Anti Lepek, Cari Tahu Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab Ini

cara merawat rambut untuk perempuan berhijab (2)

Meski menggunakan hijab seharian dapat membantu menutupi rambut dari polusi udara dan lingkungan, rupanya masalah kecantikan pun bisa menerpa helaian rambut dan kulit kepala kamu, lho!

Penggunaan hijab memang bisa meminimalisir paparan radikal bebas, seperti radiasi sinar ultraviolet, asap polusi, hingga debu-debu yang beterbangan di jalan.

Namun, bukan berarti rambut kamu akan selalu sehat-sehat dan tidak perlu mendapatkan perawatan khusus.

Sebab, enggak sedikit juga masalah kecantikan rambut yang nyatanya dialami oleh perempuan berhijab. Enggak percaya? Langsung baca uraian berikut ini sampai habis, ya!

Masalah Kecantikan Rambut yang Bisa Dialami Perempuan Berhijab

cara merawat rambut untuk perempuan berhijab (1)

Meski dapat melindungi rambut dan kulit kepala dari polusi serta paparan sinar matahari, penggunaan hijab juga bisa membuat rambut jadi mudah berkeringat dan lembap.

Kondisi ini pun akan menimbulkan beberapa masalah kecantikan dan kesehatan rambut, yang bisa dirangkum sebagai berikut.

Rambut Mudah Rontok

Tak melulu disebabkan faktor eksternal, kerontokan rambut bisa terjadi ketika kamu kekurangan asupan nutrisi, ataupun saat kulit kepala terlalu lembap dan berketombe berlebihan.

Bagi perempuan berhijab, umumnya kondisi kerontokan rambut ini bisa disebabkan kebiasaan yang tidak benar. Seperti menyisir rambut dan memakai hijab saat rambut kamu basah, mengikat atau mengepang rambut terlalu ketat.

Kulit Kepala Berminyak dan Gampang Lepek

Menggunakan hijab seharian membuat rambut rentan berkeringat. Hal ini akan memicu produksi sebum (minyak alami) pada kulit kepala timbul berlebihan, akhirnya terjadi penumpukan bakteri dan jamur pada kulit kepala.

Karena produksi sebum yang tinggi pula, kulit kepala akan jadi lebih berminyak dan membuat rambut lepek. Kondisi ini pun biasanya disertai dengan rasa gatal, bau apak, hingga memicu pertumbuhan ketombe.

Selain produksi keringat berlebihan, kulit kepala yang berminyak dan rambut lepek ini juga bisa terjadi kalau kamu langsung menggunakan hijab saat rambut masih dalam kondisi basah.

Rambut yang Kusut dan Rapuh

Tahukah kamu, kalau rambut pun membutuhkan waktu untuk bernapas seperti kulit wajah kita agar tetap sehat dan lebih kuat.

Karenanya, banyak perempuan berhijab yang juga mengeluhkan rambut yang mudah kusut dan terasa lebih rapuh. Sehingga bisa menimbulkan kerontokan dan susah untuk diatur.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika kamu terlalu sering mengikat rambut di posisi yang sama, menggunakan kerudung berbahan kasar, ataupun menggunakan cepol terlalu ketat juga bisa membuat rambut tidak bisa bernapas.

Tanda yang menunjukkan rambut kamu sedang bermasalah, seringkali datang tanpa disangka-sangka sebelumnya.

Misalnya ketika melihat helaian rambut rontok di kerudung atau hijab yang kamu kenakan, pun kulit kepala yang terasa lebih lembap dan gatal, hingga kepala pusing akibat penggunaan cepol terlalu ketat.

Ketika kamu menyadari ada yang berbeda dari kulit kepala dan rambutmu, sebaiknya segera tangani sebelum masalah kecantikan rambut ini kian complicated.

Yakni dengan rutin memberikan perawatan pada rambut, menggunakan bahan-bahan yang bisa menutrisi, melembapkan, dan mengembalikan kesehatan rambut kamu secara alami.

Cara Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab

produk hair treatment terbaik

Pada dasarnya, seperti halnya bagian tubuh lain, rambut dan kulit kepala pun rentan mengalami masalah kesehatan. Meski pun kamu menggunakan hijab yang bisa membantu meminimalisir paparan radikal bebas pada rambut dan kulit kepala.

Karena kebiasaan dan kondisi rambut yang berbeda dengan orang yang tidak menggunakan hijab, maka perawatan yang harus kamu lakukan pun juga berlainan.

Well, berikut beberapa cara merawat rambut untuk perempuan berhijab yang bisa kamu terapkan di rumah. Selamat membaca dan mencoba!

Pakai Sampo Khusus Sesuai Jenis dan Kebutuhan Rambut

Pada umumnya, masalah yang dialami oleh perempuan berhijab adalah kulit kepala yang terlalu berminyak dan rambut yang lepek.

Karenanya, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa memilih sampo yang bisa membantu mengangkat minyak berlebih dan berbahan ringan.

Sehingga tidak akan meninggalkan residu pada rambut, dan malah menambah kelembapan pada kulit kepala maupun rambut kamu,

Tak hanya itu, jenis sampo ini pun akan membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal karena kulit kepala yang berminyak.

Perlu diingat, kamu tidak harus mencuci rambut setiap hari. Karena kebiasaan ini hanya akan membuat rambutmu jadi lebih kering, kulit kepala mudah teriritasi, dan akhirnya membuat rambut jadi mengembang.

Menggunakan Kondisioner Sehabis Keramas

Banyak orang yang menyepelekan penggunaan kondisioner, sebab dinilai terlalu merepotkan dan tidak memberikan manfaat signifikan.

Padahal, dengan menggunakan kondisioner yang tepat secara rutin kamu bisa mendapatkan rambut yang sehat, cantik, dan tampak berkilau.

Perawatan ini juga dibutuhkan untuk merawat rambut untuk perempuan berhijab. Kandungan dalam kondisioner akan menutrisi dan melapisi rambut dengan protein tambahan, mencegah adanya kerontokan dan kerusakan pada rambut.

Kamu bisa menggunakan kondisioner tiap habis keramas, pastikan kamu membilas kondisioner hingga benar-benar bersih. Sebab, residu yang tertinggal akan membuat rambut mudah lepek dan jadi memicu masalah lain.

Rutin Menggunakan Masker Rambut

Selain merawat helaian rambut, kamu pun harus memberikan perawatan yang sama untuk kulit kepala. Yakni dengan menggunakan hair mask atau scalp mask.

Perawatan ini biasanya dilakukan dengan memijat kulit kepala lembut, yang terbukti ampuh membantu memelihara kesehatan rambut dan meningkatkan sirkulasi aliran darah di bawah kulit kepala.

Dengan demikian, nutrisi dan oksigen dalam tubuh akan mengalir dengan sempurna. Kemudian akan membuat rambut jadi lebih sehat, tidak mudah kering, karena asupan nutrisi ke rambut lebih sempurna.

Kamu bisa menggunakan masker rambut dari bahan alami yang tidak akan menimbulkan reakasi negative. Misalnya dari alpukat, lidah buaya, susu, madu, atau air mawar untuk memberi sensasi segar saat memijat. 

Selain masker rambut dari buah-buahan tersebut, kamu juga bisa memilih minyak organik seperti minyak jojoba, minyak bunga matahari, minyak alpukat, atau menggunakan extra virgin olive oil.

Kamu bisa menggunakan perawatan ini secara rutin, yakni tiap dua minggu sekali. Ini diperlukan untuk menjaga kekuatan dan kelembapan rambut secara alami. Dengan begitu helaian rambut akan lebih halus, tampak lebih sehat, juga membuatnya berkilau dengan cantik.

Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Ketika Merawat Rambut untuk Perempuan Berhijab

Maklon kosmetik halal (3)

Beberapa masalah kecantikan pada kulit kepala dan rambut, umumnya diakibatkan karena kebiasaan merawat rambut yang tidak benar.

Untuk itu, agar proses perawatan rambut untuk Wanita berhijab jadi lebih optimal, kamu perlu memperhatikan kebiasaan berikut ini.

Sisir Rambut Sebelum Keramas

Sebelum keramas, kamu perlu menyisir rambut terlebih dahulu. Gunakan sisir dengan gigi jarang dan lebar, agar tidak membuat rambut yang kusut jadi rontok.

Cara merawat rambut untuk perempuan berhijab ini sebenarnya cenderung diremehkan, karena dianggap terlalu sepele. Namun, dengan menyisir rambut sebelum keramas akan mencegah rambut rontok dan merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala jadi lebih lancar.

Keringkan Rambut Sebelum Memakai Hijab

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika merawat rambut berhijab adalah menghindari penggunaan kerudung atau hijab ketika rambut basah. Kebiasaan ini akan membuat rambut dan kulit kepala jadi lebih lembap.

Akhirnya aka nada penumpukan sebum berlebihan, yang kemudian memicu infeksi bakteri dan jamur penyebab ketombe pada rambut. Hasilnya, akan menimbulkan rasa gatal dan tak nyaman pada kulit kepala.

Nah, kalau kamu tidak terburu-buru keluar rumah, cukup keringkan rambut menggunakan kipas angin. Cara merawat rambut untuk perempuan berhijab ini mungkin akan memakan waktu yang lebih lama, namun tidak akan membuat rambutmu kering dan bercabang.

Gerai Rambut Ketika tidak Memakai Hijab

Untuk membuat rambut tetap sehat ketika memakai hijab adalah dengan memberikan waktu pada rambut dan kulit kepala untuk bernapas.

Ini bisa dilakukan dengan mengistirahatkan rambut, yakni melalui menggerainya ketika kamu sedang tidak mengenakan hijab ataupun ikat rambut selama di rumah.

Tak cuma itu, kamu pun bisa mencoba untuk menyisihkan waktu dengan berjemur di pagi hari, yang bisa dilakukan di dalam area rumah. Biarkan rambutmu tergerai dan terpapar sinar matahari pagi beberapa lama.

Tak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memicu produksi vitamin D, car aini juga efektif mendorong sirkulasi darah agar lebih lancar di bagian kepala kamu.

Nah, itu adalah berbagai cara merawat rambut untuk perempuan berhijab yang perlu kamu tahu. Banyak permasalah kecantikan rambut yang mungkin berbeda, karena itu sama sekali bukan hal yang buruk kalau kamu mau memberikan perhatian lebih pada rambut dan kulit kepalamu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment