Cara Membuat NIB di OSS, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Cara mendapatkan NIB

Cara membuat NIB atau Nomor Induk Berusaha untuk UMKM kini bisa dilakukan dengan lebih mudah, yakni secara online lewat OSS.

Untuk menjadi seorang pebisnis yang professional, kamu perlu memberikan banyak perhatian pada usaha yang kamu jalankan. Misalnya dengan memberikan jaminan hukum dan mendaftarkan bisnis yang kamu rintis secara resmi.

Salah satu bentuk perizinan ini adalah Nomor Induk Berusaha (NIB), yang pada dasarnya wajib dimiliki oleh para pelaku usaha demi bisa mengurus perizinan berusaha melalui OSS (Online Single Submission).

Ngomong-ngomong, NIB itu apa sih? Bagi kamu yang masih belum tahu, NIB merupakan nomor identitas pelaku usaha yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan berusaha mereka. Nomor identitas ini disesuaikan dengan bidang usaha yang dimiliki.

Nomor Induk Berusaha (NIB) ini terdiri dari tiga belas digit angka, yang termasuk di dalamnya terdapat pengaman dan tanda tangan elektronik pemilik usaha.

Dulu, pengurusan NIB terbilang cukup merepotkan karena pemilik usaha harus datang langsung ke kantor pemerintahan. Namun, sekarang cara mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) ini cukup mudah dilakukan.

Yap! Sekarang untuk mendapatkan NIB kamu bisa mengurusnya lewat OSS atau Oline Single Submission.

Tapi pertanyaannya, memang apa sih tujuan dan manfaat NIB untuk bisnis kosmetik kamu? Lalu bagaimana cara membuat nomor induk berusaha serta apa saja syaratnya?

Well, cek ulasan berikut ini sampai habis biar kamu enggak ketinggalan satu pun informasinya ya!

Kegunaan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Bisnis

kegunaan nib untuk bisnis

NIB merupakan nomor identitas yang diterbitkan untuk pelaku usaha, agar mereka bisa melakukan kegiatan usaha dengan nyaman sesuai bidang usaha yang digeluti.

Fungsi utama dari NIB ini ada banyak, tidak melulu sebagai nomor identitas. Tapi juga sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), hingga Akses Kepabeanan bagi perusahaan yang melakukan kegiatan impor maupun ekspor impor.

NIB ini juga digunakan ketika kamu akan mengurus perijinan UMKM secara resmi.

Baca juga: Cara Membuat Izin untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan Mudah

Hal yang Harus Disiapkan untuk Mengurus NIB di OSS

cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik (1)

Berdasarkan aturan yang telah dicantumkan di laman resmi OSS, terdapat beberapa hal termasuk persayaratan yang harus dipahami serta disiapkan oleh pelaku usaha sebelum mengurus NIB di OSS.

Simak beberapa hal yang harus disiapkan untuk membuat NIB di OSS berikut ini, ya!

Subjek Perizinan NIB

Hal pertama yang perlu kamu pahami adalah subjek perizinan NIB. Ini diperlukan agar proses pembuatan NIB bisa berjalan lebih mudah dan cepat.

Nah, berikut ada beberapa jenis usaha yang menjadi subjek perizinan yang termasuk dalam NIB, antara lain:

  1. Jenis badan usaha ataupun perorangan
  2. Jenis usaha mikro, kecil, menengah, hingga usaha besar
  3. Jenis usaha yang baru dibangun serta yang sudah ada sebelum adanya sistem OSS diberlakukan.
  4. Jenis usaha yang menggunakan modal dari dalam maupun investor asing.

Kalau kamu masih baru dalam industri kosmetik atau baru merintis brand kosmetikmu sendiri, ada baiknya untuk memahami dan membuat plan bisnis yang terperinci sebelum mengurus NIB.

Pastikan jenis usaha yang kamu miliki ini sesuai dengan kategori di atas, dan dalam jangka panjang tidak terlalu memiliki perubahan signifikan.

Dengan begitu, kamu tidak harus selalu mengubah dan mengurus ulang NIB yang kamu miliki di OSS.

Syarat untuk Membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) di OSS

Sebelum benar-benar melakukan cara membuat Nomor Induk Berusaha di OSS ini, kamu perlu menyiapkan dan mempelajari beberapa dokumen yang dipersyaratkan terlebih dahulu.

Beberapa dokumen yang dimaksudkan antaralain:

  1. NIK pelaku usaha, yang akan diinput ke dalam proses pembuatan user-ID OSS. Sebagai catatan, kalau bisnis kosmetik yang kamu jalankan ini berbentuk badan usaha, maka Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dilampirkan adalah miliki penanggung jawab badan usaha.
  2. Untuk pelaku usaha dengan badan usaha berbentuk PT, yang didirikan oleh Yayasan, CV, firma serta pesekutuan perdata, harus menyelesaikan proses pengesahan badan usaha di Kemenhumham lewat AHU Online terlebih dahulu.
  3. Sementara itu, pelaku usaha yang berbentuk perum, perumda, dan badan hukum lainnya yang dimiliki oleh negara, badan layanan umum, atau Lembaga pers harus menyiapkan dasar hukum pembentukan badan usaha.
  4. Adanya surat pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), kalau kamu memiliki karyawan asing.
  5. Bukti pendaftaran kepersertaan BPJS Ketenaker dan BPJS Kesehatan.
  6. Adanya notfiikasi kelayakan untuk mendapatkan fasilitas atau Izin Usaha.

Melengkapi Perizinan Berusaha

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai cara membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) di OSS adalah melengkapi perizinan berusaha untuk bisnis kosmetik kamu.

Yap! Karena NIB ini nantinya digunakan untuk mengurus berbagai keperluan perizinan bisnis, dari yang paling kecil hingga skala besar. Dengan mempunyai NIB, pelaku usaha kosmetik pun bisa membantu mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial, atau Operasional.

Sebab inilah, pelaku usaha yang telah mendapatkan Izin Usaha harus memenuhi berbagai persayaratan yang ditentukan. Mulai dair izin lokasi, izin lokasi perairan, izin lingkungan, serta IMB di area usahanya.

Selain itu, pelaku usaha juga diwajibkan untuk memperbaharui informasi terkait pengembangan usaha tau kegiatannya pada sistem OSS tersebut.

Izin komersial ini diberikan kepada pelaku usaha atau badan usaha yang telah memenuhi standar, memiliki berbagai sertifikasi dan lisesnsi, dan/atau pendaftaran barang jasa sesuai dengan jenis produk yang dikomersiilkan lewat sistem OSS tersebut.

Dengan begitu, setiap pelaku usaha yang telah memilki kedua izin di atas wajib melakukan pendaftaran usahanya melalui sistem OSS. Termasuk dengan melengkapi semua data atau pemenuhan komitmen untuk mendapatkan NIB.

Beragam Cara Membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) di OSS

Telah disinggung sebelumnya, cara membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) sekarang bisa dilakukan secara online, tepatnya lewat laman resmi One Single Submission (OSS).

Namun sebelum itu pastikan kamu sudah memiliki semua persyaratan yang telah diminta pada point yang sebelumnya di bahas, ya. Khususnya legalitas yang telah disahkan oleh Kementrian Hukum dan HAM sebelumnya.

Biar enggak kelamaan, langsung ikuti berbagai step by step dalam cara membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) berikut ini, yuk!

Buka Laman Website OSS

Langkah yang pertama adalah masuk ke laman oss.go.id dan mulai dengan klik tombol Daftar, yang ada di bagian pojok kanan atas. Seperti pada gambar berikut ini.

Buat Izin Akses Terlebih Dahulu

Setelah meng-klik Daftar, kamu secara otomatis akan dialihkan pada halaman login. Untuk bisa melanjutkan pendaftaran, kamu harus login dengan hak akses terlebih dahulu.

Kalau kamu sudah punya, kamu tinggal memasukkannya dan login. Kalau belum kamu akan diarahkan untuk membuat Hak Akses terlebih dahulu lewat tombol Daftar, seperti gambar berikut.

Lengkapi Identitas Pelaku Usaha

Secara otomatis kamu akan dialihkan pada form pendaftaran dan mengisi identitas usaha yang kamu miliki. Seperti gambar di bawah ini.

Mulai dari jenis usaha yang kamu miliki, jenis identitas pelaku usaha, nomor induk kependudukan (NIK), negara asal, tanggal lahir. Juga info kontak seperti nomor telpon seluler, alamat email, dan lainnya.

Klik Konfirmasi dan Masukkan Kode Captcha

Kalau sudah, kamu bisa klik konfirmasi dan masukkan kode captcha yang kemudia akan muncul. Setelah itu, secara otomatis aktivasi akan dikirimkan ke email yang kamu input tadi.

Masuk Kembali pada Laman Awal

Sesudah aktivasi kamu bisa kembali masuk kelaman awal OSS dan masuk ke akun yang telah dibuat tadi. Isi email yang didaftarkan dan password yang sebelumnya telah dikirim bersamaan dengan email aktivasi yang tadi.

Lakukan Pengajuan Pendaftaran

Setelah itu, dialihkan pada halaman selanjutnya. Cara membuat Nomor Induk Berusaha selanjutnya adalah dengan klik Perizinan Mikro dan pilih Pengajuan Baru.

Isi Semua Data Usaha / Bisnis Kosmetik Milikmu

Kamu secara otomatis akan dialihkan pada formular data pribadi dan perusahaan. Isi semua data yang diperlukan dengan benar dan teliti.

Data yang diminta antara lain:

  1. Nama usaha
  2. Sektor usaha
  3. Bidang atau kegiatan usaha
  4. Sarana usaha yang digunakan
  5. Alamat usaha (Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa),
  6. Status tempat usaha,
  7. Jumlah tenaga kerja, dan
  8. Perkiraan hasil penjualan per tahun.

Simpan Data dan Unduh NIB

Setelah selesai isi, perhatikan kembali dan cek data yang kamu masukkan. Apakah sudah benar dan terisi dengan tepat?

Kalau sudah, kamu bisa klik Simpan Data. Sementara itu, kamu juga bisa mengunduh NIB dengan klik Simpan dan Lanjutkan data usaha yang telah dilengkapi tadi.

Terbitkan NIB

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dan menyelesaikan cara membuat NIB ini dengan mengklik data usaha dan memilih tombol Proses NIB.

Kalau sudah, kamu bisa lansung meng-klik NIB untuk menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah kamu urus sebelumnya.

Nah, itu adalah syarat dan cara membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) lewat OSS. Selain mudah dan cukup sederhana, kamu juga tidak dipungut biaya apapun, lho!

Pembuatan NIB ini pun sangat diperlukan bagi para pebisnis kosmetik, dengan begitu akan ada banyak kemudahan dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan sebagai UMKM dari pemerintah.

Misalnya pelatihan untuk mengembangkan bisnis, pendanaan UKM dan UMKM, pun undangan untuk melakukan expo.

Well, sampai sini dulu article kali ini, semoga kamu bisa menemukan informasi yang kamu butuhkan. See you, Beuatypreneur!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment