Tingkatkan Popularitas Brand, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Launching Produk

launching produk kosmetik (2)

Pernah enggak sih, kamu bertanya-tanya kenapa ada brand kosmetik baru yang jadi booming banget, sementara ada juga yang justru popularitasnya enggak ada yang tahu?

Atau, misalnya dalam satu brand kosmetik ternama ini kamu hanya mengenal satu atau dua produknya yang lama banget. Dan malah enggak notice waktu brand ini mengeluarkan produk kosmetik baru?

Well, dua hal ini memiliki kasus yang hampir serupa nih, Guys. Karena yang memainkan factor dalam meningkatkan brand knowledge suatu brand atau kosmetik baru adalah strategi brandingnya. Dalam hal ini, secara khusus membahas teknik ketika akan launching produk kosmetik atau brand kecantikan baru.

Launching produk kosmetik atau brand kecantikan baru merupakan hal yang perlu kamu siapkan dengan matang. Kadang kala, produk atau brand kosmetik ini bisa meledak di tengah masyarakat luas.

Tapi jika tidak dipersiapkan secara matang, justru akan membuat kerugian yang cukup besar bagi brand kosmetik kamu.

Karena sebagus apapun produk perawatan kecantikan yang kamu buat, kalau teknik launching produk kosmetik yang dilakukannya kurang matang. Maka hype yang diinginkan enggak akan terbangun dengan baik.

Meski terasa mudah untuk dikatakan, membangun antusiasme masyarakat terhadap brand kosmetik kamu pun enggaklah gampang. Kamu perlu menyusun strategi yang matang untuk bisa membuat produk kosmetik tersebut sebelum benar-benar diluncurkan di pasaran.

Menyadari masalah ini bisa berpengaruh untuk bisnis kosmetikmu di masa mendatang, kami telah merangkum hal yang harus dilakukan ketika akan launching produk kosmetik dan brand kecantikan baru lewat ulasan berikut ini.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Launching Kosmetik Baru

launching produk kosmetik (1)

Untuk kamu yang ingin membuat brand kosmetik ataupun ingin mengeluarkan produk inovasi baru, dan ingin mendapatkan respon positif dari target pasar dan masyarakat umum, perhatikan baik-baik hal-hal berikut ini, ya!

Lakukan Berbagai Riset Sebelum Meluncurkan Produk Kosmetik

Dilansir dari The Harvard Bussiness Review, diketahui yang jadi alasan utamanya gagalnya sebuah produk ketika diluncurkan karena para pemilik brand ini kerap melupakan riset.

Padahal tiap ide produk kosmetik yang baik, akan kamu dapatan dengan melakukan riset dan survey terlebih dahulu. Proses ini akan membantumu mengetahui arah dari tren pasar kosmetik yang banyak digemari belakangan ini.

Riset dan survey akan memberikan hasil preferensi, baik secara demografi dan psikografi pasar kosmetik yang dipetakan untuk masa mendatang. Sehingga, kamu bisa memprediksi produk atau tren kosmetik apa ke depannya yang akan diminati oleh masyarakat.

Mulai dari bahan apa yang lagi banyak diminati, produk apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, dan proses promosi apa yang paling mudah diterima oleh masyarakat.

Manfaatkan Promosi Lewat Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu promosi yang paling menjanjikan, karena memiliki banyak pengguna aktif yang menghabiskan seluruh waktunya di sana. Terlebih di masa pandemic ini, di mana masyarkat enggak bisa healing sambal jalan-jalan, akhirnya waktu luang akan dialokasikan di media sosial.

Namun, inilah peran penting media sosial untuk membangun hype ketika akan launching brand atau produk kosmetik baru, bahkan sebelum produk itu benar-benar rilis di pasaran.

Cara untuk melakukan pemasaran dengan media sosial pun enggak terbatas, karena fitur aplikasi yang sangat memadai dan mendukung kegiatan kreasi konten.

Misalnya saja dengan membuat konten teaser, berupa video dan foto, dengan hashtag unik yang bisa dengan mudah diingat oleh masyarakat. Kemudian memakainya untuk menghitung mundur peluncuran brand atau produk kecantikan yang kamu miliki.

Tak hanya itu, melalui sosial media kamu pun bisa membuat update regular untuk meningkatkan brand knowledge produk kosmetik yang kamu miliki. Dengan demikian, kamu bisa menarik perhatian dan minat audiens terhadap produk yang akan diluncurkan.

Memantik Rasa Penasaran Audiens dengan Mengunggah Teaser Produk

Untuk meningkatkan hype atau antusiasme audiens, penting banget bagimu memberikan sedikit pancingan untuk membuat mereka menoleh atau menaruh perhatian lebih terhadap brand kosmetik yang kamu buat.

Karena sesuatu yang misterius pada dasarnya bisa menarik banyak perhatian orang, teaser campaign yang penuh misteri ini bisa jadi cara untuk menumbuhkan minat juga pada produk dan brand kosmetik yang kamu miliki.

Pembuatan produk atau brand teaser ini pun merupakan suatu strategi marketing yang sangat baik untuk meningkatkan popularitas brand kosmetik kamu. Untuk memperlancar dan membuatnya berjalan massif, kamu bisa menggunakan jasa endorsement.

Tentu konsep dari teaser campaign ini harus sama, pada tiap influencer/artis yang kamu sewa. Sehingga, bisa memberikan vibes dan hype yang kamu targetkan untuk brand kosmetik milikmu.

Menciptakan Produk Perawatan Kecantikan yang Diperlukan Konsumen

Sebenarnya, ketika akan meluncurkan sebuah produk kosmetik baru, kamu perlu membicarakan bagaimana produk ini bisa berguna dan menjawab permasalahan target pasar kamu.

Jangan secara buta mengikuti tren kosmetik atau kecantikan tertentu. Misalnya, ketika tren kecantikan Korea diminati, beberapa produk makeup dibuat dengan shade warna yang lebih cocok untuk digunakan orang dengan tone kulit ‘cold’.

Tentu produk makeup ini kurang cocok untuk jenis kulit perempuan tropis, yang memiliki tone kulit lebih hangat. Meski melawan arus tren, apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen adalah hal yang perlu untuk kamu perhatikan dengan baik.

Bahkan bisa jadi, kamu bakalan jadi brand kosmetik incaran karena brand yang lain terbilang sedikit ‘mengabaikan’ kebutuhan perempuan dengan tone lebih warm.

Menentukan Moment Peluncuran Produk Kosmetik Baru

Nah, salah satu hal yang sangat krusial ketika kamu akan meluncurkan produk kosmetik baru adalah menentukan momen yang tepat. Karena momen ini bisa bermanfaat untuk menguatkan citra brand atau produk kosmetik, juga memberi gambaran awal terhadap produk kosmetik yang akan kamu buat tersebut.

Misalnya, ketika kamu akan meluncurkan produk skincare dengan bahan organik. Maka waktu yang paling baik adalah dengan menyesuaikan dengan momen kampanye peduli lingkungan.

Proses Launching Produk Kosmetik

Dalam proses launching produk kosmetik ini, kamu bisa melakukannya secara online maupun secara langsung di ritel kosmetik yang kamu kelola.

Jika semua persiapan dan kebutuhan teleh disiapkan untuk memperlancar strategi launching produk ini. Kamu bisa memilih momentum produk yang telah dipilih sebelumnya, maka di sanalah kamu bisa langsung melakukan kegiatan launching produk yang kamu inginkan,

Strategi launching produk kosmetik adalah bagian dari global marketing strategy. Di mana kita bisa menyusun langkah yang tepat agar produk dapat dikenalkan dan dipromosikam kepada target pasar yang telah ditentukan.

Maka dari itu eksekusi dari program launching ini haruslah dapat memberikan gambaran awal tentang konsep brand, identitas, dan bagaimana karakteristik dari produk kosmetik yang akan dijual. Bahkan bisa juga memuat berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen.

Nah, itu adalah berbagai hal yang harus diperhatikan ketika launching brand kosmetik dan produk kecantikan baru di pasaran. Semoga, hal ini bisa memberikan banyak manfaat untuk binis kosmetikmu di masa mendatang, Beautypreneurs!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading