Cara Menentukan Lokasi Toko Kosmetik yang Strategis

cara menentukan lokasi toko kosmetik (2)

Ketika akan mendirikan toko kosmetik, selain memilih supplier yang tepat dan menyediakan modal yang cukup. Kamu pun perlu memilih lokasi usaha yang strategis dan paling menguntungkan untuk toko kosmetikmu.

Lokasi usaha yang tepat dan strategis bisa memengaruhi kesuksesan toko kosmetik milikmu. Sebab, ketika kamu salah memilih tempat usaha, toko kosmetik ini bisa saja tidak dijangkau, susah ditemukan, hingga mengalami kebangkrutan.

Lantas bagaimana cara menentukan lokasi toko kosmetik yang strategis dan menguntungkan? Langsung simak tips-nya di bawah ini ya, Beautypreneur!

9 + Cara Menentukan Lokasi Toko Kosmetik yang Strategis dan Menguntungkan

Ada banyak hal yang berpengaruh pada kesuksesan bisnis kosmetik kita. Termasuk lokasi usaha yang strategis, sehingga pembeli akan dapat dengan mudah menjangkau dan menemukan toko kosmetik yang kamu rintis.

Penasaran bagaimana cara menentukan lokasi toko kosmetik yang strategis dan menguntungkan? Simak step-nya berikut ini, Beautypreneurs!

Pastikan Lokasi Toko Kosmetik Mudah Terlihat

Cara menentukan lokasi toko kosmetik yang strategis pertama adalah dengan memilih tempat yang mudah terlihat. Dengan begitu, kamu bisa menarik banyak perhatian dan mempermudah pelanggan untuk datang ke toko kosmetikmu.

Tak hanya itu, lokasi yang visibilitasnya tinggi juga bisa mempermudah dan melancarkan proses bisnis. Misalnya, ketika kamu memasang banner diskon, promosi produk, banner produk-produk baru, juga akan lebih mudah terlihat oleh orang yang berlalu lalang.

Biaya Pembangunan dan Sewa Lokasi

Selain letaknya, kamu juga harus memperhatikan biaya pembangunan dan sewa lokasi toko kosmetik yang akan kamu bangun.

Jika kamu telah memiliki budget yang cukup untuk membangun tempat usaha sendiri, tentu akan lebih menguntungkan dan menjadi investasi jangka panjang untukmu.

Namun, bila kamu memang tidak memiliki cukup dana untuk melakukan pembangunan. Kamu bisa mulai dengan menyewa bangunan di lokasi yang strategis. Meski begitu, tetap sesuaikan dengan besaran modal yang kamu miliki ya, Guys.

Pastikan Akses Toko Mudah Dijangkau

Salah satu hal yang bisa menarik minat konsumen untuk berbelanja di toko kosmetikmu adalah akses toko yang mudah dijangkau. Ya, ini akan membantu menumbuhkan rasa nyaman dan kemudahan bagi konsumen.

Misalnya nih, ketika kamu membangun toko kosmetik atau menyewa bangunan, kamu harus memperhatikan adanya lahan parkir.

Bayangkan, kalau sampai konsumen datang dan tidak bisa memarkirkan kendaraan mereka dengan nyaman. Tentu, ini akan membuat mereka enggan kembali ke toko kosmetik kamu.

Sama halnya juga kalau kamu membuka toko kosmetik di Mall, yang mungkin memang akan sering dikunjungi konsumen. Namun, jika kamu memilih outlet di lantai paling atas atau di area yang tidak dapat dijangkau dengan baik, tentu akan membuat konsumen kesusahan.

Sesuaikan Lokasi Toko Kosmetik dengan Target Pasar

Cara menentukan lokasi toko kosmetik yang strategis selanjutnya adalah dengan menyesuaikan dengan target pasar. Dengan begitu kamu bisa mencapai segmen pasar yang tepat dan sesuai dengan tujuan bisnismu.

Karenanya ketika kamu membuka toko kosmetik, kamu harus mampu mendekati konsumen dengan bersosialisasi lebih akrab. Sehingga dapat memperoleh informasi yang akurat mengenai kebutuhan mereka akan sebuah produk kosmetik.

Selanjutnya, kamu bisa dengan mudah menentukan produk apa yang akan kamu jual nantinya. Atau merek kosmetik seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh calon konsumen di lokasi sekitar toko kosmetikmu tersebut.

Perhatikan Masalah Perizinan Pembukaan Usaha

Selain melengkapi semua legalitas toko kosmetik, brand, hingga keamanan produk kosmetik yang akan dipasarkan. Dalam menentukan lokasi usaha, kamu juga harus memperhatikan masalah perizinan toko atau gedung yang akan kamu tempati.

Jangan pernah mengabaikan poin ini, sebab bisa saja masalah dan risiko yang tidak terduga akan berdampak buruk pada toko kosmetik yang kamu rintis di kemudian hari.

Nah, daripada menyesal di belakang, kamu harus memperhatikan dengan baik legalitas perizinan tempat usaha, dan memperjelas sertifikat kepemilikan lahan.

Karena pada kenyataannya enggak sedikit kejadian di mana banyak aksi penipuan penyewaan lokasi usaha. Kalau sudah begitu, bukannya dapat berkembang tentu kamu akan mengalami kerugian tak terguda.

Perhatikan Lingkungan dan Kondisi Sosial di Lokasi

Poin satu ini sangat penting untuk kamu perhatikan dalam cara menentukan lokasi toko kosmetik yang strategis. Well, enggak hanya yang ramai di kunjungi konsumen, kamu juga harus memperhatikan dengan baik lingkungan dan kondisi social di lokasi toko.

Misalnya, kamu mendapatkan lokasi yang cukup murah dan dilalui banyak orang. Namun, rupanya tindak kriminal (seperti pencopetan) sering terjadi di area tersebut. Tentunya, lokasi ini sangat tidak cocok digunakan untuk membangun toko kosmetik.

Meski harganya murah, keamanan dan kenyamanan usaha pun akan jadi terganggu. Tak hanya itu, pembeli pun akan segan berkunjung ke toko kosmetikmu karena merasa waswas dengan kondisi tersebut.

Memperhatikan Pendapatan dan Daya Beli Masyarakat Sekitar

Langkah selanjutnya dalam cara menentukan lokasi usaha adalah dengan memperhatikan pendapatan dan daya beli masyarakat sekitar. Karena, besaran pendapat masyarakat ini juga akan mempenagruhi perolehan pendapatan usaha.

Kalau kamu ingin memulai bisnis kosmetik dengan produk-produk berkualitas tinggi dan harga yang mahal. Maka, pastikan bahwa pendapat masayarakat sekitar cukup memadai untuk membeli produk-produk yang akan kamu tawarkan.

Akan tetapi bila harga produk kosmetik yang kamu tawarkan ini cukup kompetitif, maka kamu enggak perlu khawatir soal pendapatan masyarakat. Kamu bisa memilih tempat usaha yang strategi dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu secara langsung.

Memilih Lokasi Toko dengan Kompetisi yang Rendah

Langkah selanjutnya dalam cara menentukan lokasi usaha yang strategis adalah dengan memilih area dengan persaingan rendah. Langkah ini sangat patut untuk dipertimbangkan bila kamu baru saja memulai bisnis kosmetikmu.

Dengan begitu, akan semakin mudah buatmu menarik minat dan perhatian masyarakat untuk membeli produk-produk kecantikan yang kamu tawarkan.

Namun, jika kamu telah memiliki strategi pemasaran yang mantap dan telah menyiapkan berbagai rancangan promosi sebelumnya. Kamu boleh saja langsung menembak lokasi dengan tingkat persaingan pasar agak tinggi.

Memperhatikan Kebersihan Lokasi Toko Kosmetik

Siapa sih yang nyaman berbelanja ke tempat yang kotor dan kurang terawat? Apalagi untuk membeli kosmetik, produk yang akan digunakan dan diaplikasikan ke wajah secara rutin. Well, tentu kita akan berpikir dua kali untuk melakukannya.

Karenanya, dalamc ara menentukan lokasi usaha sangat penting buatmu memilih tempat yang bersih. Akan lebih baik lagi, kalau ada tenaga kebersihan rutin yang bisa membantu lingkungan tampak higenis dan nyaman.

Sebab, kebersihan ini bisa menjadi faktor penentu ketika konsumen memutuskan akan membeli suatu produk ataukah tidak.

Nah, itu adalah berbagai cara menentukan lokasi usaha yang strategis dan menguntungkan. Sebagai orang yang merintis toko kosmetik sendiri, kamu wajib banget mempelajarinya. Dengan begitu, kamu bisa membangun toko kosmetik di lokasi yang aman, nyaman, dan dapat membawa keuntungan besar.

Well, sampai sini dulu ulasan kita kali ini. Semoga artikel ini bisa mmemberikan jawaban dan informasi yang kamu butuhkan. Good luck, Beautypreneurs!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading