Ketahui 7 Jenis Promo di Shopee untuk Tingkatkan Penjualan Produk Ini!

jenis promo

Shopee merupakan salah satu e-commerce yang sangat besar di Indonesia. Bukan tanpa sebab, e-commerce dengan sebutan Toko Oren ini menyediakan berbagai jenis fitur dan promo menarik. Baik untuk memanjakan pembeli, hingga meningkatkan pesanan dan pendapatan seller.

Beautypreneurs, kamu pasti memahami bahwa strategi promosi dan penjualan produk adalah hal yang sangat penting untuk kelansungan bisnis. Tak terkecuali ketika kamu membuka toko online di Shopee, yang pada dasarnya memiliki persaingan tinggi.

Kabar baiknya, e-commerce ini menyajikan berbagai fitur menarik yang menjanjikan keuntungan tambahan bagi penjual. Yap! Misalnya berbagai jenis promo di Shopee yang efektif untuk meningkatkan pesanan dan penjualan produk.

Fitur yang secara khusus digolongkan dalam menu Tingkatkan Pesanan dengan Promo ini, memang tujuannya untuk membantu menghasilkan pendapatan lebih besar pada penjual.

Menariknya lagi, dari sekian jenis promo di Shopee ini, kamu bisa mengkombinasikannya sehingga penawaran pun akan terlihat lebih menarik di mata konsumen.

Penasaran, kan, apa saja jenis promo di Shopee yang bisa tingkatkan pesanan dan penjualan produkmu? Simak daftar dan penjelasannya di bawah ini!

Pentingnya Menggunakan Berbagai Jenis Promo di Shopee

Sebelum membahas mengenai berbagai jenis promo yang ada di Shopee, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa fitur ini begitu penting untuk kamu pelajari dan sangat direkomendasikan untuk digunakan?

Well, seperti yang kamu tahu, Shopee merupakan pasar online yang sangat ramai. Tak hanya dipenuhi oleh konsumen, namun berbagai penjual/pengusaha dari berbagai penjuru dunia. Bisa kamu bayangkan seberapa intens atau tingginya pasar persaiangan dalam e-commerce ini, bukan?

Apalagi produk dari luar negeri umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah. Bahkan pilihannya pun terbilang lebih variative, karenanya semakin sulit juga bagi pebisnis pemula untuk memikat konsumen dan mendapatkan keuntungan dengan cepat.

Di sinilah peranan penting menggunakan berbagai jenis fitur promosi yang ada di Shopee. Tak hanya memikat konsumen, kamu bisa membuat awareness toko juga kian meningkat, produk-produk dapat bersaing dengan toko lain, juga kesempatan menjangkau target pasar baru.

7 Jenis Promo di Shopee untuk Tingkatkan Pesanan Produk

jenis promo di shopee

Melansir dari laman Edukasi Seller, hingga kini terdapat tujuh jenis promo di Shopee yang bisa seller gunakan untuk meningkatkan pendapatan toko.

Apa saja? Yuk, baca penjelasannya sampai habis!

Voucher Toko Saya

Jenis promo di Shopee yang pertama adalah Voucher Toko Saya, yang menurut klaimnya mampu mendorong pembeli untuk berbelanja lebih banyak produk dalam sekali checkout.

Sebab, dalam penerapannya terdapat syarat minimal belanja, sehingga voucher tersebut dapat digunakan oleh konsumen. Syarat minimal ini bisa kamu tentukan sendiri, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi toko online-mu.

Nah, Voucher Toko Saya ini ada dua jenis, yakni Voucher Toko dan Voucher Produk. Berikut penjelasan lengkapnya:

Voucher Toko

Voucher Toko merupakan jenis voucher yang nantinya bisa konsumen gunakan pada semua produk di toko. Umumnya, voucher ini pun akan ditampilkan pada halaman muka toko online-mu.

Voucher Produk

Voucher Produk merupakan jenis voucher yang dipasang secara eksklusif hanya pada produk tertentu saja. Selain terpajang pada halaman utama, voucer ini pun bisa Seller bagikan secara khusus melalui Chat Broadcast pada pembeli pilihan.

Ketika membuat Voucher Produk, kamu bisa memilih untuk menampilkan voucher ini pada tiap halaman. Bahkan bisa juga mengaturnya untuk tak tampil pada halaman mana pun lewat opsi Pengaturan Tampilan Voucher.

Promo Toko

Jenis promo di Shopee selanjutnya adalah Promo Toko. Ketika menggunakan promo ini, kamu sama saja dengan membuat diskon harga coret. Karena begitu dipasang akan menampilkan harga sebelum dan setelah diskon yang kamu pasang.

Lebih menariknya lagi, produk dengan pengaturan Promo Toko akan memiliki tag diskon khusus. Sehingga bisa menarik perhatian dan minat pembeli untuk megunjungi halaman produk tersebut.

Selain itu, pemberian harga coret ini pun bisa memberikan banyak manfaat. Termasuk meningkatkan visibilitas toko dan produk, meningkatkan penjualan, hingga menarik calon konsumen baru ke tokomu.

Ketika mengatur diskon promo toko atau harga coret ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget toko. Kamu bisa mengatur periode, nilai diskon yang diberikan, serta memilih produk yang ingin kamu promosikan.

Paket Diskon

Jenis promo di Shopee selanjutnya adalah paket diskon. Fitur ini memungkinkanmu untuk membuat promo dalam bentuk paket atau bundle, yakni dengan menggabungkan beberapa produk dalam satu paket yang sama.

Sehingga konsumen akan mendapatkan beberapa produk dalam satu kali checkout. Promosi ini bisa membantu meningkatkan jumlah penayangan produk, menjual lebih banyak barang jualan, hingga membantu mengurangi stok produk yang menumpuk.

Selain itu, visibilitas produk pun semakin tinggi karena adanya tag khusus saat berbelanja produk Paket Diskon yang kamu pasang. Konsumen pun bisa menelusuri daftar produk yang termasuk dalam kategori paket diskon dengan meng-klik Lihat Semua pada bagian halaman rincian produk.

Promo ini sangat baik untuk kamu gunakan bila memiliki stok produk besar, menjual produk yang kurang diminati, hingga memasarkan produk baru.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan paket diskon di Shopee? Cek langkahnya di sini!

Kombo Hemat

Selain paket diskon ada juga Kombo Hemat, yang bisa mendorong konsumen untuk membeli lebih dari satu produk dalam tokomu.

Ketika memasang jenis promo di Shopee ini, kamu bisa membuat diskon pada produk tambahan ketika konsumen berbelanja produk keinginan mereka. Selain itu, kamu juga bisa memberikan hadiah produk ketika konsumen telah mencapai atau melampaui minimal belanja yang telah kamu pasang sebelumnya.

Inilah yang akhirnya membuat konsumen termotivasi untuk membeli lebih banyak produk di tokomu.

Penggunaan promo ini juga bisa meningkatkan visibilitas produk, brand awareness, hingga menambah daya saing produk. Sebab, konsumen akan melihat label Kombo Hemat atau Hadiah Gratis pada produk yang kamu daftarkan dalam jenis diskon di Shopee ini.

Tak hanya itu, jumlah kunjungan produk dan toko pun bisa meningkat karena pembeli dapat menelusuri daftar produk tambahan. Beserta harga diskon yang telah kamu atur, yakni lewat Lihat Lainnya pada bagian Kombo Hemat dalam laman rincian produk tersebut.

Selain barang-barang yang mendapatkan promo serupa, pembeli pun bisa meninjau daftar hadiah gratis yang kamu tawarkan, lewat Lihat Lainnya dalam halaman rincian produk tersebut.

Flash Sale Toko Saya

Tak hanya berupa potongan harga atau memberi hadiah tambahan, jenis promo di Shopee selanjutnya pun berbentuk event Flash Sale Toko.

Yap! Hampir serupa dengan flash sale yang ada di halaman beranda depan aplikasi Shopee. Flash Sale ini bisa membantu menarik pehatian pengunjung toko online-mu, khususnya melalui penawaran terbatas pada produk yang telah kamu atur sebelumnya.

Keunggulan jenis promo ini adalah adanya akses untuk mengetahui jumlah produk yang telah di-klik serta pengingat yang diaktifkan oleh konsumen. Sehingga, kamu bisa memperkirakan berapa jumlah permintaan terhadap produk tersebut.

Dari sini kamu juga bisa mengukur produk mana yang paling banyak dibeli dan dinantikan masyarakat. Serta melihat efektivitas penggunaan promo Flash Sale Toko Saya pada peningkatan jumlah pembelian atau pemesanan produk.

Selain harga produk, salah satu hal yang paling berpengaruh besar pada keputusan konsumen saat membeli produk adalah biaya pengiriman pesanan. Yap! Karena itulah memasang promo gratis ongkir pada tokomu bisa memberikan perubahan besar pada minat beli konsumen.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Mengikuti Flash Sale Shopee untuk Seller

Promo Gratis Ongkir Toko

Kamu bia mengaktifkan fitur Gratis Ongkir ini melalui menu Promo Gratis Ongkir Toko. Kamu bisa mengatur jumlah potongan ongkos kirim, minimal pembelian untuk klaim, juga menyesuaikan ekspedisi terkait.

Ketika memasang promo ini pada tokomu, produk-produk yang ada akan tampil dengan tag Gratis Ongkir pada headline produk dan dalam Informasi Ongkir pada deskripsi/rincian produk.

Ini tentu akan dapat menarik minat konsumen untuk meng-klik dan mengunjungi halaman produkmu. Akhirnya jumlah penayangan dan trafik toko online-mu di Shopee pun akan meningkat.

Koin Penjual

Jenis promo di Shopee terakhir adalah Koin Penjual. Kamu bisa membuat konsumen untuk berpartisipasi pada kegiatan promosi toko yang kamu lakukan, misal dengan mengikuti streaming atau live, memberikan cashback berupa koin Shopee, dan banyak lainnya.

Koin Shopee ini nantinya dapat digunakan untuk membeli produk kembali, sehingga konsumen bisa merasa diuntungkan.

Nah, itu adalah berbagai jenis promo di Shopee yang bisa kamu jadikan sebagai strategi pemasaran bisnis online-mu. Dengan demikian, kamu bisa menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan pendapatan toko.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment