Tak Hanya Baik Buat Kulit, Ini Dia Manfaat Minyak Oat untuk Rambut

Bagi penggiat diet, oat tentunya bukan merupakan makanan yang asing. Oat biasanya dijadikan oatmeal atau makanan pengganti karbohidrat yang sehat bagi pejuang berat badan ideal. Sehingga oat sangat bersahabat bagi tubuh orang diet.

Oat tidak hanya dijadikan oatmeal saja nih. Selain untuk menu diet, oat ternyata dapat dijadikan sebagai perawatan kecantikan juga, lho.

Bukan hanya bijinya saja yang dapat dijadikan perawatan, bahkan ekstrak minyak oat juga memiliki manfaat yang tak kalah penting bagi tubuh kita terutama untuk mengatasi masalah rambut kita.   

Apa saja nih manfaat minyak oat bagi rambut kamu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Beragam Manfaat Minyak Oat untuk Rambut

Selain ramah untuk diet, oat juga memiliki manfaat yang tak kalah penting bagi tubuh kita lo. Pada zaman Roma kuno, oat dimanfaatkan untuk mengobati eksim hingga alergi kulit. Oat memiliki sifat pelembab dan restoratif sehingga cocok untuk pertolongan pertama bagi permasalahan kulit.

Karena kemampuannya dalam memberikan nutrisi, mengurangi peradangan dan memberikan hidrasi yang menenangkan inilah yang menjadikan minyak oat menjadi incaran produk perawatan rambut dan perawatan kulit.

Ekstrak oat atau minyak oat dapat dijadikan perawatan kulit di rumah mulai dari perawatan mandi, masker dan lulur serta perawatan kulit lainnya. Selain itu, minyak oat ini mampu membantu mengatasi permasalahan kerusakan rambut dan kulit kepala kita.

So, berikut manfaat minyak oat bagi rambut kamu.

Melembabkan Rambut dan Kulit Kepala

Minyak oat memiliki kandungan asam linoleat dan oleat yang baik bagi rambut dan kulit rambut kamu. Why? Ternyata, kedua asam lemak tersebut penting untuk kesehatan rambut kita lo.

Asam oleat membantu mengontrol kelembaban rambut kita, membuat rambut lebih lembut, lebih mudah ditata, dan tidak rapuh.

Sedangkan asam linoleat bertugas merangsang pertumbuhan rambut, menjaga keseimbangan kulit kepala, meminimalkan kehilangan kelembapan dan selain itu juga memastikan batang rambut tetap terhidrasi. Sehingga dengan adanya kedua asam tersebut dapat membuat rambut kita tetap sehat.

Nah, jika kulit kepala kita mengalami masalah seperti ketombe, minyak oat solusi yang tepat.

Dengan kandungan antiinflamasi yang alami dapat menenangkan iritasi dan mengurangi kekeringan dan pengelupasan di kulit kepala kita. Sehingga iritasi pada kulit kepala berkurang dan tentunya ketombe juga akan teratasi.

Mengontrol Rasa Gatal pada Kulit Kepala

Apakah kamu sering merasakan gatal di kulit kepala? Kamu bisa memakai minyak oat untuk solusinya. Seperti penjelasan di atas, oat terkenal untuk mengobati gatal pada kulit. Tentunya hal ini juga ampuh bagi kulit kepala kita.

 Cara menggunakan minyak oat ini sangat mudah. Hanya dengan mengoleskan minyak oat pada kulit kepala kita secara merata lalu pijat dengan lembut. Sehingga minyak oat dapat meresap ke dalam kulit kepala dan meredakan rasa gatal akibat iritasi atau peradangan.

Meningkatkan Elastisitas Rambut

Manfaat minyak oat untuk rambut yang pertama adalah mampu meningkatkan elastisitas rambut. Ya, selain mengurangi gatal pada rambut, minyak oat ini juga dapat mengurangi kerontokan pada rambut kita.

Salah satu penyebab utama kerontokan rambut adalah kerusakan rambut, yang dapat dicegah dengan meningkatkan elastisitas rambut.

Minyak oat adalah pelembab yang sangat baik untuk rambut dan kulit kepala, karena dapat menambahkan kilau alami pada rambut sekaligus meningkatkan elastisitas helai rambut kita.

Sehingga tak perlu khawatir rambut rontok lagi  saat menggunakan ikat rambut maupun jepit rambut.

Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala Secara Keseluruhan

Nah, tak hanya meningkatkan kesehatan kulit kepala dengan menghidrasi dan mengurangi peradangan. Manfaat minyak oat untuk rambut lainnya juga dapat mencegah ketombe dan mengatasi masalah kulit kepala kita secara keseluruhan.

Minyak oat juga diketahui memiliki sifat antimikroba dan antijamur, yang dapat membantu dalam kasus eksim, ketombe, dan kulit kepala kering. So, kulit kepala kita tetap sehat dan jauh dari berbagai masalah yang mengganggu.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Minyak oat dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru dengan meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Minyak oat juga memberikan konsentrasi asam lemak omega dan antioksidan ke kulit kepala, sehingga dapat menjadikan kulit kepala sehat untuk pertumbuhan rambut.

Asam linoleat dalam minyak oat meningkatkan pertumbuhan rambut kita dengan meningkatkan cara kerja folikel rambut dan memperpanjang siklus hidup rambut, sehingga rambut lebih lebat dan tebal. Jadi, minyak oat ini juga menjadi salah satu solusi bagi kamu yang mengalami kebotakan pada rambut.

Meningkatkan Efektivitas Bahan Lain

Tak hanya dapat bekerja sendirian, manfaat minyak oat untuk rambut ini pun bisa membantu meningkatkan efektivitas bahan lain dalam haircare product.

Agar kamu dapat merasakan manfaat minyak oat untuk rambut dengan optimal, kamu dapat mencampurkan minyak ini pada produk perawatan rambut yang kita punya.

Dengan memasukkan minyak oat dalam produk perawatan rambut kita, dapat membuat produk tersebut bekerja lebih efektif dan efisien.

Karena asam oleat dan linoleat dalam produk perawatan rambut membantu kulit kepala menyerap bahan-bahan lain lebih cepat. Selain itu, menambahkan minyak oat ke perawatan rambut lainnya, seperti perawatan protein, dapat meningkatkan efek kerja si produk tersebut.

Jenis Rambut yang Cocok Menggunakan Minyak Oat sebagai Perawatan

Tak perlu takut menggunakan minyak oat sebagai perawatan rambut kamu. sebab minyak ini cocok untuk rambut keriting, kering, kasar, keriting, atau rusak.

Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit kepala kering juga akan mendapat manfaat dari nutrisi dan hidrasi minyak oat ini bahkan bagi rambut yang diwarnai. So, dengan kata lain minyak oat aman untuk semua jenis rambut kamu.

Namun, seperti kebanyakan minyak lainnya, minyak ini dapat menumpuk seiring waktu jika rambut dan kulit kepala tidak dibersihkan dengan benar apalagi jika kamu memiliki jenis rambut yang berminyak. Tentunya hal ini dapat menimbulkan masalah baru sehingga gunakanlah minyak oat dengan baik dan benar agar rambut kamu tetap sehat.

Kandungan Minyak Oat yang Baik Buat Rambut

Kamu pasti bertanya-tanya, apa sih yang membuat manfaat minyak oat untuk rambut begitu beragam? Well, bahan alami ini diketahui mengandung sejumlah kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kulit kepala dan rambut.

Kira-kira bahan apa saja yang dimaksudkan tersebut, simak ulasan ini sampai habis, ya!

Memiliki Senyawa Antioksidan

Antioksidan dalam minyak oat dipercaya dapat mencegah kerontokan rambut pada rambut kita. Seperti yang diketahaui, kerontokan rambut menjadi permasalahan rambut yang sering terjadi.

So, minyak yang satu ini dapat kamu gunakan untuk mengobati dan mencegah kerontokan tersebut agar tidak semakin parah lagi.

Protein yang Tinggi

Kandungan selanjutnya yaitu protein. Protein ini ternyata merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut kita lo. Zat ini cukup berguna untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut sehingga rambut lebat dan sehat.

Vitamin E

Selain protein, minyak oat juga mengandung Vitamin E. Seperti yang kamu tahu,Vitamin E memiliki kelebihan untuk kulit kepala dengan fungsi mengurangi inflamasi dan mengembalikan folikel (lubang kecil tempat tumbuh rambut) yang rusak. Pertumbuhan rambut dapat dipengaruhi oleh kesehatan folikel.

So, Vitamin E ini termasuk  antioksidan yang dapat memperbaiki struktur jaringan pada rambut kita. Tak hanya itu saja, vitamin ini sangat efektif untuk mencegah rambut rontok karena mampu memperbaiki struktur rambut kita.

Asam Lemak Esensial

Kandungan yang terakhir yaitu asam lemak. Asam lemak esensial yang ada dalam minyak oat yaitu asam lemak linoleat dan oleat. Keduanya dapat bekerja sama dengan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan rambut kamu.

Asam oleat, atau asam lemak omega-9, secara alami ditemukan dalam sebum yang berfungsi untuk untuk melapisi rambut, memberikan kelembapan dan pelindung bagi rambut kita.

Sedangkan, asam linoleat, atau asam lemak omega-6 dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut, menjaga keseimbangan kulit kepala, meminimalkan kehilangan kelembapan dan menghidrasi batang rambut.

Cara Menggunakan Minyak Oat untuk Rambut

Nah, setelah tahu manfaat minyak oat, tentunya kamu juga ingin tahu bagaimana cara menggunakan minyak oat yang baik dan benar bagi rambut. So, simak baik-baik penjelasan berikut ya.

Aplikasikan Setelah Menggunakan Kondisioner

Setelah menggunakan kondisioner pada rambut kamu, oleskan minyak oat secara merata pada rambut. Dengan begitu, minyak oat akan terserap oleh kulit kepala dan lebih efektif menutrisi kulit kepala kamu.

Jangan lupa gunakan secara rutin agar hasil yang didapatkan lebih maksimal dan rambut kamu menjadi lebih sehat.

Aplikasikan dan Pijat Lembut ke Kulit Kepala

Saat menggunakan minyak oat untuk mengatasi masalah kulit kepala, oleskan seukuran kacang polong ke kulit kepala dengan jari, lalu kamu dapat memberinya sedikit pijatan yang lembut pada kulit kepala.

Agar penggunaan minyak oat ini efektif,  kamu harus membersihkan kulit kepala dan rambut secara menyeluruh dengan keramas. Sehingga tidak terjadi penumpukan minyak dan kotoran yang ada pada kulit dan rambut kita.

Campur dengan Kondisioner yang Sering Kamu Gunakan

Untuk kamu yang memiliki kulit kepala yang berminyak, kamu dapat mencampur beberapa tetes minyak oat dengan kondisioner yang kamu gunakan. Biarkan campuran tersebut hingga 5 menit, lalu bilas.

Dengan cara tersebut, kulit kepala tidak akan bertambah berminyak dan tentunya minyak oat juga tetap dapat menutrisi kepala kita.

Gunakan Haircare Produk Berkandungan Minyak Oat

Sekarang ini, banyak tersedia produk dan perawatan rambut yang menggunakan kandungan minyak oat. Jadi, bagi kamu yang ingin menggunakan minyak oat bagi perawatan rambut kamu tidak perlu khawatir akan susah mendapatkannya.

Kandungan minyak oat pada produk perawatan rambut sudah diformulasikan dengan kebutuhan rambut kita sehingga rambut kita dapat mendapatkan manfaat yang lebih efektik bagi rambut kita.

Well, setelah memahami penjelasan di atas, masih ragu menggunakan minyak oat untuk rambut kamu?

Atau ingin menjadikan minyak oat rekomendasi bagi masalah rambut kamu? Tentu saja, minyak oat ini dapat dijadikan solusi bahan alami untuk masalah kulit dan rambut kita.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Unik Banget! Manfaat Akar Yacon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Melihat banyaknya produk perawatan kecantikan rambut yang belakangan ini menggunakan bahan-bahan organik, pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa banyak bahan alami yang punya kemampuan ini? Well, sebenarnya alam bisa memberikan banyak bahan untuk membantu kebutuhan manusia. Termasuk untuk menjaga kesehatan dan...

Continue Reading

Ingin Punya Rambut Keriting yang Sehat dan Cantik? Hindari 7 Kandungan Ini Dulu!

Merawat rambut keriting sebenarnya cukup sulit, terlebih kalau kamu tidak tahu bagaimana perawatan yang tepat dan menemukan bahan yang benar-benar dibutuhkan rambutmu agar selalu sehat. Apalagi belakangan ini banyak produk-produk perawatan rambut baru yang dibuat dari brand baru juga....

Continue Reading

Leave a Comment