Cara Memilih Partner Bisnis yang Tepat dan Dapat Dipercaya, Simak Ya!

cara memilih partner bisnis yang dapat dipercaya (2)

Salah satu cara untuk dapat memperoleh keberhasilan dalam bisnis adalah ketika menjalankannya dengan partner yang tepat dan dapat dipercaya.

Sayangnya, cara memilih partner bisnis yang tepat tidak,lah mudah. Jika kamu salah pilih, konsekuensi terbesarnya adalah bisnis tidak akan dapat berkembang atau bahkan mengalami kebangkrutan dini.

Partner bisnis serupa aset berharga ketika kamu akan memulai perusahaan baru. Misalnya, bagi beberapa orang partner bisa membantu membentuk gagasan awal usaha, membantu berbagai proses pendirian perusahaan, hingga mengembangkan bisnis tersebut nantinya.

Nah,  saking pentingnya mitra bisnis ini, untuk menemukannya kamu harus sangat selektif, seolah ingin mengajak seseorang untuk menikah.

Lantas bagaimana cara memilih partner bisnis yang tepat dan dapat dipercaya? Langsung baca ulasan ini sampai habis biar kamu punya banyak gambaran!

Partner Bisnis Adalah …

Sebelum mencari tahu apa saja cara memilih partner bisnis yang tepat dan dapat dipercaya, enggak ada salahnya buatmu untuk mencari tahu terlebih dahulu apa partner bisnis tersebut.

Partner bisnis merupakan seseorang yang kamu bagikan kepemilikan bersama perusahaan kamu. Dalam hal ini terdapat perjanjian hukum yang harus diuraikan dengan hati-hati, sehingga kedua belah pihak bisa memahami kewajiban keuangan dan professional.

Ketika kamu berbagi kemitraan bisnis, maka kamu bisa setuju untuk berbagai sumber daya keuangan, keterampilan, dan keahlian mereka. Tak hanya itu, kamu pun bisa membagi untung atau rugi tersendiri.

Sementara itu, ada pula ruang lingkup kemitraan yang mengusung konsep kepemilikan bersama untuk dapat berinvestasi tanpa berpartisipasi dalam aktivitas manajemen. Ataukah tanpa meminta keterlibatan mereka secara aktif dalam pengambilan keputusan dan operasi sehari-hari.

Nah, terlepas dari berbagai cara dan konsep keerja yang akan disepakati nantinya. Penting bagimu untuk memilih partner bisnis yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Cara Memilih Partner Bisnis yang Dapat Dipercaya

cara memilih partner bisnis yang dapat dipercaya (1)

Memilih partner bisnis yang tepat dan dipercaya memang bukanlah hal mudah. Namun, langkah ini snagat diperlukan apabila kamu ingin mendapatkan kesuksesan dan mencegah hal tidak mengenakkan di masa mendatang.

Berikut ini ada beberapa cara memilih partner bisnis yang dapat dipercaya. Simak baik-baik dan jangan lupa praktekkan ke dalam bisnis yang akan kamu rintis, ya!

Lakukan Penyaringan Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam cara memilih partner bisnis yang dapat dipercaya adalah dengan melakukan penyaringan terhadap kandidat yang ada terlebih dahulu.

Tahukah kamu, ada banyak hal yang bisa menjadi alasan seseorang untuk memulai berbisnis. Seperti masalah keuangan, passion, impian, dan banyak lainnya. Intinya, semua orang memiliki tujuan yang besar ketika akan memulai sebuah bisnis.

Sayangnya, dengan memilih partner bisnis yang salah bukannya mendapatkan keuntungan, kamu justru bisa membawa kebangkrutan pada bisnis tersebut.

Karenanya, kamu harus bisa memilih dengan benar partner bisnis yang bisa diajak kerja sama nantinya. Sebab, tak hanya diakibatkan masalah-masalah besar, perselisihan bahkan bisa muncul dengan sangat mudah karena masalah kecil.

Baik karena perbedaan kebiasaan kerja, atau mungkin karena adanya sifat-sifat yang mungkin tidak cocok bagi kedua belah pihak.

Nah, untuk itu kamu perlu mencegah konflik kepribadian ini merusak hubungan bisnis yang ada dengan partnermu. Misalnya dengan mencari tahu nilai dan pola piker dari calon partner bisnis yang akan kamu ajak kerja sama.

Untuk menyelidiki nilai-nilai kepribadian calon partner bisnis, kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini:

  1. Apa yang membuat kamu beriminat untuk join atau menjadi bagian dari bisnsi tersebut?
  2. Apakah kamu pernah mengalami kegagalan? Apa penyebabnya? Serta bagaimana cara menghadapinya?
  3. Apa harapan kamu untuk rencana kerja sama bisnis ini di masa mendatang?
  4. Adakah hal privat dari kehidupan kamu yang nantinya bisa mempengaruhi jalannya usaha, baik dari keluarga atau masa lalu?
  5. Saya tidak memiliki banyak modal atau kas yang besar, sehingga gaji karyawan tidak bisa dibayar penuh. Apakah perlu menggunakan tabungan pribadi untuk itu, serta apakah harus menunda pembayaran karyawan?
  6. Menurut kamu seperti apa bisnis ini dalam satu tahun?

Usahakah untuk tidak terlalu tegang ketika mengajukan beberapa pertanyaan tersebut. Kamu harus bisa membangun suasana yang santai dan komunikatif dengan calon partner bisnis. Dengan begitu, mereka bisa memberikan jawaban jujur yang lebih mendalam.

Mengecek Sejarah Kerja Partner Bisnis

Langkah selanjutnya dalam cara memilih partner bisnis yang tepat adalah mengecek sejarah kerja partner bisnis kamu.

Usahakan untuk melakukan pengecekan secara detail, sehingga kamu tidak akan kehilangan satu fakta yang mungkin tidak dijelaskan oleh mitra bisnis dalam diskusi.

Kamu bisa mencari tahu beberapa hal berikut ini:

  1. Apakah calon mitra memiliki sejarah kepemilikan bisnis / usaha? Jika, iya di mana dan bagaimanakah sepak terjangnya?
  2. Bagaimana reputasi calon mitra di lingkungan kerja dan sosial.
  3. Perhatikan catatan criminal atau pidana yang mungkin dimiliki oleh calon mitra.
  4. Bagaimana calon mitra bisnis kamu dalam menjalankan dan memegang komitmen?
  5. Pernahkah calon mitra mengalami kebangkurtan ataukah memiliki masalah keuangan lainnya?

Yang harus diingat, bahwa semua orang tidaklah sempurna. Tentu, kamu akan menemukan satu dua kesalahan di masa lalu dan mungkin dari sanalah kamu bisa menemukan titik kualitas dari calon mitra tersebut.

Namun, tentu saja seberapa besar masalah dan risiko yang diakibatkannya di masa mendatang tentu bisa menjadi pertimbangan untukmu dalam menentukan apakah ini orang yang tepat dijadikan partner.

Dengan teknologi yang semakin canggih, kamu bahkan bisa mengecek calon mitra dengan sangat mudah lewat Google atau akun media sosialnya.

Kenali Potensi dan Keahlian Pribadi Kamu

Tak hanya harus mengevaluasi calon mitra, kamu pun perlu mengenali potensi dan keahlian pribadi kamu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa memilih partner bisnis yang ketrampilan dan pengalamannya berbeda dari milikmu sendiri.

Sehingga, sumber daya manusia yang ada pun akan semakin beragam. Serta mitra ini bisa memberikan banyak kontribusi dan menutupi kekuranganmu dalam dunia bisnis.

Mendiskusikan Visi dan Misi Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah mendiskusikan pandangan jangka panjang mengenai bisnis yang akan kalian jalankan bersama-sama. Cara memilih partner bisnis yang dapat dipercaya ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui pandangan masing-masing mengenai visi dan misi perusahaan.

Kamu bisa memilih mitra yang bervisi panjang, misalnya bagaimana pandangan dia untuk lima dan sepuluh tahun mendatang. Bila pandangan jangka panjang tersebut rupanya berbeda dengan milikmu, maka kamu bisa mempertimbangkan kembali hubungan kemitraan yang akan dilakukan tersebut.

Lakukan Due Diligence

Langkah selanjutnya dalam cara memilih partner bisnis yang dapat dipercaya adalah dengan melakukan due diligence. Artinya, kamu perlu menggunakan sumber daya independent untuk meneliti calon mitra bisnis kamu.

Misalnya, dengan meneliti riwayat pekerjaannya, latar belakang keuangan, pendidikan mereka, hingga bagiaman reputasi mereka dalam dunia professional.

Elemen-elemen ini bisa menunjukkan bagaimana mereka bekerja dan persepsi public tentang calon mitra kamu. Contohnya, orang dengan catatan pekerjaan dan pendidikan yang baik bisa membuat brand kamu memiliki reputasi yang lebih baik juga.

Nah, itu adalah berbagai cara memilih partner bisnis yang dapat dipercaya. Apakah kamu siap mencari partner in crime-mu dalam menjalankan bisnis?

Well, kalau dengan Mash Moshem Indonesia kamu enggak perlu khawatir. Karena kami telah dipercaya oleh lebih dari 600 brand kosmetik untuk memproduksi kosmetik mereka.

Jangankan kualitas, kami juga memiliki tim yang sangat ahli dan dapat diandalkan. Tak hanya dapat menembus pasar local, kamu pun dapat menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar internasional.

Penasaran? Langsung hubungi tim business development kami untuk tahu betapa profesionalnya Mash Moshem Indonesia dalam membantumu menciptakan produk kosmetik sendiri!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment