9 Indikator Kualitas Produk yang Wajib Kamu Tahu, Penting Banget!

indikator kualitas produk (2)

Memberikan produk berkualitas unggulan dan terbaik untuk konsumenmu adalah hal yang sangat penting. Mengingat industry kosmetik Tanah Air cukuplah ramai, persaingannya pun tinggi. Lantas seperti apa indikator kualitas produk yang dimaksud?

Pada intinya kualitas produk adalah sebuah bentuk usaha untuk memenuhi harapan pelanggan. Hal ini biasanya digunakan untuk mengetahui lebih kurangnya suatu produk yang kamu jual.

Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis dengan menjual produk, wajib banget untuk selalu memperhatikan setiap kualitas produk yang akan kamu jual.

Produk yang berkualitas baik adalah salah satu hal yang diinginkan setiap pelanggan. Maka dari itu, untuk  jangan sampai lupa untuk menjaga kualitas produk yang akan dijual.

Terjaganya kualitas produk yang baik akan dapat mengundang kepercayaan tersendiri bagi para pelanggan. Dalam hal ini pastinya setiap pelanggan akan merasa puas dan tidak ragu lagi untuk membeli ulang produk kamu di waktu yang akan datang lho!

Setiap keputusan pembelian pastinya dipengaruhi oleh kualitas produk yang kamu jual, hal ini bisa menambah keuntungan buat usaha yang sedang kamu jalankan.

9 Indikator Kualitas Produk yang Harus Kamu Tahu

indikator kualitas produk (2)

Agar kamu bisa menentukan seberapa baik kualitas produk yang kamu buat nantinya, setidaknya ada 9 indikator kualitas produk yang harus kamu perhatikan.

Kotler dan Keller memaparkan bahwa untuk mengukur kualitas produk dapat memaluli sembilan faktor dimensi dalam indikator produk tersebut. Apa saja? Simak penjelasan kesembilan indicator dalam ulasan berikut ini!

Bentuk (Form)

Dapat membedakan bentuk produk secara jelas dengan produk-produk lainnya yang diukur berdasarkan struktur fisik, bentuk dan ukuran produk

Ciri-ciri Produk (Features)

Indikator kualitas produk selanjutnya adalah features atau ciri khas produk. Menambah fungsi dasar dengan menggunakan perlengkapan atau karakteristik sekunder yang masih relevan dengan pengembangan dan pilihan-pilihannya.

Kinerja (Performance)

Memperhatikan aspek fungsioanl produk, dimana merupakan salah satu karakteristik utama yang nantinya bisa dipertimbangkan oleh konsumen untuk membeli produk yang anda jual.

Ketepatan/kesesuaian (Conformance)

Memperhatikan tingkatan spesifikasi dan kesesuaian produk yang telah ditetapkan dan disesuaikan sebelumnya, dengan menyesuaikan keinginan para pelanggan.

Spesifikasi dan kesesuaian ini bertujuan untuk mereflesksikan seberapa jauh ketepatan karakteristik pada kualitas standar dengan karakteristik desain produk yang telah ditetapkan.

Ketahanan (Durabillity)

Bagian ini merupakan pengukuran sebarapa lama dan seberapa jauh produk bisa digunakan. Misalnya, dalam produk kosmetika, kamu pasti menyadari adanya masa kedaluarsa.

Masayarakat cenderung suka menggunakan produk dengan daya tahan yang lebih lama. Apalagi kalau produk tersebut tak terlalu sering mereka gunakan seperti eyeshadow, foundation, dan alat make up berat lainnya.

Kehandalan (Reliabillity)

Memperhatikan kemungkinan probabillitas produk yang berhasil terdistribusi sesuai dengan fungsinya, yaitu dengan menjalankan fungsinya disaat produk digunakan pada periode waktu yang sudah ditentukan dengan menyesuaikan kondisi tertentu.

Gaya (Style)

Kesan konsumen terhadap penampilan produk yang dapat kamu wujudkan dalam desain kemasan, tekstur produk kosmetik, warna-warna, aroma, serta bagaimana caramu membranding produk tersebut nantinya.

Desain (Design)

Semua hal yang berhubungan dengan keistimewaan sebuah produk, dimana hal tersebut akan membuat penampilan produk menjadi menarik berdasarkan fungsinya sesuai yang diinginkan oleh konsumen.

Untuk dapat memenuhi indikator kualitas produk ini, kamu perlu memiliki tim desain dan kreatif yang mumpuni. Sehingga, kamu bisa menciptakan desain kemasan dan pemasaran yang trendi dan menarik di pasaran.

Nah, Mash Moshem Indonesia sendiri misalnya. Kami memiliki tim Multimedia yang dapat membantumu menciptakan desain kemasan, logo, dan media pemasaran yang interaktif serta sesuai dengan kebutuhan pasar.

Pentingnya Menjaga Kualitas Produk Kosmetikmu

Kualitas produk mengandung karakteristik produk, di mana produk memiliki kemampuan untuk memberi kepuasan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhan.

Dari kualitas produk inilah pelanggan dapat memutuskan untuk menggunakan produk tersebut atau tidak. Selain itu mereka juga dapat menentukan apakah produk tersebut memiliki kegunaan dan kemampuan yang sudah mereka harapkan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa manfaat dari menjaga kualitas produk yang harus kamu perhatikan antara lain:

Meningkatkan Daya Saing Produk/Brand

Hal pertama yang harus kamu ingat sebagai pelaku usaha adalah selalu menjaga dan meningkatkan daya saing produk kosmetikmu. Dengan begitu, kamu bisa memenangkan kompetisi pasar dan kepercayaan konsumen.

Kualitas produk yang tejaga akan membuat produk memiliki daya saing yang kuat. Hal ini untuk membuat bisnis  bisa semakin berkembang dan maju, meskipun ini bukanlah persoalan mudah untuk dijalankan.

Kualitas produk yang terjaga akan dengan sendirinya meningkatkan daya saing produk dengan produk-produk lainnya.

Memahami dan mengerti terhadap kualitas produk adalah langkah utama untuk meningkatkan daya saing produk di pasaran, seperti halnya mempertahankan kualitas dengan meninjau kemungkinan-kemungkinan yang tidak konsumen inginkan dan meningkatkan kualitas yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Hal ini dapat membantu produk dapat bersaing di pasar dengan mengedepankan kualitas yang ada dalam produk jualanmu tersebut.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Kualitas produk juga akan terjaga jika  bisa membangun kepercayaan terhadap setiap konsumen.

Hal ini bisa kamu mulai dari membangun hubungan dengan pelanggan, yang tidak hanya memberi wawasan dengan pelanggan tetapi juga melakukan percakapan dengan para pelanggan.

Pembangunan komunikasi akan membuat konsumen lebih percaya mengenai klaim dan kualitas produk kosmetikmu. Karena di sini kamu akan mengerti apa saja yang konsumen butuhkan dari produk yang kamu jual.

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan kualitas produk yang melebih harapan dari para pelanggan. Dengan ini pelanggan akan semakin percaya dengan kualitas produk yang kamu tawarkan.

Sebagai Bagian dari Strategi Consumen Retention

Memiliki konsumen baru memang adalah salah satu pencapaian yang esensial dari berjalannya sebuah bisnis. Namun hal ini akan percuma jika  tidak bisa mempertahankan konsumen-konsumen tersebut.

Agar setiap konsumen produk kamu tetap setia dengan produk yang kamu jual, menjaga kualitas produk adalah salah satu jalan agar strategi consumen retentionmu tetap bisa berjalan dengan lancar.

Mendorong Rekomendasi dari Mulut ke Mulut

Menjaga kualitas produk juga dapat memperlancar strategi pemasaran word of mouth agar peminatan terhadap produk menjadi meningkat.

Sistem kerja dari word of mouth ini adalah mempromosikan/merekomendasikan sebuah produk dari mulut ke mulut, dari satu individu ke individu lainnya tanpa sebuah paksaan.

Bahkan banyak pebisnis yang mengakui bahwa word of mouth ini lebih relevan untuk menghasilkan kelancaran penjualan produk.

Hal ini karena mayoritas masyarakat lebih mempercayai rekomendasi dari orang-orang yang lebih dekat dan kenal dengan mereka daripada lewat reklame pemasaran produk itu sendiri.

Dari sini produk kamu akan terpasarkan secara reflektif tanpa kamu harus melakukan intrusksi dengan pihak kedua.

Kesimpulannya, kualitas produk yang terjaga dengan baik menjadi satu-satunya kunci agar startegi worf of mouth ini bisa berlangsung secara masif.

Meminimalkan Feedback Negatif dan Pengembalian Produk

Bagian ini merupakan hal yang harus  perhatikan dengan baik dan teliti. Kualitas produk yang yang sesuai dengan yang dipromosikan akan dapat membantu kamu meminimalkan feedback negatif dan pengembalian produk.

Feedback negatif dan pengembalian produk biasa terjadi jika kualitas produk tidak sesuai dengan yang kamu tawarkan sebelumnya.

Dalam hal ini kamu bisa saja menerima komplain berupa perkataan, tulisan dan lain sebagainya ketika kualitas produk kamu jelek dan tidak sesuai.

Pentingnya meningkatkan kualitas produk dapat meminimalisir respon berupa feedback negatif dan pengembalian produk yang telah kamu buat.

Pelanggan sering kali lebih memilih mendapatkan sebuah pengalaman yang positif ketika menggunakan produk yang kamu jual.

Ketika seorang pelanggan merasakan kepuasan, maka peluang akan terjadi pembelian ulang produk oleh pelanggan akan berulang kembali.

Membuka Peluang untuk Berkembang

Menjaga kualitas produk dan meningkatkan kualitas pada produk yang kamu buat dapat membuka peluang produk kamu semakin berkembang.

Perkembangan ini tidak hanya terjadi dalam ranah peningkatan penjualan saja, tetapi juga kepercayaan kepada konsumen yang semakin tinggi dan luas.

Di saat bisnis yang kamu jalankan mendapatkan citra yang positif di mata pelanggan, di sini peluang bagi usaha penjualan produkmu akan semakin berkembang.

Sebagai Strategi Diferensiasi Produk

Selain menjadi bagian dari strategi consumen retention, menjaga kualitas produk juga menjadi bagian dari strategi diferensiasi produk.

Strategi diferensiasi produk merupakan sebuah strategi untuk bertahan di tengah persaingan bisnis, dengan terus melakukan inovasi untuk lahirnya produk baru dan penawaran layanan yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Dalam hal ini, menjaga kualitas produk menjadi bagian terpenting, inovasi terhadap kualitas produk lama dan produk baru harus benar-benar kamu perhitungkan.

Kualitas produk menjadi hal terpenting agar produk kosmetikmu bisa tetap eksis di tengah persaingan bisnis.

Itu dia informasi seputar indikator kualitas produk yang sangat penting sekali untuk kamu perhatikan saat akan berbisnis. Jadi lebih teliti dan dan cermat lagi ya untuk menjaga kualitas produk kosmetikmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan berbagai produk kosmetik yang kamu miliki bersama Mash Moshem Indonesia. Bahkan, kamu bisa menciptakan terobosan-terobosan baru di industri kosmetik bersama kami, lho!

Ini karena Mash Moshem Indonesia memiliki tim Research and Development (R&D) yang selalu melakukan penelitian dan inovasi produk. Sehingga kami dapat membawa formula baru yang unik dan khas di pasaran.

Enggak percaya? Kamu bisa langsung konsultasi dan bertanya pada tim kami lewat nomor kontak yang tertera di Contact Us, ya!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment