Manfaat Minyak Kenari untuk Kecantikan Kulit yang Jarang Diketahui

Bicara mengenai kecantikan, tentu saja sangat menarik perhatian apalagi bagi ladies. Banyak sekali bahan alami yang sering diincar untuk dijadikan sebagai formula produk kecantikan, termasuk minyak kenari.

Minyak kenari memang tidak terlalu akrab bagi kita karena biji kenari sendiri jarang kita jumpai. Hanya sebagian wilayah di indonesia yang menghasilkan kacang kenari ini. Padahal, minyak kenari ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu saja, minyak ini juga dapat dijadikan perawatan kecantikan kita lo ladies.

Minyak kenari ini mengandung antioksidan yang tinggi dari pada minyak lain yang sejenis. Maka dari itu ladies, minyak kenari ini merupakan salah satu bahan perawatan alami yang wajib kalian tau.

Nah, agar kamu tahu manfaat minyak kenari serta efek samping yang ditimbulkan, yuk simak penjelasannya di artikel ini.

Apa itu Minyak Kenari?

Minyak kenari merupakan ekstrak yang diperoleh dari kacang kenari yang termasuk salah satu kacang paling sehat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Minyak kenari telah digunakan untuk melawan kerutan dan melembabkan kulit sejak sekitar abad ke-17. Bahkan sebelumnya, khasiat obat dari minyak kenari dipuji dalam banyak tulisan Yunani dan Romawi  lho, Ladies.

Nah, untuk kandungan minyak kenari ini sendiri terdiri dari emolien, antioksidan, asam lemak esensial dan vitamin.

Emolien pada minyak kenari memiliki setumpuk manfaat nih seperti melembutkan dan menenangkan kulit, meningkatkan kesehatan kulit, membantu mempercepat peyembuhan luka dan mengobati ketombe. 

Minyak kenari kaya akan antioksidan (disebabkan vitamin E) dan asam lemak omega-3 (asam linoleat) yang tinggi.

Kandungan ini efektif untuk memulihkan dan melembutkan kulit kita ladies. Ada juga kandungan vitamin B5 atau panthenol, yang memberikan manfaat anti-inflamasi, pelembab, dan restoratif.

Sama dengan asam linoleat, kandungan asam oleat pada minyak kenari juga tinggi. Namun hati-hati ladies, karena tingginya asam oleat ini dapat menyebabkan pori-pori pada kulit kamu tersumbat.

Sehingga, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dianjurkan tidak menggunakannya karena dapat menimbulkan jerawat ladies.

Manfaat Minyak Kenari untuk Kecantikan Kulit

Setelah mengetahui minyak kenari beserta nutrisi yang terkandung didalamnya, kamu juga perlu mengetahui manfaatnya nih ladies. manfaat minyak kenari sangat banyak untuk kesehatan kita. terutama bagi kecantikan kulit kita.

Tinggi vitamin dan mineral pada minyak kenari memberikan manfaat untuk hampir semua jenis kulit kamu lo. Manfaat yang kita kamu dapat jika memakai minyak kenari antara lain melembabkan kulit, mencegah kehilangan air pada kulit, mempertahankan kulit terhadap stres lingkungan, mengurangi penuaan, mengurangi rasa gatal dan kering dan meningkatkan hidrasi kulit.

Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak di bawah ini.

Melembabkan kulit

Salah satu manfaat minyak kenari yaitu melembabkan kulit. Karena minyak kenari kaya akan emolien, menjadikannya pelembab ideal yang melembutkan kulit dan meningkatkan perlindungan bagi kulit.

So ladies, bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif dapat mencoba menggunakan minyak kenari ini untuk perawatan kulit kamu. Cukup oleskan minyak kenari pada wajah dan pijat lembut. Lakukan dengan teratur maka kamu  akan mendapatkan kulit yang lembab dan halus.

Mencegah kehilangan air

Selain melembabkan, minyak kenari juga dapat mencegah kulit kehilangan kadar air. Kadar air dalam kulit ini yang membuat kuliat kita menjadi lembab dan tidak kering ladies. Bila kulit kehilangan kadar air maka akan menyebabkan kulit kamu semakin kering dan mudah iritasi.

Nah, dengan kandungan emolien pada minyak kenari dapat menjadi  zat pelumas yang lentur bagi kulit kamu. Sehingga, dapat yang membantu mencegah kehilangan air, dan tentunya kulit kamu menjadi lembab dan sehat.

Mempertahankan kulit terhadap stres lingkungan

Stres lingkungan merupakan stres pada kulit yang dipicu akibat kondisi lingkungan yang tidak sehat misalnya polusi, paparan sinar matahari, dan lain sebagainya. Sehingga stres tersebut dapat membuat masalah yang serius bagi kulit kamu ladies.

Minyak kenari kaya akan vitamin E, yang berarti memiliki beberapa sifat antioksidan yang tinggi yang sangat dibutuhkan saat kulit mengalami stres akibat lingkungan. Dengan kandungan tersebut dapat membantu menangkal dan melindungi permukaan kulit kamu dari stres oksidatif. Sehingga kamu tidak perlu takut lagi terkena polusi dan paparan UV serta gangguan lingkungan lain.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Ladies. jika kamu pusing mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit, minyak kenari solusinya.  dengan pemakaian secara teratur, dapat mengurangi keriput, garis-garis halus pada wajah, flek hitam dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Dengan Vitamin B5 pada minyak kenari ini ternyata sangat bermanfaat mencegah penuaan dini. Tak hanya itu saja, ladies. Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak kenari ini dapat menangkal dan melindungi kulit kamu dari stres lingkungan.

Selain itu, minyak kenari juga dapat membuat kulit kamu terhidrasi dan menjadi lebih lembab.  Sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat ladies.

Meredakan Rasa Gatal dan Kering Pada Kulit

Jika kita salah memilih skincare untuk kulit kita, biasanya kulit akan merasakan gatal dan menjadi lebih kering. Bahkan, pada kulit yang sensitif dapat menhasilkan reaksi yang lebih parah lagi. So ladies, jika kamu mengalami hal tersebut, kamu dapat mengatasinya dengan minyak kenari.

Kandungan minyak yang dihasilkan dari kenari dapat meredakan rasa gatal pada kulit akibat penggunaan skincare. Selain itu, dengan vitamin E dan B5 yang didapat dari minyak kenari dapat menenangkan kulit dan membuat kulit kamu tidak kering.

Meningkatkan hidrasi kulit

Manfaat penting dari minyak kenari yang harus kamu ketahui adalah meningkatkan hidrasi kulit. Vitamin E dan asam lemak pada minyak kenari ini dapat membantu menghidrasi kulit terluar kita ladies. Dengan begitu, elastisitas kulit akan meningkat dan kulit terlihat lebih kencang dan kenyal.

Nah, maka dari itu minyak kenari ini cocok bagi kamu yang menginginkan kulit kencang dan kenyal.

Memperbaiki lapisan pelindung kulit

Efek radikal bebas yang ditimbulkan dari sinar matahari dapat merusak sel-sel kulit kamu ladies. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan kulit kita bahkan dapat membuat munculnya penuaan dini pada kulit. Tentunya kondisi tersebut tak ingin kalian alami, bukan?

Dengan adanya emolien dan asam lemak omega pada minyak kenari sangat efektif dalam memperbaiki lapisan pelindung pada kulit.  Sehingga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit kamu ladies.

Efek Samping Penggunaan Minyak Kenari untuk Kecantikan Kulit

Sebelum kamu menggunakan produk kecantikan alangkah baiknya kamu mengetahui efek samping produk tersebut pada kulit kamu, ladies. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat mengantisipasi reaksi yang ditimbulkan dari produk tersebut.

Minyak kenari memiliki kandungan bahan yang aman dan efektif yang dapat digunakan untuk sebagian besar jenis kulit, ladies.  Bahan yang memiliki efek samping bagi kulitpun sangatlah rendah. Sehingga aman digunakan jika sesuai dengan aturan pakai yang benar.

Bagi kamu  yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, disarankan untuk  berhati-hati dalam menggunakan minyak kenari pada kulit wajah.

Pasalnya, asam oleat yang ditemukan dalam minyak kenari dapat menyumbat pori-pori kamu sehingga akan menyebabkan jerawat. Jadi, pada kondisi ini kamu dapat menghindari pemakaian minyak kenari atau dapat digunakan dengan rentan waktu yang agak lama.

Selain itu, jika kamu alergi terhadap kacang haruslah berhati-hati saat menggunakan minyak kenari. Mengapa? Sebab, minyak kenari yang tidak dimurnikan dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit kamu ladies.

Well, ladies. Membaca informasi tersebut apakah kalian tertarik untuk mencoba minyak kenari?

Tak perlu susah mencari minyak kenari. Sekarang banyak produk yang memiliki kandungan minyak kenari sehingga kamu mudah untuk mendapatkannya. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment