Cara Menggunakan Fitur Wawasan Pasar di Tokopedia dan Manfaatnya untuk Bisnis

fitur wawasan pasar di Tokopedia

Hai, Beautypreneurs! Persaingan pasar kosmetik kian hari semakin ketat. Untuk itu, kamu perlu mengetahui target pasar dan kompetitor dari brand kosmetikmu. Lewat cara menggunakan Fitur Wawasan Pasar di Tokopedia, kamu bisa mengakses semua informasi tersebut, lho.

Tokopedia merupakan e-commerce terbesar dan paling popular di Tanah Air. Melansir dari Databoks, platform hijau ini menduduki peringkat pertama sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi selama kuartal IV 2021. Setidaknya ada 400 juta lebih kunjungan pengguna Tokopedia tiap bulannya.

Bisa kamu bayangkan, seberapa besar potensi dan keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika memasarkan produkmu di Tokopedia.

Meski begitu, kamu juga harus awas terhadap adanya kompetitor bisnis. Karena bukan hanya pembeli yang meramaikan lapak Tokopedia, melainkan para pebisnis lain yang bisa jadi kompetitor brand kosmetikmu.

Kabar baiknya, Tokopedia menyediakan berbagai fitur untuk mendukung kinerja seller. Salah satunya adalah Fitur Wawasan Pasar.

Fitur Wawasan Pasar memungkinkanmu untuk melakukan riset pasar dan meneliti kompetitor. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui sejauh mana bisnis yang kamu jalankan, serta merancang inovasi produk yang lebih baik.

Lantas bagaimana cara menggunakan Fitur Wawasan Pasar di Tokopedia? Juga apa manfaatnya untuk bisnis kosmetikmu?

Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Jenis Data yang Dapat Diakses Lewat Fitur Wawasan Pasar

Fitur Wawasan Pasar di Tokopedia ini bisa menjadi dukungan yang sangat besar untuk brand kosmetikmu. Ada banyak data yang bisa kamu akses melalui fitur ini, berikut di antaranya:

Harga Pasaran Produk

Jenis informasi yang bisa kamu dapatkan lewat Fitur Wawasan Pasar adalah harga pasaran produk yang kamu jual.

Informasi ini sangat penting untuk mengetahui seberapa besar range harga produk di pasaran. Sehingga kamu bisa menentukan harga yang tepat, menguntungkan, namun tetap memiliki nilai kompetitif.

Mengetahui Produk Populer dalam Kategori/Lokasi Tertentu

Selain harga pasaran, kamu juga bisa mengetahui berbagai jenis produk popular dalam kategori atau lokasi tertentu. Kamu bisa menyesuaikan riset ini dengan kebutuhan promosi dan strategi pemasaran yang kamu lakukan.

Melakukan Riset Keyword Populer pada Tiap Kategori

Informasi selanjutnya yang bisa kamu dapatkan lewat fitur Wawasan Pasar adalah riset keyword. Penerapan kata kunci pada penamaan produk, deskripsi produk, hingga penggunaan iklan Tokopedia bisa berpengaruh besar pada visibilitas toko.

Adanya pilihan riset keyword dalam Wawasan Pasar ini akan memudahkanmu menemukan kata kunci unggulan dan popular di antara pengguna Tokopedia.

Cara Menggunakan Fitur Wawasan Pasar di Tokopedia

fitur wawasan pasar di Tokopedia

Fitur Wawasan Pasar Tokopedia hanya bisa digunakan oleh Power Merchant, Power Merchant Pro, ataupun Official Store saja. Kamu bisa melihat fitur ini pada halaman Statistik melalui desktop maupun aplikasi Tokopedia Seller.

Nah, berikut ini cara menggunakan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia dengan mudah dan tepat. Simak baik-baik, ya!

Masuk ke Akun Jualanmu

Langkah pertama masuk ke laman Tokopedia Seller melalui desktop, kemudian klik Statistik dan pilih Wawasan Pasar.

Mengatur Lokasi dan Kategori Produk yang Diinginkan

Selanjutnya Atur Lokasi dan Kategori Produk popular yang ingin kamu pantau. Pada bagian kategori, Tokopedia biasnaya memberikan rekomendasi untuk seller berdasarkan jenis produk yang kamu jual.

Nah, hasil pencarian tersebut bisa kamu olah sebagai informasi baru untuk menciptakan inovasi produk yang lebih unggul di pasar. Baik dari formulanya, kesesuaian dengan target pasar, maupun seperti apa harganya.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk brand kosmetikmu menjangkau konsumen potensial. Serta sangat membantu dalam hal promosi dan meningkatkan brand awareness merk kosmetikmu.

Masukkan Kata Kunci yang Ingin Dilihat

Selain produk popular dari berbagai lokasi dan kategori, mencari kata kunci juga bisa kamu lakukan lewat fitur Wawasan Pasar di Tokopedia.

Seperti yang kamu tahu, penggunaan kata kunci pada strategi pemasaranmu di Tokopedia bisa sangat membantu visibilitas toko. Sebab halaman produk bisa lebih mudah ditemukan dan dijangkau oleh pengguna Tokopedia.

Selain itu, penggunaan kata kunci ini juga bisa membuat kontenmu lebih mudah terindeks di pencarian Google.

Penggunaan kata kunti dengan jumlah pencarian yang tinggi dengan tingkat kompetitif yang rendah ini bisa kamu aplikasikan pada nama, deskripsi, dan rumus iklan di Tokopedia. Dengan begitu toko online-mu dapat memenangkan persaingan pasar di Tokopedia.

Ingin tahu bagaimana cara mencari kata kunci di Tokopedia? Simak di sini!

Keuntungan Menggunakan Fitur Wawasan Pasar untuk Seller

Selain penggunaannya yang sangat sederhana dan mudah. Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan sebagai seller ketika menggunakan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia.

Apa saja keuntungan yang dimaksudkan tersebut? Langsung scroll artikel-nya sampai habis, Beautypreneurs!

Memantau Perkembangan dan Pergerakan Toko Seller

Keuntungan menggunakan fitur wawasan pasar yang pertama adalah membantu memantau perkembangan dan pergerakan tokomu. Misalnya lewat pengecekan peforma toko, melihat jumlah transaksi bisnis secara berkala, juga memantau rangking toko dan produk di algoritma Tokopedia.

Dengan kata lain, kamu bisa melihat seberapa jauh tokomu berkembang di masyarakat. Serta bagaimana kedudukan produk tersebut di pasaran. Apakah diterima dengan baik, atau justru masyarakat kurang antusias dengan produkmu.

Dari data tersebut, kamu bisa merumuskan kembali langkah-langkah strategis untuk meningkatkan peforma toko dan popularitas brand kosmetikmu.

Riset Kompetitor Lebih Mudah

Keuntungan selanjutnya adalah memudahkan kegiatan riset kompetitor. Seperti mengetahui toko-toko mana yang mengunggulimu pada kategori peringkat toko.

Selain itu, kamu pun dapat memantau bagaimana strategi pemasaran yang digunakan kompetitor. Serta bagaimana mereka memberikan pelayanan untuk konsumen.

Data ini merupakan informasi yang sangat penting untukmu mengembangkan peforma toko. Kamu bisa melihat bagaimana kekurangan dan keunggulan tokomu dibanding kompetitor. Kemudian menyelaraskan strategi dan membuat target bisnis untuk mendongkrak kesuksesan toko.

Selain menggunakan fitur tersebut, ketahui cara riset kompetitor lainnya di sini.

Mengetahui Kata Kunci Populer

Selain riset produk, toko, dan kompetitor, melalui Wawasan Pasar di Tokopedia, kamu juga bisa mengetahui kata kunci popular.

Kata kunci popular ini bisa membantu menentukan struktur penamaan produk yang lebih baik, sehingga penawaran bisa lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Selain itu, kata kunci popular ini pun bisa kamu gunakan dalam deskripsi halaman toko dan produk, nama toko, dan iklan yang kamu pasang di Tokopedia.

Dengan begitu, kamu bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen, menargetkan iklan dengan lebih spesifik, dan meningkatkan kunjungan toko.

Baca Juga: Cara Riset Kata Kunci di Tokopedia untuk Tingkatkan Kunjungan Toko

Mengetahui Produk Terlaris di Kategori yang Sama

Tokopedia menyediakan lapak yang sangat luas dan potensial, karenanya ada kompetisi yang besar juga di antara seller. Bisa kamu bayangkan, seberapa banyak orang yang menjual kategori produk sama dengan yang kamu tawarkan.

Nah, lantas bagaimana caranya kamu bisa menyusun strategi untuk memenangkan pasar?

Untungnya, kamu bisa mengetahui produk terlaris di kategori yang sama dengan jualanmu lewat fitur Wawasan Pasar Tokopedia.

Sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk mengumpulkan informasi mengenai keunggulan produk tersebut untuk dijadikan inspirasi, maupun menciptakan produk yang lebih unggul darinya.

Melihat Rekomendasi Kategori dan Inspirasi Tren Produk

Fitur Wawasan Pasar Tokopedia ini memberikan banyak keuntungan bagi pemula, misalnya dengan melihat rekomendasi kategori dan inspirasi tren produk.

Kedua informasi ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk menjalankan bisnis di Tokopedia. Baik ketika ingin membuat toko baru, menambah produk jualan tambahan, atau menambahkan etalase baru.

Dengan begitu, toko online-mu bisa terindeks dengan mudah di algoritma Tokopedia, serta bisa mendapatkan konsumen pertama dengan lebih cepat.

Nah, Beautypreneurs, itu tadi adalah hal-hal yang harus kamu tahu soal fitur Wawasan Pasar Tokopedia. Mulai dari pengertiannya, apa saja data yang bisa kamu dapatkan melalui fitur tersebut, cara menggunakannya, bahkan keuntungannya untuk tokomu.

Menggunakan fitur ini jelas dapat memberikan banyak keuntungan, karena kamu bisa merangkai strategi pemasaran dan penjualan produk dengan lebih efektif.

About Author

Related posts

Leave a Comment