Cara Memaksimalkan Program Gratis Ongkir Shopee, Dijamin Bikin Untung!

cara memaksimalkan gratis ongkir shopee

Buat yang suka belanja online pasti udah enggak asing lagi sama yang namanya gratis ongkir. Nah, sebagai seller kamu juga harus tahu cara memaksimalkan program gratis ongkir di Shopee. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan berlimpah.

Shopee merupakan salah satu e-commerce yang rutin memberikan voucher gratis ongkir. Hampir semua toko di lapak online ini menawarkan fitur ini untuk menarik minat konsumen.

Program gratis ongkir ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan potongan ongkos kirim (ongkir) dengan jumlah tertentu. Biasanya ada aturan seperti jumlah minimal pembelian, penggunaan jasa kirim tertentu, hingga penggunaan alat pembayaran yang dikhususkan.

Nah, Beautypreneur, program gratis ongkir ini bisa jadi senjata rahasia untuk menarik minat konsumen. Sehingga mereka mau melakukan pembelian produk di tokomu.

Apalagi persaiangan di Shopee juga cukup ketat, ada banyak toko online yang mungkin menjual produk atau brand yang hampir sama dengan milikmu. Karenanya, ketika memasang program gratis ongkir ini akan bisa memberikan nilai lebih pada toko kosmetikmu.

Lantas, bagaimanakah cara memaksimalkan program gratis ongkir di Shopee? Dan bagaimana cara pemasangannya?

Langsung simak ulasannya di bawah ini, biar kamu enggak ketinggalan satu info pun!

Cara Daftar Program Gratis Ongkir di Shopee Lewat Aplikasi dan Website

cara memaksimalkan gratis ongkir shopee

Sebelum mengetahui bagaimana cara memaksimalkan program gratis ongkir di Shopee, kamu perlu tahu bagaimana cara mengaktifkan program ini di tokomu.

Langkahnya cukup mudah untuk dilakukan kok, Beautypreneur. Kamu bisa mengaktifkannya lewat aplikasi mobile Shopee maupun lewat website resminya.

Cara Daftar Gratis Ongkir di Shopee Lewat Aplikasi

Cara daftar gratis ongkir di Shopee ini bisa kamu lakukan lewat aplikasi. Langkahnya sangat mudah untuk diikuti, seperti pada uraian berikut ini.

  1. Pertama pilih ikon Gratis Ongkir Xtra di bagian Homepage.
  2. Selanjutnya klik Semua Gratis Ongkir dan pilih Daftar Sekarang.
  3. Verivikasi KTP atau kartu identitas yang kamu daftarkan. Dalam sesi ini kamu juga diminta untuk melengkapi kolom nama dan nomor KTP, mengunggah foto KTP, serta foto diri dengan memegang KTP.

Pastikan pencahayaan terang ketika mengambil gambar, sehingga foto diri dan data di KTP dapat jelas terbaca oleh sistem Shopee.

  • Baca Syarat dan Ketentuan dari Shopee, kalau kamu setuju dengan pengaturan dan syarat yang diberikan maka centang di kolom yang disediakan.

Langkah ini enggak boleh kamu lewatkan, karena memuat semua cara penggunaan dan sitem gratis ongkir yang diadakan Shopee. Misalnya, periode pelaksanaan program, bagaimana cara klaim, hingga semua aturan dan syarat yang harus diperhatikan oleh seller.

  • Selesai. Cara mendaftar program gratis ongkir lewat aplikasi mobile sudah selesai kamu lakukan. Selanjutnya tunggu hingga maksimal 2×24 jam dan akan ada notifikasi bahwa program gratis ongkir Shopee telah berhasil diaktifkan.

Cara Daftar Gratis Ongkir di Shopee Lewat Website

Nah, selain lewat aplikasi mobile, kamu juga bisa mengaktifkan program gratis ongkir di Shopee lewat website, lho.

Caranya juga enggak susah, cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini!

  1. Masuk ke halaman website Shopee dan Log In ke akun jualanmu.
  2. Setelah itu, secara otomatis kamu akan dialihkan pada beranda Shopee. Kemudian klik Gratis Ongkir Xtra yang ada pada halaman utama.
  3. Lanjutkan dengan klik Semua Gratis Ongkir, kemudian pilih Daftar Sekarang untuk mulai mengaktifkan program gratis ongkir.

Terakhir, lakukan scan QR Code yang disediakan untuk menghubungkan pendaftaran gratis ongkir di Website dengan aplikasi mobile Shopee.

Cara Memaksimalkan Program Gratis Ongkir di Shopee

cara memaksimalkan gratis ongkir shopee (3)

Program gratis ongkir Shopee enggak hanya bisa memberikan keuntungan bagi konsumen. Namun, ketika kamu dapat mengolah dan memaksimalkannya dengan tepat, kamu dapat mendulang banyak keuntungan, lho!

Lantas bagaimana cara memaksimalkan program gratis ongkir di Shopee untuk penjual? Simak langkahnya berikut ini.

Atur Harga Jual Produk

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan harga jual produk. Seperti yang kamu tahu, program gratis ongkir ini kadang memiliki batas minimum pembelian.

Nah, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuat harga produk yang agak nanggung. Dengan begitu, konsumen akan menambah satu atau dua produk lagi untuk melengkapi jumlah minimal pembelian produk.

Sebagai contoh, untuk klaim gratis ongkir diperlukan jumlah nominal belanjaan sebanyak Rp 30 ribu. Karenanya, kamu bisa membuat harga produk berada di antara Rp 15 – 20 ribu.

Melakukan Cross Selling

Cara memaksimalkan program gratis ongkir Shopee selanjutnya adalah melakukan cross selling. Masih berkaitan dengan minimal pembelian produk, kamu bisa menawarkan produk tambahan untuk melengkapi belanjaan konsumen.

Agar strategi ini berhasil dan kamu bisa mendapatkan penjualan lebih, pastikan produk yang kamu rekomendasikan ini memang menarik untuk konsumen dan memiliki harga jual yang tidak lebih mahal daripada produk pertama.

Membuat Bundling Product

Cara memaksimalkan program gratis ongkir Shopee selanjutnya adalah dengan membuat bundling product. Kiat ini bisa mempermudah konsumen ketika memilih produk dan menyesuaikan dengan jumlah minimal pemesanan.

Kamu bahkan bisa menambah keuntungan dengan menyisipkan produk-produk baru, yang kurang diminati, hingga sample produk untuk melengkapi bundle yang ada.

Baca Juga: Strategi Product Bundling untuk Brand Kosmetik, Menguntungkan!

Gunakan Jasa Pengiriman yang Bervariasi

Salah satu syarat untuk mendapatkan gratis ongkir adalah menggunakan jasa kirim yang telah ditentukan sebelumnya. Nah, agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen, pastikan kamu terhubung dengan jasa pengiriman paket yang bervariasi.

Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah untuk melakukan klaim voucher gratis ongkir yang kamu pasang di toko onlinemu.

Keuntungan Mengaktifkan Program Gratis Ongkir di Shopee

Program gratis ongkir ini tak hanya dibuat untuk membuat pelanggan merasa nyaman bertransaksi atau membeli produk di Shopee. Sebagai penjual, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan yang sama besarnya untuk bisnismu.

Apa saja? Langsung perhatikan beberapa keuntungan mengaktifkan program gratis ongkir di Shopee untuk seller berikut ini.

Memberikan Tambahan Diskon untuk Konsumen

Manfaat pertama adalah kamu bisa memberikan tambahan diskon untuk konsumen. Program gratis ongkir Shopee ini memungkinkan adanya potongan harga kirim hingga Rp 20 ribu, yang akan ditanggung oleh pihak Shopee.

Namun, voucher ini hanya dapat diklaim dengan menggunakan tiga jenis pengiriman barang yang telah ditentukan sebelumnya. Berikut daftarnya:

  1. Jenis layanan Reguler dengan jasa kirim Shopee Express Standard, J&T Express, SiCepat REG, Ninja Xpress, ID Express, atau Anteraja.
  2. Penggunaan jenis pengiriman Instant dengan jasa kirim Shopee Express Instant.
  3. Tipe layanan pengiriman Hemat dengan jasa kirim SiCepat Halu, J&T Economy, atau Shopee Express Hemat.
  4. Tipe layanan pengiriman Kargo dengan jasa kirim JNE Trucking (JTR) atau SiCepat Gokil.
  5. Jasa kirim J&T Jemari

Meningkatkan Exposure Toko dan Menarik Pembeli

Ketika kamu berhasil memasang program gratis ongkir, maka secara otomatis aka nada tag program yang ditempelkan pada deskripsi produk.

Tentu, hal ini akan sangat berpengaruh pada exposure toko dan dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk daganganmu.

Adanya Promosi Tak Langsung

Tahukah kamu, dengan memasang fitur gratis ongkir di toko onlinemu juga bisa jadi sarana promosi tak langsung?

Yap! Hal ini dikarenakan produk yang kamu gunakan akan memiliki tag Gratis Ongkir, sehingga produk pun akan masuk ke dalam filter pencarian Gratis Ongkir.

Dengan begitu kemungkinan produk dan tokomu ditemukan oleh pengguna Shopee pun akan jadi lebih besar.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment