Intip Cara Memasarkan Produk di Instagram Shopping, Bikin Jualan Laris Manis!

cara memasarkan produk di Instagram Shopping (1)

Siapa sih yang saat ini tidak tahu Instagram? Mulai dari remaja hingga dewasa semua memakai sosial media yang satu itu. Bahkan saking banyaknya, di Indonesia sendiri Instagram menjadi salah satu sosial media yang cukup popular.

Menurut riset yang dilakukan oleh DataReportal, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 99,15 juta pengguna. Itu setara dengan 35 persen populasi penduduk di Indonesia dan menjadi sosial media dengan pengguna paling banyak ke tiga setelah Facebook. Wow!

Nggak heran jika banyak para entrepreneur yang memanfaatkan sosial media yang satu ini sebagai media promosi ataupun berjualan. Selain memiliki pengguna yang cukup banyak, Instagram juga memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap di banding dengan sosial media lain.

Meskipun awalnya hanya berbasis konten foto dan video, kini Instagram juga merambah ke Instagram Shopping. Fitur tersebut tentu sangat membantu penggunanya untuk melakukan transaksi jual beli.

Fitur ini sangat menguntungkan buatmu lho, Beautypreneur. Selain efektif digunakan untuk branding, Instagram Shopping juga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Lantas bagaimana sih cara memasarkan produk di Instagram Shopping? Tenang, sebelum masuk ke materi lebih jauh mengenai cara pemasaran melalui Instagram Shopping, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu definisinya.

Apa Itu Instagram Shopping?

Sejak pandemic menyerang dunia, gaya hidup sebagian besar manusia telah berubah. Dari yang awalnya suka berbelanja secara offline, kini belanja online lebih menjadi pilihan. Selain lebih efisien, belanja online dinilai juga lebih mudah dan tak kenal jarak serta waktu.

Nggak heran jika kehadiran market place berkembang begitu pesat beberapa tahun terakhir. Tak mau ketinggalan, Instagram pun juga ingin merambah ke konsumen tersebut. Yaitu dengan membuat fitur yang dinamakan dengan Instagram Shopping.

Instagram Shopping sendiri masuk ke Indonesia pada Mei 2020 lalu. Fitur ini diklaim dapat memberikan sensasi belanja di sosial media untuk para penggunanya. Jadi ketika kamu melihat barang yang kamu inginkan di foto atau videobisa langsung dibeli.

Instagram Shopping juga dapat diakses dengan mudah melalui laman eksplore atau home. Jadi ketika ingin membeli suatu barang, kamu tidak perlu keluar dari aplikasi Instagram. Transaksi dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan klik ikon keranjang yang terdapat dalam catalog.

Sebagai pemilik bisnis, untuk menggunakan fitur ini harus membuat catalog terlebih dahulu. Nanti katalog tersebut dapat dipost di berbagai fitur Intagram lain. Seperti feed, story, reels hingga video. Katalog tersebut juga dapat dilihat di tampilan menu utama Instagram pada bagian view shop.

Jadi jika ada calon konsumen yang melihat produkmu dan tertarik, mereka akan dapat dengan mudah melakukan transaksi saat itu juga.

Manfaat Instagram Shopping untuk Bisnis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Instagram menjadi salah satu sosial media terpopuler di Indonesia. Jadi nggak heran jika para entrepreneur memanfaatkan fitur yang satu ini untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Selain efektif untuk mengumpulkan massa, Instagram Shopping juga mempunyai segudang manfaat yang lain. Apa saja? Simak detailnya berikut.

Branding

Instagram Shopping memang sangat efektif untuk menarik perhatian calon konsumen. Sebab mereka dapat melihat harga dan detail produk secara langsung dalam catalog. Dengan adanya fitur ini, toko onlinemu juga akan terlihat semakin professional dan tidak abal-abal.

Meningkatkan Pengunjung Website

Salah satu syarat menggunakan Instagram Shopping adalah dengan mempunyai website. Sebab setiap transaksi penjualan nantinya  juga akan diarahkan ke website. Nah, tentu hal ini akan sangat efektif dalam menambah pengunjung website kamu.

Promosi Lebih Beragam

Seperti yang diketahui bahawa Instagram menjadi salah satu sosial media yang mendukung berbagai jenis dan bentuk konten. Mulai dari foto hingga video. Hal ini juga berlaku untuk fitur Instagram Shopping. Jadi dalam promosi nanti, kontenmu bisa lebih beragam dan tidak monoton atau terpatok dengan gambar-gambar saja.

Audience Luas

Salah satu kelebihan memasarkan produk secara online adalah dapat menjangkau audience yang lebih luas. Bahkan kalau kamu ingin go internasional, memilih toko online adalah salah satu pilihan yang tepat.

Begitupun dengan Instagram Shopping ini. Audience tak hanya berkutat secara local saja, namun bisa sampai internasional.

Meningkatkan Penjualan

Adanya Instagram Shopping ini akan sangat memudahkan pengguna sosial media untuk berbelanja. Apalagi transaksi dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan aplikasi Instagram. Jadi sangat efektif bagi mereka yang ingin langsung membeli barang.

Itulah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh Instagram Shopping untuk para entrepreneur. Nah, agar lebih sukses menggunakannya, kamu perlu mengetahui tools apa saja sih yang ada pada Instagram Shopping. Berikut daftarnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Instagram Shopping Untuk Bisnis, Enterpreneur Wajib Tahu!

Apa Saja Fitur Yang Ditawarkan Instagram Shopping?

Untuk mempermudah para entrepreneur berjualan di platformnya, Instagram Shopping menawarkan berbagai macam fitur. Fitur ini diciptakan agar produk jualanmu lebih bisa menjangkau banyak pembeli. Well, apa saja?

Katalog Produk

Hal pertama yang ditawarkan oleh Instagram Shopping adalah catalog produk. Dengan adanya catalog produk ini, audience akan dimudahkan untuk melihat apa saja produk yang kamu jual. Jika kamu ingin melihat bagaimana bentuk dari fitur ini, kamu cukup mengklik ikon keranjang yang ada dipojok bawah.

Katalog akan muncul lengkap dengan detail dan harganya. Cara menggunakannya cukup mudah, upgrade akunmu menjadi Instagram Shopping terlebih dahulu. Setelah itu pilih foto terbaik dari produk yang kamu miliki. Jelaskan detail pada deskripsinya. Mulai dari bahan dan juga harga.

Halaman Detail Produk

Ketika postinganmu masuk ke explore atau feed audience mereka yang tertarik akan cenderung mengklik ikon tas pada produk. Setelah di klik mereka akan di bawa ke halaman detail produk. Pada halaman inilah mereka akan mengetahui apa saja produk yang kamu jual dan bagaimana kualitas yang kamu tawarkan.

Agar lebih efektif menggunakannya, jangan memberikan detail atau deskribsi yang panjang. Cukup singkat, padat dan jelas. Yang terpenting mencangkup penjelasan dari harga, nama, deskripsi produk secara lengkap, ukuran, dan link untuk menuju website toko online kamu.

Instagram Shopping Tag

Fitur Instagram Shopping yang satu ini dapat memberi label pada produk yang kamu jual. Sama ketika berbelanja secara offline, label pada produk berfungsi untuk menunjukkan harga dan nama dari produk tersebut.

Label ini akan langsung terpasang secara otomatis pada unggahan foto yang kamu upload. Jika label tersebut di klik, calon pembeli biasanya akan langsung di alihkan ke halaman katalogmu berada. Jadi mereka bisa langsung melihat produk apa saja yang sedang kamu jual.

Instagram Shopping Ads

Sama seperti fitur iklan lain, Instagram Shopping juga menawarkan fitur Ads. Fungsinya sama saja dengan yang lain. Yakni untuk mempromosikan produk yang sedang kamu jual. Tentu saja menggunakan fitur yang satu ini tidak gratis alias berbayar.

Meskipun berbayar, kamu nggak perlu khawatir. Karena keuntungan yang ditawarkan juga nggak main-main. Yakni dapat menjangkau audience yang lebih luas. Selain itu, fitur Ads juga bisa kamu manfaatkan untuk menarget audience.

Mulai dari usia, gender, hingga demografi. Dengan begitu produk yang kamu pasarkan akan lebih tertarget.

Produk Launches

Kamu ingin memberitahu audience jika akan ada produk baru yang akan kamu launching? Nggak perlu khawatir, karena Instagram Shopping sudah menyediakan fitur yang namanya Produk Launches. Dengan menggunakan produk ini, kamu bisa memberitahu ke follower tentang waktu atau kapan produk kamu akan dirilis.

Selain itu, follower juga dapat mengaktifkan notifikasi atau alarm secara langsung. Dengan adanya pengingat ini, audience yang sudah mengaktifkannya akan mendapat pemberitahuan dari Instagram, dan langsung bisa mengikuti launching yang telah kamu tentukan. Menarik sekali bukan?

Itulah beberapa fitur Instagram Shopping yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkakan penjualan. Setelah mengetahui beragam manfaat dan fitur yang ditawarkan, kini saatnya bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara memasarkan produk di Instagram Shopping. Seperti apa?

Cara Memasarkan Produk di Instagram Shopping

cara memasarkan produk di Instagram Shopping (1)

Instagram Shopping memang cukup popular belakangan ini. Sebab selain efektif untuk berjualan, fitur yang satu ini juga menawarkan banyak kelebihan bagi penjual maupun pembeli.

Jadi tak heran jika pebisnis menggunakan fitur tersebut sebagai media promosi. Lantas bagaimana sih cara berpromosi lewat Instagram Shopping?

Foto Yang Menarik

Cara memasarkan produk di Instagram Shopping yang pertama adalah dengan memilih foto yang menarik. Nggak hanya menarik, tapi harus original. Sebisa mungkin gunakan foto dengan hasil karya sendiri. Dengan begitu produkmu akan terlihat lebih professional dan original.

Selain itu, kamu juga harus memasang detail foto. Detail foto ini cukup penting kamu pasang. Sebab sebagian besar pembeli online akan selalu melihat detail dari produk yang akan mereka beli. Jika produkmu berupa kosmetik, kamu bisa menunjukkan detail tekstur dari isinya.

Jadi nggak hanya kemasannya saja yang kamu tonjolkan. Selain tekstur, kamu juga bisa memberi contoh foto produk yang sudah digunakan di kulit. Dengan begitu pembeli tidak akan ragu lagi untuk menentukan pilihan.

Ingin tahu cara membuat foto produk yang menarik? Cek di sini!

Instagram Live

Nggak hanya berkutat pada postingan feed atau reels saja, namun kamu juga bisa memanfaakan Instagram Live untuk memasarkan produk. Apalagi sekarang Instagram Live juga sudah langsung bisa terhubung dengan Instagram Shopping, jadi akan sangat lebih mudah.

Dengan adanya Instagram Live, kamu bisa mengajak follower untuk membeli produk secara langsung. Bahkan keuntungan besar lain, kamu bisa menunjukkan detail produk secara nyata. Tanpa adanya editan. Sehingga calon pembeli bisa lebih yakin dengan kualitas produk yang kamu tawarkan.

Shopping Tag

Sebenarnya shopping tag ini juga merupakan salah satu fitur yang ada dalam menu Instagram Shopping. Ini adalah salah satu fitur untuk mengajak orang berkolaborasi.

Jadi misalnya kamu menggandeng Beauty Influencer untuk mereview kosmetik  atau make up yang sedang kamu promosikan, mereka bisa langsung mencantumkan produk yang tersebut melalui fitur ini.

Tentu saja hal ini akan sangat efektif membantu kamu untuk memasarkan produk di Instagram Shopping. Follower dari Influencer tersebut akan melirik produkmu.

Bahkan kamu juga dapat mendapatkan branding gratis dan menambah follower. Tak hanya itu, jika mereka tertarik pasti Instagram Shoppingmu juga akan langsung diserbu. Penjualan pun akan meningkat secara drastis.

Gunakan Hastag

Menggunakan hastag yang tepat juga dapat menjadi salah satu stragtegi memasarkan produk di Instagram Shopping. Perlu diketahui bahwa penggunaan hastag dapat berfungsi menjaring audience yang lebih banyak.

Dengan begitu produk yang kamu jual di Instagram Shopping akan lebih cenderung masuk ke explore. Explore adalah suatu wadah konten di Instagram yang dapat dilihat banyak orang.

Termasuk yang bukan menjadi followermu. Jadi akan lebih efektif apabila masuk ke explore. Sebab kamu akan dengan mudah menjaring konsumen baru.

Selain itu, penggunaan hagtag juga dinilai sangat efektif untuk mendapat reach yang lebih luas. Sehingga sangat cocok dan tepat untuk memasarkan produk di Instagram Shopping.

Bagikan di Instagram Story

Tahu nggak sih, selain banyak menghabiskan waktu untuk mengeksplore feed, pengguna Instagram juga senang melakukan jalan-jalan di Story. Oleh karena itu untuk memasarkan produk di Instagram Shopping, kamu tidak boleh melupakan fitur yang satu ini.

Pemilihan foto untuk Instagram Story tentu sangat berbeda untuk catalog Instagram Shopping. Oleh karena itu kamu tetap harus menyelesaikannya. Biasanya di Instagram Story cenderung menggunakan foto berbentuk portrait.

Selain itu, di Instagram Story kamu juga tidak boleh lupa untuk mencantumkan detail dari produk. Sebab Instagram Shopping untuk story nantinya juga akan meminta penjelasan dari produk yang kamu tawarkan. Sehingga calon pembeli akan lebih tertarik dan mengunjungi katalog.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Instagram Story untuk Bisnis, Promosi Jadi Dinamis!

Gunakan Instagram Shopping Ads

Tak lengkap rasanya jika memasarkan sesuatu tanpa beriklan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa Instagram Shopping juga menawarkan fitur iklan. Dengan adanya Instagram Ads ini kamu bisa menjangkau audience yang ingin kamu tuju.

Mulai dari usia, gender, demografi hingga hobi. Sehingga produk yang kamu pasarkan akan langsung tertuju kepada mereka yang membutuhkan. Penjualan pun akan menjadi lebih maksimal dengan menggunakan fitur yang satu ini.

Namun perlu kamu ingat bahwa Instagram Shopping Ads tidak grastis. Ini adalah fitur berbayar. Semakin tinggi angka yang kamu bayarkan ke Instagram, akan semakin banyak pula fasilitas yang kamu dapat. Tentunya dengan jangkauan audience yang lebih luas pula.

Review Produk

Cara memasarkan produk di Instagram Shopping selanjutnya adalah dengan cara meminta review produk pada konsumen. Pada Instagram Shopping juga disediakan kolom komentar.

Nah, untuk memanfaatkan kolom komentar ini, kamu bisa meminta para konsumen yang sudah membeli atau menggunakan produkmu untuk meninggalkan review.

Tentu saja review yang mereka tinggalkan nantinya akan beragam. Mulai dari yang positif hingga negatif. Untuk menanggapi review yang negatif, kamu jangan membalasnya dengan yang negatif pula. Sebab hal tersebut akan meninggalkan kesan buruk pada perusahaanmu.

Tanggapi dengan hal positif. Dengan begitu calon pembeli akan lebih tertarik dan tidak ragu untuk membeli produkmu.

Interaktif

Selain menanggapi komentar dengan hal yang positif itu penting, berinteraksi dengan konsumen di kolom komentar juga penting. Pasti calon pembeli akan mengajukan beberapa pertanyaan di komentar. Nah, untuk menjaga kepercayaan mereka, alangkah baiknya kamu menjawab berbagai pertanyaan itu.

Dengan begitu bounding antara penjual dan pembeli akan terbangun. Mereka para calon pembeli pun akan merasa lebih di anggap dan di hargai. Dengan begitu mereka tidak akan ragu untuk membeli atau bahkan menjadi langganan di Instagram Shoppingmu.

Itulah beberapa cara memasarkan produk di Instagram Shopping. Untuk kamu para enterprneur yang sudah lama maupun baru, wajib hukumnya untuk mencoba fitur yang satu ini. Semoga sukses!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment