Bagus Jadi Bahan Kosmetik, Ini Dia Berbagai Khasiat Daun Sirih untuk Wajah

khasiat daun sirih untuk wajah

Siapa yang tak tahu daun sirih? Tanaman asli Indonesia ini sejak dulu memang telah diketahui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan enggak sedikit, jamu atau resep tradisional yang menggunakan tanaman ini.

Daun sirih di Indonesia juga ada dua macam lho, yakni daun sirih hijau dan daun sirih merah. Yang keduanya sama-sama memiliki kandungan dan zat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Tanaman yang memiliki bentuk serupa jantung ini enggak hanya menyehatkan tubuh, juga dapat merawat kecantikan kita lho. Hal ini dapat dilihat dari berbagai jenis produk perawatan kecantikan dan kosmetik yang menggunakan ekstrak dari daun sirih.

Nah, buat kamu yang penasaran soal kandungan dan khasiat daun sirih untuk wajah. Bisa banget baca ulasan berikut ini sampai habis.

Fakta Nutrisi dan Kandungan dalam Daun Sirih

nutrisi daun sirih

Daun sirih merupakan tanaman rambat yang daunnya berbentuk menyerupai jantung. Berbagai kandungan yang disinggung sebelumnya banyak ditemukan dalam daun sirih.

Daun sirih digolongkan sebagai tanaman yang sehat karena kaya akan mineral, air, nutrisi, dan lain sebagainya. Enggak hanya itu, tanaman satu ini juga rendah kalori dan lemak.

Minyak Atsiri

maklon kosmetik herbal

Minyak atsiri adalah salah satu kandungan yang terdapat dalam daun sirih. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Fakultas Kedokteran – Univesitas Lampung, daun sirih itu kadarnya sebanyak 1,4-2%. Kandungan ini juga yang bikin khasiat daun sirih untuk wajah sangat luar biasa.

Minyak atsiri memiliki kegunaan yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Misalnya membantu sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu minyak atsiri banyak digunakan sebagai bahan dasar komsetik dan produk wewangian.

Kalsium

Kandungan lain yang ada dalam daun sirih dan sangat berguna untuk kencatikan adalah kalsium. Yup, ternyata kalsium ini enggak cuma berguna untuk tulang kita, ya Guys.

Kalsium rupanya juga berguna untuk menyehatkan tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah kita. Hal itu dikarenakan kalsium dapat membantu mempercepat regenerasi kulit, sehingga kulit jadi lebih sehat.

Vitamin (A, B, dan C)

Dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, tentu nutrisi dan vitamin sangat dibutuhkan. Terlebih kedua hal ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Misalnya vitamin yang ternyata dapat membuatmu tampak awet muda.

Nah, daun sirih ini ternyata memiliki banyak vitamin, yakni vitamin A, C dan D. Yang ketiganya dapat bersinergi dalam mempercantik dan menjaga kesehatan kulitmu.

Vitamin A yang terdapat pada daun sirih bermanfaat untuk mengurangi tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus. Selain itu, vitamin yang satu ini juga sangat berperan dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Vitamin B kompleks juga enggak kalah bergunanya, lho. Kandungan daun sirih satu ini dipercaya memiliki manfaat terhadap kesehatan kulit wajah. Ia dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan memproduksi sel-sel kulit baru.

Sementara itu vitamin C dapat bersifat sebagai anti-oksidan, yang menghasilkan kolagen untuk wajah. Well, kolagen inilah yang dapat mengurangi tanda penuaan dini dan membuat kulit wajah lebih sehat. Sebab itu, vitamin C ini sering kali digunakan sebagai kandungan utama produk-produk anti-aging.

Enggak sampai situ, rupanya vitamin C juga punya manfaat lain, Guys. Yakni dapat meningkatkan efektivitas tabir surya yang dibalurkan ke wajah dan bagian tubuh lainnya. Hal ini penting untuk melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet.

Fenol

Selain kalsium, vitamin dan minyak atsiri, dalam daun sirih juga terkandung fenol. Senyawa satu ini bertindak sebagai antibakteri, yang berperan sebagai toksin dalam protoplasma. Dan dapat merusak dan menembus dinding serta mengendapkan protein sel bakteri.

Lebih hebatnya, fenol alami yang terkandung dalam daun sirih ini memiliki daya antiseptik lima kali lebih kuat dari fenol biasa.

Tanin

Tanin merupakan salah satu senyawa polifenol yang terkandung dalam daun sirih. Senyawa satu ini diketahui memiliki aktivitas anti inflamasi, astringen dan antiseptik. Yang mampu memberikan efek menenangkan dan meringankan peradangan pada kulit.

Flavonoid

Flavonoid merupakan salah satu kandungan yang terdapat di daun sirih. Kandungan ini diduga memiliki mekanisme kerja mendenaturasi protein sel bakteri dan merusak membran sel tanpa dapat diperbaiki lagi.

Dengan demikian, daun sirih akhirnya dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah jerawat. Yakni dengan membasmi sel bakteri pada debu dan kotoran yang menempel di kulit kita.

Saponin

Senyawa lain yang terdapat dalam daun sirih adalah saponin. Nah senyawa satu ini bisa bekerja sebagai antimikroba, yang akan merusak membran sitoplasma dan membunuh sel dari mikroba.

Hal tersebut yang kemudian menjadikan saponin bekerja sebagai anti-inflamasi, anti-biotik, anti-virus anti-ucler, dan hepatoprotektor. Kandungan-kandungan ini nih yang bikin daun sirih sangat baik untuk merawat kesehatan kulit.

Berbagai Khasiat Daun Sirih untuk Wajah

khasiat daun sirih untuk wajah

Telah dikatakan sebelumnya, daun sirih memiliki banyak manfaat. Baik untuk kesehatan, juga untuk menjaga kecantikan kita. Nah, untuk kamu yang belum tahu, di bawah ini ada beberapa khasiat daun sirih untuk wajah.

Mengatasi masalah jerawat dan memudarkan flek hitam

skincare untuk kulit berjerawat

Khasiat daun sirih untuk wajah yang pertama adalah kemampuannya dalam menyembuhkan jerawat. Sudah sejak lama daun sirih dikenal sebagai salah satu bahan alami yang digunakan untuk pengobatan alternatif tradisional untuk menyembuhkan jerawat, terutama daun sirih hijau.

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa dalam tanaman ini bersifat antibakteri yang sangat kuat. Dengan demikian, daun sirih sangat efektif untuk membasmi salah satu bakteri penyebab jerawat.

Enggak hanya itu, kandungan vitamin dalam daun sirih juga sangat berguna untuk menyamarkan  noda hitam yang ada di wajah. Baik dari bekas jerawat, maupun karena pengaruh sinar ultraviolet.

Mencegah munculnya komedo

skincare untuk kulit kering

Manfaat selanjutnya dari daun sirih adalah dapat mencegah munculnya komedo. Nah, jika kamu memiliki masalah komedo, maka tanaman satu ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif alami dalam mencegah kemunculan komedo.

Menyembuhkan jerawat yang meradang

skincare kulit berjerawat

Selain dapat mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekas-bekasnya, ternyata daun sirih juga bisa menyembuhkan jerawat yang meradang.

Hal ini dikarenakan dalam daun sirih terkandung senyawa anti-inflamasi. Yang mana sangat berguna untuk meredakan, mengempiskan dan menyembuhkan peradangan pada jerawat.

Tak hanya itu, daun sirih juga mengandung minyak esensial di dalamnya. Yang berguna untuk membantu memberikan efek menenangkan dan mendinginkan jerawat membengkak.

Membuat pori-pori wajah jadi kecil

Melembabkan Kulit

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa daun sirih memiliki beberapa senyawa yang dapat berguna sebagai antiseptik. Nah senyawa inilah yang akan membuat pori-pori wajah jadi lebih kecil.

Mengobati gatal pada kulit

iritasi kulit

Kandungan senyawa antiseptik, antiinflamasi dan antiradang yang dikandung daun sirih rupanya memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat mengobati rasa gatal pada kulit wajah kita.

Mengeringkan luka pada wajah

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka-luka ringan di wajah, misalnya luka gores, bekas jerawat dan lain sebagainya. Manfaat ini biasanya dapat ditemukan dalam daun sirih merah.

Hal ini dikarenakan daun sirih merah mengandung berbagai senyawa yang dapat bertinmendak sebagai antibakteri dan antiseptik. Yang mana dapat mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut.

Memutihkan dan mencerahkan wajah yang kusam

pelembap

Kandungan vitamin A, B dan C yang ada dalam daun sirih sangat berguna untuk mencerahkan kulit wajah kita. Apalagi dalam vitamin C yang sangat berguna untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Vitamin A juga bersifat antioksidan, sehingga melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Yang mana menyebabkan kulit tidak sehat dan terlihat kusam.

Mengatasi kulit berminyak

Ternyata kandungan yang ada dalam daun sirih bisa mengatasi masalah kulit berminyak, lho. Secara tradisional, masyarakat biasanya merebus daun sirih dan menjadikan air rebusan itu untuk cuci muka.

Inovasi dan Pengembangan Daun Sirih untuk Produk Kosmetik

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kini penggunaan daun sirih dalam formula kecantikan telah banyak dilakukan. Berbagai jenis dan inovasi produk perawatan tubuh juga diadopsi dan menggunakan ekstrak daun sirih.

Selain karena manfaatnya, kini orang-orang juga semakin sadar akan keamanan dan dampak dari produk kosmetik yang mereka gunakan. Oleh sebab itu, tren kosmetik berbahan dasar alami akhirnya kembali digemari.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis produk hasil dari inovasi dan pengembangan daun sirih dalam kosmetik. Yuk, simak sama-sama!

Krim Anti Jerawat

moisturizer

Telah berkali-kali disinggung di atas, bahwa daun sirih sangat berguna untuk mengatasi jerawat. Baik yang biasa maupun yang mengalami peradangan.

Kandungan senyawa antiinflamasi, antiradang dan antiseptik yang ada dalam daun sirih dapat melindungi wajah dari infeksi bakteri penyebab jerawat. Juga dapat memberikan sensasi menenangkan pada jerawat yang meradang dan membengkak.

Sabun Wajah

Sebenarnya inovasi daun sirih ke dalam produk kosmetik satu ini tidaklah mengejutkan. Pasalnya sejak dulu, air rebusan daun sirih sudah banyak digunakan untuk membasuh muka.

Kandungan vitamin dan senyawa-senyawa yang bersifat antibakteri, dapat membuat kulit wajah jadi terbebas dari berbagai kuman dan bakteri yang terbawa debu serta kotoran di wajah. Kandungan berbagai vitaminnya akan menjaga kesegaran kulit wajah kita.

Toner

toner daun sirih

Kandungan daun sirih juga ada yang bersifat astringen, yang mana sangat cocok untuk digunakan sebagai toner wajah. Beberapa merk kosmetik juga banyak yang telah menerapkan kandungan ini ke dalam produk mereka.

Parfum atau Pewangi Badan

jenis pewangi badan

Kalau dipikir-pikir, daun sirih memang telah umum diketahui dapat mengatasi bau badan. Bedanya orang zaman dulu, meminum air rebusan daun sirih untuk mendapatkan hasil itu. Sementara sekarang hanya perlu lewat minyak esensial atau atsiri dari daun sirih merah.

Minyak atsiri dari daun sirih merah adalah salah satu minyak esensial yang dihasilkan dan diekspor oleh Indonesia. Minyak atsiri daun sirih merah ini sangat bermanfaat sebagai bahan dasar pembuatan parfum juga sebagai bahan aroma terapi.

Masker Wajah Alami

masker wajah

Karena khasiat daun sirih untuk wajah sangat berlimpah, bahan alami satu ini sering dipakai dalam formula masker wajah. Karena dalam tumbuhan satu ini terdapat sifat antijamur dan antibakteri, yang efektif untuk mencegah munculnya jerawat.

Enggak hanya itu, minyak esensial yang dikandungnya juga akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak. Nah hal inilah yang membuat daun sirih sangat cocok digunakan dalam produk masker wajah.

Krim Anti Aging dan Pemutih Wajah

Nah, yang satu ini udah bisa ditebak dong, kandungan dari daun sirih mana yang berperan penting. Yap, jawabannya adalah vitamin C!

Sifat vitamin C yang bisa jadi antioksidan ini bisa mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini. Enggak hanya itu, vitamin C juga akan merangsang pertumbuhan kolagen dan dapat mencerahkan wajah. Wah! Hebat banget ya, Guys!

Memproduksi Kosmetik dengan Ekstrak Daun Sirih

membuat moisturizer

Kamu telah tahu berbagai kandungan dan khasiat daun sirih untuk wajah. Bahkan banyak juga menjumpai produk-produk kecantikan yang menggunakan ekstrak daun sirih dalam formulanya.

Nah, kamu juga bisa lho membuat kosmetik atau skincare dari daun sirih dengan brandmu sendiri. Caranya juga sangat mudah dan tidak perlu keluar modal sangat besar.

Misalnya lewat PT Mash Moshem Indonesia, kamu bisa maklon skincare, maklon parfum, maklon masker organik dan berbagai jenis produk kosmetik lain dengan ekstrak daun sirih.

Untuk hasil lebih maksimal, kamu bisa nih berkonsultasi dengan tim Research and Development (R&D) kami dan menciptakan formula baru. Tentu bisa menggunakan daun sirih, juga mengombinasikannya dengan berbagai bahan alami lainnya.

Di mana lagi bisa mulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri yang aman dan valuable? Yuk, bareng-bareng sama PT. Mash Moshem Indonesia!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment