Cara Membuat Website Company Profile Profesional untuk Bisnis

cara membuat website company profile profesional

Tak bisa dipungkiri bahwa di era yang serba digital ini webstite memegang peranan penting untuk perusahaan. Salah satunya adalah untuk mendukung profesionalitas sebuah perusahaan. Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara membuat website company profile profesional untuk bisnismu.

Apalagi seiring dengan kemajuan teknologi, konsumen pun cenderung akan melakukan berbagai riset untuk membeli sebuah produk.

Dengan adanya internet, mereka tak membutuhkan buku lagi untuk mendapatkan informasi. Cukup dengan menuliskan kata kunci pada halaman pencarian Google dan semua yang mereka cari akan muncul.

Jika perusahaanmu sering muncul dan menyediakan kebutuhan informasi yang sering dicari oleh konsumen, maka akan sangat mudah pula bagi perusahaanmu untuk mendapatkan nama di masyarakat.

Jadi nggak heran bahwa dalam digital marketing website mempunyai kedudukan yang cukup penting. Kehadirannya diklaim menjadi salah satu aspek untuk promosi bagi perusahaan. Bahkan dengan adanya website, kamu juga bisa laju dari perusahaan.

Selain itu website juga menjadi wajah bagi sebuah perusahaan. Jadi untuk para enterpreneur yang baru ingin memulai berbisnis, wajib hukumnya untuk membuat website. Apalagi untuk para pebisnis yang sudah mempunyai nama yang cukup besar.

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara membuat website company profile profesional, alangkah baiknya kamu mengetahui definisinya terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Website Company Profile Profesional?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa website memegang peranan yang cukup penting dalam digital marketing.

Jika didefinisikan website company profile professional atau profil perusahaan merupakan sebuah website pengenalan professional, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait perusahaan kepada audience.

Jadi website ini berisikan berbagai informasi yang menyatakan tujuan dari bisnis yang sedang kamu jalankan. Selain itu website juga difungsikan untuk menonjolkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki perusahaan kepada calon konsumen.

Sebab sebelum membeli sesuatu, saat ini para calon konsumen tersebut akan melakukan riset. Baik itu tentang produk yang kamu jual beserta manfaatnya. Ataupun merek dan perusahaan yang membuat produk tersebut.

Dengan adanya website ini akan dapat meyakinkan mereka bahwa perusahaan yang kamu jalankan memang professional. Selain itu, website company profile professional ini juga menjadi sarana komunikasi yang cukup efektif bagi perusahaan dan konsumen.

Tak hanya sebagai sarana komunikasi, website company prodile professional juga memiliki banyak sekali manfaatnya bagi perusahaan. Apa saja manfaat website untuk perusahaan? Berikut daftar selengkapnya.

Baca Juga: Tips Dan Cara Membuat Video Company Profile Kreatif untuk Brand Kosmetimu!

Manfaat Website Company Profile Profesional

Bagi kamu para pebisnis baru atau lama wajib hukumnya untuk memiliki website company profile professional. Sebab aspek yang satu ini menjadi salah satu alat pokok untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Dengan memiliki website, itu berarti kamu sudah ikut bersaing di dunia pasar global yang kompetitif. Bahkan kamu juga bisa mendapat segudang manfaat lainnya ketika memiliki website. Apa saja manfaat itu?

Meningkatkan Kredibilitas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dengan memiliki website, itu berarti perusahaanmu juga diakui keberadaannya oleh masyarakat. Perusahaanmu akan terlihat lebih kredibel dan tidak abal-abal. Sehingga lebih terlihat professional.

Tentu saja ketika perusahaanmu terlihat professional, masyarakat juga akan menilai bahwa produk yang kamu ciptakan juga dapat dipercaya. Bahkan mereka tak akan segan untuk membelinya. Sebab kredilitas perusahaanmu sudah diakui.

Media Informasi Perusahaan

Dengan adanya website company profile professional, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk menjelaskan perusahaanmu dari lisan ke lisan. Kamu cukup menjelaskan dan menuliskan semua informasi tentang perusahaan di website.

Mulai dari tentang apa perusahaanmu, nomor telefon hingga alamat, semua bisa kamu informasikan melalui website. Selain itu kamu juga bisa menuliskan visi dan misi dari perusahaan.

Hal ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang tujuan dari perusahaanmu. Sehingga masyarakat bisa menggali informasi lebih dalam.

Proses Rekrutmen Lebih Mudah

Menuliskan profil tentang perusahaan secara lengkap juga dapat memudahkan proses rekruitmen karyawan baru. Biasanya para karyawan tersebut akan mencari tahu tentang perusahaan yang akan mereka lamar melalui website.

Nah, dengan menuliskan informasi tentang perusahaan, mereka juga akan mempunyai pandangan tersendiri. Sebagai pihak yang merekrut pun juga akan diuntungkan. Karena para pelamar cenderung sudah mengetahui beberapa informasi tentang perusahaan.

Branding Produk

Manfaat website company profile professional selanjutnya adalah untuk branding produk. Yakni kamu bisa membangun merek produkmu melalui website ini. Kamu bisa menceritakan sejarah produkmu hingga cara pembuatannya.

Dengan begitu para klien atau pun calon konsumen akan lebih percaya dan mengakui keberadaan perusahaanmu. Mereka pun tak segan-segan untuk membeli ataupun bekerjasama dengan perusahaan. Hal ini tentu akan mendatangkan benefit tersendiri.

Jangkauan Luas

 Salah satu aspek penting manfaat dari website company profile professional selanjutnya adalah memiliki jangkauan yang luas. Jadi untuk kamu yang ingin mempunyai bisnis internasional, sangat penting sekali untuk membuat website.

Dengan adanya website ini perusahaanmu juga tidak hanya dapat dilihat oleh masyarakat local saja. Namun juga internasional. Selain jangkauan yang luas juga tak kenal waktu. Jadi setiap saat bila orang ingin melihat dan menggali informasimu bisa dilakukan kapan saja.

Itulah manfaat dari website company profile professional. Setelah mengetahui beragam manfaatnya, ini saatnya bagi kamu untuk mengetahui cara membuat website company profile. Simak ulasannya di bawah ya.

Cara Membuat Website Company Profile Profesional

cara membuat website company profile profesional

Website company profile memang menduduki posisi yang cukup penting untuk perusahaan. Selain untuk melakukan promosi, ini juga memudahkan para calon komsumen atau klien mengetahui informasi tentang perusahaanmu dengan lengap. Sehingga kerjasama pun akan terjalin dengan baik.

Berikut adalah langkah-langkah membuat website company profile profesional yang wajib kamu ketahui.

Tentukan Tujuan

Langkah pertama yang harus kamu siapkan untuk membuat website peruasahaan adalah menentukan tujuan. Apa sih tujuan dari perusahaanmu ini? Pertanyaan itu harus terjawab di website. Misalnya kamu memiliki tujuan untuk mengenalkan perusahaan beserta produk yang kamu jual.

Nah di sini kamu juga harus menyiapkan poin-poin apa saja yang akan kamu tampilkan pada website nanti. Poin-poin tersebut nantinya juga akan sangat berpengaruh terhadap konten yang akan dibuat. Sebisa mungkin konten-konten tersebut mempunyai nilai informasi dan edukasi yang tinggi.

Hal ini bertujuan untuk membangun citra positif untuk perusahaan. Sehingga kredibilitas perusahaanmu pun akan lebih diakui.

Tampilan

Setelah menentukan tujuan website, kini saatnya kamu menentukan tampilan atau gaya. Faktor ini juga akan berpengaruh untuk membangun citra perusahaan. Pemilihan komposisi warna dan tata letak juga menjadi hal yang cukup penting untuk menonjolkan image perusahaan.

Bahkan tak hanya gaya desain website saja yang harus diperhatikan. Gaya berkonten pun juga demikian. Terutama dalam segi bahasa. Pilihlah bahasa yang sesuai dengan audience yang kamu targetkan. Sehingga pesan yang ingin tersampaian akan lebih mudah diserap oleh audience.

Story Telling

Story telling atau bercerita menjadi langkah ke tiga saat kamu ingin membuat website company. Audience cenderung lebih menyukai cerita. Sehingga jika kamu ingin menyampaikan profil perusahaan kepada mereka, kamu juga harus menyajikannya dalam sebuah cerita.

Tidak hanya sekedar angka dan tanda baca saja. Kamu bisa memulainya dengan menceritakan sejarah perusahaanmu berdiri, tahun berapa hingga bagaimana prosesnya. Buatlah seinspiratif mungkin agar audience tergerak hatinya oleh perusahaanmu.

Bagaimana cara membuat story telling yang menarik untuk brand kosmetik? Simak di sini!

Tentukan Misi

Langkah berikutnya untuk membuat website company profile adalah menentukan misi. Tulisakan dengan lengkap tentang misi yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Mulai dari nilai, etos dan nitche pada bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Menuliskan misi ini juga menjadi aspek penting untuk perusahaan. Sebab kredibilitas perusahaan juga dapat dinilai dari misi yang sedang dianut dan dijalankan. Melalui misi ini kamu juga dapat menonjolkan nilai dari perusahaan.

Buatlah audience terpesona atau tertarik dengan perusahaan ini. Kamu perlu memberi tahu mereka tentang apa saja yang akan kamu tawarkan. Apa kelebihan tawaran itu jika dibandingkan dengan kompetitor.

Mungkin sekilas hal ini tampak sepele. Namun secara tidak langsung, saat membuka website, audience pasti akan membandingkannya dengan kompetitor.

Mereka akan memilih mana yang lebih baik dan menguntungkan bagi mereka. Oleh karena itu, kamu harus meyakinkan para calon konsumen tersebut melalui misi yang jelas.

Sertakan Testimoni

Poin penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan dalam membuat website adalah dengan menyetakan kolom testimoni. Kolom ini memberikan umpan balik pada audience. Jadi mereka punya pandangan lain mengenai perusahaanmu melalui sudut pandang yang berbeda.

Tentu testimony ini akan meninggalkan kesan yang lebih natural dan tidak dibuat-buat. Sehingga masyarakat pun akan lebih percaya. Di perusahaan Business to Business mengatakan bahwa testimonial dari klien dan juga konsumen merupakan salah satu faktor untuk mencapai kesuksesan.

Bahkan trust atau kepercayaan seorang konsumen juga dapat kamu bangun melalui testimony ini. Jadi sangat penting bagi kamu untuk menambahkan kolom testimony pada website company profile professional.

Sertakan Kontak

Langkah selanjutnya yang harus kamu perhatikan ketika membuat website company profile professional adalah kontak. Dengan adanya kontak, calon klien maupun konsumen pun dapat dengan mudah menghubungi perusahaan kamu.

Bahkan dengan menambahkan kontak pada website juga dapat menambah nilah kredibilitas pada perusahaan. Beberapa kontak yang hatus kamu seratakan adalah nomor telefon, email, fax hingga beragam sosial media perusahaan.

Tak lupa juga sertakan alamat lengkap perusahaan. Selain itu apabila profil perusahaanmu juga ada padamwebsite lain, kamu bisa menambahkan hyperlink di bagian bawah halaman. Link tersebut nantinya akan membawa pengunjung untuk mengetahui informasi atau kontak lebih lanjut mengenai perusahaan.

Format Yang Kosisten

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa website menjadi wajah bagi perusahaan. Format ini mulai dari font, ukuran, hingga tata letak, semua harus konsisten.

Sebab hal tersebut merupakan sebuah cirri khas untuk perusahaan. Selain itu warna dan visual juga menjadi pengingat tersendiri. Oleh karena itu sangat dibutuhkan konsistensi dalam hal ini. Semakin konsisten format yang kamu buat, pengunjung pun akan dengan lebih mudah mengenalinya.

Nah, itulah beberapa manfaat dan cara membuat website profile professional. Bagi kamu para pelaku bisnis pemula, memiliki website sangatlah penting. Sebab website ini nantinya akan menjadi wajah bagi perusahaan yang kamu jalankan. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment