Engage Toko Meningkat, Intip Cara Daftar Power Merchant Pro Tokopedia

cara daftar power merchant pro tokopedia

Belakangan minat belanja online kian meningkat di kalangan masyarakat. Fenomena ini pun kian marak karena kondisi pandemic Covid-19 yang tak kunjung membaik. Sehingga kebanyakan masyarakat menghabiskan waktu dan kegiatan mereka secara daring.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat dan bagaimana pola berbelanja mereka berubah, misalnya melebarkan usahamu dan membuat toko online.

Yap! Tak melulu menggunakan website, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai jenis e-commerce popular di Indonesia, termasuk Tokopedia.

Melansir dari Databoks, Tokopedia menjadi e-commerce terpopuler di Indonesia sepanjang kuartal III 2021 lalu. Lapak online ini menduduki peringkat pertama dalam kategori e-commerce yang paling banyak dikunjungi, seperti pada data berikut ini.

Dari grafik tersebut, kamu bisa menyimak bahwa jumlah kunjungan Tokopedia per bulan sangatlah tinggi, yakni mencapai 158,1 juta kali.

Melihat tingginya jumlah kunjungan ini, enggak heran kalau Tokopedia menjadi lapak online yang sangat menjanjikan bagi para pebisnis. Enggak sedikit brand kosmetik, toko-toko kecantikan, dan berbagai jenis penjual lain melebarkan bisnis mereka di lapak online tersebut.

Hal ini akhirnya membuat persaingan di Tokopedia cukup ketat. Mengingat, pasti enggak hanya satu dua toko yang menjual produk serupa denganmu.

Tapi jangan keburu patah semangat dulu, karena Tokopedia menghadirkan berbagai fitur menarik untuk mendukung bisnis seller-nya. Salah satunya adalah fitur Power Merchant Pro.

Sudah pernah dengar soal fitur ini? Simak baik-baik untuk tahu detailnya, ya!

Apa Itu Fitur Power Merchant Pro Tokopedia?

Kalau kamu sering menggunakan Tokopedia untuk berjualan maupun berbelanja, pasti sudah tidak asing dengan label Power Merchant dan Official Store. Keduanya merupakan label atau level toko yang bisa didapatkan oleh seller apabila telah memenuhi syarat dan ketentuan dari pihak Tokopedia.

Namun, belakangan ini Tokopedia meluncurkan label baru bernama Power Merchant Pro. Tentu keuntungan yang didapatkan seller pun berbeda dari keuda level yang disebutkan di atas.

Lantas apa sih yang dimaksud Power Merchant Pro Tokopedia?

Well, Power Merchan Pro merupakan sebuah program Tokopedia yang diberikan kepada seller sebagai bentuk apreasiasi. Khususnya karena mereka telah memberiakn pelayananterbaik pada semua konsumen setianya dan memiliki riwayat penjualan yang baik.

Bentuk apresiasi Tokopedia ini tentu menjadi angin segar tersendiri bagi para seller. Tak hanya menunjukkan peforma yang bagus, label ini pun akan membuat kepercayaan konsumen meningkat, mendorong banyak penjualan, hingga meningkatkan brand awareness.

Syarat Mendaftar Jadi Seller Power Merchant Pro Tokopedia

Beautypreneurs, untuk mendapatkan label Power Merchant Pro Tokopedia ini, enggak perlu mengeluarkan biaya khusus. Hanya saja ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan agar kamu mendapatkan label ini pada toko online-mu.

Berikut ini ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi dalam cara daftar Power Merchant Pro Tokopedia. Simak baik-baik, Beautypreneurs!

  1. Verifikasi informasi atau data diri seller dengan mengunggah KTP.
  2. Skor peforma dan pelayanan toko minimal 70.
  3. Melayani pembelian produk minimal sebanyak 3 pesanan, dalam kurun waktu 30 hari terakhir.
  4. Pendapatan bersih toko minimal Rp 350 ribu dalam 30 hari terakhir.
  5. Toko yang didaftarkan tidak sedang dalam masa moderasi.

Cara Daftar Power Merchant Pro Tokopedia

cara daftar power merchant pro tokopedia

Setelah menyiapkan berbagai syaratnya, kamu bisa langsung mencoba cara daftar Power Merchant Pro Tokopedia berikut ini.

  1. Buka aplikasi Tokopodia dan masuk pada akun seller-mu, kemudian klik menu Lainnya di bagian pojok kanan bawah.
  2. Pada halaman Pengaturan Tokomu, klik Upgrade di bagian bawah tulisan Regular Merchant. Pastikan kamu ada di tab Power Merchant Pro, ya.

Apabila kamu adalah seller dengan status keanggotaan Power Merchant, pada halaman pengaturan tokomu klik Upgrade di bagian bawah Power Merchant.

  • Selanjutnya, scroll ke bawah untuk sampai di bagian Power Merchant Pro.
  • Di bagian Power Merchant Pro, kamu akan melihat beberapa syarat pendaftaran yang harus kamu penuhi. Seperti meningkatkan skor toko hingga minimal 70. Menyelesaikan minimal 3 pesanan dalam 30 hari terakhir, dan banyak lainnya.
  • Baca syarat dan ketentuan dan centang kotak persetujuan.
  • Klik Daftar Sekarang, untuk mengajukan cara daftar Power Merchant Pro Tokopedia.
  • Selesai. Kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa tokomu sudah berhasil menjadi Power Merchant Pro dari pihak Tokopedia.

Keuntungan Menjadi Seller Power Merchant Pro Tokopedia

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi seller Power Merchant Pro di Tokopedia. Enggak hanya berkaitan dengan fitur promosi khusus dari aplikasi ini, melainkan juga akan membantu bisnismu secara keseluruhan.

Enggak percaya? Langsung simak berbagai keuntungan menjadi Seller Power Merchant Pro Tokopedia berikut ini!

Meningkatkan Brand Awareness Toko

Keuntungan menjadi seller Power Merchant Pro Tokopedia yang pertama adalah membantu meningkatkan brand awareness toko dan merk.

Karena label Power Merchant Pro ini bukan belian, serta diberikan kepada seller yang memiliki peforma dan pelayanan konsumen yang baik oleh Tokopedia secara langsung. Dengan demikian, reputasi toko dan brand di mata konsumen pun akan meningkat.

Meningkatkan Pendapatan Toko

Karena reputasi toko yang bagus dan diakui oleh Tokopedia secara resmi, maka konsumen pun akan lebih percaya dan cenderung lebih tertarik membeli produk dari tokomu.

Enggak hanya itu, setelah mereka benar-benar merasakan bagaimana pelayananmu. Konsumen pun akan dengan senang hati melakukan pembelian kembali dan menjadi pelanggan setia.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Ketika berbelanja secara online, konsumen menjadi sangat selektif untuk memilih produk dan menilai bagaimana peforma toko dalam melayani pembeli.

Hal ini karena konsumen tidak menginginkan adanya kerugian, kesalahan pengiriman, dan adanya jaminan bahwa produk yang mereka beli asli serta sampai dengan selamat.

Nah, adanya label Power Merchant Pro di toko online-mu bisa memberikan jaminan tersendiri bagi konsumen. Bahwa pelayanan dan peforma penjualanmu telah diakui bagus dari Tokopedia. Dengan demikian, konsumen akan lebih percaya berbelanja di toko online-mu.

Berbagai Fitur Menarik dari Tokopedia

Selain karena alasan branding dan kepercayaan konsumen, menjadi Seller Power Merchant Pro Tokopedia juga memberikan banyak fitur menarik yang bisa digunakan untuk menunjang promosi toko.

Fitur dan keuntungan dari Tokopedia ini ada banyak, seperti:

  1. Biaya Bebas Ongkir lebih ringan, 1,5% per produk terjual dengan Bebas Ongkir.
  2. Peningkatan ranking pencarian.
  3. Ongkir Spesial untuk kurir Same Day & Instan.
  4. Badge toko eksklusif Power Merchant PRO.
  5. Layanan Prioritas Tokopedia Care.
  6. Keuntungan yang terus bertambah sesuai Level Toko.

Tak hanya Power Merchant Pro, sebenarnya ada banyak fitur lainnya dari Tokopedia yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan engage toko. Misalnya menggunakan berbagai fitur TopAds, Gratis Ongkir, dan melakukan berbagai kegiatan promosi lainnya.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment