Tak Cuma Cantik, Berikut Manfaat Rahasia Bunga Anggrek untuk Kecantikan!

manfaat anggrek untuk kecantikan (6)

Minat pengguna kosmetik terhadap produk perawatan wajah dengan bahan alami, khususnya dengan ektrak tumbuh-tumbuhan tertentu, terbilang sangat tinggi.

Terlebih, belakangan ini banyak kampanye yang menyerukan untuk menggunakan produk kosmetik vegan dan ramah lingkungan.

Karenanya, berbagai produk kosmetik pun kini semakin sering menggunakan ekstrak bahan-bahan organic dalam formulanya.

Salah satu bahan alami yang juga cukup sering ditemukan dalam formula kosmetik adalah bunga anggrek.

Yap! Bunga yang selama ini hanya dianggap sebagai tanaman hias belaka tersebut, rupanya memiliki banyak khasiat tak terduga yang baik untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit wajah kamu.

Tak hanya “dengar-dengar”, berbagai khasiat bunga anggrek untuk kecantikan ini pun sudah teruji dan diteliti secara ilmiah, lho.

Penasaran apa saja khasiat bunga anggrek untuk kecantikan? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Kandungan Bunga Anggrek yang Baik untuk Kecantikan

manfaat anggrek untuk kecantikan (5)

Bunga anggrek memiliki banyak nutrisi yang sangat baik jika digunakan sebagai bahan produk perawatan wajah.

Beberapa kandungan itu berupa antioksidan, antiinfalamasi, hingga berbagai jenis vitamin dan mineral yang baik untuk kecantikan.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkap mengenai kandungan bunga anggrek yang baik untuk kecantikan di bawah ini.

Antosianin

Kandungan dalam bunga anggrek yang pertama adalah antosianin, yakni zat pemberi warna pada kelopak bunga cantik ini.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa antosianin pada bunga anggrek dapat bekerja sebagai antioksidan dan membantu kulit melawan dampak buruk stressor lingkungan.

Tak hanya itu, kandungan ini pun diketahui mampu merangsang kerja enzim detoksifikasi dalam tubuh. Sehingga racun yang ada dapat segera dihilangkan, juga mampu mengurangi kerusakan lemak dan DNA, yang dalam skala tertentu dapat memicu pembentukan kanker.

Antosianin pun dikatakan berpotensi melindungi kulit kamu dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Sehingga jika digunakan secara topical di atas kulit, antosianin dapat mencegah kerusakan kulit dengan meminimalisir jumlah radiasi UVB yang sampai pada epidermis.

Kalsium

Kamu mungkin mengira bahwa kalsium hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang, padahal jenis mineral ini juga sangat penting untuk merawat kecantikan kulit, lho.

Kok bisa? Ya, kalsium dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit dengan mengikat kadar air dalam jaringan kulit kamu.

Oleh sebab itu, jika tubuh kekurangan kalsium maka akan berdampak pula pada penampilan kulit. Misalnya, kulit jadi lebih kering, tampak kasar, bahkan dapat kehilangan elastisitasnya.

Fenol dan Flavonoid

Dalam bunga anggrek juga ditemukan senyawa fenol dan flavonoid. Keduanya merupakan jenis antioksidan alami yang sangat baik untuk melindungi dan merawat kesehatan kulit, khususnya dari dampak buruk lingkungan yang tidak sehat.

Zinc

Zinc (seng) merupakan salah satu jenis micronutrient yang dapat bekerja untuk mengontrol produksi sebum, merawat dan menyembuhkan jerawat lebih cepart, dan dapat menghilangkan bekasnya dari wajah kamu.

Tak hanya itu, jenis mineral satu ini pun diperlukan dalam pembentukan sel dan protein pada jaringan kulit. Serta dapat menetralkan peradangan, dan meningkatkan perlindungan kulit, khususnya dari sinar UV.

Magnesium

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang juga ditemukan dalam bunga anggrek. Kandungan ini tergolong berperan penting dalam pembentukan kulit, gigi, trambut, dan otot.

Tak hanya itu, jika digunakan dalam formula produk perawatan kulit, magnesium dapat membantu merawat keremajaan kulit dengan menjaga elastisitas dan kekenyalannya.

Berbagai Manfaat Bunga Anggrek untuk Kecantikan

manfaat anggrek untuk kecantikan (1)

Enggak cuma indah ketika dijadikan hiasan, bunga anggrek pun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, lho.

Tanpa basa-basi lagi, simak berbagai manfaat bunga anggrek untuk kecantikan di bawah ini sampai habis, ya!

Dapat Melawan dan Menetralkan Radikal Bebas

polusi

Radikal bebas merupakan salah satu hal yang paling sering menyebabkan masalah pada kecantikan kulit wajah kita.

Mulai dari perubahan warna kulit dan menjadikannya tidak rata, pun muncul jerawat dan bintik hitam di kulit, hingga memicu sel-sel kanker kulit.

Nah, untuk itu sangat penting bagi kita menggunakan produk perawatan wajah yang dapat menangkal serta menetralkan radikal bebas pada jaringan kulit.

Untungnya, nih, bunga anggrek bisa menjadi solusi untuk melawan dan menetralkan radikal bebas.

Ini karena, dalam kelopak bunga anggrek terdapat kandungan antosianin, flavonoid, dan fenol. Ketiganya dapat bekerja sebagai antioksidan alami dan mampu menetralisir kadar partikel radikal bebas yang terpapar dalam tubuh.

Dengan begitu, berbagai dampak buruk yang dipengaruhi stress oksidatif pun akan dapat diminimalisir atau dicegah secara optimal.

Mencegah Dampak Buruk Paparan Sinar Matahari untuk Kulit

paparan sinar matahari berlebihan (1)

Selain radikal bebas, manfaat bunga anggrek untuk kecantikan lainnya adalah mampu melindungi kesehatan kulit dari dampak buruk yang diakibatkan paparan sinar matahari berlebihan.

Asal kamu tahu, 75% berbagai permasalahan kecantikan yang dialami perempuan di dunia terbukti disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

Masalah-masalah kecantikan yang dimaksud adalah hiperpigmentasi, dehidrasi, iritasi, hingga sunburning. Yang enggak hanya bikin penampilanmu tak maksimal, tapi juga menimbulkan rasa sakit atau tak nyaman di kulit.

Kabar baiknya, kandungana antosianin dalam kelopak bunga anggrek mampu membantu melindungi kulit dari efek negative panas sinar matahari.

Antosianin dapat bekerja dengan menonaktifkan molekul rekatif yang umumnya terbentuk selama kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Sebab, molekul ini disinyalir mampu memicu kerusakan sel dan jaringan pada kulit dengan cukup signifikan.

Enggak cuma itu, antosianin pun dapat membantu meningkatkan enzim detoksifikasi pada tubuh sehingga racun-racun pada jaringan kulit dapat dihilangkan.

Melawan dan Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

mencegah penuaan dini

Siapa bilang, usia muda bisa membuat tanda-tanda penuaan ogah muncul di kulit wajah dan tubuh kamu? Padahal, banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan tanda-tanda penuaan ini di wajah kita di luar faktor genetic dan usia, lho.

Nah, berbagai faktor eksternal inilah yang kemudian membuat kulit wajahmu mengalami banyak masalah dan akhirnya memicu tanda-tanda penuaan dini.

Namun kamu enggak perlu khawatir, Ladies. Sebab, bunga anggrek diketahui dapat melawan dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan kosmetik yang menggunakan ekstrak bunga anggrek sebagai bahan dasar formula produk mereka.

Tak hanya itu, beberapa penelitian pun dilakukan untuk memvalidasi berbagai manfaat bunga anggrek untuk kecantikan secara ilmiah, termasuk untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di wajah.

Jenis bunga anggrek tertentu pun diketahui dapat memperlambat penuaan yang disebabkan oleh reaksi selama kulit terpapar sinar UV secara langsung.

Ekstrak bunga anggrek pun diketahui dapat merangsang respirasi mitokondria sehinga mampu bekerja secara optimal, dan membuat proses regenerasi sel-sel kulit baru yang sehat semakin cepat.

Selain itu, berbagai jenis mineral alami dalam bunga anggrek pun dapat menjaga keremajaan kulit dengan membuatnya tetap elastis, lembut, dan tidak mudah kering.

Kanungan anosianin yang ada dalam bunga anggrek pun bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit, yakni dengan mencegah kerusakan pada kolagen dan memulihkan jaringan kulit yang terlanjur bermasalah.

Mampu Melembapkan Kulit

Melembabkan Kulit

Salah satu faktor yang membuat wajah tetap terlihat segar dan sehat adalah terjaganya kadar kelembapan alami pada kulit.

Sebab, hal ini memungkinkan kulit agar tidak mudah kering dan mampu menyerap berbagai kandungan dalam produk perawatan wajah dengan lebih optimal.

Manfaat bunga anggrek untuk kecantikan lainnya adalah dengan melembapkan dan mengunci kadar air dalam kulit.

Lewat mucilage (lender) alami yang dimilikinya, bunga anggrek bisa berfungsi sebagai pelembap dan emolien, sehingga mampu mengembalikan kelembapan alami yang sempat hilang pada kulit.

Mencerahkan Kulit

manfaat anggrek untuk kecantikan (3)

Bagi kamu yang bermasalah dengan kulit kusam dan pengen mencerahkannya secara alami, bunga anggrek bisa jadi solusinya.

Sebab, bunga yang punya banyak jenis dan kelopak warna-warni ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Sehingga mampu melawan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan, pun memudarkan flek dan bintik hitam yang diakibatkan oleh jerawat.

Tak hanya itu, ekstrak bunga anggrek pun diketahui dapat merangsang pembentukan kolagen dan sel-sel kulit baru yang sehat. Sehingga sel-sel kulit yang telah tua dan bermasalah didorong untuk mengelupas dan terangkat secara alami.

Dengan demikian, penggunaan produk perawatan kecantikan dengan kandungan bunga anggrek dapat menjadikan wajahmu kian cerah dan tampak merona secara alami.

Itu adalah beberapa manfaat bunga anggrek untuk kecantikan yang sudah diakui dan teruji secara ilmiah, lho. Apakah setelah mengetahuinya kamu tertarik untuk menggunakan anggrek ke dalam rangkaian perawatan kecantikanmu?

Well, selamat mencoba dan jangan lupa kasih tahu ceritamu saat mencoba merawat wajah dengan skincare ekstrak bunga anggrek, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment