Bikin Bibir Merah, Ini Produk Perawatan Bibir yang Menunjang Penampilan Harianmu

produk perawatan bibir

Bagi sebagian besar orang masalah penampilan bukan hanya soal ingin menuai banyak pujian atau sejenisnya. Melainkan sebuah bentuk kepercayaan diri, ekspresi semangat, dan bahkan jadi cara untuk mencerminkan karakter mereka.

Misalnya dengan memperhatikan style atau fashion mereka, menggunakan kosmetik tertentu, hingga melakukan rangkaian skincare harian. Agar penampilan mereka jadi lebih maksimal, namun juga tetap sehat.

Nah, selain kulit tubuh dan wajah kita, bibir juga harus diperhatikan dan diberikan perawatan yang sama. Karena dengan memiliki bibir yang sehat dan cantik alami dapat menunjang penampilan kita.

Bahkan kesehatan bibir dapat pula mempengaruhi penampilanmu secara keseluhan. Enggak hanya itu, jika masalah ini kamu biarkan berlarut-larut bibri akan jadi kering, pecah-pecah, dan menghitam.  Yang mana jadi tanda bahwa bibir kamu tidak sehat.

Jenis Produk Perawatan Bibir yang Perlu Kamu Tahu

liptint dari lidah buaya

Sama halnya ketika merawat tubuh dan wajah, kamu memerlukan produk perawatan bibir yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan bibirmu. Biasanya produk perawatan bibir ini memiliki berbagai vitamin dan kandungan yang dapat menutrisi kulit bibirmu.

Kira-kira apa saja ya? Yuk, cari tahu sama-sama!

Lip Balm

Lip balm

Lip balm adalah salah satu produk perawatan bibir yang wajib kamu miliki. Sebab dengan memakai lip balm dapat membantu mengurangi bibir pecah-pecah dan kering. Yang mana akan sangat mengganggu penampilanmu sehari-hari.

Agar perlindungan dan hasilnya lebih efektif, kamu bisa memakai produk satu ini dengan kandungan SPF. Yakni untuk melindungi bibir dari paparan sinar ultraviolet, dan juga menjaganya agar tidak gampang kering dan dehidrasi.

Lip Butter

smallpots

Hampir serupa dengan lip balm, lip butter juga bisa membuat kulit bibirmu jadi terhidrasi dengan baik. Produk ini biasanya mengandung minyak lemak dan esensial untuk menjaga kelembapan dan kesegaran bibir sepanjang bibir.

Kamu bisa menggunakan lip butter sebagai alas sebelum mengaplikasikan lipstick atau lip cream. Dengan demikian, kandungan yang ada dalam make up bibir tidak akan membuat kulitmu jadi gampang kering.

Lip Scrub

Seperti halnya dengan wajah dan tubuh, bibir juga perlu untuk dieksfoliasi secara teratur. Dengan demikian produk perawatan bibir yang harus kamu miliki selanjutnya adalah lip scrub.

Menggunakan lip scrub secara teratur artinya kamu juga rajin membersihkan bibirmu dari berbagai kotoran sisa make up dan polusi yang menempel di bibir. Enggak hanya itu, sel-sel kulit mati di bibir juga bisa diangkat dengan sempurna.

Dengan demikian, bibir dapat beregenerasi dengan baik dan menghasilkan sel-sel baru. Yang mana akan terlihat lebih sehat dan memiliki warna yang lebih cerah.

Lip Mask

Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan dan memakai make up, bibir bisa jadi sangat kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Hal ini dapat kamu atasi dengan menggunakan lip mask atau masker bibir.

Lip mask kaya akan zat yang dapat membantu menghidrasi dan melembutkan kulit bibir. Bahkan enggak sedikit juga beberapa merk lip mask yang dijual di pasaran mengklaim bahwa bisa menghasilkan efek bibir lebih penuh dan merona.

Dengan kandungan yang lebih intens dibanding lip balm, lip mask sangat cocok digunakan untuk bibir yang sangat kering. Hal ini dikarenakan lip mask dapat memberikan kelembapan yang lebih baik untuk bibir kering.

Lip Serum

lip serum mash moshem

Jangan salah, bibir juga ada serum khususnya lho. Sama halnya dengan serum untuk wajah, lip serum juga memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit bibir.

Serum bibir diklaim dapat mengembalikan kelembapan serta warna alami pada bibir, juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini. Khusunya lip serum dengan kandungan vitamin E dan bahan alami yang dapat bekerja sebagai antioksidan.

Karena memiliki kandungan yang kompleks dan manfaatnya yang bergam, serum bibir sangat pas digunakan sebagai salah satu produk perawatan bibir harian.

Lip Gloss

Bagi kamu yang memiliki bibir yang kering dan akhirnya tidak bisa memakai produk lipstick atau lip cream sesukanya, boleh nih jadikan lip gloss sebagai alternatif.

Karena selain punya warna-warna yang atraktif, lip gloss juga diformulasikan dengan minyak yang dapat melembapkan kulit bibir.

Bahkan enggak sedikit pula produk lip gloss yang mengandung berbagai ekstrak tumbuhan atau bahan-bahan alami. Yang mana akan memberikan nutrisi dan kelembapan yang baik untuk bibirmu.

Tinted Balm

Selain lip gloss kamu juga bisa masukan tinted balm ke dalam daftar kosmetik bibir yang cukup sehat milikmu. Karena enggak hanya menawarkan berbagai warna yang menarik, tinted balm juga bisa membantu menjaga kelembapan di bibir sepanjang hari.

