Cara Membuat Paket Diskon di Shopee yang Mudah dan Menguntungkan!

Memulai berjualan di Shopee memang mudah, namun bukan berarti tak ada tantangan sama sekali. Justru karena kemudahannya ini, banyak pebisnis lainnya yang juga melebarkan sayap usaha mereka lewat toko orange tersebut. Dengan kata lain, persaingan pasarnya juga cukup ketat.

Nah, sebagai pemula tentu cukup sulit untukmu menembus persaingan ini. Terlebih tak hanya brand-brand kecil, ada banyak brand besar dan telah memiliki penggemar di penjuru dunia yang memasarkan produk mereka di Shopee.

Pertanyaannya, bagaimana cara penjual baru bisa memenangkan persaingan di pasar Shopee?

Well, kamu tak perlu khawatir. Karena Shopee memiliki berbagai fitur menarik yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan peforma toko. Salah satunya dengan berbagai jenis promo dan potongan harga yang dapat kamu sematkan pada toko online-mu.

Jenis promo di Shopee yang cukup popular antara lain adalah Paket Diskon. Apa kamu sudah pernah dengar jenis promo ini sebelumnya?

Dengan menggunakan Paket Diskon ini kamu bisa memberikan potongan harga pada beberapa produk sekaligus. Tak hanya itu, ada banyak keuntungan yang bakalan kamu dapatkan, termasuk membuat konsumen merasa lebih berminat untuk membeli produk tersebut.

Penasaran mengenai cara kerja jenis promosi ini? Lantas bagaimana cara membuat Paket Diskon di Shopee? Simak langsung penjelasannya di ulasan berikut ini!

Apa Itu Paket Diskon Shopee?

Sebelum membahas bagaimana cara membuat Paket Diskon di Shopee, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai pengertian dasar dan tujuan dari fitur ini terlebih dahulu.

Melansir dari laman Edukasi Seller, Paket Diskon merupakan jenis promo yang memungkinkan konsumen untuk membeli berberapa produk sekaligus dengan harga lebih terjangkau.

Paket Diskon sendiri merupakan jenis fitur Promo yang ada dalam Seller Centre dan memungkinkan bagi seller untuk meningkatkan penjualan toko mereka. Paket Diskon ini pun sangat cocok bagi seller baru yang mau menggaet lebih banyak pembeli.

Selain itu adanya Paket Diskon ini sangat berguna untuk meningkatkan penjualan produk, menghabiskan stok yang menumpuk, hingga mempromosikan produk baru dari brand milikmu.

Sebab kamu bisa mengatur kombinasi produk dalam Paket Diskon tersebut. Kamu bisa mengkombinasikan produk popular dengan produk yang kurang laku. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir adanya kerugian dan meningkatkan pembelian produk.

Ketika membuat Paket Diskon di Shopee ini, kamu juga bisa memberikan potongan harga pada beberapa produk sekaligus. Kamu bisa menentukan besaran diskon sesuai dengan jumlah produk yang kamu kategorikan dalam bundle yang sama.

Ini akan memudahkan konsumen utnuk melakukan checkout saat berbelanja di tokomu. Selain itu, konsumen pun akan terdorong untuk membeli lebih banyak produk, karena merasa paket tersebut memberikan lebih banyak keuntungan daripada hanya membeli satu produk.

Baca Juga: 11 Kesalahan Jualan di Shopee yang Umum Dilakukan Pemula, Perhatikan!

Cara Membuat Paket Diskon di Shopee untuk Seller

Cara membuat Paket Diskon di Shopee sangat mudah, kamu bisa mengatur besaran potongan harga, mengombinasikan produk dalam bundle, hingga mengatur panjang periode promo berlangsung.

Simak langkah mudah cara membuat Paket Diskon di Shopee berikut ini!

Masuk ke Laman Penjual

Langkah pertama dalam cara membuat Paket Diskon di Shopee adalah dengan masuk ke laman Seller Center dan Login ke akun jualanmu.

Pilih Promosiku

Setelah masuk dalam beranda, kamu bisa langsung memilih Promosiku untuk melanjutkan cara membuat Paket Diskon di Shopee.

Buat Promosi Paket Diskon

Setelah itu kamu akan dialihkan ke laman riwayat pemasangan promosi. Selanjutnya klik Promo Diskon Baru dan pilih +Buat Paket Diskon.

Lengkapi Detail Promosi

Secara otomatis kamu akan diarahkan untuk melengkapi detil promosi yang akan kamu pasang. Dalam laman ini kamu harus mengisi rincian Paket Diskon yang akan kamu buat.

Termasuk mengatur harga produk, membuat nama paket diskon yang kamu inginkan, hingga mengatur durasi promosi berlangsung.

Pastikan semua keterangan tersebut benar dan sesuai dengan kebutuhan. Terlebih pada bagian masa promosi, karena kamu tidak dapat memperpanjang promo tersebut setelah memulainya. Kamu hanya bisa memperpendek atau menghentikan masa promo ketika berlangsung.

Simpan dan Pilih Produk

Setelah detil yang kamu masukkan sudah tepat, maka kamu bisa menyimpannya dengan klik Simpan dan Pilih Produk.

Kamu kemudian akan diminta untuk memilih produk yang akan dimasukkan ke dalam satu paket. Kamu bisa menggunakan fitur centang untuk memilih produk mana saja yang ingin kamu masukkan dalam paket.

Untuk mempermudah pencarian produk, kamu bisa menggunakan fitur Search. Fitur ini sangat membantu, apalagi kalau kamu memiliki jumlah produk yang banyak.

Kalau sudah, kamu bisa langsung mengkonfirmasi produk pilihanmu tersebut dengan Konfirmasi.

Klik Selesai

Terakhir, setelah memastikan semua keterangan promo dan memasukkan produk dengan tepat. Kamu bisa langsung menyelesaikan cara membuat Paket Diskon di Shopee dengan klik Selesai. Dengan begitu promo telah aktif secara otomatis, kamu bisa memantaunya pada menu Promosiku.

Tips Agar Promo Paket Diskon Bisa Membawa Manfaat Optimal

Setelah mengetahui langkah-langkahnya di atas, kamu pasti setuju bahwa cara membuat Paket Diskon di Shopee cukup mudah.

Nah, tahukah kamu kalau ada beberapa tips menarik yang bisa kamu terapkan agar promo Paket Diskon ini bisa membawa manfaat optimal?

Nggak percaya? Baca tips-nya di bawah ini, deh!

Tentukan Batas Pembelanjaan

Tips agar Promo Paket Diskon bisa membawa manfaat optimal kamu bisa menentukan batas pembelanjaan oleh konsumen. Misal dengan minimal pembelian tertentu, mereka bisa mengklaim hadiah gratis atau menambah nominal tertentu untuk mendapatkan tambahan produk.

Ini akan membuat konsumen membeli lebih banyak produk. Di samping itu, produk yang kamu jual pun akan jadi lebih eksklusif dan menarik pembeli untuk menambah belanjaan mereka.

Berikan Batas Waktu yang Ketat untuk Meningkatkan Urgensi

Selanjutnya, kamu bisa menetapkan batas waktu yang ketat untuk meningkatkan urgensi pembelian produk. Melihat periode promosi yang tak begitu panjang, akan mendorong pembelian impulsive konsumen ketika melihat Paket Diskon yang kamu tawarkan.

Kombinasikan Produk yang Tepat

Tips selanjutnya adalah dengan mengombinasikan produk yang tepat. Ada baiknya untukmu memilih produk yang dapat saling melengkapi atau produk dengan jenis yang sama.

Dengan begitu, konsumen tidak akan merasa dirugikan dan dapat menyesuaikan produk mana yang mereka inginkan.

Sesuaikan Paket Produk Menurut Kebutuhan Konsumen

Untuk membuat promo ini kian diminati, kamu bisa menyesuaikan produk dengan kebutuhan dan kebiasaan konsumen.

Melansir dari laman Shopee Education Seller, ada beberapa jenis produk yang cocok untuk kamu kombinasikan dalam paket diskon.

Kebutuhan

Yang termasuk dalam kategori ini adalah produk dengan umur simpan yang lebih lama, pemakaian yang rutin, dan seringnya konsumen beli dalam jumlah besar.

Variasi

Kamu bisa menambahkan kombinasi produk yang variative, seperti memasukan makeup atau pakaian dalam pilihan yang berbeda. Misal, dua buah lipstick atau atasan dengan warna berbeda namun tetap senada.

Lifestyle

Memadukan produk sesuai dengan gaya hidup pun bisa memberikan banyak keuntungan, karena tiap gaya hidup memiliki kebutuhannya sendiri.

Sebagai contoh orang yang memiliki gaya hidup sehat akan membeli pakaian, kosmetik, dan perlengkapan lain yang dapat menunjang kebutuhan mereka.

Hal serupa ketika konsumen merupakan pegawai kantoran yang aktif. Mereka akan cenderung memilih pakaian yang formal, make up daily dan skincare untuk merawat penampilan mereka.

Acara atau Event

Penting juga untukmu mempertimbangkan bundling product sesuai dengan acara tertentu yang akan datang. Misalnya, pada bulan-bulan menjelang hari Raya, konsumen akan mencari fesyen dan kosmetika yang mendukung kegiatan tersebut.

Begitu pula ketika kamu menjual makanan dan minuman, akan lebih baik untuk menyiapkan stok produk dan Paket Diskon untuk memenuhi kebutuhan perayaan hari Raya tersebut.

Nah, itu adalah cara membuat paket diskon di Shopee yang bisa kamu terapkan pada tokomu. Dengan begitu, kamu bisa mendulang lebih banyak keuntungan dan menarik perhatian konsumen baru.

Selamat mencoba dan semoga beruntung, Beautyprenueurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment