Inilah Keuntungan Berbisnis Kosmetik dengan Private Label!

Mungkin kamu pernah memikirkan ingin memiliki bisnis sendiri, bukan? Terlebih untuk para ladies yang suka banget sama dunia kecantikan dan kosmetik. Tidak sedikit para kaum hawa ini berharap bisa menjadi brand owner dan menghasilkan produk brand kosmetik sendiri. Lantas apa sih keuntungan berbisnis kosmetik dengan private label?

Namun, jika kamu memutuskan untuk memulai bisnis kosmetik sendiri, kamu masih harus melewati jalan yang panjang sebelum produkmu bisa diluncurkan pada pasar konsumen.

Selain kamu harus memikirkan jenis kosmetik apa yang ingin dibuat, desain, kemasan, bahkan nama merk, kamu juga harus menentukan jasa maklon kosmetik private label yang tepat juga.

Tapi sebelumnya, pernahkah kamu mendengar tentang private label kosmetik? Yuk kita bahas di artikel berikut!

Apa Itu Private Label?

Saat kamu berkunjung pada toko-toko kosmetik ataupun salon, kamu bisa menemui kosmetik dengan private label ini. Private label sendiri merujuk pada sebuah produk milik perusahaan atau perseorangan, namun tidak dibuat atau diproduksi sendiri.

Produk kosmetik private label biasanya didapatkan dari produsen atau manufaktur, seperti di PT. Mash Moshem Indonesia. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Sebelum kamu membuat kosmetik private label, kamu harus sudah memiliki nama merk untuk produkmu. Jangan lupa untuk mendaftarkan nama merk pada HKI (Hak Kekayaan Intelektual) agar kamu memiliki landasan hukum atas nama tersebut.

Kemudian kamu bisa menemui perusahaan manufaktur untuk membuat atau memproduksi produk kosmetik yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Lalu kamu bisa menggunakan nama merk sendiri pada produk kosmetik tersebut dan memasarkannya pada konsumen.

Keuntungan dari Private Label

Memiliki produk kosmetik private label tentunya memberikan keuntungan yang cukup banyak. Selain dari segi biaya, kamu juga tidak perlu kerepotan untuk memproduksi kosmetik yang nantinya akan kamu jual.

Kamu hanya perlu bermitra dengan perusahaan manufaktur, dan biarkan mereka yang memproduksi produk kosmetik sampai sudah siap jual. Biasanya perusahaan manufaktur juga akan membantu legalitas produk ataupun sertifikasi lainnya.

Jadi, dari segi apapun, memiliki kosmetik dengan private label akan sangat praktis untuk memulai bisnis! Kemudian, apa saja keuntungan berbisnis kosmetik dengan private label?

Yuk kita bahas satu-persatu!

Cocok Untuk Pemula

Keuntungan berbisnis dengan private label yang pertama adalah cocok untuk kamu para pemula yang ingin memulai bisnis. Karena kamu tidak membutuhkan banyak biaya ataupun membuat pabrik sendiri. Kamu bisa langsung mengandalkan perusahaan manufaktur untuk mengurus produkmu.

Jumlah produksi kosmetik private label juga tergolong sedikit dan terbatas, jadi biaya yang kamu keluarkan juga tidak terlalu banyak.

Kamu bisa coba-coba terlebih dahulu dan memperkenalkan produkmu pada keluarga atau orang-orang terdekat. Biasanya perusahaan manufaktur akan memberikan sample formula untuk produk kosmetikmu. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan produksi dalam sekala yang besar.

Produksi Lebih Murah dan Praktis

Biasanya produk kosmetik private label tidak membutuhkan biaya produksi yang banyak, karena memang terkesan exclusive dan terbatas. Jadi kamu tidak memerlukan modal yang besar seperti ketika kamu mendirikan pabrik khusus.

Karena kamu cukup membayar perusahaan manufaktur dan mereka akan membantu memproduksi kosmetikmu. Terlebih, mereka juga akan mengurus segala keperluan dari produk kosmetikmu. Mulai dari desain, kemasan, formula, hingga legalitas produk kosmetik.

Cara mudahnya kamu hanya perlu menentukan produk kosmetik seperti apa yang ingin kamu buat, berapa jumlahnya, dan kemudian bekerja sama dengan perusahaan manufaktur.

Kemudian kamu tinggal duduk manis menunggu produk kosmetik yang dipesan sampai selesai diproduksi dan siap dipasarkan. Tentunya dengan nama merk yang sudah kamu siapkan dan sepakati sebelumnya.

Jadi makin tergiur akan keuntungan berbisnis kosmetik dengan private label, bukan?

Kualitas Produk Kosmetik akan Terjamin

Perusahaan manufaktur tentunya akan menawarkan kualitas produk kosmetik private label yang terjamin. Mereka akan mempertimbangkan dengan matang mulai dari bahan baku, kemasan, desain, dan legalitas dari produk private label tersebut.

Mereka juga akan memproduksi kosmetik private label yang layak edar dan menjaga kepuasan dari kamu, pemiliki brand kosmetik. Hal ini memberikan keuntungan berbisnis kosmetik dengan private label tersendiri.

Jadi, jangan ragu dengan kualitas produk yang ditawarkan oleh perusahaan manufaktur, karena mereka akan melakukan yang terbaik untuk kamu.

Harga Produk yang Kompetitif

Kebanyakan poduk private label akan mempresepsikan produk mereka dengan citra premium untuk target pasar yang sesuai. Namun, nyatanya produk private label jauh lebih murah dari citra yang tampak tersebut.

Harga yang cinderung lebih murah akan membantu meningkatkan penjualan dari perusahaan. Secara umun konsumen akan melihat produk sejenis dengan harga yang cinderung lebih murah, dengan begitu akan membuat konsumen membeli private label miliki kamu.

Kadangkala kualitas produk dikesampingkan begitu saja, sehingga inilah alasan penjualan private label menjadi pilihan yang tepat untuk menaikkan penjualan.

Memperkuat Ekuitas Merk Kosmetik

Kebanyakan produk kosmetik private label bisa memilih sendiri nama merk kosmetik, citra yang ingin mereka tampilkan, sampai desain logo. Nah, kamu juga harus memikirkan hal-hal tersebut agar memberikan kesan yang unik untuk setiap pembeli.

Karena setiap konsumen membeli produkmu dan memberikan kesan yang bagus, maka mereka akan selalu mengingat nama merk ataupun produksennya.

Sehingga, saat para konsumen sudah menyukai produk kamu, maka ekuitas merk kosmetik private label akan jauh lebih kuat.

Puncak Permintaan Lebih Kuat 

Biasanya pada saat-saat tertentu, jumlah permintaan terhadap produk kosmetik kamu akan meningkat. Dengan adanya privat label ini, kamu bisa memaksimalkan puncak permintaan tersebut.

Kamu juga bisa memanfaatkan event khusus agar penjualan kosmetikmu bisa lebih maksimal. Kamu bisa membuat kesan yang lebih exlusive, sehingga konsumen akan berebut produk kosmetik yang kamu tawarkan.

Intinya, saat ada pemintaan yang besar dari pasar, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin!

Dapat Mengontrol Harga dengan Mudah

Kamu sebagai pemilik private label bisa mengontrol harga jual produk kosmetik dengan lebih mudah. Kamu juga bisa mengatur besar biaya beserta spesifikasi produk yang kamu harapkan. Setelah itu kamu cukup mencari perusahaan manufaktur yang sesuai dengan kriteria dan budget yang kamu miliki.

Namun sebelum melakukan dan membuat produk kosmetik private label, ada baiknya kamu juga riset pasar terlebih dahulu. Sehingga, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan dan memenuhi permintaan pasar dari para konsumen.

Jangan lupa untuk menambahkan citra unik dan inovasi lainnya untuk private label kamu, sehingga bisa lebih banyak menarik pembeli nantinya.

Pemasaran yang Mandiri

Bagi perusahaan manufaktur, kadangkala mereka tidak perlu memikirkan bagaimana produk tersebut akan dipasarkan. Namun, jika merk private label kamu laris dipasaran, mereka juga bisa mendapatkan keuntungan yang sama besarnya.

Jadi, kamu harus pintar-pintar melakukan pemasaran karena pada akhirnya, kamulah yang menjual produkmu sendiri. Inilah yang disebut pemasaran yang mandiri, karena berhasil tidaknya sebuah private label kosmetik, semua ada di tangan pemilikinya.

Produk Kosmetik Bisa Sesuai dengan “Marked Needed” atau “Seasonal”

Sebelum melakukan pembuatan kosmetik private label, tentunya kamu sudah melakukan riset terhadap permintaan pasar, bukan?

Jadi, kamu bisa menyesuaikan terhadap kebutuhan pasar ataupun kosmetik apa yang saat ini hits di kalangan masyarakat. Karena, apa yang dibutuhkan pasar biasanya produk tersebutlah yang banyak terjual dan digemari.

Kemudian untuk season-season tertentu, kamu bisa melakukan pembuatan merk kosmetik private label secara exlusive. Contohnya, hanya untuk event ulang tahun, valentine, natal, kamu menawarkan produk yang menarik untuk konsumenmu.

Cara Memulai Bisnis Kosmetik dengan Private Label

keuntungan berbisnis kosmetik dengan private label

Banyak banget produk kosmetik private label yang bisa kamu buat dengan menggunakan jasa perusahaan manufaktur. Baik dari produk perawatan wajah, perawatan rambut, perawatan badan, intinya dari ujung kepala hingga ujung kaki semua bisa kami buatkan untukmu.

Bersama PT. Mash Moshem Indonesia kamu bisa mewujudkan impianmu memiliki kosmetik dengan private label sendiri. Kamu bisa melakukan diskusi dengan tim Bussines Development (BD) kami mengenai produk apa yang ingin kamu buat.

Kami akan memberikan informasi lengkap mengenai formulasi, kemasan, legalitas, hingga desain logo. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan dan citra produk yang ingin kamu miliki nantinya.

Terlebih, PT. Mash Moshem Indonesia juga sudah mengantongi sertifikat CPKB tingkat A dari BPOM. Jadi, kamu tidak perlu mengkhawatirkan keamanan dari produk yang akan kamu buat di pabrik kami.

Untuk ingin mengetahui informasi lebih jauh mengenai cara pembuatan private label kosmetik, kamu bisa menghubungi langsung tim Bussines Development (BD), ya! Karena mereka akan memberikan informasi lebih lengkap untuk kamu yang ingin memiliki private label kosmetik!

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

Leave a Comment