Body Butter, Produk Perawatan Kulit yang Dapat Atasi Kulit Kering

body butter

Saat kulit tubuh kehilangan kelembapan alaminya, kondisi ini bisa membuat kulitmu terasa kering dan kasar. Bahkan enggak jarang juga menimbulkan iritasi hingga pengelupasan pada kulit tubuh kamu.

Untungnya, kini cara mengembalikan kelembapan pada kulit bukanlah perkarah yang sulit dilakukan. Kamu bisa dengan mudah memilih produk perawatan kecantikan kulit di pasaran dari berbagai merk dan kandungan, sesuai dengan jenis kulitmu.

Nah, salah satu produk pelembap yang juga cukup efektif untuk mengatasi kulit kering dan kasar adalah body butter. Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang body buter sebelumnya?

Kalau segi popularitas, tentu body butter mungkin enggak bisa disandingkan dengan body losion. Tapi kalau dari segi manfaat dan bahan yang digunakan boleh, deh, diadu!

Buat kamu yang belum mengenal produk ini, body butter merupakan jenis produk perawatan kulit yang memungkinkan kulit terhidrasi dalam jangka waktu yang panjang.

Produk ini biasanya dibuat dari perpaduan bahan-bahan alami tertentu, seperti berbagai jenis minyak pembawa, minyak esensial, hingga menggunakan beragam jenis humektan atau emolien lain yang sama baiknya dalam melembapkan kulit.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa yang bisa dilakukan produk ini selain melembapkan kulit? Dan mengapa kamu perlu mempertimbangkan penggunaannya untuk merawat kulit tubuhmu?

Well, di luar manfaatnya yang bisa membuat kulit kembali lembap, manfaat body butter untuk kecantikan dan kesehatan kulit sebenarnya sangat beragam.

Penasaran apa saja? Langsung ketahui daftar dan penjelasan lengkapnya lewat ulasan berikut ini.

Ragam Manfaat Body Butter untuk Kecantikan Kulit

body butter

Body butter awalnya memang dibuat untuk membantu melembapkan dan menghidrasi kulit. Tak hanya itu, produk ini pun menggunakan bahan-bahan alami yang bisa mengunci kadar kelembapan alami dalam kulit.

Sehingga dapat mencegah kulit jadi kering ataupun mengalami dehidrasi. Selain melembapkan, tentu kamu dapat merasakan manfaat body butter untuk kecantikan kulit seperti yang ada dalam ulasan berikut ini!

Memberikan Lapisan Pelindung Tambahan Pada Kulit

Tahukah kamu kalau sebagian besar kerusakan yang terjadi pada sel kulit kita justru terjadi karena faktor lingkungan? Ya, seperti polusi kendaran, bahan-bahan kimia berbahaya dalam kosmetik, bahkan paparan sinar ultraviolet yang berlebihan.

Berbagai faktor lingkungan tersebut akan membuat kadar radikal bebas dalam tubuh bertambah. Yang kemudian akan menghambat fungsi regenerasi kulit, mempercepat penuaan sel, bahkan bisa membuat kadar kolagen dan elastin berkurang!

Wah! Siapa juga yang bisa membayangkan semua masalah itu terjadi pada kulit mereka sekaligus?

Kabar baiknya, manfaat body butter untuk kecantikan lainnya adalah membantu memberikan perlindungan tambahan pada kulit.

Dengan mengaplikasikan body butter secara teratur, akan membantu membentuk lapisan pelindung tambahan pada permukaan kulit.

Lapisan ini akan memabntu menangkal dampak buruk radikal bebas, seperti debu, komponen polutan lainnya, juga paparan sinar matahari secara berlebihan.

Memperbaiki dan Memperhalus Tekstur Kulit

Telah disinggung sebelumnya, kulit yang kehilangan kelembapan alaminya akan cenderung terasa kasar bahkan bisa mengalami pengelupasan.

Nah, dengan menggunakan body butter dengan teratur kamu bisa mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan kulit satu ini.

Kandungan pelembap alami yang ada dalam body butter akan membantu mengisi rongga pada kulit, memberikannya kelembapan tambahan dan perlahan akan memperhalus teksturnya.

Untuk mendapatkan manfaat body butter untuk kecantikan kulit ini dengan maksimal, pastikan untuk memilih produk yang mengandung coconut oil, olive oil, atau bahan humektan lainnya.

Menenangkan Kulit dan Meredakan Peradangan

Manfaat body butter untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu menenangkan kulit dan meredakan gejala peradangan.

Untuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, pasti kamu kerap terpapar sinar matahari secara berlebihan. Kalau tidak menggunakan sunscreen dengan tepat dan mengaplikasikannya sesering mungkin, hal ini bisa berakibat buruk untuk kulitmu.

Selain menyebabkan perubahan warna kulit, paparan matahari lebih dari 30 menit bisa berpotensi menyebabkan sunburning atau terbakar.

Hal ini tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman, perih, dan sakit sekaligus. Nah, untuk meredakan peradangan akibat sunburning, atau masalah lain seperti eksim atau iritasi karena kulit kering, kamu bisa rutin melembapkan kulit dengan body butter.

Body butter yang kaya akan kandungan minyak zaitun, shea butter, coconut oil, akan membantu menenangkan kulit dengan efektif.

Menutrisi Kulit Tubuh Kamu

Manfaat lain dari penggunaan body butter adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan kulit dengan memberi nutrisi yang melimpah.

Ya, body butter umumnya diformulasikan menggunakan bahan-bahan alami yang kaya akan kandungan nutrisi. Tak hanya itu, bahan ini pun bisa membantu mengembalikan vitalitas kulit, mencegah adanya masalah akibat terlalu kering, juga membuatnya lebih lembut.

Manfaat body butter untuk kecantikan ini biasnaya didapat dari kandungan asam lemak, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dimilikinya. Bahan-bahan alami ini bisa bekerja ganda, baik sebagai antioksidan dan agen antiinflamasi yang sangat baik.

Bahan-bahan Alami yang Umumnya Digunakan dalam Body Butter

maklon body lotion

Melihat berbagai manfaatnya di atas, tentu kamu setuju kalau produk ini bisa disejajarkan dengan body losion. Nah, tentu khasiat luar biasa body butter ini tidak dapat dilepaskan dari kerja kandungan yang ada dalam formula produk tersebut.

Nah, kira-kira apa saja bahan alami yang umumnya digunakan dalam formula body butter dan apa saja manfaatnya untuk kecantikan kulit kamu? Baca ulasannya sampai habis biar kamu tahu jawabannya!

Secara umum pembuatan produk ini menggunakan tiga bahan dasar berikut ini:

Shea Butter

Shea butter merupakan bahan alami yang diambil dari ekstrak kacang pohon shea, yang banyak ditemukan di area gurun pasir di Afrika.

Lemak alami ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk merawat kecantikan kulit. Seperti vitamin A dan E, asam lemak esensial, antiradang dan antioksidan, dan banyak lainnya.

Nah, bisa dibilang dari sinilah asal sebagian besar manfaat body butter untuk kecantikan kulit.

Shea butter merupakan pelembap yang sangat baik, tidak bersifat komedogenik, bisa menenangkan kulit, mencegah penuaan dini, bahkan mencegah kemunculan stretch mark.

Carrier Oil (Minyak Pembawa)

Bahan selanjutnya yang kerap digunakan dalam formulasi body butter adalah carrier oil atau minyak pembawa.

Minyak alami ini diperoleh dari ekstraksi tanaman atau biji-bijian tertentu, yang karakteristiknya sangat khas.

Carrier oil cenderung tidak menguarkan aroma yang menusuk, harum, bahkan bisa sama sekali tidak beraroma.

Selain digunakan sebagai pelarut esensial oil, carrier oil berguna untuk membantu melembapkan kulit, menutrisi kulit, menenangkannya, bahkan menjaga elastisitas kulit tubuh kamu.

Manfaatnya ini diperoleh dari berbagai kandungan asam lemak esensial dan asam amino yang ada dalam carrier oil.

Beberapa jenis carrier oil yang bisa kamu coba untuk dijadikan formula body butter adalah coconut oil, extra virgin olive oil, cocoa butter, juga almond oil.

Essential Oil (Minyak Atsiri)

Bahan dasar body butter ini berperan penting dalam menambah aroma dan sensasi relaksasi pada produk.

Berbeda dengan carrier oil, essential oil memiliki aroma yang khas bergantung tanaman yang diekstraksi. Kamu bisa memilih minyak esensial sesuai dengan preferensimu.

Misalnya aroma lembut dan menenangkan dari minyak lavender, segar seperi minyak lemon, maupun manis seperti minyak esensial alpukat.

Selain memberikan aroma, minyak esensial bisa memberikan manfaat yang tak kalah baiknya buat kullit. Beberapa bisa membantu mencerahkan, meremajakan, melembapkan, hingga bekerja sebagai antibakterial, lho!

Cara Membuat Body Butter dari Bahan Alami dengan Brand Sendiri

maklon body lotion

Selama pandemic, kebiasaan masyarakat juga telah berubah drastic. Banyak yang menghabiskan waktu mereka di rumah, dan akhirnya beralih memberikan perawatan menyeluruh untuk kulit tubuh mereka.

Nah, ini saatnya buatmu untuk tampil dan memberikan produk perawatan tubuh yang diinginkan masyarakat. Yap! Misalnya lewat sebuah produk body butter yang kaya nutrisi, vitamin, dan juga bisa memberikan berbagai manfaat sekaligus.

Mash Moshem Indonesia bisa membantumu untuk membuat body butter dengan brand kosmetik sendiri. Kamu bisa bebas memilih bahan-bahan alami yang akan kamu gunakan, khasiat yang ingin kamu tampilkan, juga bagaimana aroma produk tersebut.

Nah, tunggu apa lagi? Segera buat produk body butter milikmu sendiri bersama kami, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment