Cara Riset Kata Kunci di Tokopedia untuk Tingkatkan Kunjungan Toko

cara riset kata kunci di tokopedia

Sebagai salah satu e-commerce yang paling banyak dikunjungi pada kuartal IV tahun 2021, Tokopedia menjadi lapak jual beli yang menjanjikan. Namun, untuk membuat bisnismu kian lancar, tak ada salahnya untuk mempelajari cara riset kata kunci di Tokopedia.

Seperti yang kamu tahu, Tokopedia merupakan salah satu e-commerce paling popular di Indonesia. Bahkan, pada akhir tahun 2021 lalu, Tokopedia menjadi e-commerce dengan jumlah kunjungan per bulan tertinggi.

Jumlah pengunjung yang fantastis inilah membuat Tokopedia menjadi lapak jualan yang menjanjikan. Tak ayal banyak pedangan dan pebisnis yang memasarkan produk mereka lewat lapak hijau ini. Akhirnya tingkat persaingan pasar di Tokopedia pun samakin ketat.

Sebagai seorang pengusaha, kamu tentu harus menyiapkan strategi pemasaran dan penjualan produk yang tepat. Sehingga toko online-mu dapat memenangkan persaingan pasar, menjaring konsumen lebih banyak, dan dapat menghasilkan penjualan produk.

Salah satunya adalah dengan memilih kata kunci (Keyword) yang tepat untuk mempromosikan, juga memajang produkmu. Dengan begitu peluang produk ditemukan oleh konsumen pun akan semakin besar, sehingga kesempatan produk terjual juga akan kian tinggi.

Nah, penasaran kan apa sih keuntungan dan cara riset kata kunci di Tokopedia? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini, ya!

Pentingnya Melakukan Riset Kata Kunci di Tokopedia

Ketika membicarakan soal kata kunci, yang terlintas pastilah seputar Website dan SEO. Yap! Kata kunci di Tokopedia juga memiliki konsep dan tujuan serupa dengan yang ada di Website.

Penggunaan kata kunci ini umumnya diaplikasikan pada deskripsi, headline penawaran produk, hingga pada nama toko online-mu. Tak hanya itu, kata kunci juga umumnya diterapkan dalam pembuatan iklan di Tokopedia.

Well, meski penting untuk diterapkan pada beberapa hal di atas, nyatanya tak banyak orang yang paham mengenai pentingnya melakukan riset kata kunci di Tokopedia.

Biar kamu tak sama ketinggalannya, simak berbagai alasan mengapa cara melakukan riset kata kunci di Tokopedia penting untuk seller berikut ini!

Meningkatkan Visibilitas Produk dan Toko

Penggunaan kata kunci ini bisa menjaid strategi SEO Tokopedia, yang dapat membantu meningkatkan bisnismu agar lebih mudah dikenal dan ditemukan oleh banyak orang.

Kamu pasti tahu bahwa umumnya calon pembeli akan melakukan pencarian produk dengan memasukkan kata/kalimat tertentu. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi mereka menemukan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Sebab, jika scroll sampai bawah akan banyak sekali penawaran toko dari berbagai kategori. Pencarian seperti ini akan menyusahkan konsumen.

Nah, ketika kamu menggunakan kata kunci untuk menamai produk, deskripsi, hingga pada nama toko. Maka akan semakin mudah produkmu untuk ditemukan oleh konsumen yang menggunakan kata kunci tersebut.

Meraih Konsumen Potensial

Karena mudah ditemukan, maka secara tak langsung menggunakan keyword ini bisa membuatmu kian gampang meraih konsumen potensial.

Konsumen yang telah melakukan pencarian berdasarkan kata kunci ini umumnya telah bertekad untuk membeli produk. Sebab itu, mereka akan mencari penawaran dengan headline yang paling relevan dengan kata kunci tersebut.

Ketika menamai produk dengan kata kunci yang tepat, produkmu akan tampil pada hasil pencarian teratas. Dan faktanya, sangat jarang ada konsumen yang suka scroll sampai bawah untuk melihat hasil pencarian lainnya.

Kesempatan Penjualan Produk Meningkat

Saat produk berhasil menarik perhatian konsumen, maka kesempatan terjadinya penjualan pun akan kian meningkat.

Untuk memaksimalkan manfaat penggunaan kata kunci ini, kamu bisa menyusun deskripsi produk yang lengkap, jelas, dan sesuai. Tak hanya itu, gunakan pula foto produk yang menarik dan menjual agar kepercayaan konsumen kian meningkat.

Meningkatkan Traffic Toko Online

Ketika memasang produk dengan kata kunci yang tepat, konsumen akan lebih mudah menemukan dan tertarik untuk meninjau produk yang kamu tawarkan.

Hal ini tentu bisa berpengaruh besar pada peningkatan traffic halaman produk dan toko online-mu di Tokopedia. Tak hanya itu, ketika pembelian berhasil terjadi, konsumen akan meninggalkan review dan komentar yang dapat meningkatkan peforma tokomu.

Baca Juga: 8 Jenis Keyword untuk Tingkatkan Traffic Website Bisnis dan Contohnya!

Cara Riset Kata Kunci di Tokopedia yang Tepat

cara riset kata kunci di tokopedia (2)

Setelah mengetahui pentingnya kata kunci ini, kamu pasti sudah tak sabar untuk segera menerapkannya pada strategi pemasaran produk dari tokomu, bukan?

Well, jangan khawatir Beautypreneurs, karena cara riset kata kunci di Tokopedia cukup mudah untuk kamu lakukan. Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan kata kunci produk yang cocok di Tokopedia.

Penasaran? Simak kedua cara riset kata kunci di Tokopedia berikut ini!

Cara Riset Kata Kunci di Tokopedia Lewat Hal Statistik Wawasan Pasar

Tokopedia memang terbaik kalau menyangkut fitur seller. Kamu tak perlu merasa bingung ketika ingin memasarkan atau mempromosikan produk, karena e-commerce ini memiliki beragam fitur yang menarik untuk dicoba.

Salah satunya adalah Halaman Statistik Wawasan Pasar, yang bisa juga kamu gunakan sebagai cara riset kata kunci di Tokopedia.

Tak hanya mengecek keyword atau kata kunci yang relevan dengan produk dan tokomu. Lewat halaman ini, kamu juga bisa melakukan riset kompetitor. Sehingga strategi pemasaran dan penjualan produkmu akan semakin matang.

Lantas bagaimana cara riset kata kunci di Tokopedia lewat Halaman Wawasan Pasar? Simak langkahnya di bawah ini, Beautypreneurs!

  1. Masuk ke halaman Seller Center Tokopedia, kemudian login ke akun jualanmu.
  2. Pilih menu Statistik yang ada dalam kolom sebelah kiri.
  3. Selanjutnya pilih Wawasan Pasar
  4. Secara otomatis akan disuguhkan berbagai kategori yang ingin dipantau. Untuk mencari kata kunci, kamu bisa klik Kata Kunci Populer.

Setelah itu akan ditampilkan berbagai jenis kata kunci popular yang belakangan banyak dimasukkan oleh pengguna. Kamu bisa memilih yang paling relevan dengan produkmu, serta memiliki jumlah pencarian yang tinggi.

Untuk lebih tahu soal fitur Wawasan Pasar, baca penjelasannya di sini!

Cara Riset Kata Kunci di Tokopedia dengan Fitur Cari Produk

Selain lewat Halaman Wawasan Pasar, kamu juga bisa menggunakan fitur Cari Produk sebagai cara riset kata kunci di Tokopedia.

Fitur ini tak hanya membantu menyaring kata kunci popular, melainkan produk-produk terlaris yang bsia memudahkan seller untuk melakukan riset pasar.

Berikut langkah-langkah dalam cara riset kata kuncid d Tokopedia lewat fitur Cari Produk. Yuk, simak dengan seksama!

  1. Pertama pilih form Cari Produk, kemudian pilih jenis market place yang kamu inginkan. Dalam hal ini yang kita bahas adalah Tokopedia.
  2. Selanjutnya aktifkan mode Pencarian. Kemudian pilih kategori yang ingin kamu cari secara spesifik, misalnya kecantikan, kosmetik, fesyen, dan sebagainya.
  3. Masukkan Keyword yang kamu tentukan sebelumnya.
  4. Masukkan rentang harga dan mencentang opsi jenis produk, grosir atau tidak.
  5. Pilih urutan pencarian produk yang kamu inginkan.
  6. Tentukan jumlah maksimal tampilan hasil pencarian produk yang telah kamu masukkan sebelumnya.
  7. Setelahnya klik Cari untuk memulai penelusuran produk.
  8. Dari hasil pencarian ini, kamu bisa melihat dan meninjau seberapa besar penggunaan keyword tersebut. Serta seberapa relevannya dengan hasil pencarian produk yang muncul.

Cara riset kata kunci di Tokopedia sangat mudah dilakukan. Kamu bisa menerapkan langkah-langkah di atas, untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai bagi toko online-mu.

Dengan adanya kata kunci ini, jumlah kunjungan halaman toko dan produkmu pun akan kian meningkat. Sehingga kemungkinan produk terjual pun jadi lebih besar.

Nah, sampai di sini dulu tips bisnis kali ini, semoga informasi ini bermanfaat untukmu. See you, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment