Perawatan untuk Regenerasi Sel Kulit, Masa Depan Tren Kosmetik dan Kecantikan

perawatan untuk regenerasi sel kulit

Kamu mungkin kerap mendengar soal pendapat lama, bahwa kecantikan selalu bermula pada kesehatan kulit. Karenanya, mempertimbangkan kompleksitas dan fungsi seluler kulit kita, hal ini menciptakan arti yang sama dengan pendapat tersebut.

Sebab perawatan regenerasi kulit dan perbaikan sel-sel berpengaruh besar pada penampilan kita. Pertanyaannya, bukannya hal ini juga dipengaruhi oleh genetika dan berbagai factor lain yang mungkin mempengaruhi siklus seluler kulit?

Sebenarnya, masyarakat pun semakin tersadarkan bahwa menjaga kesehatan kulit dari dalam adalah hal yang sangat penting. Terbukti dari perilaku konsumtif mereka terhadap produk perawatan kecantikan yang kian meningkat dari waktu ke waktu.

Namun, pertanyaannya apakah perawatan regenerasi sel kulit ini benar-benar tepat? Lantas produk apa saja yang mendukung perawatan untuk regenerasi sel kulit yang sehat?

Langsung simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

Sekilas Soal Sel Kulit Kita

Seperti organisme hidup lainnya, kulit kita terdiri dari miliaran sel yang membantunya di permukaan berfungsi secara optimal.

Sel-sel kulit kita adalah landasan tubuh manusia, dijalin secara rumit bersama-sama, dengan fungsi yang berbeda. Elastin, kolagen, protein, dan proteoglikan bergabung untuk membentuk apa yang lebih dikenal sebagai lapisan epidermis, dermis, dan subkutan kulit.

Ketika sel-sel ini menjadi rusak melalui berbagai faktor (seperti lingkungan, gaya hidup, nutrisi, atau stres fisik), hal itu dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam ekosistem kulit kita.

Semua hal ini dapat mengakibatkan kulit kita bereaksi secara nyata dengan perubahan seperti peradangan, pigmentasi, penuaan dini, dehidrasi, kemerahan, atau kekeringan.

Faktor yang Mempengaruhi Regenerasi Sel Kulit

Ada banyak factor, baik internal maupun eksternal, yang mempengaruhi kemampuan kulit beregenerasi secara alami.

Berikut beberapa factor yang dimaksudkan menurut Byrdie.com. Simak baik-baik, ya!

Genetika dan Perbaikan Seluler

Sebagai individu, kita semua unik, dan kita juga dapat mengatakan ini untuk susunan genetik kulit kita dan bagaimana sel-sel kita berperilaku.

Genetika mempengaruhi perilaku kulit kita, ukuran kelenjar minyak, kandungan lipid, dan kekayaan melanin, semua faktor ini berperan dalam cara kulit merespons.

Kondisi kulit, seperti pigmentasi, dapat sangat dipengaruhi oleh pengkodean genetik kita. Warna kulit mempengaruhi bagaimana kulit melindungi dirinya dari kerusakan akibat sinar UV.

Semua jenis kulit mengalami photoaging, tetapi kelompok etnis yang berbeda memiliki mekanisme berbeda untuk menangani photodamage lebih berhasil daripada yang lain.

Pengaruh Gaya Hidup

Genetika bukan satu-satunya pengaruh yang signifikan ketika mempertimbangkan pemulihan matriks kulit, dan faktor gaya hidup juga merupakan kontributor.

Penampilan kita tercermin dalam kualitas seluruh gaya hidup kita. Termasuk bagaimana kita menjaga kesehatan tubuh, mengatur pola makan, pola tidur, hingga seberapa sering kita menghadap terpapar antioksidan.

Faktor-faktor ini pada akhirnya dapat menyebabkan modifikasi kimia di sekitar gen yang akan menghidupkan atau mematikan gen tersebut dari waktu ke waktu.

Seperti telah dijelaskan, gen di kulit kita bersifat permanen, tetapi kita dapat memengaruhi cara mereka berperilaku dan berfungsi. Maka ketika kita memberi nutrisi dan mendukung tubuh kita, kulit pun bisa menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri.

Paparan Radikal Bebas Berlebihan

Selain kebiasaan makan, tidur dan olahraga. Paparan antioksidan, seperti debu, polusi, sinar matahari berlebihan, hingga residu make up bisa berpengaruh pada regenerasi sel kulit.

Sebab, ketika semua zat toxin ini menumpuk di atas permukaan kulit, pori-pori wajah akan tersumbat. Sementara semua nutrisi dalam skincare yang kamu gunakan tak bisa bekerja optimal untuk menjaga keremajaan dan kesehatan kulit wajahmu.

Perawatan untuk Regenerasi Sel Kulit yang Tepat

Ketika membicarakan perawatan untuk regenerasi sel kulit yang tepat, ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan. Seperti serum wajah, krim wajah, toner, sabun wajah khusus, dan berbagai rangkaian yang kaya nutrisi dan menyehatkan kulit.

Namun secara khusus, akan lebih baik untukmu memilih produk dengan kandungan-kandungan yang bisa meregenerasi kulit dengan optimal berikut ini!

Bahan Aktif dalam Produk Perawatan untuk Regenerasi Sel Kulit

Ada banyak bahan aktif yang bisa bekerja maksimal dalam perawatan untuk regenerasi sel kulit, berikut beberapa di antaranya:

Vitamin B3 atau Niacinamide

Yang pertama adalah vitamin B3 atau Niacinamide, kamu pasti sudah tidak asing dengan kandungan satu ini. Sebab, Niacinamide sendiri sempat popular pada awal tahun 2019 dan hingga kini masih banyak diformulasikan dalam berbagai produk kecantikan.

Niacinamide bekerja merawat kesehatan sel kulit dengan menjaga kelembapannya secara optimal, memperbaiki sel yang bermasalah dan meningkatkan regenerasi sel kulit.

Inilah yang kemudian membuat Niacinamide kerap disebut sebagai agen pencerah dan antiaging yang baik untuk kulit wajah.

Vitamin C

Di posisi kedua ada Vitamin C. Antioksidan alami ini merupakan bahan aktif yang baik dalam perawatan untuk rengenerasi sel kulit.

Selain membuat sel kulit selalu sehat dan merangsang regenerasinya, Vitamin C bekerja aktif melindungi kulit dari dampak buruk stressor lingkungan.

Padalah, seperti yang kamu tahu, stressor lingkungan menjadi factor yang juga berpengaruh pada pertumbuhan sel kulit kita.

Vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, Tocopherol acetat atau vitamin E merupakan senyawa antioksidan alami yang berperan penting pada metabolisme sel kulit. Khususnya dalam mencegah dan melawan dampak buruk radikal bebas.

Asam Hialuronat

Selain berbagai jenis antioksidan, kamu pun bisa menambahkan humektan ke dalam produk perawatan untuk regenerasi sel kulit harianmu.

Salah satu jenis humektan yang terkenal ampuh menjaga kadar air dalam kulit adalah Asam Hialuronat. Penggunannya dalam formula skincare pun sangat beragam, khususnya pada krim dan serum wajah.

Dengan menjaga kelembapan wajah, kamu bisa memperkuat kemampuan skin barrier dalam melindungi sel kulit. Tak hanya itu, sel-sel yang sehat ini pun dapat beregenerasi dengan optimal dan membuat kulit jadi lebih ternutrisi.

Ingin tahu apa saja manfaat asam hialuronat untuk kecantikan? Simak di sini!

Selain beberapa bahan di atas, masih ada banyak bahan aktif skincare yang bisa membantu merawat kesehatan sel kulit dan merangsang regenerasinya secara optimal. Sebut saja ceramide, vitamin A, Bakuchiol, Bisabolol, dan banyak lainnya.

Penggunaan Bahan Alami dalam Perawatan Sel Kulit

Selain menggunakan berbagai bahan aktif, ada banyak bahan alami yang bisa bekerja sama baiknya dalam perawatan untuk regenerasi sel kulit.

Berikut beberapa bahan alami untuk regenerasi sel kulit, simak baik-baik!

Ekstrak Pepaya

Ekstrak papaya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk merawat kesehatan kulit. Beberapa senyawa tersebut adalah kandungan vitamin A, C, dan berbagai antiosksidan yang mengandum enzim papain.

Semua kandungan ini bisa bekerja optimal untuk merawat kesehatan sel kulit, mendorong regenerasi sel baru, dan mencegahnya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tak heran, kalau ekstrak papaya ini banyak ditemukan dalam produk-produk perawatan untuk regenerasi sel kulit yang optimal.

Minyak Jojoba

Bahan alami kedua yang bisa membantu meningkatkan proses regenerasi sel kulit adalah minyak jojoba. Kandungan ini merupakan bahan pelembap atau emolien alami yang bisa mencegah kulitmu mengalami dehidrasi.

Tak hanya itu, jojoba oil megandung sejumlah mineral, asam lemak esensial, antioksidan, dan vitamin E yang mampu membantu menjaga tekstur kulit agar tetap lembut.

Kemampuannya dalam meregenerasi sel kulit dan melawan antioksidan ini, juga membuat minyak jojoba banyak digunakan sebagai perawatan untuk regenerasi sel kulit.

Minyak Rosehip

Bahan alami lain yang cocok sebagai perawatan untuk regenerasi sel kulit yang lebih baik adalah minyak rosehip. Sebab, bahan alami ini mengandung beragam nutrisi dan antioksidan yang baik untuk merawat kesehatan kulit.

Sebut saja vitamin A dan vitamin C, keduanya mampu mencegah kerusakan sel kulit dan mendorong proses regenerasinya agar berjalan lebih optimal.

Tak heran penggunaan skincare berkandungan rosehip oil bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit dengan signifikan.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment