Hemat Selama Pandemi, Intip Ragam Tanaman Herbal untuk Rawat Kecantikan

herbal untuk kecantikan (1)

Pandemic yang panjang dan enggak tahu kapan selesainya ini, tentu bikin banyak hal berubah. Baik pola hidup sehat, hingga bagaimana kita mengatur keuangan sehari-hari.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki kulit sehat dan awet muda, namun tetap ingin berhemat selama pandemic. Enggak ada salahnya untuk mencoba merawat kecantikan kulit dengan menggunakan ramuan tradisional dari tanaman herbal.

Tanaman herbal telah lama digunakan sebagai ramuan tradisional untuk merawat kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit tertentu. Selain itu, tak sedikit juga tanaman herbal yang sangat baik untuk kecantikan kulit dan rambut.

Bahkan beberapa produk perawatan kecantikan kulit juga telah banyak menggunakan ekstrak tanaman herbal tertentu sebagai formulasi, sehingga bisa memberikan banyak manfaat menakjubkan pada kulit penggunanya.

Ini dikarenakan tanaman herbal mengandung banyak nutrisi, dari berbagai jenis vitamin (A, C, dan E), antioksidan yang tinggi, serta ragam enzim, yang dipercaya dapat menyehatkan juga meremajakan kulti wajah kamu.

Permasalahan seperti noda hitam penuaan, kerutan, dan garis-garis halus yang ada di wajah bisa disamarkan. Lalu apa saja ragam tanaman herbal untuk kecantikan kulit yang bisadicoba di rumah?

Ketahui daftar dan cara penggunaan tanaman herbal untuk kecantikan berikut ini!

Tanaman Basil atau Selasih

herbal untuk kecantikan (2)

Tanaman herbal yang pertama adalah basil atau yang lebih dikenal dengan selasih. Bahan herbal yang kerap digunakan sebagai campuran infused water ini memiliki keunggulan untuk membuat wajahmu jadi sehat.

Selasih merupakan salah satu tanaman yang mengandung antioksidan alami dalam kadar tinggi. Karenanya, tanaman herbal untuk kecantikan kulit ini sangat direkomendasikan untukmu.

Antioksidan dalam selasih akan memabntu mengurangi tampilan flek hitam pada wajah, mengencangkan kulit, dan menangkal dampak buruk paparan sinar matahari berlebihan.

Cara Membuat Masker Wajah dari Selasih

Tak hanya bisa dikonsumsi sebagai obat herbal, selasih pun bisa digunakan sebagai masker wajah. Berikut bahan dan langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Haluskan biji selasih kering dan kemudian seduh sampai teksturnya berubah mengental, serupa bubur atau pasta masker yang diinginkan.
  • Aplikasikan sebagai masker di wajah.
  • Diamkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat.

Ashwagandha

manfaat red ginseng korea untuk wajah

Mungkin kamu kurang akrab dengan ragam tanaman herbal untuk kecantikan satu ini. Ashwagandha merupakan herbal yang banyak digunakan dalam perawatan kesehatan dan kecantikan tradisional Ayurvedic.

Ginseng unik yang banyak ditemukan di dataran India dan Afrika ini dikenal memiliki banyak nutrisi, sehingga mampu memelihara kecantikan kulit wajah dan tubuh kamu.

Meski begitu, penggunaan ashwagandha tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus menggunakannya seperlunya, dan tidak boleh terlalu sering juga mengonsumsi tanaman herbal satu ini.

Karena bagi beberapa orang, ashwagandha bisa menimbulkan efek samping dan justru membuat kepala pusing dan asam lambung meningkat.

Daun Sirih Merah

sirih merah

Daun sirih merah adalah jenis tanaman herbal untuk kecantikan lainnya yang perlu kamu tahu. Sebenarnya, penggunaan daun sirih dalam dunia kecantikan sudah bukan hal baru lagi.

Sebagai contoh, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai produk yang menggunakan ekstrak bahan herbal ini ke dalam komposisinya.

Sirih merah dikenal mengandung senyawa tannin yang tinggi, yakni kandungan dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi yang kuat.

Tak hanya itu, daun sirih merah pun bisa diolah menjadi minyak atsiri dan digunakan untuk merawat kulit berjerawat. Sementara itu, kandungan antioksidannya yang tinggi akan membantu menyehatkan kulit dan melawan kemunculan tanda penuaan dini.

Cara Merawat Wajah dengan Sirih Merah

Selain menggunakan produk skincare berkandungan bahan herbal ini. Kamu pun bisa mendapatkan manfaat yang sama banyaknya dari daun sirih merah, dengan membuat masker organic sendiri.

Penasaran bagaimana caranya? Ikuti langkah di bawah ini, ya!

  • Ambil 8 hingga 10 lembar daun sirih, tumbuk halus hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada wajah yang berjerawat, pastikan wajah dalam keadaan bersih dan bebas makeup.
  • Diamkan 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Kunyit

kunyit

Telah lama dikenal dan dipercaya ampuh menjaga kebugaran tubuh sebagai minuman herbal tradisional, kunyit juga diketahui mengandung manfaat sama besarnya untuk menjaga kecantikan kulit.

Kunyit utamanya digunakan untuk membantu meningkatkan kecerahan kulit, menenenangkan, juga mengangkat sel kulit mati dari epidermis.

Tak Cuma itu, komponen bioaktif yang dimilikinya pun memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Keduanya secara aktif akan merawat kesehatan kulit, dengan menangkal radikal bebas serta mencegah adanya proses inflamasi pada jaringan kulit.

Tak heran juga bila kunyit juga dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat, baik yang mengalami peradangan, maupun cuma tinggal menyamarkan bekasnya dari kulit.

Lalu apakah manfaat kunyit untuk kecantikan kulit ini telah diteliti secara modern? Jawabnya, iya!

Kamu bisa menemukan banyak penelitian yang menjustifikasi dampak positif kunyit untuk kulit. Sebab, bahan ini mengandung kurkumin dan senyawa lain yang bisa mendukung kesehatan serta kecantikan kulit kamu.

Ketahui lebih banyak tentang Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Resep Membuat Masker Kunyit.

Pala

Ragam tanaman herbal untuk kecantikan kulit berikutnya adalah pala. Bahan ini dipercaya bisa membantu meningkatkan kelembapan kulit, menghilangkan warna kusam, serta membuat tekstur kulit jadi lebih halus.

Kandungan antioksidan dan senyawa bioaktif dalam pala pun bisa bekerja secara aktif untuk menunda kemunculan tanda penuaan dini.

Bahan herbal satu ini pun diklaim dapat membantu mengatasi infeksi kulit, menangkal dampak buruk yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas, membuat wajah tampak kencang dan selalu awet muda.

Cara Membuat Masker Alami dari Pala

  • Siapkan biji pala secukupnya, kemudian haluskan dan campur dengan madu dan susu. Kamu bisa sesuaikan takaran dengan kebutuhanmu.
  • Setelah pasta masker alami dari pala terbentuk, oleskan secara menyeluruh pada kulit wajah. Kemudian biarkan kandungan dalam bahan-bahan tersebut menyerap hingga ke dalam kulit.
  • Diamkan masker pala di wajah selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Selain mengolahnya sebagai masker organic, kamu bisa menggunakan pala sebagai pembersih wajah alami. Kandungan antiinflamasi yang dimilikinya akan membantu menenangkan kulit, menyegarkan, dan mengurangi gejala peradangan yang ada.

Daun Ketumbar

Daun ketumbar jadi salah satu jenis tanaman herbal untuk kecantikan yang juga akan dibahas. Tanaman yang terkenal akan kandungan antioksidannya ini, diketahui bisa bekerja dengan sangat efektif untuk melawan dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, bahan alami ini pun mengandung vitamin C dan komponen mineral alami yang ramah untuk kulit. Sehingga ketika digunakan sebagai perawatan topical, tidak akan menimbulkan reaksi negative pada kulit.

Cara Merawat Wajah dengan Daun Ketumbar

Untuk merasakan manfaat daun ketumbar pada kulit, kamu bisa mengolah tanaman herbal untuk kecantikan ini sebagai masker. Ikulit langkahnya berikut ini, ya!

  • Siapkan setengah cangkir kecil oatmeal, seperempat gelas susu almond, dan setengah cangkir mentimun yang telah dicacah halus.
  • Tambahkan daun ketumbar yang telah ditumbuk halus dengan semua bahan di atas, hingga terbentuk pasta masker herbal yang kamu mau.
  • Aplikasikan pasta masker ke wajah, pastikan kamu sudah cuci muka terlebih dahulu, ya.
  • Diamkan selama, kurang lebih, 15-20 menti. Kemudian bilas sampai residu masker terangkat seluruhnya.

Daun Binahong

Daun binahong sebenarnya telah lama digunakan untuk merawat luka di kulit dan mempercepat proses penyembuhannya.

Namun rupanya daun binahong menyimpan manfaat kecantikan lainnya yang jarang diketahui. Bahan alami ini diklaim mampu mencegah kemunculan tanda penuaan secara premature di kulit, dengan melawan radikal bebas.

Daun binahong mengandung berbagai jenis senyawa antioksidan yang sangat kuat. Sebut saja betakaroten, zeaxanthin, lutein, vitamin A dan vitamin C.

Semua kandungan ini tak hanya mencegah dampak buruk radikal bebas, namun bisa bekerja sebagai agen antipenuaan, antiinflamasi, hingga pencerah wajah alami yang banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Daun Kelor

manfaat daun kelor untuk kecantikan (2)

Daun kelor atau Moringa adalah salah satu jenis tanaman herbal untuk kecantikan yang perlu kamu tahu. Yap! Bahan ini sebenarnya kian marak digunakan dalam formula produk perawatan kecantikan kulit, lho.

Daun kelor atau ekstrak moringa bisa membantu meningkatkan kelembapan kulit, melembutkan teksturnya, mengatasi masalah jerawat dan menyamarkan bekasnya, membuat wajah jadi lebih cerah, serta bekerja efektif sebagai agen anti penuaan.

Ketahui cara membuat masker daun kelor dan manfaatnya untuk kecantikan di sini.

Jahe

manfaat jahe untuk kecantikan (1)

Nah, tanaman herbal untuk kecantikan satu ini terbilang sangat popular. Apalagi kalau dilihat dari sector pangan, jahe banyak diolah menjadi aneka jajanan, makanan, dan kue-kuean.

Selain membantu mengatasi masalah kesehatan tubuh, meningkatkan sistem imun, dan menghangatkan badan. Jahe juga bisa membantu merawat kecantikan dan keremajaan kulit.

Tak hanya itu, beberapa kandungan dalam jahe pun diyakini dapat membantu mendorong pengelupasan sel kulit mati, meredakan peradangan akibat sunburn, melembapkan, hingga mengatasi masalah jerawat membandel.

Ini dikarenakan dalam jahe terkandung berbagai nutrisi yang baik buat kulit. Misalnya phenol, fellandren, minyak damar, sineol, kamfer, vitamin A, B1, C, zingiberin, zingiberol, gigerol, asam amino, zingeron, borneol, lipidas, protein, niacin, dan masih banyak lagi.

Daun Timi (Thyme)

Tanaman herbal untuk kecantikan yang terakhir adalah daun timi atau Thyme. Bahan yang banyak ditemukan di Amerika ini dikenal ampuh untuk mencegah kemunculan jerawat dan melawan bakteri penyebab infeksi di kulit.

Nah, itu adalah sepuluh ragam tanaman herbal untuk kecantikan kulit yang bisa kamu coba gunakan sebagai perawatan di rumah.

Pilih bahan yang paling aman, mudah dijangkau, dan cocok dengan kebutuhan atau kondisi kulit wajah kamu saat ini. Denagn demikian, bahan tersebut bisa memberikan manfaat optimal dan hasil sesuai dengan yang kamu inginkan.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment