran 4P. Yang terbilang cocok untuk digunakan bisnis-bisnis baru yang masih kecil.

Lantas apa sih yang maksud dari strategi pemasaran 4P ini?

Strategi pemasaran 4P bisa dibilang merupakan hal yang harus jadi patokan ketika kamu akan merintis sebuah usaha. Karena setiap elemen dari strategi ini bisa membantu memperkuat dan penting untuk mengembangkan bisnis kamu ke depannya.

Dalam strategi pemasaran 4P ini ada beberapa variable yang harus kamu perhatikan, seperti produk, harga, tempat, hingga bagaimana cara promosi yang tepat.

Keempat komponen ini nantinya akan dipadukan menjadi  satu data besar, untuk menghasilkan respon terbaik yang kamu inginkan di pasar.

Keempat komponen inilah yang kemudian akan dipadukan, sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran bagaimana produk atau brand kosmetikmu akan diterima pasar nantinya.

Cara Menerapkan Strategi Pemasaran 4P untuk Bisnis Kosmetik

Setelah membaca ulasannya di atas, apakah kamu sudah pernah mendengar soal strategi 4P ini sebelumnya? Mengingat strategi ini sangat penting digunakan untuk memulai bisnis kosmetik yang kamu idamkan.

Lantas, bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran 4P untuk bisnis kosmetik? Baca baik-baik ulasannya berikut ini!

Product (Produk)

Variable pertama akan menjadi permulaan dalam cara menerapkan strategi pemasaran untuk bisnis kosmetik. Dalam variable product ini, sebagai pelaku nusaha kamu harus bisa membuat sebuah produk yang akan diterima oleh masyarakat nantinya.

Kamu mungkin awalnya bingung, akan membuat produk kosmetik seperti apa. Fungsinya bagaimana, juga bahan-bahan apa saja yang ingin kamu masukkan dalam produk tersebut.

Pada dasarnya, enggak banyak produk kosmetik yang benar-benar baru dipasaran. Artinya, produk-produk ini pun diciptakan karena saling terinspirasi.

Karenanya, kamu bisa memulai memikirkan konsep produk yang akan dibuat dengan melakukan riset di pasaran terlebih dahulu. Misalnya, apa saja produk yang sedang diminati, atau yang paling sering digunakan, serta yang paling bisa memenuhi kebutuhan pasar saat ini.

Pastikan untuk selalu menjaga kualitas produk kosmetik yang akan kamu produksi nantinya. Baik dari segi bahan-bahan yang nantinya ada pada formulasi, kemasan, keamanan, hingga kebersihan produk.

Pertanyaan untuk Menerapkan Strategi Pemasaran 4P – Produk

Ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu gunakan untuk menggali ide produk kosmetik. Coba perhatikan baik-baik, ya.

  1. Hal apa yang konsumen inginkan dari produk kosmetik yang kamu tawarkan?
  2. Apakah produk kosmetik ini bisa memenuhi kebutuhan konsumen?
  3. Apa saja kelebihan dan manfaat yang ada produk kosmetik tersebut?
  4. Bagaimana pengemasan produk kosmetik ini, seperti apa bentuk, ukuran, dan warnanya?
  5. Bagaimana cara pemakaian produk kosmetik ini?
  6. Seperti apa logo atau merk yang akan kamu gunakan nantinya?
  7. Serta apa yang menjadi pembeda produk kosmetikmu dengan competitor?

Price (Harga)

Setelah selesai dengan konsep produk, mari melangkah pada variable kedua, Price (Harga). Cara menerapkan strategi pemasaran 4P untuk bisnis kosmetik ini merupakan hal krusial dan benar-benar harus kamu pikirakn dengan matang.

Biasanya, konsumen akan menjadikan harga sebagai pembanding produk kosmetikmu dengan competitor. Mereka akan menilai, apakah layak untuk mengeluarkan kosmetik dengan harga sekian? Dengan kata lain, harga ini menjadi hal yang berpengaruh pada keputusan pembelian produk.

Karena nilainya yang penting, kamu juga harus bisa menentukan harga yang tepat untuk brand kosmetikmu. Jangan pikir harga murah akan selalu menang, ya. Karena dalam industry kosmetik yang terjadi agak sedikit rumit.

Misalnya, bila kita memasang harga terlalu murah, maka konsumen akan berpikir: apakah produk ini aman digunakan? Alias produk kosmetikmu bakal diragukan keamanan dan legalitasnya.

Lantas bagaimana cara menentukan harga jual produk kosmetik yang tepat dan bisa membawa keuntungan bagi perusahaan?

Kamu bisa melakukan riset harga pasar, sesuai dengan produk kosmetik yang akan kamu jual. Juga cocokkan harga dengan HPP atau harga produksi yang telah kamu keluarkan sebelumnya.

Kamu juga bisa mencari tahu soal cara menentukan harga jual produk kosmetik di sini.

Place (Tempat)

Langkah selanjutnya dalam cara menerapkan strategi pemasaran 4P untuk bisnis kosmetik adalah dengan menganalisis variable place (tempat).

Lokasi bisnis memang memberikan banyak kontribusi pada percepatan usaha untuk berkembang. Karenanya, kamu harus bsia memilih lokasi usaha yang pas, strategis, dan mudah dijangkau.

Meskipun kamu belum terpikirkan untuk membuat store sendiri, dan memilih untuk memaksimalkan penjualan online. Strategi yang sama pun harus kamu lakukan ketika memilih gudang penyimpanan stok produk.

Usahakan kamu memilih tempat yang mudah dijangkau, dekat dengan berbagai jenis jasa ekspedisi. Serta pastikan bahwa lokasi ini aman, baik dari tindak criminal maupun cuaca yang teralalu ekstrem, untuk menghindari kerusakan pada sediaan kosmetik.

Pengen tahu cara memilih lokasi usaha yang tepat? Baca di sini!

Promotion (Promosi)

Variable terakhir dalam cara menerapkan strategi pemasaran 4P untuk bisnis kosmetik adalah promotion (promosi). Kegiatan ini bisa dibilang merupakan gerbang pertama untuk memperkenalkan produk kosmetikmu kepada masyarakat.

Karenanya, ketika kamu berhasil menyusun strategi pemasaran 4P yang efisien untuk bisnis kosmetikmu. Maka, brand reputasi dan penjualan produk pun akan turut meningkat dengan cepat.

Di era modern ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai media untuk memaksimalkan proses promosi. Dari media pemasaran konvensional (offline), hingga media pemasaran digital.

Kedua media pemasaran ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jadi kamu hanya perlu menyesuaikan penggunaan media mana yang menurutmu lebih menguntungkan.

Tapi Beautypreneur, ketika kamu tidak memiliki banyak modal dan anggaran, media pemasaran online adalah pilihan yang cukup menjanjikan. Kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen potensial, mengunggah konten promosi yang menarik, serta menaikkan brand image.

Hal yang Harus Diperhatikan pada Variable Promotion (Promosi)

Untuk mempermudah proses penyusunan strategi pemasaran ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Tentukan segmentasi dan target pasar terlebih dahulu.
  2. Bentuk buyer persona untuk calon konsumen potensial.
  3. Media pemasaran apa yang akan kamu gunakan, jika online maka sesuaikan juga dengan target pasarmu.
  4. Sisihkan dana atau anggaran khusus untuk melakukan promosi
  5. Sebelum benar-benar kamu pasarkan, ada baiknya kamu melakukan promosi secara berkala dan massif sebelum launching produk.
  6. Buat konten pemasaran yang unik, sesuai dengan karakter brand serta target pasar yang ingin kamu jangkau.

Manfaat Menggunakan Strategi Pemasaran 4P untuk Bisnis Kosmetik

Setelah mengetahui cara menerapkan strategi pemasaran 4P untuk bisnis kosmetik, apakah kamu sudah siap untuk menggunakannya?

Telah dikatakan sebelumnya bahwa strategi pemasaran 4P ini memiliki banyak manfaat. Selain menjadi landasan awal untuk menjalankan bisnis, berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan strategi ini.

Yuk, simak sama-sama!

Dapat Memahami Konsumen dengan Baik

Manfaat yang pertama, kamu bisa memahami calon konsumenmu dengan baik. Lewat riset pasar dan membuat buyer persona, bisa membantumu memahami apa yang konsumen butuhkan dari sebuah produk kecantikan dan memberikan pelayanan terbaik untuk mereka.

Membuat Perencanaan Produk dan Bisnis Lebih Rinci

Pada dasarnya, strategi pemasaran 4P ini membantumu untuk menyusun perencanaan bisnis dan pembuatan produk secara rinci. Lengkap dengan memikirkan risiko dan solusi mengatasi masalah yang bisa saja muncul.

Membuat Pengeluaran Jadi Lebih Efisien

Karena semua data dan keperluan tersusun dengan rinci, kamu bisa membuat jurnal keuangan yang efisien. Tak hanya itu, kamu bahkan bisa memangkas biaya-biaya yang tidak kam perlukan, serta mengalokasikannya pada hal yang paling potensial untuk bisnis.

Membuat Kita Menjadi Lebih Siap dalam Menghadapi Risiko

Karena kamu mengenal medan dengan baik, serta telah menyiapkan rencana usaha dengan matang. cara menerapkan strategi pemasaran 4P untuk bisnis kosmetik ini secara tak langsung juga membuat kita menjadi lebih siap dalam menghadapi berbagai kendala dan risiko yang bisa muncul kapanpun.

Menentukan Strategi Promosi yang Tepat

Manfaat lainnya ketika kamu menggunakan strategi 4P untuk bisnis kosmetik adalah kamu bisa menentukan rencana promosi yang tepat. Seperti bagaimana cara memulainya, besaran anggaran yang akan kamu keluarkan, serta mengenali target audience.

Nah, itu adalah hal yang harus kamu tahu mengenai strategi pemasaran 4P dan manfaatnya untuk bisnis kosmetik.

Seperti yang kamu tahu industry kosmetik di Indonesia sangatlah ramai. Kamu bisa menemukan berbagai jenis kosmetik dengan brand yang berbeda-beda.

Untuk itu, demi memenangkan persaingan pasar, kamu harus memiliki strategi bisnis yang tepat dan merencanakan langkah efektif untuk membuat brandmu jadi unggul.

Nah, Mash Moshem Indonesia tak hanya membantumu memproduksi kosmetik berkualitas. Tapi juga mendukung kegiatan promosimu dengan berbagai layanan aftersales menguntungkan.

Seperti pembuatan video company profile, foto produk, brosur, FAQ, hingga katalog. Bahkan, kami juga akan memberikan info serta tips soal digital marketing melalui Webinar eksklusif. Menarik bukan?

Yuk, mulai industry kosmetikmu bersama kami!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment