Insight-Bisnis

5 Cara Membuat Perencanaan Keuangan untuk Bisnis Kosmetik yang Sukses

cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis

Punya ide produk kosmetik yang luar biasa saja belum cukup untuk membawa bisnis menuju kesuksesan. Di balik kemasan yang menarik dan strategi branding yang kuat, ada satu hal krusial yang kerap diabaikan oleh para brand owner pemula, yakni perencanaan keuangan. 

Jadi, memahami cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis menjadi langkah penting. Tidak boleh diabaikan, perencanaan keuangan inilah yang menjadi fondasi utama supaya usaha kamu tetap sehat secara finansial, mampu bertahan di tengah persaingan, dan tumbuh secara berkelanjutan.

Buat kamu yang sedang merintis atau mengelola brand kosmetik, memahami cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis bukan hanya soal mencatat pemasukan dan pengeluaran. Ini tentang merancang strategi cerdas untuk mengelola modal, memperkirakan biaya produksi, hingga memastikan arus kas tetap positif di setiap tahap pertumbuhan bisnis. Untuk itu, simak cara praktis membuat perencanaan keuangan pada artikel ini!

Cara Membuat Perencanaan Keuangan untuk Bisnis Kosmetik

Cara membuat perencanaan keuangan sebenarnya tidak terlalu sulit kamu lakukan, kok. Kamu bisa langsung memulainya dengan lima cara sederhana berikut ini!

Menghitung Biaya Setup (Setup Cost)

Cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis yang pertama adalah menghitung biaya setup (setup cost). Biaya ini meliputi anggaran yang digunakan untuk mempersiapkan mesin atau proses produksi ketika akan membuat suatu pesanan.

Termasuk saat kamu akan menyetok bahan, menggaji karyawan, hingga melakukan penyesuaian pengemasan dan pengiriman barang.

Nah, untuk memulai pembuatan rencana keuangan bisnis ini, kamu bisa membandingkan jumlah biaya setup dengan jumlah modal yang kamu miliki.

Kamu bisa menentukan seberapa banyak uang yang akan kamu alokasikan sebagai modal, atau berapa besar anggaran yang perlu kamu siapkan.

Pokoknya setup cost ini mencakup semua biaya administrasi dan pemasaran awal, pendaftaran lisensi dan legalitas, biaya peralatan dan aset, modal awal, dan banyak lainnya.

Buat Proyeksi Laba-Rugi Bisnis

Langkah selanjutnya dalam cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis adalah dengan menentukan proyeksi laba rugi dari bisnis yang kamu jalankan.

Langkah ini sangat penting dilakukan, untuk itu kamu disarankan untuk membuat proyeksi laba-rugi ini untuk rentang waktu 12 bulan ke depan sejak pertama kali usaha ini kamu jalankan.

Caranya juga cukup sederhana, kamu perlu membandingkan potensi pendapatan penjualan dengan harga pokok penjalan, ditambah biaya tetap operasional.

Setelah itu, tetapkan perkiraan harga penjualan agar kamu dapat menghitung potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan.



Membuat Perkiraan Arus Keuangan (Cash Flow)

Langkah selanjutnya adalah membuat perkiraan arus keuangan (cash flow). Untuk sebuah bisnis yang baru, kamu tentunya membutuhkan uang tunai untuk membangun kapasitas yang digunakan untuk melayani pelanggan.

Karenanya, kamu perlu membuat cash flow agar terhindari dari kekurangan pendanaan di awal usaha. Di mana fenomena ini banyak dialami oleh UMKM dan bisa menyebabkan kebangkrutan di awal usaha mereka.

Menyusun Perkiraan Neraca Saldo

Cara membuat perencanaan keuangan bisnis selanjutnya adalah menyusun perkiraan neraca saldo. Kamu bisa membuat perkiraan ini setelah perusahaan berjalan selama 12 bulan, berdasarkan perkiraan biaya operasi, aset, saldo pinjaman, jug saldo modal.

Analisa Titik Impas (Break Even Point)

Ketika akan menjalankan usaha, apalagi ketika membuat produk dengan brand sendiri, kamu tentunya akan mengeluarkan biaya produksi.

Untuk menghindari adanya kerugian, kamu bisa melakukan analisis titik impas pada bisnismu. Sehingga dapat diketahui waktu dan tingkat harga penjualan yang ideal, tidak menyebabkan kerugian, serta dapat memperoleh jumlah laba yang diinginkan.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Bisnis Plan untuk Brand Kosmetik yang Benar

Manfaat Membuat Perencanaan Keuangan untuk Bisnis

Setelah mengetahui langkah-langkah dalam cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis, apakah kamu tahu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan?

Berikut ini ada beberapa manfaat membuat perencanaan keuangan untuk bisnis yang harus kamu tahu. Perhatikan baik-baik ya!

Pengalokasian Dana Lebih Mudah

Manfaat dari cara membuat perencanaan keuangan yang pertama adalah kemudahan dalam mengalokasikan dana atau modal yang kamu miliki.

Ketika membuat daftar perencanaan keuangan, kamu bisa mengetahui mana saja keperluan yang harus dipenuhi dn memberikan manfaat besar untuk perusahaan. Dengan kata lain, akan semakin mudah juga buatmu untuk mengatur skala prioritas pengeluaran usaha.

Perencanaan keuangan seperti ini juga akan membantu mengontrol setiap pos-pos anggaran yang tidak terlalu penting atau sifatnya dapat ditunda. Sehingga kestabilan keuangan bisnis pun tetap terjaga.

Peningkatan Produktivitas

Manfaat lain membuat perencanaan keuangan bisnis adalah membantu meningkatkan produktivitas kerja. Karena, merencanakan keuangan khusus untuk lini produktivitas bisa mendorong tim bekerja lebih optimal.

Kamu bisa memulai manfaat ini dengan melakukan rapat atau kesepakatan bersama dari berbagai pihak, tentu yang memiliki kewenangan dalam lingkup usaha kamu.

Peningkatan produktivitas ini akan membawa banyak manfaat pada jangka waktu yang panjang. Termasuk membuat perusahaan atau brand kosmetikmu jadi yang paling unggul dan lebih maju dari sebelumnya.

Secara tak langsung, perencanaan keuangan ini pun bisa mempengaruhi seluruh elemen dari usahamu, termasuk pada bagian produksi.



Investasi

Manfaat lainnya dengan menyusun keuangan untuk bisnsimu adalah bisa dijadikan sebagai investasi. Karena perencanaan keuangan ini bisa menyangkut berbagai aspek penting dalam perusahaan, termasuk kebutuhan dan aset-aset perusahaan.

Nah, aset-aset yang kamu kelola dengan baik inilah yang akan menjadi investasi bagi bisnis kamu. Kala perusahaan membutuhkan suntikan dana dan sejenisnya, kamu bisa menggunakan aset ini sebagai investasi.

Meraih Tujuan Jangka Panjang

Manfaat selanjutnya dari cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis adalah untuk meraih tujuan jangka panjang. Misalnya untuk memperluas area penjualan produk, membuka toko cabang, hingga memproduksi lebih banyak produk.

Tujuan-tujuan ini sebenarnya sangat penting untuk diwujudkan, mengingat ini juga bisa menunjukkan bahwa brand kosmetikmu telah berkembang dengan pesat.

Selain itu, dengan perencanaan keuangan yang tertata dan tersusun dengan baik, kamu bisa menyiapkan dana darurat untuk menanggulangi kemunduran bisnis di masa mendatang.

Nah, itulah tadi cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis dan manfaatnya yang perlu kamu pelajari sebaik mungkin. Dengan demikian, keberlangsungan bisnis kosmetik yang kamu rintis pun akan dapat berjalan lancar.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Brand Image yang Kuat Bagi Pebisnis Kosmetik Pemula

Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik Brand Sendiri yang Sukses Bersama Mash Moshem Indonesia!

Membangun bisnis kosmetik brand sendiri tidaklah sesulit yang kamu bayangkan, loh! Dengan bermitra bersama jasa maklon kosmetik, seperti Mash Moshem Indonesia, semua langkah membangun bisnis kosmetik menjadi lebih mudah. Pasalnya, kamu tidak perlu memiliki fasilitas produksi sendiri. Hal ini karena semua proses produksi sampai pengemasan produk kosmetik akan dilakukan oleh jasa maklon.

Kamu hanya perlu menyiapkan ide dan konsep produk kosmetik yang akan diproduksi. Kalau masih bingung, tim profesional kami akan membantu menentukan formulasi, target pasar, hingga strategi pemasaran yang tepat. Bahkan, cara membuat perencanaan keuangan untuk bisnis kosmetik juga akan dibantu oleh Mash Moshem Indonesia, sehingga ini akan membuat finansial bisnis kosmetik kamu semakin sehat dan kesuksesan bisa diraih lebih mudah.

Tunggu apalagi? Langsung hubungi kami dan wujudkan impian miliki brand kosmetik sendiri dengan klik banner di bawah ini!



.

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011