Dengan memakai produk perawatan bibir satu ini, kamu enggak perlu mengaplikasikan lip butter terlebih dahulu. Namun kamu tetap harus memakai masker dan serum bibir di malam hari, dan rajin membersihkan bibir dengan lip scrub setelah seharian beraktivitas.

Manfaat Menggunakan Produk Perawatan Bibir Secara Rutin

Beauty portrait of a smiling pretty woman
Beauty portrait of a smiling pretty woman with healthy skin looking at camera and posing isolated over white background

Selain faktor kesehatan yang harus kamu perhitungkan, bibir yang sehat juga akan nampak cantik. Serta memaksimalkan penampilanmu tiap hari. Untuk itu kamu perlu menggunakan produk perawatan bibir secara rutin.

Sebagai gambaran lebih jelas, yuk pahami berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan jika rajin merawat bibir.

Mengurangi Bibir Pecah-pecah

penyebab bibir hitam

Alasan yang pertama adalah mengurangi bibir pecah-pecah. Selain enggak enak dipandang, bibir pecah-pecah juga bikin tak nyaman.

Bahkan jika kamu biarkan berlarut-larut, bisa saja mengganggu kesehatan. Misalnya dalam kondisi yang parah, bibirmu bisa saja terluka dan berdarah.

Hal ini bisa kamu kurangi dan atasi dengan merawat bibir secara rutin. Misalnya dengan menggunakan produk-produk pelembap bibir, atau kosmetik yang mengandung zat humektan.

Membuat Bibir Enggak Hitam

manfaat liptint dari lidah buaya

Bibir yang sering terluka dan terpapar kosmetik berbahaya bisa saja berubah warna menjadi hitam. Kondisi ini menunjukkan bahwa bibir kita dalam kondisi yang tidak sehat. Mulai dari kurangnya nutrisi, terlalu sering terpapar sinar UV, dan banyak bahan-bahan berbahaya dari kosmetik yang tak bisa hilang dari bibir.

Tentunya masalah ini bisa kamu hindari dengan melakukan perawatan  bibir yang benar dan rutin. Kamu juga harus memastikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatan atau kosmetik untuk bibir yang kamu beli itu aman.

Membuat Bibir Merah dan Sehat

bibir sehat

Salah satu tanda bibir sehat adalah warnanya yang segar dan terang. Misalnya pada orang yang memiliki tone kulit yang terang, bibir mereka akan terlihat merah segar.

Nah, dengan rajin merawat bibir, kamu bisa membuat kondisi bibirmu lebih sehat. Dengan demikian bibirmu akan terlihat merah alami dan segar.

Mudah untuk Diaplikasikan Make Up / Kosmetik Bibir

Bibir sehat

Salah satu keuntungan dalam merawat bibir secara rutin adalah tekstur bibir yang mudah untuk diaplikasi make up. Riasan juga akhirnya bertahan lebih lama dan bisa nampak sempurna.

Bayangkan jika bibirmu kering, maka ketika memakai lipstick bibirmu akan pecah-pecah. Akhirnya riasan bibir yang kamu pakai juga tidak akan sempurna.

Tips Lakukan Perawatan Bibir agar Hasilnya Maksimal

Melembabkan Kulit

Sebenarnya semua produk yang telah disebutkan di atas enggak semuanya harus dipakai sekaligus ya, Ladies. Soalnya ada beberapa produk yang memiliki fungsi hampir serupa. Jadi kamu harus sesuaikan dengan kebutuhan kulit bibirmu saja.

Biar efeknya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan produk perawatan bibir yang telah disebutkan sebelumnya dengan tips berikut ini.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Kalau enggak dilakukan secara rutin, efeknya juga enggak akan maksimal dan malah bisa saja tak terlihat sama sekali. Jadi jangan sampai kelewatan dan males untuk merawat kesehatan serta kecantikan bibirmu ya, Ladies.

Lakukan Sesuai Urutan

Supaya makin kelihatan nih hasilnya, kamu juga harus melakukan perawatan bibir sesuai dengan urutannya. Misalnya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan kosmetik di bibir dengan micellar water, yang kemudian bisa kamu sambung dengan melakukan eksfoliasi.

Setelah bibir sudah bersih, langkah selanjutnya yakni memakai lip balm atau lip serum. Kamu bisa menambahkan lip mask sebagai perawatan opsional, atau enggak perlu tiap hari dilakukan.

Hindari Mengonsumsi Makanan yang Bisa Menimbulkan Masalah pada Bibir

minum kafein

Selain menjaga kesehatan dan kecantikan bibi dengan menggunakan produk perawatan yang telah disebutkan di atas, kamu juga harus memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Misalnya, kamu sebaiknya menghindari mengonsumsi alkohol dan merokok. Karena dua hal ini dapat membuat bibirmu lebih kering dan bahkan mengubah warnanya jadi lebih gelap serta menghitam.

Sebaliknya cobalah lebih sering mengonsumsi air putih agar kulitmu dapat terhidrasi dengan baik. Sehingga bibirmu juga enggak bakal gampang kering, pecah-pecah, atau bahkan sampai terluka.

Nah itu adalah berbagai produk perawatan bibir yang harus kamu ketahui. Sebenarnya kamu enggak perlu memakai semuanya. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan bibirmu.

Kalau kamu tahu soal produk perawatan bibir lainnya dan barangkali belum dicantumkan di atas, diskuiskan lewat kolom komentar, ya! Jangan lupa share dan comment juga!

About Author

Related posts

Leave a Comment