Jarang Diketahui, Ini Kandungan dan Manfaat Buah Kesemek Untuk Kecantikan!

manfaat buah kesemek untuk kecantikan (2)

Tahukah kamu ada buah yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan namun jarang diketahui? Karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan, buah ini lebih banyak dimanfaatkan untuk produk kesehatan. Namun tahukah kamu kalau manfaat buah kesemek untuk kecantikan juga tak kalah melimpah?

Kelebihannya untuk kesehatan dan kecantikan kulit pun tak kalah dibanding bahan kimia akitif dalam skincare popular. Maka, kali ini artikel ini akan membahas berbagai kandungan dan manfaat buah kesemek untuk kecantikan.   

Dewasa ini, konsumen produk kecantikan sudah mulai beralih pada produk-produk dengan bahan dasar alami. Satu-persatu produsen produk kecantikan berlomba beralih untuk menjadikan bahan alami sebagai dasar pembuatan produk agar tak kehabisan pembeli.

Sayangnya, masih banyak produsen kosmetik yang suka latah dan meniru mentah-mentah formula kosmetik milik kompetitor mereka.

Padahal, ada banyak bahan alami lain yang tak kalah banyak manfaatnya yang bisa dijadikan bahan dasar produk kecantikan yang bersaing. Salah satunya, buah kesemek.

Buah yang berasal dari Tiongkok ini memiliki berbagai kelebihan pada kandungan karotenoid dan berbagai vitaminnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemanfaatan buah ini dapat membuat kulit menjadi awet muda, mengurangi tanda penuaan dan berbagai manfaat kecantikan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut mengenai berbagai kandungan serta manfaat buah kesemek untuk memaksimalkan kecantikan!

Kandungan Buah Kesemek yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Dikenal memiliki banyak manfaat, buah kesemek terbukti memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Oleh sebab, buah ini banyak dimanfaatkan dan dikonsumsi sebagai makanan yang mampu menangkal berbagai penyakit.

Namun, ternyata kandungan dalam buah yang mirip tomat ini juga sangat bermanfaat untuk kecantikan lho! Berikut ulasan lengkapnya:

Karotenoid (Likopen, Karoten dan Beta-karoten)

Karotenoid merupakan senyawa kimia dalam buah dan sayur yang memberikan warna alami. Pigmen warna ini menghasilkan warna-warna cerah seperti kuning, oranye hingga merah salah satunya warna seperti pada buah kesemek. Karotenoid yang ditemukan dalam buah kesemek meliputi karoten, beta-karoten dan likopen.

Tiga jenis karotenoid ini mneghasilkan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta mencegah penuaan dini.

Vitamin E

Perlu kamu tahu, vitamin ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kulit. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, lapisan epidermis kulit akan menyerapnya dan menggunakannya untuk memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan.

Beberapa manfaatnya untuk kulit seperti mengurangi peradangan, membantu terbentuknya kolagen hingga menambah kelembapan serta elastisitas kulit.

Selain untuk kulit, vitamin E juga bermanfaatkan melancarkan sirkulasi darah ke semua bagian tubuh. Salah satunya pada kepala di seluruh bagian kulit kepala.

Aliran darah yang lancar dapat menstimulasi tumbuhnya rambut, memperbaiki folikel atau struktur rambut, dan mencegah kerontokan. Bahkan memperbaiki jaringan rambut hingga membuatnya tampak berkilau dan lebih sehat.

Ketahui Juga: Beragam Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Kulit dan Rambut yang Sayang Dilewatkan

Vitamin A

Salah satu kandungan paling tinggi dalam buah kesemek adalah Vitamin A. Vitamin ini memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk kesehatan melainkan juga untuk kecantikan. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatand dan kecantikan kulit.

Beberapa manfaatnya untuk kulit antara lain membantu memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan, mengurangi kerutan, hingga mencegah penuaan dini.

Selain manfaat-manfaat tersebut, vitamin A juga bisa menjadi sunscreen alami yang mencegah kerusakan pada kulit akibat radiasi dari sinar UV pada matahari.

Ingin tahu apa saja manfaat vitamin A untuk kecantikan kulit? Cek di sini!

Vitamin B1 (Tiamin)

Selanjutnya adalah Tiamin atau vitamin B1. Vitamin B1 adalah vitamin B yang mengandung antioksidan. vitamin B1 dalam buah kesemek ini baik untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik ternyata bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan melainkan untuk kecantikan juga.

Aliran darah yang lancar membantu sel tubuh termasuk sel kulit menerima oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Nutrisi dan oksigen yang cukup membantu sel kulit beregenerasi dan membuat kulit tampak seht dan lebih muda.

Sirkulasi darah yang lancar juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Oksigen dalam darah yang diterima folikel rambut melalui aliran darah yang lancar penting untuk proses pertumbuhan rambut.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Berbeda dengan vitamin B1 yang meningkatkan aliran darah sehingga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Vitamin B2 atau riboflavin ini sangat bermanfaat dalam membantu proses pergantian sel dan memelihara kolagen.

Fungsi kolagen sendiri adalah sebagai protein yang melindungi struktur kulit, membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Riboflavin juga memberi peran besar membantu sekresi lendir kulit sehingga dapat mencegah kulit mejadi kering hingga menyebabkan jerawt.

Vitamin B3 (Niacin)

Kamu pasti tahu bahwa akhir-akhir ini niacinamide marak digunakan sebagai kandungan produk skincare. Nah, salah satu produk alam yang mengandung niacinamide adalah buah kesemek. Vitamin B3 atau niacin ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan.

Beberapa manfaat niacin untuk kecantikan adalah dapat membantu memperbaiki epidermis atau lapisan teratas kulit dalam mengunci kelembapan.

Sedangkan penggunaan vitamin B3 di kulit akan membantu menghaluskan serta melembutkan kulit. Vitamin B3 juga dapat membantu mengurangi tanda penuaan seperti kulit kering dan keriput.

Vitamin B6 (Pyridoxine)

Berbeda dengan fungsi vitamin lain dalam buah kesemek, vitamin B6 atau pyridoxine merawat kecantikan secara tidak langsung.

Dikenal sebagai vitamin yang mengelola stres, vitamin B6 merawat kecantikan dengan membantu mengatur suasana hati dan memperbaiki kualitas tidur yang baik untuk menjaga kecantikan.

Asupan vitamin B6 yang cukup dapat meningkatkan produksi serotonin, melatonin, dan norepinefrin. Tiga zat inilah yang mengatur suasana hati, tidur dan stres.

Jika suasana hati, siklus tidur dan stres tidak teratur akan menghambat regenerasi sel, menyebabkan kulit kering dan meningkatkan peradangan tubuh. Faktor-faktor inilah penyebab jerawat dan penuaan dini.

Beberapa Manfaat Buah Kesemek untuk Kecantikan

manfaat buah kesemek untuk kecantikan (2)

Setelah mengetahui kandungan-kandungannya di atas, enggak heran mengapa manfaat buah kesemek untuk kecantikan kulit dan rambut sangat beragam.

Buah ini memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kulit, apa saja? Langsung simak daftar manfaat buah kesemek untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini!

Mengontrol Kadar Minyak di Wajah

Salah satu penyebab jerawat yang muncul di wajah adalah tingginya produksi minyak. Minyak berlebih di wajah dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat. Buah kesemek dapat menjadi jawaban untuk mengatasi kelebihan produksi minyak di wajah dengan diolah menjadi masker.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

Seperti pada penjelasan mengenai kandungan dalam buah kesemek yang tinggi akan karotenoid dan berbagai vitamin yang dapat menghasilkan antioksidan. Antioksidan sangat baik membantu penampilan agar terlihat awet muda.

Membuat Kulit Jadi Lebih Cerah

Buah ini memiliki kandungan vitamin E, karoten yang bisa menjadi penghasil kilau alami pada kulit serta vitamin A. Peran ketiganya akan membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan lebih sehat.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, cukup dengan menjadikan buah kesemek sebagai bahan dasar untuk masker wajah dan memakainya secara rutin.

Mengatasi Kerusakan Sel Kulit

Siapa sangka salah satu jenis karotenoid dalam buah kesemek bisa menjadi sunscreen alami. Senyawa tersebut adalah likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV yang dihasilkan oleh matahari.

Bukan hanya itu, likopen dapat menjaga kulit dari kerusakan sel dan menjaga kelembapan kulit sehingga mengurangi risiko terbentuknya garis-garis halus hingga keriput. Dengan rutin mengonsumsi buah kesemek, kulit terlindung dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas.  

Menghilangkan Garis Halus dan Keriput Wajah

Masker dari buah kesemek juga akan membantu mencegah munculnya garis-garis halus hingga keriput di kulit wajah. Manfaat ini tentu saja karena kandungan dalam buah kesemek yang sebelumnya sudah dibahas.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat terakhir buah kesemek adalah kandungan kalori dalam buah ini yang sangat rendah cocok sebagai camilan ketika diet. Tentu kamu sudah banyak mendengar mengenai berbagai keluhan tentang penampilan akibat obesitas.

Terutama masalah kulit seperti bagian lipatan tubuh yang menghitam, bau badan, munculnya bisul hingga jerawat.

Bukan hanya rendah kalori, buah ini juga hampir tidak mengandung lemak dengan kandungan total yang hanya 0,19 gram. Dengan kalori dan lemak rendah, buah kesemek sedang dengan berat 168 gram mengandung karbohidrat hingga 31 gram.

Itulah alasan buah ini sangat tepat untuk dijadikan camilan sehat dan mengenyangkan selama diet.

Tips Aman Memanfaatkan Buah Kesemek untuk Kecantikan

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat buah kesemek untuk kecantikan, maka tak lengkap rasanya jika belum membahas mengenai berbagai tips untuk memanfaatkan buah berbedak ini agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Nah, simak beberapa pembahasan berikut mengenai tips-tips memanfaatkan buah kesemek:

Dengan Dikonsumsi Seperti Biasa

Perlu kamu tahu bahwa mengonsumsi buah kesemek tidak bisa sembarangan karena bisa menimbulkan alergi.

Ketika matang, buah ini berwarna kuning hingga oranye, memiliki rasa yang manis, berair dan ada sedikit rasa sepat. Mengonsumsinya cukup dengan mencuci, keringkan dan potong buah kesemek sesuai selera.

Konsumsi Buah Kesemek sebagai Jus Buah Kesemek

Selain dengan mengonsumsi secara langsung buah kesemek dalam keadaan segar dan matang, bisa juga dengan menjadikannya jus buah.

Jadikan Masker Wajah

Selain dengan mengonsumsinya dalam bentuk jus atau langsung, manfaat buah kesemek juga bisa kamu dapatkan dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Berikut dua resep masker wajah yang bisa kamu coba di rumah:

Masker buah kesemek dan kuning telur

Masker ini cocok untuk wajah dengan pori-pori yang lebar, wajah berminyak dan berjerawat.

  1. Siapkan potongan buah kesemek yang sudah dibersihkan secukupnya dan siapkan kuning telur yang sudah dipisahkan dari putih telur.
  2. Haluskan potongan buah kesemek, kemdian aduk dengan kuning telur hingga menyatu.
  3. Cuci bersih wajah kemudian keringkan.
  4. Oleskan masker buah kesemek dan kuning telur pada pada wajah.
  5. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

Dengan rutin memakai masker ini, akan membuat minyak wajah berkurang, pori mengecil, bebas dari jerawat dan mengurangi kemunculan tanda penuaan dini pada kulit wajah.

Masker buah kesemek dan sari mentimun

Masker ini cocok untuk wajah berpori lebar,wajah kotor dan berminyak serta berjerawat.

  1. Siapkan potongan buah kesemek dan mentimun yang telah kamu cuci secukupnya.
  2. Parut mentimun kemudian ambil sarinya dan sisihkan
  3. Haluskan potongan buah kesemek, kemdian tambahkan sari mentimun dan aduk hingga menyatu.
  4. Cuci wajah hingga kemudian keringkan.
  5. Oleskan masker buah kesemek dan sari mentimun pada pada wajah.
  6. Tunggu selama 10 hingga 15 menit, kemudian cuci wajah hingga bersih.

Gunakan masker secara rutin, 3 kali dalam seminggu dan dapatkan wajah yang bersih, bebas dari minyak berlebih, bebas jerawat dan tampak lebih awet muda.

Nah, setelah mengetahui berbagai kandungan dan manfaat buah kesemek untuk kecantikan yang ternyata sangat banyak.

Apakah kamu berencana untuk menjadikan buah kesemek sebagai bahan dasar produk kecantikanmu yang baru?

Well, di Mash Moshem Indonesia kamu bisa membuat berbagai jenis kosmetik dengan bahan-bahan apapun yang kamu inginkan. Dengan catatan, bahan tersebut aman untuk kulit dan wajah pengguna.

Buah yang banyak di tanam di seluruh Indonesia ini akan menjadi bahan yang mudah didapat dengan banyak manfaat yang bisa ditawarkan pada calon konsumenmu Lho!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment