Catat, Ya! Cara Membuat Logo Brand Kosmetik yang Menarik dan Memikat Konsumen

maklon body lotion

Sebelum membuat produk kosmetik dengan label pribadi, kamu harus menyiapkan segalanya dengan sedetail mungkin. Bayangkan kalau ini adalah anak kamu sendiri, seorang bayi yang kamu tunggu kedatangannya dan yang akan kamu besarkan sepenuh hati.

Yap! Memang sepenting itu!

Salah satu hal yang harus kamu persiapkan dan pikirkan matang-matang adalah menentukan logo dari brand kosmetik milikmu. Masalah ini enggak bisa asal terselesaikan, melainkan harus dipertimbangkan baik-baik.

Sebab, logo juga dapat berperan penting bagi perusahaan atau brand kosmetik yang akan kamu rintis nantinya. Logo dapat menjadi cerminan identitas dari brand kosmetik kamu agar lebih mudah dikenal, khsususnya oleh target konsumen yang ingin kamu bidik.

Meski banyak pebisnis baru yang menyepelekan masalah ini, tapi tak bisa dipungkiri logo akan menjadi representasi visual dari produk kosmetik yang kamu buat. Sehingga sangat penting untuk membuat logo brand kosmetik yang menarik, unik, dan mudah diingat.

Nah, menyadari pentingnya logo brand kosmetik ini, Mash Moshem Indonesia akan memberikan ulasan mengenai manfaat dan cara membuat logo brand kosmetik yang menarik!

Logo Merk Kosmetik dan Pengaruhnya pada Branding

startegi branding produk saat pandemi (1)

Sebagain besar orang tidak menyadari pentingnya desain logo kosmetik dan pengaruhnya pada binis di masa mendatang. Akhirnya banyak pebisnis baru yang justru gegabah dalam membuat logo milik mereka.

Well, kira-kira apa sih hubungan logo merk kosmetik dengan branding bisnis? Lansgung cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

Mempermudah Konsumen untuk Mengenali Brand Kosmetik

Logo brand biasanya menjadi salah satu hal yang diperhatikan ketika konsumen akan memilih produk kosmetik tertentu. Karenanya dengan membuat logo merk kosmetik yang menarik, akan bisa mempermudah konsumen untuk mengali brand yang kamu miliki.

Brand ini pun biasanya akan dipertahankan dan digunakan dalam waktu yang lama, tentu dalam jangka waktu itu pun kamu akan terus berinovasi dan membuat produk kosmetik lain yang tak kalah bermanfaatnya.

Nah, di sini juga pengaruh logo merk kosmetik bisa terlihat. Konsumen brand kosmetikmu yang setia, akan memiliki nilai kepercayaan tinggi terhadap produk-produkmu.

Mereka selanjutnya akan menandai, mengingat, dan kembali membeli produk-produkmu hanya dengan mengidentifikasi label/logo merknya terlebih dahulu.

Memberikan Kesan Pembeda antar Merk

Dalam dunia usaha, ciri khas produk yang dibuat tentu menjadi faktor yang sangat penting untuk membantu memberikan kesan pembeda antar merk lain.

Keunikan atau kekhasan ini kemudian akan mempengaruhi konsumen untuk lebih tertarik, untuk meneliti produk yang kamu jual, sampai akhirnya tergoda untuk melakukan transaksi.

Nah, salah satu cara menampilkan ciri khas produk ini bisa lewat logo brand kosmetik. Dengan logo yang menarik dan unik, konsumen pun akan lebih mudah mengingat produk kosmetik dari brand milik kamu.

Berpengaruh Pada Psikologi Konsumen

Branding lewat logo merk kosmetik ternyata sangat berpengaruh pada psikologi konsumen. Secara tidak langsung, konsumen yang tertarik dengan logo brand yang kamu tawarkan akan dengan perlahan mempertimbangkan pembelian produk tersebut.

Hal ini tentu berbeda ketika kamu hanya memilih desain kemasan, logo, atau nama merk kosmetik secara asal dan tidak menarik. Bahkan hanya untuk melihatnya saja, konsumen mungkin tidak tertarik.

Namun, ketika kamu menggunakan warna yang tepat, desain yang tepat, dan juga nama yang mudah diingat, maka akan sangat berpengaruh pada keputusan konsumen dalam membeli barang.

Sebagai Citra Visual dari Brand Kosmetik

Sebagai seorang pebisnis, apa yang kamu harapkan dari logo brand kosmetik yang ingin kamu buat? Apakah itu harus sesuai dengan karakter produk? Cocok dengan selera target konsumen? Ataukah ingin yang selalu mudah diingat dan membentuk ciri khas tersendiri?

Semua hal itu memang sangat perlu dipikirkan ketika akan membuat logo merk kosmetik. Karena logo ini akan menjadi citra visual dari produk kosmetik yang akan kamu jual.

Ketika kamu menjual produk khusus untuk perawatan jambang laki-laki, maka logo yang kamu miliki harus bisa merepresentasikan produk tersebut.

Dapat Membentuk Kesan Pertama pada Konsumen

Hubungan logo brand kosmetik dengan branding lainnya adalah dapat membentuk kesan pertama pada konsumen. Ini akan terkait dengan dua poin sebelumnya, yakni bisa mengundang minat public dan membuat mereka ingin mempelajari lebih jauh soal produk kosmetik milikmu.

Kesan pertama yang dihasilkan dari logo ini, memungkinkan kamu untuk mengomunikasikan kepemilikan produk kosmetik tersebut. Juga membantu merepresentasikan nilai dan tujuan dari produk tersebut dengan baik.

Misalnya apakah kamu membuat skincare dengan manfaat yang tepat? Ataukah dengan bahan-bahan tertentu yang menarik? Juga apakah produk skincare/kosmetik yang kamu buat akan dapat menyentuh target pasar yang diinginkan?

Well, semua itu akan terjawab ketika kamu membuat logo merk kosmetik dengan baik dan menarik. Sebab, kamu pun akan menunjukkan kesan professional, unik dan khas, dari produk yang kamu buat tersebut.

3 Kriteria Logo Brand Kosmetik yang Menarik

logo brand kosmetik

Melihat betapa pentingnya logo kosmetik ini bagi branding, kami mengajak kamu untuk menyimak baik-baik apa saja kriteria logo brand kosmetik yang menarik dan dapat menarik perhatian konsumen dari tim Multimedia Mash Moshem Indonesia.

Sebelumnya, tim kami bisa dibilang ‘kawakan’ dalam hal mendesain logo merk dan kemasan berbagai jenis produk perawatan kecantikan. Dengan pengalaman lebih dari lima tahun, pendapat mereka dalam hal melihat kriteria dari sebuah logo kosmetik yang menarik tentu bisa sangat diperhitungkan.

Ah, kamu pasti sudah tidak tahan untuk mengetahuinya, bukan? Segera keluarkan penamu dan catat penjelasannya berikut ini!

Simple

Kadang kala banyak orang berpikir logo yang unik itu harus dibuat senyeleneh mungkin, padahal kamu bisa menemukan berbagai merk kosmetik ternama menggunakan logo yang cukup sederhana.

Ini dikarenakan desain yang sederhana akan memudahkan logo merk kosmetik yang kamu buat untuk diingat dan dikenali oleh konsumen.

Selain itu, nilai sederhana ini merupakan elemen penting dalam logo karena sebagian besar konsumen enggak akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk melihat desain logo kosmetik tersebut.

Desain yang sederhana, namun dapat mengeskpresikan produk dengan tepat akan membantu membuat konsumen mengenali produk kosmetik yang kamu jual.

Logo yang simple ini biasanya berfokus dan meng-hight light bagian terpenting dari karakter merk kosmetik, dan mengekspresikannya dalam medium yang terbatas.

Sesuai dengan Target Pasar

Tak hanya menggambarkan citra produk dan brand dengan baik, untuk mendapatkan kualitas utama logo adalah mengingat keterkaitannya dengan target pasar yang ingin dibidik.

Karena target pasar sejatinya sangat berpengaruh dengan kepribadian dan identitas brand kosmetik itu sendiri. Nah, desain logo merk kosmetik idealnya dapat menunjukkan hal ini dengan jelas.

Misalnya dengan menggunakan paduaan warna tertentu dalam logo kosmetik, yang bisa memicu emosi dan menunjukkan karakter brand kosmeik milikmu kepada konsumen dengan tepat.

Anggaplah kamu membuat produk perawatan kulit untuk remaja perempuan, maka penggunaan warna-warna pastel dan cerah akan lebih menarik, karena bisa mengomunikasikan kesenangan, energi muda, dan kesan girly pada produk.

Selain warna, akan sangat penting untukmu mempertimbangkan font yang digunakan dalam logo. Font akan mendukung suasana yang telah dikomunikasikan dengan baik oleh warna, membantu menyampaikan definisi karakter produk brand kosmetik milikmu dengan lebih baik..

Selanjutnya, mentukan symbol dari logo merk kosmetik kamu. Bagian ini merupakan kunci dari desain karena dapat membangun citra visual dari logo itu sendiri.

Simbol ini sangat berkaitan erat dengan ide, fungsi produk, bahkan karakteristik dari produk kosmetik yang akan kamu gunakan.

Pastikan Desain Mudah Diingat oleh Konsumen

Karakteristik desain logo brand kosmetik yang baik lainnya adalah mudah diingat, bahkan sejak konsumen pertama kali melihatnya dan menimbulkan kesan tesendiri.

Tujuan pembuatan logo ini pada dasarnya untuk menciptakan hubungan dan komunikasi, yakni antara produk/brand kosmetik milikmu dengan target konsumen.

Menggunakan logo yang terlalu aneh, tidak dapat dikenal dengan baik, ataupun terlalu biasa sehingga mudah tertukar dengan merk lain akan membuat logo merk kosmetik mudah terlupakan oleh konsumen.

Padahal ketika konsumen dapat mengingat logo merk kosmetik kamu, maka mereka akan cenderung mengaitkan produk atau perawatan yang mereka butuhkan dengan merk kosmetik kamu.

Hal inilah yang kemudian menjadikan logo begitu berpengaruh pada psikologis konsumen, yakni membuat mereka teringat dan tertarik untuk mengenal lebih jauh produk kosmetik yang kamu buat.

Bersifat Permanen

Logo yang baik biasanya bisa tetap relevan dan dapat digunakan dalam waktu yang sangat lama, bahkan bisa dibilang bersifat permanen.

Kamu mungkin akan merasa tergoda saat mendesain logo dan menggabungkan tren dan mode desain terbaru yang disenangi masyarakat, namun pemikiran itu enggak selalu tepat untuk diterapkan, lho.

Sebab, logo-logo yang hanya dilihat dari tren tersebut mungkin saja tidak dapat bertahan lama. Melainkan hanya akan bagus digunakan saat itu saja, namun pada beberapa decade justru ada perubahan besar dan membuatnya terkesan ketinggalan jaman.

Lalu, bagaimana membuat logo ini bisa bertahan lebih lama? Well, tentu dengan membangun kesan relevansi dan keterkaitan antara produk dengan konsumen yang akan dituju.

Logo Harus Multifungsi

Point lain yang harus kamu pertimbangkan dalam membuat desain logo merk kosmetik adalah kegunaanya. Ini akan meliputi bagaimana logo ditempatkan atau digunakan dalam beberapa media sekaligus, apakah akan tetap cocok atau justru tampak aneh?

Well, jika tidak dikomposisikan dengan baik, belum tentu logo tersebut akan terbaca dan dikenal ketika kamu menggunakannya ke media lain. Baik sebagai foto profile dalam media sosial penjualan, atau mencetaknya ke dalam selebaran tertentu.

Nah, untungnya ketika maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia kamu enggak perlu memikirkan soal logo ini sendiri. Bersama tim multimedia kami, semua harapan dan konsep utama dari brand kosmetikmu akan dapat diwujudkan dengan logo yang unik dan kreatif.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Ingin Brand Kosmetik Milikmu Tembus Pasar Internasional? Yuk, Lakukan Hal Ini!

Siapa sih yang enggak pengen mengembangkan usaha sampai bisa menembus pasar internasional? Well, semua orang dengan jiwa wirausahawan yang tinggi pasti ingin melakukannya. Dengan mengembangkan bisnis kosmetik kamu hingga ke pasar internasional juga akan memberikan banyak keuntungan. Termasuk memberi...

Continue Reading

Cara Membuat Toko Kosmetik Oline di Shopee sampai Star Seller, Gampang!

Membangun bisnis kosmetik belakangan ini menjadi lebih mudah, karena ada banyak media yang bisa dijadikan untuk lahan promosi dan berjualan. Salah satunya adalah lewat e-commerce, seperti Shopee. Yap! Dilansir dari Databoks Kata Data, Shopee menduduki peringkat kedua sebagai e-commerce...

Continue Reading

Leave a Comment