Cara Membuat Etalase Toko di Tokopedia dan Mengaturnya Agar Menarik

Cara membuat etalase toko di Tokopedia

Hai, Beautypreneurs! Meningkatkan penjualan dan kunjungan toko di Tokopedia bukanlah hal yang tak mungkin untuk kamu lakukan. Sebab, lapak ini menyediakan berbagai fitur menarik khusus untuk para seller. Misalnya dengan cara membuat etalase di Tokopedia demi memperindah tampilan toko.

Ketika memulai jualan secara online, baik melalui media sosial maupun beragam e-commerce, membuat kegiatan promosi menjadi lebih menarik. Karena kamu bisa mendesain tampilan toko sekreatif dan semenarik mungkin.

Begitupun ketika berjualan di Tokopedia, marketplace ini memiliki berbagai fitur toko yang bisa kamu gunakan untuk menghias halaman jualanmu. Mulai dari menambah kategori produk, hingga membuat etalase toko.

Lantas apa yang dimaksudkan dengan etalase toko ini? Bagaimana cara membuat etalase di Tokopedia, serta apa manfaatnya untuk bisnismu?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami telah merangkumkan berbagai info terkait dari berbagai sumber terpercaya. Langsung simak penjelasannya di bawah ini supaya kamu tahu!

Mengenal Fitur Etalase Toko di Tokopedia

Sebelum membahas bagaimana cara membuat etalase di Tokopedia, kamu juga harus memahami pengertian dan cara kerja fitur ini terlebih dahulu.

Etalase merupakan salah satu fitur Tokopedia untuk mengelompokkan produk sesuai dengan kategori yang telah seller tentukan sebelumnya.

Dengan begitu, tampilan toko akan lebih teroganisir dan terkesan rapi. Konsumen yang mengunjungi halaman toko akan lebih nyaman dalam memilih barang, hingga melakukan pembelian dengan lebih mudah.

Untuk itu, ketika membuat nama etalaes di Tokopedia ini, kamu perlu memilih kata kunci yang tepat dan bisa menarik perhatian konsumen.

Manfaat Menggunakan Fitur Etalase Toko untuk Seller

Meski bisa menambah daya tarik toko, banyak penjual yang merasa perlu membuat etalase. Padahal ada banyak manfaat menggunakan fitur ini untuk seller. Apa saja? Langsung simak penjelasannya berikut ini, ya, Beautypreneurs!

Membuat Tampilan Toko Lebih Teratur dan Rapi

Menambahkan etalase di Tokopedia bisa membuat tampilan toko menjadi lebih teratur dan rapi. Apalagi seller bisa dengan bebas menambahkan produk mana saja yang mereka inginkan dalam satu kategori tersebut.

Memudahkan Pembeli Memilih dan Menemukan Produk

Karena penataan produk jadi lebih teratur sesuai dengan kategori tertentu, hal ini juga bisa membuat pembeli lebih mudah memilih dan menemukan produk yang mereka inginkan dari tokomu.

Proses belanja mereka pun akan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Sebab, pembelian barang secara online selalu mengampanyekan nilai efisien dan kemudahannya. Dengan menambah etalase toko, ini tentu membuat konsumen merasa lebih mudah dan praktis ketika berbelanja.

Meng-Highlight Produk dengan Promo Khusus

Manfaat menambah etalase toko di Tokopedia lainnya adalah membantu meng-highlight produk dengan promo khusus. Tentu, dengan membuat etalase berkategori promo.

Kamu bisa membuat beberapa jenis promo sekaligus, misal ‘Promo Akhir Tahun’, ‘Diskon 10%’, ‘All Item 25k’, dan banyak lainnya.

Sehingga pembeli bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai promo apa saja yang kamu tawarkan, juga produk mana yang sedang dalam masa diskon.

Menarik Minat Pembeli

Karena kamu bisa menamai etalase sesuai dengan keinginan dan promo yang berjalan. Fitur ini juga bisa menarik minat pembeli, apalagi kalau kamu menambahkan Etalase Unggulan dan gambar khusus.

Hal ini akan menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi etalase-mu, memilih produk yang menarik, sehingga kemungkinan terjadinya penjualan pun semakin besar.

Memperkenalkan Produk Baru

Selain membuat etalase berdasarkan promo, kamu juga bisa membuat etalase khusus berisikan produk-produk baru. Dengan begitu, kamu bisa memperkenalkan dan menawarkan secara eksklusif produk-produk baru dari toko online-mu.

Baca Juga: Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Serta Tips Agar Cepat Balik Modal!

Cara Membuat Etalase Tokopedia Melalui Browser dan Aplikasi Mobile

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya di atas, kamu pasti sudah tak sabar ingin segera mencoba cara membuat etalase toko di Tokopedia, bukan?

Well, jangan khawatir karena langkah-langkahnya cukup sederhana. Kamu bahkan bisa mengaplikasikan cara membuat etalase toko di Tokopedia ini lewat desktop dan aplikasi mobile.

Cara Membuat Etalase Toko di Tokopedia Via Browser

  1. Login ke akun Seller Tokopediamu melalui web browser.
  2. Setelah masuk ke halaman beranda, kamu bisa klik ikon menu toko, kemudian pilih Pengaturan Toko.
  3. Kamu akan dialihkan pada halaman pengaturan toko. Di sana kamu bisa langsung klik menu Etalase dan pilih tombol Tambah Etalase.
  4. Kemudian masukkan nama etalase yang kamu inginkan. Ingat sesuaikan nama toko dengan kategori produk yang kamu inginkan.

Gunakan nama yang menarik dan akan lebih baik menggunakan keyword popular dalam strukturnya.

5. Pilih dan masukkan produk yang kamu inginkan sesuai dengan kategori etalase, lewat Tambah Produk.

6. Klik Simpan untuk menyimpan etalase tersebut. Dan akhiri pembuatan etalase tersebut dengan klik Selesai.

Cara Membuat Etalase Toko di Tokopedia Via Mobile

  1. Pertama buka Aplikasi Tokopedia Mobile, kemudian pilih Akun dan klik Akun Toko. Setelah itu kamu bisa Login ke akun jualanmu.
  2. Setelah berhasil masuk ke halaman tokomu, klik ikon Etalase pada bagian paling tengah tampilan.
  3. Untuk menambahkan etalase baru, pilih menu Tambah Etalase.
  4. Masukkan nama etalase toko yang baru, buat nama yang menarik sesuai dengan kategori produk yang kamu buat.
  5. Klik Tambah Produk untuk menambahkan produk yang kamu inginkan ke dalam etalase tersebut.
  6. Jika sudah kamu bisa menyelesaikan cara membuat Etalase Toko di Tokopedia ini dengan klik Simpan.
  7. Sebelum menyelesaikan langkah ini, kamu bisa mengecek informasi etalase dan produk sekali lagi. Jika sudah tepat dan sesuai keinginan kamu bisa langsung klik Selesai. Dan Etalase Toko barumu sudah berhasil dibuat.

Cara Mengatur Etalase Toko di Tokopedia

Selain membuat baru, kamu juga bisa mengatur Etalase Toko yang sudah ada. Termasuk menambah produk baru ataupun menambah informasi tertentu, juga menjadikannya sebagai Etalase Unggulan.

Langkah-langkahnya juga enggak kalah gampang, kok. Langsung simak cara mengatur Etalase Toko di Tokopedia berikut ini, ya!

Mengatur Etalase Unggulan

Untuk pengaturan ini, kamu bisa langsung mengaturnya dengan pilih Etalase yang kamu inginkan kemudian klik Atur, dan pilih Etalase Unggulan.

Menambahkan Gambar

Pilih etalase yang kamu inginkan, kemudian klik Atur di etalase tersebut. Setelah itu kamu bisa Pilih Gambar Utamauntuk memasukkan foto/desain yang kamu inginkan.

Gambar ini bisa kamu pilih melalui gambar produk yang ada di etalase dengan klik Produk Pilihan. Kalau kamu merasa ingin menambah daya tarik etalase, kamu bisa mengunggah gambar lain.

Sebelum menyimpan perubahan, kamu bisa melihat preview tampilan gambar tersebut dengan klik Preview dan pilih Tampilan Apps.

Menghapus Etalase

Selain menambah gambar dan mengaturnya menjadi Etalase Unggulan, kamu juga bisa menghapus etalase produk tertentu. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Menghapus Etalase Toko di Tokopedia

  1. Masuk ke akun seller Tokopedia, kemudian pilih menu Akun dan klik Pengaturan.
  2. Setelah itu masuk ke halaman Pengaturan Toko.
  3. Dan klik Etalase untuk memilih etalase toko yang ingin kamu hapus.
  4. Sistem akan menampilkan daftar Etalase Toko yang tersedia, pilih Etalase yang kamu inginkan dan klik Ikon Titik Tiga yang ada pada bagian kanan tiap etalase.
  5. Pilih Hapus, kemudian konfirmasi pilihan dengan kembali klik Hapus. Setelah itu, Etalase Toko tersebut berhasil kamu hapus.

Cara Menambah Produk Baru dalam Etalase yang Ada

Tak hanya ketika membuat baru, kamu bisa juga menambahkan produk lain dalam etalase yang sudah dibuat sebelumnya. Cara menambahkan produk baru dalam etalase ini ada dua cara. Yakni ketika kamu mengunggah produk baru di toko dan menambahkannya langsung lewat etalse toko.

Langsung simak kedua cara menambahkan produk baru di Etalase Toko berikut ini:

Menambahkan Saat Upload Produk Baru

  1. Langkah pertama buka akun tokomu, setelah itu klik Tambah Produk. Isi keterangan sesuai dengan urutan yang telah tersedia.
  2. Setelah itu, pada bagian Detail Produk, khususnya di bagian Etalase, pilih Tambah.
  3. Pilih Etalase Toko yang ingin untuk produk yang kamu unggah tersebut. Kamu bisa memasukkan produk yang sama ke dalam 10 (maksimal) Etalase Toko yang berbeda.
  4. Klik Terapkan dan Simpan untuk mengunggah perubahan.

Melalui Etalase Toko yang Tersedia

  1. Pertama masuk ke halaman Etalase Toko, kemudian pilih etalase yang kamu inginkan.
  2. Geser ke kiri pada Etalase Toko tersebut kemudian klik Tombol Pensil.
  3. Selanjutnya klik Tambah Produk untuk mulai menambahkan produk baru. Kemudian pilih produk dan klik Simpan jika sudah.
  4. Cek kembali informasi etalase dan produk yang baru saja kamu masukkan. Sudah sesuai dengan keinginan kamu bisa langsung klik Selesai dan produk barumu sudah terunggah secara otomatis pada Etalase Tokomu.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti setuju kalau cara membuat Etalase Toko di Tokopedia sangat mudah dilakukan. Bahkan pengaturan ulang, penambahan produk baru, hingga cara menghapus etalase tersebut pun sangat sederhana.

Etalase ini bisa sangat membantu konsumen ketika memilih produk yang kamu tawarkan. Juga melihat promo dan produk inovasi baru dari brand kosmetikmu.

Karenanya tak hanya mampu membuat tampilan toko lebih menarik dan rapi, Etalase Toko ini juga bisa menumbuhkan minat beli konsumen, lho!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment