Pasar Menjanjikan, Ini Cara Jualan di Bukalapak untuk Pemula

cara jualan di bukalapak

Menjalankan bisnis sekarang terasa lebih mudah karena dapat dilakukan secara online. Hal ini bisa memangkas anggaran dalam jumlah signifikan, namun memberikan keuntungan yang besar. Apalagi, kalau kamu mulai berbisnis lewat e-commerce atau lapak online.

Fenomena jual beli di Indonesia juga kian meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran, kamu dapat melihat banyaknya jenis lapak online dan penawaran-penawaran pembelian daring yang tersebar di berbagai media sosial.

Nah, di antara berbagai situs belanja online yang popular itu, Bukalapak menjadi salah satu e-commerce yang mendapat banyak minat dari masyarakat.

Melansir dari Databoks, e-commerce satu ini setidaknya dikunjungi sebanyak 34,1 juta kali dalam sebulan pada kuartal III tahun 2021 lalu. Jumlah ini meningkat tipis dari kuartal sebelumnya, yakni sebanyak 29 juta kali kunjungan per bulan.

cara iklan di bukalapak

Karena jumlah penggunanya yang tinggi, pasar bisnis online di Bukalapak pun cukup menjanjikan buatmu. Akan sangat disayangkan kalau kamu tidak turut ambil bagian dan memulai cara jualan di Bukalapak.

Lantas bagaimana cara jualan di Bukalapak untuk pemula? Langsung baca langkah-langkahnya di bawah ini!

Tips dan Cara Jualan di Bukalapak untuk Pemula

Berbisnis secara online lewat Bukalapak terbilang sangat praktis dan mudah untuk dilakukan. Kamu tidak perlu repot membangun atau menyewa tempat usaha untuk mulai berjualan.

Langkah yang kamu lakukan pun cenderung sederhana, seperti dalam cara jualan di Bukalapak untuk pemula berikut ini.

Buat Akun Jualan di Bukalapak

Langkah pertama dalam cara jualan di Bukalapak untuk pemula adalah membuat akun seller terlebih dahulu. Caranya mudah, kamu hanya perlu masuk ke laman https://www.bukalapak.com/

Setelah itu, kamu bisa langsung mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Pilih Menu Daftar

Kamu bisa klik kolom Daftar pada bagian kanan atas halaman homepage Bukalapak. Setelah itu, kamu akan dialihkan pada halaman berikutnya untuk melanjutkan pendaftaran akun seller.

Lengkapi Data Pada Formulir Pendaftaran

Kamu secara otomatis akan dialihkan pada halaman formulir pendaftaran. Lengkapi semua keterangan/data yang diminta oleh sistem.

Namun, bila kamu merasa kerepotan untuk mengisi kolom tersebut, kamu bisa langsung mendaftarkan akun lewat Google atau Facebook. Maka secara otomatis, data yang ada pada Facebook atau Google akan disinkronkan oleh sistem.

Input Nomor Telepon/Handphone yang Aktif

Selanjutnya masukkan nomor telepon aktif ke kolom yang telah disediakan. Jangan lupa masukkan juga alamat email milikmu yang valid, karena keduanya digunakan dalam proses verifikasi akun Bukalapak.

Masukkan Nama Toko Online-mu

Cara jualan di Bukalapak selanjutnya adalah dengan memasukkan nama toko online. Jangan asal memasukkan nama, ya. Pastikan kamu memiliki anma toko yang unik, mudah diingat, dan tidak pasaran. Sehingga konsumenmu di masa mendatang akan lebih mudah untuk mengenalinya.

Atur Password Akun

Selanjutnya atur password yang akan kamu gunakan sebagai akses nantinya.

Baca Syarat dan Ketentuan yang Ada

Setelah mengisi password, jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan dari Bukalapak. Kalau sudah, kamu bisa mengisi centang pada kolom Setuju, sebagai tanda kalau kamu menyetujui isi dari syarat dan ketentuan tadi.

Klik Daftar

Kalau semua data yang telah kamu masukkan lengkap dan benar, langsung klik Daftar yang ada di bagian paling bawah formulir.

Konfirmasi Lewat E-mail

Jika sudah, maka secara otomatis kamu akan dialihkan ke halaman awal. Sementara sistem akan mengirim bukti konfirmasi melalui e-mail yang tadi kamu cantumkan.

Untuk memverifikasi akun, kamu bisa langsung klik link yang dimasukkan ke dalam isi pesan tersebut. Jika sudah melakukan konfirmasi, maka akun seller Bukalapak milikmu sudah siap untuk digunakan berjualan.

Lengkapi Profil Toko Online-mu

Setelah memiliki akun seller, kamu bisa lanjut melengkapi profil toko online-mu terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting untuk menarik perhatian konsumen dan membuat mereka percaya kepada tokomu.

Kamu bisa membuat profil toko semenarik mungkin, tentu sesuai dengan ketentuan yang telah diterapkan Bukalapak. Untuk mengatur profil toko, kamu bisa mengakses menu Pengaturan, yang ada di halaman akun seller.

Lengkapi semua data dan deskripsi toko sedetil mungkin, sehingga calon konsumen bisa lebih mudah percaya dan mau melakukan pembelian. Sertakan nomor telepon, cara pemesanan, pembayaran, jumlah produk, dan syarat pengiriman.

Kamu bisa mendesain dan menulis deskripsi semenarik mungkin. Sehingga konsumen tertarik untuk mengunjungi toko online milikmu di Bukalapak.

Unggah Foto Produk yang Berkualitas

Cara jualan di Bukalapak untuk pemula selanjutnya adalah dengan mengunggah foto produk yang berkualitas. Seperti yang kamu tahu, foto produk sangat menentukan minat konsumen dalam membeli suatu barang secara online.

Sebab itu, kamu enggak bisa asal mengunggah foto produk di toko onlinemu. Gunakan foto produk yang berkualitas tinggi, sehingga ketika diunggah tidak akan pecah atau tidak terlihat jelas.

Kamu juga bisa menyisipkan video produk, sehingga pembeli bisa memiliki gambaran seperti apa produk tersebut ketika sampai di tangan mereka.

Baca Juga: Foto Produk, Cara Menarik Hati Calon Konsumen dengan Potret yang Memikat

Lengkapi Deskripsi Produk dengan Rinci

Setelah memilih foto yang tepat, maka cara jualan di Bukalapak selanjutnya adalah dengan melengkapi deskripsi produk secara rinci. Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan, karena deskripsi produk bisa menjadi salah satu penentu konsumen melakukan pembelian.

Menulis deskripsi produk harus dilakukan serinci mungkin. Kamu bisa menjelaskan berat, variasi, fungsi, bahan-bahan, hingga cara penggunaan produk. Usahakan deskripsi ini memuat semua informasi yang dibutuhkan konsumen tentang produk tersebut.

Namun, untuk menambah daya tarik, kamu bisa menyisipkan sedikit kalimat persuasive dan sugestif yang bisa mendorong konsumen melakukan pembelian produk.

Penasaran bagaimana cara menulis deskripsi produk yang menjual? Klik di sini!

Gunakan Fitur Promosi Khusus dari Bukalapak

Setelah mengunggah semua produk jualanmu, maka secara otomatis kamu sudah resmi memulai bisnismu di Bukalapak.

Namun, seperti yang kamu tahu bahwa di Bukalapak persaingan pasar cukup tinggi. Karenanya, kamu harus memiliki strategi penjualan tersendiri agar bisa menarik konsumen dan memenangkan persaiangan.

Salah satu cara untuk mengatasi kompetisi ini adalah dengan menggunakan fitur promosi atau iklan khusus yang disediakan oleh Bukalapak.

Yap! E-commerce ini memiliki sejumlah fitur yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk dan toko onlinemu. Mulai dari iklan Push Promoted, BukaIklan Shopping, BukaIklan Facebook, dan Iklan Push.

Semua jenis iklan di Bukalapak ini memberikan banyak keuntungan untuk tokomu. Seperti meningkatkan jumlah kunjungan toko, membantu menaikkan brand awareness, hingga meningkatkan penjualan produk.

Cara iklan di Bukalapak juga sangat mudah, kamu hanya perlu ikuti langkahnya di sini.

Berikan Harga Produk yang Kompetitif

Untuk membuat konsumen tertarik dengan produk yang kamu jual, memasang harga produk yang kompetitif pun harus jadi pertimbangan. Karena, meski selisih yang diberikan tidak besar, konsumen akan cenderung memperhitungkannya sebelum melakukan pembelian.

Namun, kamu juga enggak bisa memberikan harga terlalu murah atau jauh di bawah pasar. Selain bisa memberikan kerugian, hal ini juga bisa menimbulkan rasa tidak percaya pada konsumen. Apalagi kalau barang atau produk yang kamu jual mudah sekali dipalsukan.

Tentu, perbedaan harga yang terlalu jauh justru akan menimbulkan kesan mencurigakan. Sebab itu, sebelum benar-benar memasang harga, ada baiknya untukmu melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Ketahui juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk Kosmetik yang Menguntungkan

Berikan Pelayanan Konsumen yang Memuaskan

Pelayanan konsumen adalah hal yang mutlak harus kamu perhatikan ketika menjalankan sebuah bisnis, baik itu secara online maupun offline.

Ketika kamu memasarkan produk secara online, sangat penting untuk membuat konsumen merasa nyaman dan aman dalam bertransaksi. Karenanya, berikan pelayanan yang memuaskan dan ramah agar konsumen betah belanja di toko online-mu.

Pelayanan-pelayanan ini banyak bentuknya, mulai dari membalas chat dengan cepat, memberikan respon terhadap keluhan dari konsumen, hingga memberikan banyak diskon dan promo menarik lainnya.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment