Cara Mempromosikan Bisnis Kosmetik di Tumblr, Apakah Masih Worth It?

cara mempromosikan bisnis kosmetik di tumblr

Sama halnya dengan berbagai platform media sosial lainnya, kamu juga bisa menggunakan Tumblr sebagai channel marketing bisnis kosmetikmu. Meski harus diakui, kalau audiensnya terbilang lebih kecil dan spesifik daripada Twitter, Facebook, maupun media mainstream lainnya.

Platform yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 ini diisi dengan postingan blog dan gambar yang menarik. Karena itu, platform ini cocok untuk memposting konten-konten kosmetik dan kecantikan, yang memang berkaitan erat dengan aspek visual.

Selain itu, platform ini pun terbilang ideal untuk kamu gunakan bila target pasar dari bisnismu adalah kalangan anak muda. Karena memang umumnya pengguna Tumblr adalah anak-anak muda, dari generasi milenial dan Z.

Meski jumlah penggunanya tak sebesar media sosial mainstream lain, Tumblr memiliki keunggulan karena dapat berintegrasi dengan Google Analytics. Artinya, kamu bisa mendapatkan wawasan audiens maupun topik populer yang berarti.

Nah, Beautypreneurs, menyadari potensi Tumblr sebagai media promosi, berikut ini Mash Moshem Indonesia menyediakan penjelasan lengkap soal Tumblr marketing untuk brand kosmetikmu. Yuk, simak!

Sekilas Soal Tumblr

Platform ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2007, yang kemudian dibeli oleh Yahoo pada tahun 2013. Sejak itu, terjadi perpindahan kepemilikan lagi dari Yahoo ke Verizon pada tahun 2017, lalu ke pemilik terakhirnya Automattic pada tahun 2019 hingga kini.

Sejak masa berdirinya sampai saat ini, Tumblr telah mengalami perkembangan yang cukup konsisten dengan telah menjadi host lebih dari 549.5 juta blog. Menurut laporan Statista pada tahun 2022 lalu, Tumblr memiliki lebih dari 312 juta kunjungan tiap bulannya. Surprise!

Terkejut? Kamu bukan satu-satunya, mengingat sangat jarang pebisnis yang memperhitungkan Tumblr sebagai channel promosi mereka. Ini artinya akan semakin kecil juga untukmu menemukan kompetitor di platform satu ini. 

Tapi apa yang membuat media sosial ini bisa seramai itu? Well, daripada pesaingnya (red. platform populer), Tumblr menawarkan algoritma yang lebih personal dan menarik. 

Tak hanya sekedar pembaruan tren, melainkan tempat berbagai perasaan, GIF, minat, dan budaya populer. Di platform ini, pengguna memungkinkan menulis postingan blog pribadi, berkaitan dengan bisnis, atau apapun minat mereka serta berbagi foto dan video.

Selain itu, pengguna juga sangat dimudahkan untuk menyesuaikan konten dengan minat mereka. Misalnya, melalui tombol “Jelajahi / Explore”, yang terlihat seperti ikon kompas, dapat memberikan rekomendasi postingan yang sedang tren,

Sementara itu, ikon “Kotak Masuk” menunjukkan notifikasi pesan pribadi atau direct message. Berikutnya adalah tab “Pesan” untuk obrolan instan, tab “Aktivitas” untuk notifikasi, dan pengaturan akun. 

Sepanjang jalan ke kanan adalah tombol “New Post” untuk membuat teks, foto, kutipan, tautan, obrolan, audio atau video.

Jenis Postingan Blog di Tumblr – Dari yang Paling Populer

tumblr untuk bisnis kosmetik

Ada banyak jenis unggahan blog di Tumblr, ini karena pengguna bebas mengekspresikan diri mereka secara estetis dan menarik. Namun, setidaknya ada 7 jenis postingan yang paling banyak digunakan dan fungsinya mirip dengan template.

Postingan Berbentuk Teks

Pertama, Tumblr sangat populer dengan postingan berbentuk teks singkat. Meskipun kamu bisa membuat tulisan sepanjang yang kamu mau, penggunanya cenderung tertarik dengan quotes singkat tapi relate dengan kehidupan mereka.

Dalam hal ini, kamu bisa juga mempromosikan merek ataupun produk kosmetikmu dengan menambahkan tagline, ide utama dari karakter dan tujuan merek, yang sesuai dengan minat audiens.

Ada banyak bukti nyata bahwa hanya dengan satu kalimat sederhana, singkat, dan memikat, sebuah brand bisa mendulang popularitas besar dan meningkatkan penjualan produk mereka.

Postingan Berbentuk Kutipan

Tak hanya teks biasa, postingan berbentuk kutipan juga cukup populer di Tumblr. Postingan ini dirancang untuk menampilkan kutipan-kutipan quotes, dari selebriti atau buku misalnya.

Postingan Berupa Obrolan

Menariknya, di Tumblr pengguna juga bisa membuat postingan berupa obrolan. Yap! Jenis unggahan ini bisa kamu gunakan untuk berbagai percakapan. 

Misalnya, kamu bisa membuat konten bersama ahli kecantikan dan bicarakan mengenai fungsi produkmu, relasinya dengan kehidupan sehari-hari audiens, dan banyak topik bermanfaat lain.

Kamu bisa menyertakan judul dengan postingan obrolan. Di bawah kotak judul ini terdapat teks yang akan memformat obrolan yang kamu buat, agar dapat terlihat seperti percakapan pesan singkat. Menarik, bukan?

Menambahkan Tautan

Melalui format ini, kamu bisa membagikan tautan. Entah itu untuk Website bisnismu, atau halaman profil perusahaan di berbagai channel marketing yang kamu kelola.

Setelah menempelkan tautan, kamu akan melihat pratinjau yang menyertakan judul (yang dapat diklik dan diedit) dan gambar, serta kotak lain di bawah.

Menggunakan Foto/Gambar

Kamu dapat mengunggah gambar satu per satu atau kumpulan gambar, sistem Tumblr dapat membantumu menata posisi gambar ini sesuai dengan kebutuhan. Ah, jenis postingan ini akan cocok dengan iklan jenis carousel.

Video Pendek

Tak hanya foto atau gambar, kamu juga bisa menyematkan video dari situs web lain, seperti dari YouTube atau mengunggah videomu secara organik langsung pada unggahan tersebut.

Audio

Kiriman audio di Tumblr umumnya berupa musik, meskipun beberapa pengguna merekam diri mereka berbicara dan membagikannya di blog mereka seperti podcast.

Serupa dengan berbagai jenis media sosial lainnya, setelah membuat unggahan, kamu bisa langsung menerbitkan, mengunggahnya sebagai draf, menjadwalkan unggahan, atau mengunggahnya dengan pengaturan pribadi.

Sehingga akan lebih mudah untukmu mengatur dan menjadwalkan konten-konten promosimu di masa mendatang.

Fitur Populer di Tumblr yang Harus Kamu Tahu

Di bawah ini adalah beberapa fitur populer yang tumbuh dan berkembang di antara pengguna Tumblr, yang pastinya akan kamu temui saat akan menggunakan platform ini sebagai channel promosi.

So, cek daftarnya di bawah ini biar kamu nggak merasa ketinggalan, ya!

Reblogging

Reblogging seperti me-retweet di Twitter, artinya kamu dapat mengunggah ulang postingan dari konten-konten lamamu. Baik dengan tambahan caption baru, ataupun tidak.

Biasanya, reblog adalah cara pengguna merespons postingan, dan sebagian besar pengguna me-reblog lebih banyak daripada membuat postingan. Dengan kata lain, kamu juga bisa me-reblog konten milik orang-orang yang kamu ikuti di Tumblr.

Note (Catatan)

Saat seseorang me-reblog atau menyukai kirimanmu di Tumblr, itu disebut catatan. Jumlah catatan ditampilkan di bawah postingan. Posting populer seringkali memiliki ribuan catatan, dan banyak yang telah tersebar di komunitas Tumblr selama bertahun-tahun.

Asks (Tanya)

Ada beberapa fitur di Tumblr yang memungkinkan pengguna berkomunikasi satu sama lain. Salah satunya disebut Ask. Setiap blog memiliki kotak “Tanya” yang memungkinkan pengguna mengirimkan pertanyaan atau komentar. Kamu dapat menanggapi pertanyaan seseorang secara pribadi atau publik.

Send (Kirim)

Meskipun foto dan tautan tidak dapat dikirim melalui sistem Asks, namun dapat juga kamu bagikan melalui tombol “Kirim”.

Hashtag (Tagar) 

Tagar di Tumblr mirip dengan penandaan di situs media sosial lainnya, tetapi ada beberapa perbedaan utama. Misalnya, di Tumblr, panjangnya bisa sepanjang yang kamu inginkan dan menyertakan spasi. 

Tagar ini juga ditulis di bawah kiriman dan dapat digunakan untuk mengatur kiriman juga. Selain itu dengan menggunakan tagar yang tepat pada konten promosimu, kamu bisa menemukan audiens potensial yang berkemungkinan besar tertarik dengan promo atau iklan bisnismu.

maklon moq rendah

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Tumblr untuk Bisnis

Memilih platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis atau merek kosmetik milikmu adalah hal yang sangat penting. 

Untuk itu, sebagai pertimbangan ketika akan mempromosikan bisnis kosmetik di Tumblr, kami merangkumkan kelebihan dan kekurangan platform ini sebagai channel marketing.

Yuk, simak baik-baik, Beautypreneurs!

Kelebihan Menggunakan Tumblr untuk Bisnis

Cocok untuk Anak Muda

Kelebihan pertama menggunakan Tumblr sebagai channel mempromosikan bisnis kosmetik milikmu adalah penggunanya yang mayoritas adalah anak-anak muda. Milenial dan Gen Z adalah pengguna utama dari Tumblr, dan umumnya mereka sangat tergila-gila dengan ‘estetika’. Baik secara visual maupun tekstual.

Hal ini menjadikan Tumblr sebagai pilihan paling ideal untuk mengampanyekan pemasaran brand atau produk kosmetikmu, apalagi kalau segmentasi yang kamu targetkan adalah anak-anak muda.

Dapat Menggunakan Media Visual (Foto dan Video)

Kosmetik dan kecantikan selalu berkaitan erat dengan media visual, begitu juga untuk iklan dan promosi. Karenanya, penting untuk mempertimbangkan channel marketing yang dapat mendukung media visual dan mengoptimalkannya.

Tumblr adalah salah satu platform yang mampu menyediakan kebutuhan iklan dengan tipe media visual, baik berbentuk foto maupun video. Platform ini condong ke arah gambar dan seni, sehingga cocok untuk mempromosikan karakter visual dari produk-produk kosmetikmu.

https://at.tumblr.com/luvvvie/vday-eyeshadow-looks-by-bottleofhappiness/6d7epmngj4h1

Apalagi kalau produk ini memiliki shades warna yang menarik sebagai nilai uniknya. Misal, produk-produk dengan glitter, liptint, lip cream, eyeshadow, bahkan skincare dan body care.

Kamu hanya perlu menyesuaikan karakter visual iklan dengan minat audiens Tumblr. Seperti membuat susunannya lebih eye catching dan estetik.

Memungkinkanmu untuk Membangun Situs Web Official

Lewat Tumblr, kamu juga dapat membangun situs Web official untuk brand kosmetik milikmu. Tumblr sangat dapat kamu sesuaikan dengan karakter brand, sehingga dapat menjadi situs web resmi perusahaan kosmetikmu.

Sebagai contoh, majalah internasional Cosmopolitan juga membangun situs resmi mereka di Tumblr. Lewat situs ini mereka membagikan informasi dan berita terbaru, yang terintegrasi dengan berbagai kanal marketing yang mereka milik.

Kamu juga bisa menggunakan strategi yang sama untuk brand kosmetikmu. Meski tak bisa selalu hard selling, kamu bisa menarik audiens baru dan membangun komunitas pembeli dari situs ini.

Kekurangan Menggunakan Tumblr untuk Bisnis

Jumlah Pengguna yang Tak Begitu Besar

Telah banyak kita singgung sebelumnya, bahwa jumlah pengguna Tumblr tak bisa kita bandingkan dengan platform mainstream seperti TikTok atau Instagram. Jumlahnya lebih kecil dan perkembangannya lebih lambat.

Bahkan, pemirsa Tumblr dilaporkan menurun sejak tahun 2018 lalu. Ini karena keputusan platform tersebut untuk melarang konten-konten NSFW, yang sebenarnya jadi alasan besar mengapa pengguna mereka menggunakan Tumblr sebelumnya.

Tak Banyak yang Familiar dengan Tumblr

Kedua, tak banyak orang yang familiar dengan Tumblr. Sekali lagi, platform ini memiliki segmentasi khusus dan sangat spesifik, sampai-sampai tak banyak yang tahu. 

Bahkan sebelum eksodus pengguna beberapa tahun yang lalu, basis pengguna platform ini tidak pernah menyaingi jumlah penggunati Facebook, Twitter, dan Instagram.

Karenanya, pemasaran di Tumblr seringnya jadi pilihan pemilik usaha kecil. Karena mereka fokus untuk menjangkau segmentasi pasar yang lebih kecil dengan opsi persaingan yang rendah.

Sulit untuk Menjangkau Pelanggan Dewasa

Karena didominasi oleh anak-anak muda, generasi milenial dan Z, akan susah untukmu menjangkau pelanggan yang lebih tua. Apalagi kalau kamu menjual produk yang menargetkan demografi lebih tua. Tumblr bukanlah tempat yang cocok untuk produkmu.

Basis pengguna Tumblr cenderung muda, menurut Statista sebagian besar pengguna Tumblr berada pada rentang usia 15 hingga 35 tahun.

Cara Mempromosikan Bisnis Kosmetik di Tumblr

strategi benchmarking

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangannya, apakah kamu masih berminat untuk menggunakan Tumblr sebagai channel marketing bisnis kosmetik milikmu?

Kalau iya, kamu bisa menyimak cara mempromosikan bisnis kosmetik di Tumblr berikut ini, ya!

Gunakan sebagai Situs Web Resmi

Tidak seperti situs media sosial seperti Facebook dan Twitter, ada banyak opsi untuk menyesuaikan blog bisnismu di Tumblr. Ada tema berbayar dan gratis, atau kamu bisa membuatnya sendiri sekreatif mungkin. 

Karena penyesuaiannya juga sangat mudah, beberapa pemilik bisnis menggunakan Tumblr sebagai situs web perusahaan mereka. Pengguna bahkan bisa membeli URL yang diinginkan, sesuai dengan perusahaan dan mengalihkannya pada blog Tumblr milik bisnismu.

Selain itu, Tumblr memiliki komunitas DIY dan kelompok kreatif yang sangat dinamis. Jadi postingannya pun berfungsi sebagai tutorial blog, jadi sangat cocok jika kamu mengolahnya untuk iklan-iklan kosmetik dan kecantikan.

Kamu bisa membagikan tutorial penggunaan produk kosmetik dari merek kecantikanmu, cara penyimpanan yang tepat, hingga tutorial untuk melakukan pembelian produk.

Selain itu, kamu juga bisa membagikan informasi-informasi penting berkaitan dengan jasa penjualan atau layanan pelanggan khusus untuk audiensmu di platform ini.

Beriklan di Tumblr, Mengapa Tidak?

Tumblr menawarkan beberapa opsi untuk bisnis yang tertarik untuk bermitra dengan platform periklanan. Di antara opsinya adalah pengalaman iklan bawaan dan peluang kustom yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik brand kosmetikmu. 

Vendor juga memiliki apa yang disebut sebagai “Tumblr Creatr Network”, kumpulan seniman dan desainer yang dapat berkolaborasi dengan bisnis dalam iklan.

Seperti kebanyakan platform online, Tumblr memiliki kebijakan periklanan yang mengatur apa yang dapat dan tidak dapat ditampilkan dalam iklan, sesuai dengan “prinsip panduan” dan peraturan hukum perusahaan itu sendiri. 

Di antara prinsip-prinsipnya, Tumblr merekomendasikan pengiklan “jujur pada suatu kesalahan” dan kreatif karena “pengguna Tumblr menghargai itu.” Untuk memulai prosesnya, pemilik bisnis hanya perlu mengisi formulir cepat di halaman iklan Tumblr.

Identifikasi Topik-Topik Relevan yang Sedang Ngetren

Seperti pada platform media sosial lainnya, halaman topik tren Tumblr penuh dengan topik-topik terkini dan percakapan populer. 

Untuk dapat menciptakan konten bisnis yang tepat, kamu bisa melakukan riset dan mencatat hal-hal populer yang sesuai dengan niche kontenmu.

Ingat, tren saja tidaklah cukup. Kamu harus memastikan topik ini relevan dengan jenis bisnismu. Sehingga kamu bisa menargetkan audiens yang tepat, dan konten akan lebih tampak autentik.

Lakukan Riset Audiens

Sama halnya dengan strategi pemasaran di channel marketing apapun, penting untuk memahami bagaimana karakter dan minat audiens yang ingin kamu targetkan. Begitupun saat akan menjalankan cara mempromosikan bisnis di Tumblr.

Meski tidak menjalankan analitik sendiri, Tumblr terintegrasi dengan baik dengan halaman Google Analytics. Artinya, kamu dapat menautkan kedua laman ini untuk melihat minat, karakter, dan perilaku audiens yang kamu targetkan.

Selain Google Analytics ini, kamu juga mengidentifikasi perilaku konsumen dengan menganalisis pencarian yang menarik pada halamanmu dan lokasi audiens. 

Memberikan Konten Terbaik untuk Komunitas Tumblr

Telah kita singgung sebelumnya, bahwa tidak mudah melakukan promosi hard selling di Tumblr. Namun, brand kosmetik dapat membentuk dan memelihara base untuk konsumen mereka. 

Ini karena pengguna Tumblr sangat berorientasi pada komunitas atau kelompok dengan minat yang sama. Untuk itu, penting bagimu menciptakan konten pemasaran yang tak hanya fokus pada produk, tapi juga membagikan postingan yang relevan dengan audiens.

Jadi usahakan untuk tidak bertindak seperti merek, karena hal ini akan menciptakan ‘jarak’ antara bisnismu dan target audiens. Namun, adopsilah kepribadian atau karakter utama brand, kemudian pastikan untuk mengemas hal itu ke dalam konten yang audiens sukai.

Konsumen dan merek dapat mempertahankan hubungan yang intim, dan Tumblr adalah salah satu channel marketing yang tepat untuk membantumu menciptakannya.

Nah, itu adalah penjelasan mengenai cara mempromosikan bisnis kosmetik di Tumblr. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan platform ini sebagai channel marketing merek kosmetikmu?

Selain cara mempromosikan bisnis kosmetik di Tumblr, kamu juga bisa mengakses berbagai tips promosi di media sosial lainnya di laman News. Atau, update informasi terbaru lewat media sosial Mash Moshem Indonesia dan tunggu Webinar Pelatihan Digital Marketing kami selanjutnya. See you~

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts