Tak Cuma Melembapkan, Intip Manfaat Cocoa Butter untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat cocoa butter untuk kecantikan (3)

Kalau kamu perhatikan, beberapa kandungan yang digunakan dalam formula skincare banyak yang diambil dari bahan makanan, lho. Yap! Salah satunya adalah cocoa butter, yang juga akan kita bahas secara mendetil di artikel kali ini.

Dalam dunia kuliner, cocoa butter kerap digunakan sebagai bahan pembuatan kue atau cemilan lainnya. Menemukan satu makanan lagi yang bisa diolah menjadi produk perawatan kecantikan kulit, tentu akan sangat menarik untuk dibicarakan.

Alasan mengapa bahan alami ini bisa dan baik digunakan dalam formula kosmetik adalah karena kandungannya serta manfaatnya yang beragam buat kulit.

Kira-kira apa saja manfaat cocoa butter untuk kecantikan kulit dan rambut? Langsung cek ulasannya beriktu ini, ya!

Cocoa Butter dan Kandungan Gizinya yang Baik Buat Kulit

manfaat cocoa butter untuk kecantikan (2)

Cocoa butter atau yang lebih akrab disebut dengan mentega kakao merupakan lemak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji kakao. Karenanya, aroma dan rasa dari cacao butter pun sama dengan bauk has kakao.

Bahan alami ini mengandung asam lemak yang cukup tinggi dan senyawa antioksidan, yang bisa membantu menghidrasi kulit dan menjaganya agar tetap elastis.

Beriktu ini ada beberapa kandungan gizi dalam cocoa butter yang baik buat kecantikan kulit dan rambut. Simak baik-baik, ya!

Asam Lemak Oleat

Kandungan pertama yang ada dalam cocoa butter adalah asam oleat. Bahan alami ini bisa memberikan dampak yang sangat baik untuk kulit dan rambutmu.

Asam oleat bisa membantu melembutkan, melembapkan, dan mempercepat penyembuhan luka. Karena kandungan ini dapat bekerja sebagai anti radang dan antioksidan sekaligus.

Antioksidan

Senyawa lain yang banyak ditemukan dalam cocoa butter adalah kandungan antioksidan, seperti polifenol dan flavonioid.

Kamu pasti tahu kalau faktor eksternal, seperti radikal bebas, bisa berpengaruh pada kesehatan kulit dan rambut.

Radikal bebas bisa membuat kulit kering, kusam, menghambat proses regenerasi kulit, sehingga memicu adanya penuaan dini di kulit.

Dengan kandungan antioksidan dalam cocoa butter, bahan alami ini mampu menangkal dampak buruk radikal bebas. Juga mengembalikan vitalitas kulit dan menjadikannya lebih awet muda.

Asam Stearat

Jenis asam lemak esensial lain yang ditemukan dalam cocoa butter adalah asam strearat. Asam lemak ini punterbilang banyak digunakan dalam berbagai jenis produk kosmetik, yang bisa menjadi perekat dan pengemulsi produk.

Namun,selain itu asam stearat akan membantu melembapkan dan membuat kulit jadi lebih lembut.

Asam Palmitat

Kandungan lain yang ditemukan dalam cocoa butter adalah palmitic acid. Asam lemak ini bisa bekerja sebagai emolien yang sangat baik, sehingga bisa membantu mempertahankan kelembapan alami kulit dan menjaganya supaya tetap lembut.

Ragam Manfaat Cocoa Butter untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

bubble mask

Setelah membaca ulasan mengani kandungan gizinya di atas, kamu pasti menyadari kalau cocoa butter bisa sangat potensial digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut.

Kira-kira apa saja ragam manfaat cocoa butter untuk kecantikan yang perlu untuk kamu ketahui? Langsung cek daftarnya di bawah ini, ya!

Merawat Kulit Kering dan Mencegahnya Mengelupas

Manfaat cocoa butter untuk kecantikan kulit adalah membantu merawat kulit kering, serta mencegahnya mengelupas ataupun teriritasi.

Sama halnya seperti kandungan pelembap alami lainnya, cocoa butter memiliki kandungan asam lemak yang bisa memberikan lapisan pelindung tambahan pada kulit.

Sehingga tak hanya dapat melembapkan, bahan alami ini pun akan meabntu mengunci hidrasi kulit hingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk kamu yang mengalami masalah dengan kulit kering, sensitif, dan terasa kasar, penggunaan produk losion  atau krim tubuh dengan kandungan ini akan sangat membantu mengembalikan kesehatan kulit.

Kamu bisa juga menggunakan campuran lemak kakao dengan minyak alami, seperti minyak argan, minyak jarak, serta minyak jojoba. Penggunaan produk dengan ketiga kandungan ini akan membantu membuat kulit jadi lebih lembap dan lembut.

Membantu Menyamarkan Kantung Mata

Salah satu manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari cocoa butter adalah membantu menyamarkan kantung mata yang membengkak dan berubah kehitaman.

Ini dikarenakan bahan alami tersebut mengandung banyak nutrisi, yang bisa memberikan kesegaran pada kulit, juga membantu menyamarkan penampilan mata panda yang kamu alami.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu menggunakan cocoa butter sebagai perawatan mata alami. Penggunaan secara rutin, akan membantu menyamarkan kantung mata yang membengkak dan membuat tampilan mata panda lebih memudar.

Menutrisi dan Menyehatkan Kulit

Tak hanya mampu mengembalikan kelembapan kulit dan mencegahnya dehidrasi, ketika menggunakan cocoa butter sebagai bagian dari perawatan kulit harianmu, kamu pun bisa memberikan nutrisi tambahan dan menyehatkan kulit.

Manfaat cocoa butter untuk kecantikan ini didapat dari kandungan antioksidan yang dimilikinya, khususnya kandungan polifenol. Senyawa ini akan memabntu mengurangi gejala peradangan dan mencegah adanya kerusakan pada jaringan kulit akibat paparan sinar ultraviolet secara berlebihan.

Beberapa studi pun menunjukkan bahwa polifenol bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga sangat ampuh untuk merawat keremajaan kulit dan menjadikannya tampak lebih kencang.

Meski begitu, seperti yang dilansir dari laman SehatQ, penelitian tersebut masih dilakukan dalam skala yang kecil. Karenanya, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk melihat efektivitas cocoa butter dalam mengencangkan kulit tubuh dan wajah.

Melembapkan Kulit Bibir

Apakah kamu memiliki masalah dengan bibir hitam dan terasa kering? Hal ini tentunya bikin kamu merasa enggak nyaman dan malah kadang membuat bibir teriritasi.

Nah, kalau sudah begitu, kamu bisa mengatasi dan meredakan masalah bibir kering dengan menggunakan cocoa butter. Bahan alami ini merupakan jagoan yang cocok untuk membantu melembapkan kulit bibir.

Bahan alami ini memiliki sifat sebagai emolien, sehingga bisa membantu menambahkan kelembapan alami pada kulit bibir. Baik karena dehidrasi, maupun karena paparan cuaca yang terlalu dingin ataupun sinar matahari berlebihan.

Memperlambat Kemunculan Tanda Penuaan secara Prematur

Siapa yang tak ingin memiliki kuli tubuh dan wajah yang terasa lembut, ditambah selalu awet muda? Pasti semua orang menginginkan kondisi ini, bukan?

Well, kamu jangan khawatir, sebab cocoa butter bisa membantumu mewujudkan keinginan itu. Manfaat cocoa butter untuk kecantikan ini didapatkan dari kandungan polifenol yang dimilikinya.

Senyawa ini merupakan golongan antioksidan, yang dapat menjaga elastisitas kulit dan melawan dampak buruk radikal bebas.

Selain itu, antioksidan memang dikenal ampuh dalam mendorong produksi kolegan dan zat elastin pada kulit. Karenanya, kulit tubuh dan wajahmu akan tampak lebih cerah, terhidrasi dengan optimal, jadi kian lembut, dan selalu  terasa halus dan kencang.

Tak cuma itu, senyawa polifenol pun diketahui dapat bekerja sebagai antiinflamator alami. Yang mampu menekan gejala peradangan pada kulit, pun mencegah kerusakan yang diakibatkan sengatan sinar ultraviolet A (UVA).

Dapat Meredakan Gejala Peradangan dan Luka Bakar

Manfaat cocoa butter untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu meredakan gejala peradangan dan luka bakar, apalagi kalau yang disebabkan oleh sinar matahari.

Cocoa butter mengandung rantai asam lemak yang dapat melembapkan dan memberikan efek menenangkan pada kulit. Selain itu, kandungan antiinflamasi yang ada dalam bahan alami ini akan membantu meredakan ruam dan gejala peradangan.

Untuk mendapatkan efek yang optimal, pastikan kamu menggunakan losion atau krim tubuh yang menggunakan cocoa butter murni. Artinya tanpa mengandung tambahan alcohol maupuan zat pewangi sintetis, yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan.

Bisa Digunakan sebagai Krim Cukur

Selain mendukung keseahtan dan kecantikan kulit dengan memberikannya nutrisi, tahukah kamu kalau cocoa butter bahkan bisa dijadikan krim cukur alami?

Well, bahan alami ini bisa menjadi pengganti krim cukur yang sangat efektif. Dengan kemampuannya yang melembutkan dan tidak menyebabkan iritasi, menggunakan bahan alami ini untuk merawat bulu ditubuh juga bisa jadi nilai lebih lainnya.

Bisa Melembutkan dan Menyamarkan Stretch Mark

Manfaat lain dari penggunaan cocoa butter untuk merawat kulit adalah dapat menyamarkan dan mencegah kemunculan stretch mark. Khasiat ini pasti sangat penting untuk kamu yang telah selesai melahirkan atau diet, karena stretch mark cenderung muncul dalam kondisi ini.

Kemampuan cocoa butter ini didapat dari kandungan asam lemak dan antioksidan yang dimilikinya. Komponen-komponen tersebut bisa membantu melembutkan, serta membuat tekstur jaringan parut yang ada pada epidermis jadi lebih tersamarkan.

Menyehatkan Rambut

Tak cuma baik buat kulit dan bibir, rupanya cocoa butter bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut, lho!

Dilansir dari Pop Mama, kandungan cocoa butter yang ada dalam produk-produk perawatan rambut akan membantu memberikan kelembapan ekstra pada helaian rambut.

Secara otomatis, ini akan membantu rambut jadi lebih mudah diatur, memberikannya lapisan pelindung ekstra, dan menjadikannya tidak mudah keringt.

Well, itu adalah beberapa manfaat cocoa butter untuk kecantikan. Bahan alami ini akan membantu meningkatkan kesehatan kulit, menjadikannya lebih lembap, dan melindunginya dari dampak buruk paparan radikal bebas.

Selain banyak digunakan pada produk skincare konvensional, cocoa butter pun bekerja sama baiknya dalam formula kosmetik herbal.

Nah, apakah kamu sudah pernah mencoba cocoa butter? Jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar, kami dan pembaca lain akan senang membacanya.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment