Beauty Hack Ala TikTok, Apa Manfaat Garam Epsom untuk Kulit Benar Ada?

manfaat garam epsom untuk kecantikan (3)

TikTok mungkin tidak sebesar YouTube, namun bukan berarti platform media sosial ini enggak enggak bisa memberikan influence pada penggunanya.

Justru, belakangan banyak beauty reviewer yang beralih ke TikTok dan memberikan tips kecantikan di platform tersebut.

Tak jarang juga, para influencer/reviewer ini membentuk tren tersendiri. Salah satunya adalah tren untuk merawat kulit dengan garam, khususnya garam epsom.

Dalam unggahan-unggahan mereka, tampak kalau penggunaan garam epsom untuk kecantikan ini sangat normal dan bahkan fancy. Karena bisa dikombinasikan bersama minyak esensial dengan beragam aroma.

Tapi yang jadi pertanyaannya: Apakah tren ini benar adanya? Adakah manfaat garam epsom untuk kecantikan dan kesehatan kulit?

Well, karena alasan itu, artikel ini hadir untuk memberikan jawaban dan kepastian kepadamu.

Nah, langsung simak semua yang perlu kamu tahu soal garam epsom dan manfaatnya untuk kecantikan kulit lewat ulasan berikut ini.

Fakta Soal Garam Epsom yang Perlu Kamu Tahu

Sebelum membahas bagaimana cara garam Epsom bisa memberikan dampak positif untuk kulit. Ada baiknya untuk mengetahui asal usul, kandungan, sampai bagaimana kandungan ini dipercaya untuk digunakan merawat kesehatan dan kecantikan.

Berbeda dengan garam-garam yang sering dipakai untuk memasak, garam Epsom bisa dibilang adalah senyawa magnesium sulfat. Bahan ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat penyembuhan dan pereda nyeri.

Garam yang diperoleh dari daerah pesisir Inggris ini pun kerap digunakan dalam campuran air spa, seperti yang digunakan untuk merendam kaki maupun mandi berendam seperti biasanya.

Kandungan magnesium yang ada dalam garam Epsom disinyalir dapat terserap ke dalam kulit, dan meski tidak banyak, penggunaannya dinilai efektif untuk meredakan berbagai masalah kesehatan pada kulit tubuh dan kaki.

Termasuk untuk meredakan ketegangan otot, memberikan efek anti-infalamasi yang dapat menenangkan kulit, pun membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh.

Ragam Manfaat Garam Epsom untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat garam epsom untuk kecantikan

Garam Epsom memiliki kandungan yang berbeda dengan garam dapur biasa, yang biasnya digunakan sebagai campuran makanan.

Kalau garam biasa akan cenderung mengandung natrium sulfat yang tinggi, maka garam Epsom akan memiliki kadar magnesium.

Melihat begitu banyak DIY beauty hack ala TikTok yang menggunakan garam Epsom untuk merawat kecantikan kulit dan rambut, kamu pasti juga penasaran apakah benar garam ini memiliki manfaat tersebut?

Well, untuk menjawab pertanyaanmu itu, kami telah merangkum beberapa klaim manfaat dari garam Epsom baik dari berbagai sumber di Internet. Simak baik-baik, ya!

Membantu Mengeskfoliasi Sel Mati dari Epidermis

Penumpukan sel kulit mati bisa memicu banyak masalah kecantikan, termasuk membuat wajah tampak kusam, memicu penyumbatan pori-pori dan akhirnya memunculkan jerawat/komedo.

Nah, salahs atu manfaat garam Epsom untuk kecantikan adalah membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dari epidermis. Tak cuma itu, garam Inggris ini akan juga disinyalir dapat menyapu komedo dari pori-pori.

Hal ini akan membuat kulit jadi tampak lebih sehat, memperbaiki tekstur kulti secara menyeluruh, yakni dengan menjadikannya kian lembut dan halus.

Meningkatkan Hidrasi Kulit

Ketika digunakan sebagai bagian dari perawatan kecantikan kulit, garam Epsom diklaim dapat membantu meningkatkan serta mempertahankan tingkat hidrasi kulit.

Misalnya ketika digunakan untuk berendam, bahan ini akan menyuplai kebutuhan senyawa tertentu pada kulit, memperlancar peredaran darah, sehingga fungsi kulit akan dapat bekerja secara normal.

Inilah yang kemudian membuat jaringan kulit sehat dan dapat membentuk kelembapan alami sendiri, menjaga kesehatan dan kadar kolagen, pun membuat kulit tidak mudah kering.

Membantu Menghilangkan Bau Kaki yang Tak Sedap

Kaki merupakan bagian tubuh yang kerap ditutup rapat dan berlapis-lapis. Hal ini kemudian akan menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan kaki, memudahkan bertumpuknya keringat, infeksi bakteri dan jamur.

Akibatnya, kaki akan mudah sekali lembap dan menguarkan aroma yang tidak sedap. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memasukkan garam Epsom ke dalam rangkaian perawatan kesehatan dan kecantikan kaki yang kamu lakukan.

Manfaat garam Epsom untuk kecantikan ini didapat dari kandungan magnesiumnya yang bisa bekerja sebagai antibacterial. Sehingga dapat membunuh bakteri dan jamur yang membaut kaki beraroma tak sedap.

Dapat Mengontrol dan Mengangkat Minyak Berlebih

Manfaat garam Epsom untuk kecantikan juga dikatakan mampu mengontrol dan mengangkat minyak berlebih. Sebagai contoh, kamu bisa menemukan berbagai produk sabun wajah yang sudah mulai menggunakan ekstrak sea salt ke dalam formulanya.

Nah, ini dikarenakan garam mengontrol kadar minyak yang dihasilkan kelenjar sebaceous. Hal ini akan lebih efektif, ketika kamu mencampurkan garam Epsom ke dalam air mandi berendam kamu.

Air yang hangat, manfaat eksfoliatif dari garam Epsom, dan air yang bersih akan membantu mengangkat minyak berlebih serta kotoran yang bersarang di kulit.

Sementara itu, suhu yang hangat akan membantu memperkecil pori-pori kulit. Yang juga akan berpengaruh pada sekresi sebum yang berlebihan agar lebih terkontrol.

Membuat Rambut Lebih Bervolume

Tak hanya bisa digunakan untuk kulit, rupanya garam Epsom juga banyak dipakai untuk mempecantik rambut. Salah satunya adalah untuk membuat rambut jadi lebih bervolume dan mencegahnya mengalami kerontokan.

Sayangnya, manfaat garam Epsom untuk kecantikan rambut ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Dilansir dari Hellosehat, kemungkinan manfaat ini didapat dari penurunan jumlah minyak yang ada di rambut.

Karena dikatakan bahwa kulit kepala yang terlalu berminyak akan membuat potensi rambut jadi mudah rontok kian besar. sebab, ketombe yang dihasilkan dari penumpukan minyak berlenbih ini akan menghambat siklus regenerasi rambut secara alami.

Akibatnya, batang dan akar rambut akan melemah. Kemudian akan menyebabkan kerontokan rambut secara berlebihan.

Nah, garam Epsom yang bisa bekerja untuk mengangkat minyak berlebih tentu dinilai bisa mengatasi masalah ini dengan baik. Karena menggunakannya untuk keramas, akan mengurangi tumpukan sebum dan mengangkat ketombe berlebihan.

Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Selain membantu mempertebal rambut, manfaat garam Epsom untuk kecantikan lainnya adalah bisa menjaga kesehatan kulit kepala kamu.

Kandungan magnesium yang ada dalam garam Epsom memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat kulit kepala tetap sehat, bahkan membuat rambut jadi lebih kuat.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan garam Epsom ke dalam rutinitas keramas yang kamu lakukan. Dengan demikian, bahan ini akan membantu mengangkat minyak berlebih tanpa membuat kulit kepala terlalu kering.

Tak hanya itu, kulit kepala pun dikatakan lebih mudah menyerap magnesium dibandingkan dengan area kulit di bagian tubuh lainnya. Walaupun begitu, masih diperlukan berbagai penelitian lanjutan untuk menguatkan teori ini.

Cara Menggunakan Garam Epsom untuk Kecantikan

manfaat satsuma essential oil untuk kecantikan

Setelah membaca berbagai klaim di atas dan barangkali usai menonton berbagai reviewnya di TikTok, kamu pasti tergoda untuk menggunakan garam Epsom sebagai perawatan kulit, bukan?

Nah, berikut ini beberapa cara menggunakan garam Epsom untuk kecantikan yang bisa kamu coba dan lakukan di rumah. Yuk, cek sama-sama!

Menggunakan Garam Epsom sebagai Foot Bathing (Spa)

foot spa

Penggunaan garam Epsom sebagai bagian dari rutinitas spa kaki adalah hal yang sangat lumrah dilakukan.

Cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan 2-3 sendok makan garam Epsom pada air hangat, menambahkan minyak aromatic tertentu, dan mencampurnya dengan carrier oil.

Kemudian rendam telapak kaki selama beberapa menit, paling tidak selama 10-15 menit. Gosok dan pijat area kaki dengan perlahan, untuk membantu pengelupasan sel kulit mati serta proses penyerapan magnesium jadi lebih sempurna.

Kamu bisa cari tahu soal berbagai resep Footbathing di sini.

Menggunakan Garam Epsom sebagai Sampo Rambut

manfaat rosemary untuk kecantikan rambut

Resep merawat rambut dengan garam Epsom ini sebenarnya cukup beragam. Namun kali ini, yang akan dibahas adalah menggunakan garam Epsom sebagai sampo rambut berminyak.

Untuk itu, kamu bisa mencampurkan garam Epsom dengan sampo yang biasa kamu gunakan. Ini akan membuat hasil yang diberikan jauh lebih maksimal.

Cara ini bakalan membantu menyeimbangkan kadar minyak berlebih pada rambut  dan kulit kepala. Tak hanya membuat rambut lebih ringan, juga akan membuatnya lebih sehat dan tampak lebih bervolume.

Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan

  1. Campurkan dua sendok makan garam Epsom ke dalam sampo yang biasa kamu gunakan, kocok hingga garamnya larut sempurna ke dalam shampoo.
  2. Setelah itu gunakan untuk keramas seperti biasanya, selingi memijat kulit kepala dengan lembut agar ketombe dan minyak berlebih terangkat.
  3. Kalau sudah, kamu bisa membilas rambut hingga bersih pastikan tidak ada garam atau sisa sampo yang tertinggal.
  4. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengulang keramas lagi. Ini untuk membantu kandungan magnesium dari garam Epsom agar dapat meresap hingga optimal. 
  5. Setelah itu, kambisa kembali membilas rambut hingga bersih dan keringkan dengan lembut agar rambut tidak mudah patah.

Nah, meski bagus untuk membantu merawat kesehatan kulit. Penggunaan garam Epsom sebagai sampo ini enggak bisa dilakukan secara berlebihan, karena akan membuat kulit kepala terlalu kering dan menimbulkan peradangan.

Mandi Berendam dengan Garam Epsom

berendam dengan bath oil

Cara ketiga untuk mendapatkan manfaat garam Epsom untuk kecantikan kulit adalah dengan mandi berendam. Kamu hanya perlu mencampurkan secukupnya garam Epsom ke dalam bath up, kira-kira dua cangkir kecil saja sudah cukup.

Pastikan suhu air sudah hangat dan enggak lebih dari 38 derajat celcius, ya. Setelah itu, berendamlah selama 10 hingga 15 menit, memutar 3-4 lagu dalam play list akan membantumu merelaksasi otot tubuh yang tegang.

Kamu pun bisa menambahkan minyak esensial untuk memberi aroma dan manfaat tambahan, misalnya minyak lavender, atau peppermint ke dalam air mandi untuk mendapatkan efek aroma terapi.

Well, ternyata beauty hack dengan garam Epsom ini benaran bisa membawa manfaat buat kulit. Ya enggak heran juga, sebab bahan alami dari Inggris ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai campuran dalam berendam.

Sekarang kamu memahami, kenapa penting sekali untuk mencari tahu kandungan dan kegunaan dari suatu bahan. Kemudian mengecek apakah cara penggunaannya sudah tepat atau justru sama sekali tidak benar.

Enggak semua DIY atau beauty hack yang tersebar di berbagai media sosial dan platform internet bisa kamu gunakan. Salah-salah hal ini bisa membuat kulit jadi kian bermasalah dan iritasi. Enggak mau, kan?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment