Cara Membuat Kategori di Shopee Seller Center, Mudah Banget!

cara membuat kategori di shopee (2)

Berjualan online di Shopee memang sangat menjanjikan, karena jumlah penggunanya yang tinggi dan intensitas kunjungannya kian meningkat. Namun, di sisi lain tingkat persaingan pasarnya juga sangat kompetitif. Karenanya kamu harus memiliki strategi pemasaran yang matang dan efektif.

Shopee sendiri merupakan e-commerce besar dengan berbagai fitur menarik, baik untuk pembeli maupun penjual. Fitur-fitur inilah yang akan membantumu meningkatkan peforma toko, menarik konsumen, dan meningkatkan penjualan produk.

Dari berbagai fitur tersebut Kategori merupakan fitur dasar yang harus kamu pertimbangkan keberadaannya. Sebab ketika membuat kategori produk atau toko, kamu bisa memudahkan pembeli untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Hal ini tentu akan membuat konsumen lebih merasa nyaman dan efisien ketika berbelanja. Sehingga akan meningkatkan minat mereka untuk kembali mengunjungi tokomu dan melakukan pembelian ulang.

Nah, lantas bagaimana cara membuat kategori di Shopee? Juga kira-kira apa sih, manfaat cara membuat kategori di Shopee ini untuk bisnismu?

Langsung cek ulasan lengkapnya dalam artikel ini, ya!

Cara Membuat Kategori di Shopee dengan Mudah

cara membuat kategori di shopee (1)

Beautypreneurs, cara membuat kategori di Shopee ini penting untuk kamu pelajari. Mengingat, salah satu alasan konsumen beralih belanja online adalah karena nilai praktisnya.

Karena itu, kategori produk yang ada di tokomu ini akan semakin membantu mereka dengan mudah menemukan produk yang mereka inginkan. Jadi jangan lewatkan cara membuat kategori di Shopee ini, ya!

Kategori toko yang ada di Shopee ini terdiri dari dua jenis, yakni Pemilihan Manual dan Filter Berdasarkan Aturan Toko.

Lantas apa perbedaan keduanya? Dan bagaimana cara membuat kategori di Shopee pada tiap jenis? Langsung cek penjelasan dan langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Membuat Kategori di Shopee dengan Pemilihan Manual

Jenis Kategori yang pertama adalah Pemilihan Manual. Jenis ini memungkinkanmu untuk memilih secara manual produk yang ingin kamu tambahkan dalam kategori produk tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan jenis produk sesuai dengan kebutuhan promosi toko onlinemu. Baik dari set skincare/kosmetik yang kamu buat, berdasarkan promosi yang ada, hingga variasi harganya.

Nah, cara membuat kategori di Shopee dengan pilihan manual ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini, Beautypreneurs.

Cara Membuat Kategori Produk Manual di Shopee

  1. Pertama Log In ke akun jualanmu di Shopee. Setelah itu pilih Tambah Kategori untuk memulai cara pembuatan.
  2. Setelah itu masukkan nama kategori produk yang ingin kamu buat, serta pilih jenis kategori toko sebagai Pemilihan Manual.
  3. Berikutnya kamu bisa segera memasukkan berbagai jenis produk/penawaran dalam kategori ini. Misalnya dengan mencari nama atau kode produk.
  4. Setelah menentukan dan menemukan produk yang kamu ingikan, akhiri dengan klik tombol Konfirmasi dan Selesai.

Bikin Kategori Toko Berdasarkan Aturan Toko

Selain menggunakan Pemilihan Manual, kamu juga bisa menggunakan jenis kategori yang disesuaikan dengan aturan toko.

Cara membuat kategori di Shopee ini memungkinkan pemilihan produk dalam kategori secara otomatis, sesuai dengan filter yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Langkah ini cenderung lebih simple daripada Pemilihan Manual, karena kamu tidak perlu memilih satu per satu produk yang ingin kamu kelompokkan dalam kategori tersebut.

Nah, cara membuat kategori di Shopee sesuai dengan aturan toko ini juga enggak ribet. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa step mudahnya berikut ini.

Cara Membuat Kategori di Shopee Berdasarkan Aturan Toko

  1. Langkah pertama, klik Tambah Kategori Produk, kemudian masukkan nama kategori.
  2. Pilih  jenis kategori filter Berdasakan Aturan.
  3. Lanjutkan dengan klik Buat Aturan Filter untuk memilih produk dalam kategori secara otomatis
  4. Kemudian masukkan kriteria kategori, seperti merk, waktu upload produk, harga produk, serta besaran diskon.
  5. Selanjutnya cari produk berdasarkan aturan filter yang telah akmu atur sebelumnya.
  6. Periksa dan pilih produk yang sudah difilter oleh sistem, kemudian klik Konfirmasi Pembuatan Kategori Toko.
  7. Setelah itu aktifkan kategori pada halaman utama tokomu.

Baca Juga: Ketahui 7 Jenis Promo di Shopee untuk Tingkatkan Penjualan Produk Ini!

Manfaat Mengatur Kategori Toko di Shopee untuk Bisnismu

cara mengelola keuangan untuk toko online

Meski pembuatannya cukup mudah, sayangnya enggak semua toko online di Shopee menggunakan Kategori pada toko online mereka. Karena enggak sedikit seller yang merasa Kategori ini kurang penting dan tidak terlalu membantu peforma toko mereka. Apa benar begitu?

Well, jauh dari aggapan tersebut, sebenarnya mengatur Kategori di Shopee pada toko online-mu bisa memberikan manfaat tersendiri untuk bisnsimu. Seperti yang akan diulas berikut ini!

Membuat Tampilan Toko Lebih Menarik dan Rapi

Dengan membuat kategori di Shopee, tampilan toko online-mu pun akan terlihat lebih teratur dan rapi. Karena kamu bisa menyusun berbagai jenis produk jualanmu dalam kategori terpisah, kamu bisa mengaturnya dari series, fungsi, hingga harga produk.

Meng-Highlight Produk Unggulan dan Produk Baru

Tak hanya membuat tampilan jadi lebih rapi, kamu juga bisa menggolongkan produkmu ke dalam berbagai jenis kategori khusus yang bisa menarik konsumen. Misalnya dengan meng-highlight produk unggulan dari tokomu, maupun produk terbaru.

Secara tak langsung kamu juga membuat produk-produk ini mendapatkan sorotan tersendiri. Sehingga lebih mudah ditemukan oleh konsumen saat berbelanja di toko online-mu.

Membuat Konsumen Lebih Betah Berbelanja

Manfaat cara mengatur kategori di Shopee selanjutnya adalah membuat konsumen lebih betah berbelanja. Mereka tak perlu scroll terlalu panjang, apalagi kalau kamu menjual produk dari kategori yang beragam dan dalam jumlah yang banyak.

Adanya kategori produk ini akan membantu mereka dalam menemukan produk yang diinginkan, sehingga proses belanja akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Mendorong Minat Beli Konsumen

Ketika produk-produk dengan diskon besar atau pada periode promosi yang sama digolongkan menjadi satu, konsumen bisa menambah barang-barang belanjaan mereka dengan lebih mudah.

Sebagai contoh, ketika kamu memasang promo pada beberapa produk sekaligus dan menggolongkannya dalam satu kategori. Konsumen akan merasa sayang jika hanya membeli satu produk.

Apalagi jika kamu memadukannya dengan minimal gratis ongkir, di mana harga produk yang didiskon ini berada di bawah minimal tersebut. Maka, konsumen akan membeli produk dalam kategori diskon yang sama untuk menutupi jumlah minimal tersebut.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal kategori Toko di Shopee. Termasuk bagaimana cara membuat Kategori di Shopee dan manfaatnya buat toko online-mu.

Meski kadang terlihat cukup remeh, namun detil sekecil apapun yang berpotensi membuat bisnismu mudah berkembang sangat patut untuk kamu pertimbangkan.

Apalagi kalau kamu baru memulai bisnis online ini. Shopee memang menyediakan kesempatan yang besar untukmu menjaring banyak konsumen. Namun, jumlah kompetitor toko online-mu pun tak sedikit. Bahkan, tak menutup kemungkinan mereka menjual produk yang serupa atau sama persis dengan jualanmu.

Karenanya, kamu harus siap menghadapi persaingan di pasar Shopee ini dengan berbagai senjata dan strategi yang tepat. Termasuk mempelajari dan mempraktekkan cara membuat kategori di Shopee yang telah kita bahas di atas.

Well, sampai dulu tips bisnis kali ini. Kamu bisa mencari tip-tip lain yang ter-update di Berita Terkini.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan semoga berhasil, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment