Cara Menggunakan Affiliate Marketing untuk Bisnis Kosmetik, Gampang!

cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik

Kalau kamu aktif mengikuti perkembangan tren bisnis online belakangan ini, affiliate marketing pastinya bukanlah hal yang baru buat kamu. Mengingat, teknik pemasaran ini sangat marak digunakan dan diklaim efektifuntuk meningkatkan penjualan produk.

Benarkah begitu?

Affiliate marketing merupakan sebuah program pemasaran yang cukup sangat efektif untuk menghasilkan penjualan besarmelalui internet, khususnya dalam waktu yang tergolong singkat.

Cara kerjanya juga cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan untuk pebisnis baru program ini bisa memberikan banyak keuntungan buatmu, lho.

Nah, sebagai Beautypreneur kamu pasti udah enggak sabar ingin membuat brand kosmetikmu kian popular dan berkembang dengan pesat, bukan?

Karenanya, enggak ada salahnya buatmu untuk mempelajari apa itu affiliate marketing dan cara menggunakannya untuk bisnis kosmetik lewat uraian berikut ini!

Pengertian Affiliate Marketing dan Cara Kerjanya untuk BisnisKosmetik

Melalukan promosi lewat internet menjadi hal yang sangat menjanjikan saat ini. Salah satu metode yang paling populer di antaranya adalah affiliate marketing.

Sebenarnya, prinsip kerja affiliate marketing ini bukanlah hal baru dalam system pemasaran offline. Karena pada dasarnya affiliate marketing merupakan penjualan produk yang berbasis komisi.

Sebelumnya, buat kamu yang belum tahu, affiliate marketing merupakan sebuah system bisnis yang bekerja dengan membayar jasa seseorang untuk menjual kembali produk yang kita buat. Tentu, bayaran ini dapat bisa mereka ambil ketika barang telah benar-benar laku terjual.

Affiliate marketing biasanya dilakukan atau dipasarkan secara online, melalui Internet. Dengan kata lain, sebagai seorang brand owner kosmetik, kamu bisa menyewa orang lain untuk mempromosikan dan menjual produkmu secara online.

Kalau promosi ini berhasil membuahkan penjualan produk, tentu kamu harus membayar jasa affiliate marketing yang mereka lakukan.

Penggunaan affiliate marketing enggak hanya bisa membantu meningkatkan penjualan produk. Lebih baik dari itu kamu juga bisa membuat brand awareness dari merk kosmetikmu turut naik.

Gimana enggak? Bayangkan, jika ada setidaknya 10 orang yang bergabung dalam program affiliate marketing dari brand kosmetikmu. Maka, 10 orang tersebut akan mereview dan menjual produkmu di berbagai platform yang mereka miliki.

Sudah pasti, semua platform ini tentunya memiliki viewers atau pengikutnya tersendiri. Dengan kata lain, produk atau brand kosmetikmu pun akan dilihat oleh banyak orang / target pasar baru.

Kelebihan Affiliate Marketing untuk BisnisKosmetik

Sebelum benar-benar menggunakan suatu sistem marketing baru untuk mempromosikan brand kosmetikmu. Enggak ada salahnya untuk menggali lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan sistem marketing tersebut.

Nah, agar kamu punya gambaran lebih jauh soal affiliate marketing, ketahui berbagai kelebihan menggunakan system ini untuk brand / bisnis kosmetikmu berikut ini!

Hal yang membuat sistem affiliate marketing ini cukup direkomendasikan untuk dicoba adalah modal yang dikeluarkan relative kecil dan prosesnya yang mudah dijalankan.

Sebelum benar-benar memulai affiliate ini, kamu perlu menyusun ketentuan yang nantinya akan dijadikan patokan kerja sama antara kamu dengan affiliate marketer tersebut.

Proses kerjanya hamper serupa ketika kamu akan melakukan endorsement, namun dengan sistem yang lebih terarah dan tentunya modal lebih murah.

Tak hanya itu, system komisi dalam affiliate marketing pun terbilang cukup menguntungkan untuk pengusaha. Karena kamu hanya perlu mencairkan komisi ini ketika ilklan affiliate ini mendapatkan link atau produk berhasil terjual. Menarik bukan?

Mampu Meningkatkan Penjualan Produk

Keuntungan menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik selanjutnya adalah bisa meningkatkan penjualan produk secara keseluruhan.

Sebab, pihak affiliate bisa saja menjual jenis produk apapun asalkan mereka dapat mempromosikannya dengan baik. Bahkan, affiliate ini bisa serupa dengan toko grosir atau kosmetik besar yang bisa menjual berbagai jenis produk secara lengkap.

Ini tentunya membuat kamu, sebagai pengiklan, dapat memperoleh keuntungan lebih banyak dengan bisa mempromosikan semua produk kosmetik yang kamu buat dari satu affiliate marketer saja.

Tidak Repot Menggaji Karyawan

Ketika menggunakan jasa affiliate marketer, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan tetap. Apalagi, kamu bisa menarik jumlah marketer sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keuntungan yang ingin kamu peroleh.

Keuntungan Jangka Panjang

Tahukah kamu, ketika menggunakan affiliate marketing untuk mempromosikan suatu produk kamu bisa memperoleh keuntungan jangka panjang?

Yap! Mengingat salah satu metode pemasaran yang digunakan dalam strategi ini adalah memasang link iklan dengan target langsung kehalaman penjualan.

Nah, jika konversi ini terjadi, maka pengiklan tentu bisa langsung memperoleh keuntungan. Selanjutnya, ketika iklan yang kamu pasang ini masih aktif maka bukan tidak mungkin kalau konversi bisa terjadi berkali-kali di masa mendatang.

Tentunya ini akan menjadi ladang keuntungan yang bisa bertahan dalam waktu lumayan panjang.

Memperluas Target Pasar

Keuntungan menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik selanjutnya adalah kemampuannya dalam memperluas target pasar.

Karena proses pemasaran dalam affiliate marketing dilakukan melalui media online, jangkauan target pasar pun sangat luas dan tidak terbatas.

Sebagai merchant atau pengguna jasa affiliate tentu kamu mendapatkan banyak keuntungan dari metodeini. Meski begitu, kamu juga harusmemberi tahu kepada pihak affiliate marketer tentang target utama kamu.

Sehingga, proses promosi bisa berjalan lebih efektif dan mampu menghasilkankonversi yang kamu inginkan dengan lebih cepat.

Cara Menggunakan Affiliate Marketing untuk Bisnis Kosmetik

Setelah mengetahui apa saja keuntungan yang akan kamu raih di pembahasan sebelumnya. Tentu, kamu pasti penasara bagaimana cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik?

Meski tergolong mudah untuk kamu lakukan dan modalnya bisa cukup miring, menggunakan jasa ini pun perlu strategi yang matang. Kamu enggak bisa asal comot orang untuk memasarkan produk kosmetikmu bukan?

Lantas bagaimana cara menjalankan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik yang tepat? Simak baik-baik langkahnya berikut ini, Beautyprenuer!

Konsepkan Tujuan Promosi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengonsepkan tujuan promosi. Tentu, kamu tidak ingin anggaran promosi ini terbuang sia-sia dan tidak menghasilkan efek signifikan untuk bradn kosmetikmu bukan?

Karenanya, dalam cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik pun, kamu harus merancang tujuan promosi.

Seperti, siapa saja target pasar yang ingin diraih, bagaimana produk nantinya akan dipasarkan, serta hasil akhir apa yang ingin kamu dapatkan. Misalnya, meningakatkan brand awareness saja, atau menambah jumlah kunjungan toko, hingga melakukan pembelian produk.

Memilih Jenis Afiliasi yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis afiliasi yang tepat. Seperti yang kamu tahu, jenis afiliasi pemasaran ini sangatlah beragam, mulai dari endorsement, influencer, paid promote, dan banyak lainnya.

Sehingga, dalam cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik kamu perlu memilih jenis afiliasi yang paling sesuai dengan tujuan promosi.

Bila kamu ingin menaikkan engagement akun, maka kamu bisa mencoba endorsement dan influencer. Kalau kamu ingin focus pada penjualan produk, paid promote bisa bekerja lebih efisien namun dengan harga yang lebih mahal.

Cukup sesuaikan dengan tujuan promosi yang kamu targetkan, juga anggaran yang telah kamu susun sebelumnya.

Menggunakan Afiliasi dari E-commerce

Tak hanya menghubungi influencer / penyedia paid promote secara langsung. Cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik juga bisa dilakukan lewat e-commerce.

Beberapa e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada, telah memiliki program pemasaran afiliasi sendiri. Biasanya, afiliator akan diberikan komisi di bawah lima persen ketika produk telah laku terjual.

Biaya ini jelas lebih murah, ketimbang kamu menggunakan jasa affiliate marketing dengan menghubungi pihak influencer itu sendiri. Bisa-bisa biayanya akan membengkak tiga kali lipat.

Namun, affiliate marketing lewat e-commerce ini jelas berbeda hasilnya dengan ketika kamu bekerja sama secara perorangan. Seperti endorse atau menggunakan paid promote.

Tak hanya karena sifatnya jauh lebih private, promosi keduanya pun akan memiliki target yang lebih jelas dan dapat kamu kontrol dengan mudah.

Perhatikan Konten Afiliasi

Meski kamu tidak bisa membuat konten itu sendiri, namun untuk mencegah promosi berjalan tanpa arah kamu harus memperhatikan draft konten yang dikirimkan oleh afiliasi.

Cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik ini sangat penting kamu lakukan. Mengingat biaya dan tenaga yang kamu keluarkan untuk melakukan promosi ini juga tidak sedikit.

Kamu harus memastikan bahwa konten postingan, review, atau video promosi yang diunggah oleh penyedia jasa afiliasi harus sesuai dengan tujuan promosi.

Dengan begitu, proses promosi akan berjalan lebih efisien dan efektif. Langkah ini juga akan sangat berguna bagi kedua belah pihak.

Well, itu adalah semua hal yang perlu kamu tahu soal manfaat dan cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik.

Untuk membuat brand kosmetikmu diterima dengan baik oleh masyarakat, promosi merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Metode affiliate ini sangat cocok untuk membuat target pasar mengenal brand kosmetikmu.

Sebab dari penyedia jasa affiliate ini, kamu bisa menjangkau pelanggan baru yang mungkin sebelumnya tidak pernah mendengar atau mengetahui brand kosmetik milikmu.

Nah, sampai sini dulu pembahasan hari ini. Apakah kamu tertarik mencoba cara menggunakan affiliate marketing untuk bisnis kosmetik di atas? Jangan lupa share pendapatmu di kolom komentar!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment