Inilah Pentingnya Izin BPOM untuk Produk Kosmetik, Brand Owner Harus Tahu!

pentingnya BPOM untuk produk kosmetik

Saat memilih produk kosmetik, kebanyakan customer sudah mengerti bahwa kosmetik yang aman adalah kosmetik yang sudah memiliki lisensi dari BPOM. Nomor BPOM tersebut bisa kamu temukan pada kemasan yang tertera pada produk, dan bisa dicek langsung pada website resmi BPOM.

BPOM sendiri merupakan lembaga badan pengawas obat dan makanan resmi yang dibuat oleh pemerintah untuk mengawasi peredaran produk di masyarakat. Termasuk kosmetik, obat-obatan, makanan, dan lainnya.

Lalu, sebagai produsen kosmetik, apakah peran BPOM penting dalam menjaga usaha kosmetikmu? Jawabannya adalah, iya! Hal yang paling penting saat kamu membuka usaha kosmetik adalah kamu harus memiliki lisensi resmi dari BPOM.

Terlebih, pemerintah juga sudah menetapkan bahwa semua produk kosmetik yang beredar di pasaran harus memiliki izin dari BPOM.

Selain untuk menjaga keamanan masyarakat terhadap konsumsi mereka pada kosmetik. Izin BPOM juga akan menjaga bisnismu tetap terlindungi sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Nah, inilah pentingnya izin BPOM untuk para produk kosmetik! Jadi, kamu tidak boleh mengabaikan hal ini ya!

Jika penasaran, yuk simak artikel ini untuk lebih jelasnya!

Alasan Izin BPOM Penting untuk Produk Kosmetik

Saat kamu memulai bisnis kosmetik, kamu harus memperhatikan banyak hal, termasuk bahan, kemasan, hingga legalitasnya. Semua kosmetik yang diedarkan di Indonesia, harus sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1176/Menkes/Per/VIII/2010 tentang Notifikasi Kosmetika. Peraturan ini akan menjamin kosmetik yang diproduksi dan diedarkan di pasaran sudah memenuhi kriteria keamanan, manfaat, mutu, penandaan, dan klaim.

Dengan begitu, masyarakat juga akan merasa aman terhadap produk kosmetik yang mereka gunakan. Terlebih BPOM juga akan memastikan semua kosmetik yang telah memiliki izin dari BPOM, tidak menggunakan bahan berbahaya untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Cara Daftar BPOM Produk Kosmetik

Jadi, sebagai produsen kosmetik, kamu juga harus tau pentingnya izin BPOM untuk produk kosmetik dan bisnismu! Apa aja, sih?

Menjadi Jaminan Kualitas dan Keamanan Kosmetik

Pentingnya izin BPOM untuk produk kosmetik yang pertama adalah BPOM memberikan adanya jaminan kualitas dan keamanan dari produk kosmetikmu.

Lisensi BPOM bisa meyakinkan masyarakat bahwa produk kosmetik yang kamu jual merupakan kosmetik yang aman dan tidak berbahaya. Karena kandungan dan cara produksinya telah di awasi oleh BPOM sendiri.

BPOM mampu menjamin produkmu aman karena mereka akan melakukan pengujian pada sampling, pengujian laboraturium, pemeriksaan sarana produksi dan distribusi.

Hal ini akan memberikan jaminan yang lebih pada konsumen bahwa produk yang telah terdaftar pada BPOM telah sesuai dengan prosedur. Dan juga distriusi yang kamu lakukan tidak melanggar hukum, sehingga produk kosmetik aman untuk pembeli.

Jadi, saat kualitas dan keamanan produk sudah mendapatkan jaminan oleh BPOM, maka masyarakat juga tidak akan segan untuk membeli produk kosmetikmu.

Mampu Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Saat ini konsumen kosmetik tentunya sudah tau mana kosmetik berbahaya dan tidak. Salah satu indikasi produk kosmetik aman adalah produk tersebut telah memiliki nomor BPOM yang tertera pada kemasannya.

Mereka tentunya tidak akan membeli produk kosmetik abal-abal yang tidak menjamin keamanan untuk kulit. Para konsumen sudah teredukasi dengan baik mengenai produk kosmetik yang aman dan tidak membahayakan tubuh mereka.

Kebanyakan dari konsumen bahkan mau membayar lebih produk kosmetik yang memang berkualitas dan telah terjamin aman untuk mereka gunakan.

Sebagai produsen kosmetik, tentunya kamu tidak boleh mengabaikan hal ini. Selain mendapatkan klaim resmi dari BPOM, produk kosmetik yang kamu buat juga akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Mereka tidak akan segan untuk memilih produk kosmetikmu, jika produk tersebut sudah memiliki lesensi resmi dari BPOM.

Karena mereka juga meyakini bahwa kosmetik itu tidak hanya memberikan efek yang baik untuk kulit. Namun juga harus memberikan rasa aman dan tidak memberikan efek buruk untuk tubuh mereka.

Jadi, inilah salah satu pentingnya izin BPOM untuk para produsen kosmetik. Kamu harus benar-benar mendaftarkan kosmetikmu, agar kepercayaan konsumen bisa meningkat dan mau membeli produkmu!

Memberi Perlindungan Hukum pada Produk dan Perusahaan

Alasan pentingnya izin BPOM untuk produsen kosmetik yang ketiga adalah adanya perlindungan terhadap produk dan perusahaanmu.

Pemerintah telah memperketat peraturan terhadap kosmetik yang beredar di Indonesia. Maraknya produk kosmetik abal-abal yang beredar tentunya akan membahayakan masyarakat itu sendiri.

Dengan adanya peraturan perundang-undangan, maka akan memberikan efek jera terhadap mereka yang menjual dan membuat kosmetik berbahaya.

Pasalnya, hukuman yang diberikan pemerintah terhadap pelaku produsen kosmetik yang tidak terdaftar pada BPOM juga sangat berat.

Para pelaku pengedar kosmetik ilegal tersebut akan dijatuhkan hukuman sesuai Pasal 197 Jo Pasal 106 ayat (1) Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Kesehatan (UU Kesehatan). Pasal ini akan memberikan tuntutan berupa hukuman penjara paling lama 15 tahun dan denda sebesar 1,5 milyar rupiah.

Hal inilah yang menjadi alasan bahwa para produsen kosmetik haruslah memiliki izin edar resmi dari BPOM. Hal ini juga tertera pada pasal 106 ayat (1) UU Kesehatan “sediaan farmasi dan alat kesehatan hanya dapat diedarkan setelah mendapat izin edar”. Sediaan farmasi dan alat kesehatan tersebut termasuk kosmetik di dalamnya.

Pembuatan peraturan ini bertujuan agar produk kosmetik yang diedarkan pada mayarakat mampu terjamin keamanan, manfaat, dan mutu.

Kewajiban tersebut juga dipertegas lagi pada Pasal 4 ayat (1) peraturan BPOM nomor 12 Tahun 2020 tentang tata cara pengajuan Notifikasi Kosmetika (PBPOM 12/2020). Pasal tersebut menjelaskan bahwa kosmetika yang dipasarkan di Indonesia mampu memenuhi kriteria, dan para pelaku usaha kosmetik wajib mendapatkan izin dari BPOM.

Sehingga, sebagai produsen kosmetik kamu tidak bisa mengabaikan peraturan yang berlaku. Saat kamu memiliki legalitas dari BPOM, maka produk kosmetik dan perusahaan akan terlindungi secara resmi oleh pemerintah.

Terlebih kamu juga tidak ingin kan produkmu disita dan mendapatkan sanksi pidana? Jadi, jangan coba-coba membuat produk kosmetik tanpa izin resmi dari BPOM, ya!

Buat Kosmetik Ber-BPOM Bersama PT. Mash Moshem Indonesia

Sebagai salah satu perusahaan maklon kosmetik privat label, PT. Mash Moshem Indoensia tentunya akan membantumu menciptakan produk kosmetik impianmu. Kami akan menjamin mutu, keamanan, kegunaan, bahkan legalitas dari produk yang akan kamu buat.

Bersama kami, kamu bisa menentukan formulasi, kemasan, logo, desain, hingga membantu segala perizinan yang sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Dengan menggunakan jasa maklon di PT. Mash Moshem Indoensia, kamu tidak akan dibuat kesulitan untuk mengurus produkmu sendiri. Karena dari sample hingga produksi produk kosmetik, kami yang akan melakukannya.

Terlebih perusahaan kami telah mendapatkan sertifikasi CPKB yang menjamin keamanan dan kualitas dari produk kosmetik yang kami buat. Dengan begitu, kamu tinggal menunggu produk kosmetikmu jadi. Sehingga kamu bisa segera memasarkannya dengan masif, baik lewat media sosial maupun secara langsung.

Kami juga akan memberikan pelayanan kepengurusan BPOM pada produk kosmetikmu, mulai dari pendaftaran, konsultasi produk, hingga produk kosmetikmu resmi terdaftar di halaman BPOM.

Jadi, saat produk kosmetikmu telah selesai dibuat dan diproduksi, maka kamu tinggal memasarkan produkmu, karna produkmu sudah memiliki lesensi BPOM. Gampang banget kan?

Nah, dari artikel ini, kita bisa tahu bahwa BPOM sangat penting untuk produk kosmetik dan pemilik bisnis.

Selain membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mutu dan kualitas produk kosmetik milikmu. Memiliki lisensi BPOM juga bisa memberi perlindungan hukum terhadap perusahaan dan produk kosmetikmu sendiri.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan informasi mengenai pentingnya BPOM. Sampai jumpa di artikel yang lainnya! Byeeeeeeeee!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment