Strategi Ekspansi Bisnis Kosmetik yang Efektif dan Tepat, Brand Owner Wajib Tahu!

strategi ekspansi bisnis

Saat bisnis yang dijalankan telah berjalan dengan stabil, tentu kamu berkeinginan untuk mengembangkannya. Misalnya dengan menerapkan strategi ekspansi bisnis kosmetik yang efektif.

Ekspansi bisnis merupakan salah satu strategi untuk memperbesar atau memperluas bisnis. Bisa dengan menciptakan pasar baru, memperluas jaringan dan fasilitas bisnis, juga menambah sumber daya manusia.

Tak hanya untuk memperluas pasar, ekspansi bisnis ini pun juga kerap dilakukan utnuk meningkatkan aktivitas ekonomi dalam bisnismu. Sehingga nantinya terwujud peningkatan kekuatan dan keuntungan perusahaan.

Jika dipahami sekilas, ekspansi ini tentu sangat menjanjikan dan menggiurkan. Akantetapi, bila kamu tidak menerapkannya dengan baik atau mengatur strategi yang tepat, langkah ini justru bisa memberikan efek sebaliknya.

Well, enggak sedikit juga perusahaan besar yang justru bangkrut dan mengalami kemunduran setelah melakukan ekspansi bisnis.

Nah, Beautypreneurs, untuk mencegah kemungkinan terburuk dan mendapatkan keuntungan yang optimal. Kamu perlu mempelajari strategi ekspansi bisnis kosmetik yang efektif berikut ini!

Strategi Ekspansi Bisnis Kosmetik yang Efektif dan Tepat

Ketika akan melakukan ekspansi bisnis kamu memerlukan strategi yang matang. Dengan begitu, munculnya hambatan dan masalah dapat diminimalisir. Sehingga perusahaan akan terhindar dari kerugian besar.

Nah, berikut ini ada 9+ strategi eskpansi bisnis kosmetik yang efektif dan tepat untuk kamu terapkan pada perusahaanmu. Yuk, simak baik-baik!

Membuat Perencanaan Bisnis yang Matang

Tak hanya ketika akan membangun, membuat perencanaan bisnis yang matang juga diperluka ketika akan melakukan ekspansi. Mengapa begitu?

Strategi ekspansi bisnis kosmetik ini akan membantumu agar tidak kehilangan kendali pada capaian sebelumnya. Selain itu, rencana yang disusun dengan matang pun akan memudahkanmu untuk mengatur arah tujuan bisnis kedepannya.

Untuk membuat perencanaan bisnis, kamu perlu memperhatikan banyak hal. Termasuk bagaimana kondisi perusahaan, sebesar apa pemasukan, juga apa kelemahan dan kekuatan perusahaan.

Dengan begitu, kamu bisa memperkuat perusahaan terlebih dahulu, agar bisa menjadi tumpuan untuk langkah selanjutnya.

Setelah memahami kondisi dan kemampuan internal bisnsi kosmetikmu. Maka, kamu bisa mempelajari hal-hal baru yang dapat mengoptimalkan usahamu nantinya.

Akan lebih baik untuk menyusun perencanaan bisnis ini disertai dengan target serta strategi untuk mencapainya. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan rencana dengan lebih efisien dan efektif.

Ingin tahu cara menyusun perencanaan bisnis yang tepat dan matang? Simak di sini!

Menentukan Model Bisnis Kosmetik

Strategi ekspansi bisnis selanjutnya adalah menentukan model bisnis kosmetikmu di masa mendatang. Langkah ini sama seperti ketika akan membangun bisnis tersebut dari awal.

Karena ketika kamu melakukan pengembangan, akan ada banyak aspek baru dalam prosedur bisnismu. Mulai dari penambahan karyawan, membuka toko cabang baru, dan banyak lainnya.

Dengan menentukan model bisnis lanjutan ini akan membantumu untuk menentukan standar atau metode penjualan yang tepat. Sehingga dapat digunakan dalam kegiatan operasional bisnis.

Apalagi kalau dalam ekspansi ini kamu membuat produk baru dan menjangkau target pasar yang lebih luas. Maka, kamu bisa menentukan metode pemasaran dan penjualan yang dapat mencakup semua kebutuhan bisnis kosmetikmu.

Siapkan Modal yang Kamu Butuhkan

Beautypreneurs, satu hal yang membuat strategi ekspansi bisnis kosmetik ini enggak boleh sembarangan adalah besaran modal yang harus kamu keluarkan.

Sederhananya, semakin luas usaha yang kamu miliki maka semakin besar pula biaya operasional dan promosinya. Misalnya untuk menggaji karyawan yang bertambah, membangun bagunan baru untuk gudang maupun toko baru, dan banyak lainnya.

Kamu mungkin bisa menggunakan keuntungan dari brand kosmetikmu selama ini sebagai modalnya. Namun, jika hanya mengandalkan satu sumber modal saja, kemungkinan bisa menganggu aliran dana perusahaan.

Untuk itu, sebelum benar-benar melakukan strategi ekspansi bisnis kosmetik yang efektif, kamu perlu menyiapkan modal khusus terlebih dahulu.

Lakukan Promosi Usaha secara Aktif

Ekspansi bisnis ini memang menunjukkan bahwa brand kosmetikmu berkembang dengan pesat. Baik dari operasional perusahaan, atau meningkatnya inovasi dan manfaat produk kosmetik yang kamu buat.

Namun, enggak semua orang mengetahui hal ini. Apalagi persaingan pasar di Industri kosmetik sangatlah ketat. Kamu enggak boleh kehilangan momen dan membuat pengembangan produkmu tidak terlihat oleh masyarakat.

Kamu harus membuat konten promosi yang komunikatif, sehingga dapat menjelaskan produk terbarumu dengan baik pada konsumen. Tak hanya, itu ajaklah konsumen untuk mencoba dan menggunakannya.

Ciptakan Target Pasar Baru

Tak berhenti pada promosi aktif, strategi ekspansi bisnis kosmetik yang efisien selanjutnya adalah dengan menciptakan target pasar baru. Dengan begitu, jangkauan distribusi dan penjualan produkmu akan jadi lebih luas.

Jika brand kosmetikmu sebelumnya hanya focus dengan produk skincare, maka kamu bisa mengembangkannya ke perawatan lain. Misal, menciptakan produk perawataj kulit tubuh, rambut, dan banyak lainnya. Hal ini akan membantu menciptakan pasar baru untuk brand kosmetikmu.

Selain itu, kamu bisa mengembangkan target pasar yang ada dan mencapai segmentasi yang lebih luas dari sebelumnya. Misalnya memasarkannya di daerah yang berbeda, mencapai range usia yang berbeda, dan banyak lainnya.

Intinya, target pasar baru ini memungkinkan brand kosmetikmu digunakan oleh lebih banyak orang atau masyarakat.

Buka Cabang Bisnis Baru

Salah satu langkah dalam strategi ekspansi bisnis kosmetik yang efektif lainnya adalah membuka cabang baru. Ini berguna untuk memperluas jangkauan brand terhadap target konsumen yang diinginkan.

Jika Anda sudah melihat perkembangan pada bisnis utama, pertimbangkan membuka cabang baru untuk memperluas jangkauan terhadap konsumen.

Misalnya, tak ada salahnya untuk menjangkau lebih banyak reseller atau dropshipper di daerah-daerah. Sehingga konsumen yang memiliki akses sulit bisa menjangkau brand kosmetikmu dengan lebih mudah.

Mengaplikasikan Sistem Penjualan yang Beragam dan Fresh

Strategi ekspansi bisnis kosmetik selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan sistem penjualan yang beragam dan fresh. Apalagi, di era digital ini pilihan sistem penjualan sangat beragam. Tak melulu mengandalkan toko atau stand fisik.

Kamu bisa memasarkan produk kosmetik buatanmu di berbagai media sosial dan marketplace. Mulai dari Facebook, Twitter, YouTube, Telegram, Instagram, hingga TikTok.

Tak hanya memberikan jangkauan pasar yang lebih luas, media-media ini pun memungkinkanmu menggunakan sistem penjualan yang sangat beragam. Mulai dari menawarkan langsung pada konsumen, menggaet influencer, hingga melakukan live shopping.

Selain media sosial, kamu juga bisa memasarkan brand kosmetikmu lewat e-commerce. Yap! di Indonesia sendiri jenis e-commerce sangat beragam, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan target pasar yang ingin kamu capai.

Lakukan Kerja Sama Saling Menguntungkan

Strategi ekspansi bisnis kosmetik selanjutnya yakni melakukan kerja sama saling menguntungkan. Baik itu dengan mitra penjualan (reseller dan dropshiper), maupun dengan perusahaan komplemen lainnya.

Tentunya kerja sama ini harus bisa memberikan keuntungan untuk bisnis kosmetikmu. Jangan membuat waktu dengan bernegosiasi dengan mitra yang tidak sejalan dengan visi dan misi perusahaan kamu.

Mash Moshem Indonesia adalah contoh mitra bisnis yang ideal untuk brand kosmetikmu. Tak hanya mampu membantu menciptakan produk kosmetik unggul dengan teknologi yang canggih. Kami pun menyediakan kebutuhan promosimu lewat layanan aftersales.

Mengakuisisi Perusahaan Kompetitor/ Brand Akuisisi

Strategi ekspansi bisnis kosmetik yang bisa kamu coba adalah dengan mengakuisisi perusahaan atau brand kompetitor. Tentu, langkah ini hanya bis akamu lakukan bila peusahaan pesaing dalam kondisi sulit dan kamu memiliki keuntungan gemilang yang konsisten.

Untuk membeli perusahaan tersebut, kamu bisa melakukan cara merger ataupun akuisisi. Misalnya dengan membeli 70-80 % saham yang ada dalam perusahaan kompetitor.

Meski terdengar sederhana, namun akuisisi atau pembelian perusahaan kompetitor ini enggak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang harus kamu perhitungkan selain dari sisi ekonomi/modal usaha.

Misalnya, bagaimana kesiapan menejerial perusahaan, kapasitas kerja karyawan, serta bagaimana sistem atau alur administrasi perusahaan nantinya.

Tanpa strategi ekspansi bisnis kosmetik yang matang dan perhitungan yang tepat, kamu justru berpotensi menanggung kerugian.

Menggandeng Rekan Bisnis yang Tepat

bekerja sama dengan Mash Moshem Indonesia

Last but not least, menggandeng rekan bisnis yang tepat dan dapat dipercaya adalah strategi ekspansi bisnis kosmetik yang wajib bamget kamu coba.

Misalnya dengan maklon kosmetik bersama Mash Moshem Indonesia. Kami enggak hanya akan jadi partner yang dapat diandalkan dalam pembuatan produk kosmetik berkualitas dan bermutu tinggi.

Melainkan juga mendukung pengembangan bisnismu lewat penyediaan media promosi yang menarik. Seperti pembuatan desain produk, logo, katalog dan brosur produk, video company profile dan produk jadi.

Selain itu, kami juga bisa membantumu menguruskan berbagai jenis sertifikasi produk kosmetik yang kamu butuhkan. Termasuk BPOM produk, Halal, HAKI, Vegan, juga sertifikasi HSA dari Singapura.

Tak hanya mempermudah regulasi produk di pasar, semua sertifikasi ini bisa menaikkan daya saing produkmu di pasar kosmetik nasional maupun Internasional, lho!

Nah, kamu pasti udah enggak sabar ingin segera bekerja sama dengan Mash Moshem Indonesia, kan? Hubungi tim kami di sini, ya!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment