Mengenal Blikan: Cara Iklan di Blibli yang Murah dan Mudah Diaplikasikan!

Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat segala kegiatan kita sangat mungkin dilakukan secara online. Termasuk ketika kita akan bertransaksi dan melakukan kegiatan jual beli.

Yap! Dengan berbagai jenis E-commerce di Indonesia, tentu akan mempermudah kegiatan berbelanja dan memudahkan pemilik toko atau bisnis untuk mengembangkan usaha mereka.

Nah, salah satu jenis E-commerce yang banyak digunakan adalah Blibli.com. Pastinya kamu udah enggak asing lagi dengan lapak online ini, bukan? Atau justru kamu telah menggunakan e-commerce ini untuk mempromosikan produk yang kamu miliki?

Well, sebagai seller tentu kamu menyadari bahwa persaingan di Blibli.com juga terbilang ketat. Sebagai contoh, kamu bisa menemukan berbagai jenis toko yang menjual produk dengan kategori serupa, merek yang sama, dan menawarkan harga begitu kompetitif.

Tentu, kamu memerlukan senjata tambahan agar toko online-mu bisa bersaing dengan competitor. Misalnya dengan menggunakan Blikan, fitur iklan berbayar yang disediakan Blibli untuk seller di lapak online mereka.

Blikan ini bisa membantumu meningkatkan brand awareness produk, hingga menaikkan jumlah pembelian di toko kamu.

Nah, lantas bagaimana cara iklan di Blibli? Serta berapa modal yang perlu kamu siapkan untuk menggunakan Blikan ini?

Penasaran, kan? Langsung baca ulasan soal Blikan di bawah ini!

Bliklan Adalah …

Sebelum membahas cara iklan di Blibli dengan mudah, enggak ada salahnya untukmu mengetahui apa sih yang dimaksud Bliklan ini?

Well, bliklan merupakan fitur promosi atau iklan produk yang digunakan untuk memasarkan produk yang kamu jual di Blibli.

Fitur ini memungkinkan produk yang kamu iklankan akan muncul di beberapa lokasi strategis pada aplikasi maupun website penjualan Blibli.

Ini tentu memberikan banyak keuntungan buatmu, karena akan memudahkan konsumen untuk menjangkau dan menemukan produk yang kamu jual.

Bliklan menggunakan Machine Learning untuk menentukan tipe produk yang diiklankan serta tipe customer yang akan melihat iklan tersebut berdasarkan riwayat pembelian atau kata kunci pencarian produk.

Sebagai contoh, ketika kamu mengiklankan serum wajah. Maka iklan produk tersebut hanya akan muncul pada pelanggan yang melakukan pencarian atau pembelian produk dengan kata kunci serupa.

Keuntungan Menggunakan Blikan untuk Seller

Sebelum membahas cara iklan di Blibli beserta biaya yang dibutuhkan, kamu juga harus tahu apa saja keuntungan yang kamu dapatkan ketika memasang Bliklan.

Well, selain meningkatkan daya saing tokomu, berikut beberapa keuntungan menggunakna Bliklan untuk Seller. Yuk, baca sampai habis!

Strategi Pemasaran Iklan yang Praktis

Banyak orang yang enggan memasarkan produk atau toko mereka lantaran banyak hal yang harus diurus, serta langkah-langkah yang dinilai merepotkan. Padahal, dengan memasang iklan kamu bisa mendapatkan keuntungan tersendiri.

Menjawab persoalan tersebut, lewat Blikan kamu bisa mengatur promosi dan iklan untuk toko online-mu dengan mudah. Kamu bisa mengaturnya di manapun, kapanpun, bahkan kamu memiliki kendali penuh terhadap iklan tersebut.

Artinya, kamu bisa menjadwalkan berapa lama periode iklan tersebut akan dijalankan. Juga memilih produk mana yang ingin kamu jadikan unggulan.

Pemilihan Produk Lebih Fleksibel

Keuntungan lainnya ketika menggunakan Bliklan adalah kebebasan memilih produk yang akan dipromosikan. Artinya, kamu bebas memasang iklan pada produk manapun yang kamu jual.

Misalnya, untuk menaikkan brand awareness, kamu bisa mengiklankan produk-produk baru dan unggulan. Atau untuk mencegah adanya kerugian karena produk tak laku, kamu bisa juga memasang iklan pada produk yang kurang diminati agar naik ke halaman pertama.

Biaya Murah dan Lebih Mudah Dikontrol

Selain kemudahan dan kebebasannya, ketika menggunakan Bliklan kamu juga diuntungkan karena biayanya yang murah dan lebih mudah dikontrol.

Kamu bisa menyesuaikan biaya iklan ini dengan budget promosi yang kamu miliki. Selain itu, biaya tersebut bersifat efektif karena hanya akan dikenakan ketika pelanggan/calon pembeli meng-klik iklan tersebut.

Jadi jika pelanggan hanya melihat iklan tanpa meng-klik atau masuk pada halaman produk, maka kamu tidak akan dikenakan biaya apapun.

Tak hanya dapat dikontol dengan mudah, biaya iklan yang ditawarkan pun cenderung murah. Blibli memasang tarif sangat rendah, yakni mulai dari Rp 500 per klik.

Peningkatan Awareness dan Penjualan Produk

Pada umumnya, tujuan beriklan tentu sama. Yakni untuk meningkatkan awareness konsumen terhadap toko dan produk, hingga membuat transaksi penjualan bertambah.

Dengan menggunakan Bliklan, kamu bisa meraih tujuan promosi tersebut. Yap! Sebab Bliklan mampu membantu produk kamu tampil lebih sering dan di tempat-tempat yang strategis.

Ini akan membuat konsumen menemukan tokomu lebih mudah dan produk dapat dilihat lebih sering. Sehingga awareness pelanggan akan produk dan tokomu pun akan semakin tinggi pula.

Secara otomatis, ketika awareness semakin tinggi maka potensi peningkatan pembelian produk juga akan turut bertambah.

Iklan Jauh Lebih Efektif dan Efisien

Blikan menggunakan sistem Machine Learning yang bisa bekerja menentukan tipe produk yang akan diiklankan, serta membaca tipe konsumen yang akan melihat iklan tersebut.

Baik dari riwayat pembelian, kata kunci pencarian produk, juga history kunjungan konsumen, produk-produk yang difavoritkan, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, iklan yang akan kamu pasang pun akan lebih efektif dan efisien. Sebab akan terhubung langsung dengan konsumen-konsumen potensial.

Dimana Blikan akan Dimunculkan?

Telah sedikit disinggung sebelumnya kalau iklan di Blibli ini menguntungkan karena penempatannya yang strategis. Lantas dimana saja iklan tersebut akan muncul?

Iklan yang kamu pasang secara otomatis akan muncul di berbagai lokasi dari website dan aplikasi mobile dari Blibli. Dengan begitu, iklan akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan ketika mereka sedang berbelanja.

Halaman Detail Produk

(gambar)

Halaman Pencarian Produk

(gambar)

Halaman “Terima Kasih” setelah customer menyelesaikan transaksi

(gambar)

Cara Iklan di Blibli dengan Mudah Lewat Blikan

cara iklan di blibli

Setelah mengetahui berbagai keuntungan menggunakan Bliklan untuk toko online yang kamu miliki, pasti kamu enggak sabar ingin langsung mempraktekkannya, bukan?

Well, kalau begitu langsung simak step by step cara iklan di Blibli dengan mudah dan murah berikut ini!

Buka Blibli Seller Center

Cara iklan di Blibli ini bisa kamu lakukan lewat desktop atau mobile App. Sebagai gambaran kamu bisa simak ilustrasinya berikut ini.

(gambar)

Klik Promo

Kamu kemudian akan dialihkan secara otomatis ke halaman Seller Center. Cara iklan di Blibli selanjutnya adalah dengan meng-klik menu Promo, seperti pada gambar di bawah ini.

Pilih Blikan

Langkah dalam cara iklan di Blibli selanjutnya adalah dengan memilih menu blikan. Di sini kamu akan menentukan dan mengatur iklan tersebut. Seperti memasukkan budget harian, tipe tawaran yang diinginkan, hingga produk apa saja yang akan kamu tawarkan.

Tentukan Budget Harian yang Kamu Inginkan

Telah disinggung sebelumnya, budget di Blibli memiliki tarif yang cukup rendah, yakni mulai dari Rp 500 saja per klik. Kamu bisa mengoptimalkan iklan dengan mengatur besaran budget tersebut menjadi lebih maksimal.

Tipe Tawaran yang Diinginkan

Yang dimaksudkan tipe tawaran ini adalah promo dan target. Artinya, kamu bisa memilih ketika ingin mendapatkan tujuan iklan tertentu, kamu perlu menyesuaikan promo yang akan diiklankan.

Misalnya, ketika ingin meningkatkan pembelian kamu bisa menawarkan potongan harga dan diskon di copy iklan tersebut.

Jenis Produk yang Akan Ditawarkan

Langkah selanjutnya dalam cara iklan di Blibli adalah memilih jenis produk yang akan ditawarkan. Pemilihan produk ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kampanye.

Tips Mengoptimalkan Cara Iklan di Blibli

Ketika beriklan kamu tentu menentukan budget yang tidak sedikit, sehingga tentu saja kamu berkeinginan agar iklan tersebut mendapatkan hasil yang memuaskan.

Namun, kadang kala iklan ini tidak bisa memberikan hasil optimal atau bahkan tidak memuaskan. Padahal biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Nah, pertanyaannya bagaimana cara membuat cara iklan di Blibli ini dapat berjalan optimal dan memberikan hasil yang kamu inginkan?

Langsung simak langkah mengoptimalkan cara iklan di Blibli berikut ini!

Merancang Konten Iklan yang Menarik

Sama halnya dengan penjualan online pada umumnya, di Blibli iklanmu akan ditayangkan dalam bentuk konten visual. Artinya, kalau kamu ingin menjaring audience sabanyak mungkin, kamu harus merancang konten yang menarik.

Konten terbaik ini bisa dilihat dari kualitas gambar atau foto produk. Kamu bisa memasang foto produk yang terang, jelas, gambar terdefinisi dengan baik, dan ditata serapi mungkin.

Kamu bisa mencari tahu cara mengambil foto produk yang menarik di sini.

Menentukan Target Konsumen dan Tujuan Iklan

Agar iklan dapat berjalan dengan optimal, kamu harus menentukan terlebih dahulu jangkauan target dan tujuan iklan tersebut dibuat.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan langkah dan cara iklan di Blibli dengan lebih efektif. Misalnya, ketika target pasarmu adalah orang dewasa dengan usia lebih dari 30 tahun, tentu desain konten iklan ini akan berbeda jika target pasarmu adalah anak muda usia 18 tahunan

Memilih Kata Kunci yang Paling Relevan

Seperti yang kamu tahu, kata kunci memegang peranan yang besar dalam Bliklan. Karenanya, kamu perlu menentukan kata kunci yang paling relevan untuk brand atau produk yang dipromosikan. Dengan begitu, produk akan mudah ditemukan oleh pembeli potensial.

Gunakan Copy yang Menarik dan Sugestif

Mau lewat media apapun, kamu perlu menggunakan copy yang menarik dan sugestif untuk mendorong audience melakukan aksi yang diinginkan.

Misalnya, kamu bisa menciptakan urgensi untuk mendorong audience meng-klik iklan yang kamu pasang. Gunakan kalimat seperti, ‘Promo terbatas’, ‘diskon akhir tahun’, ‘50% off’ dan banyak lainnya.

Copy ini akan membantu menyugesti pelanggan untuk mencari lebih tahu iklan yang kamu pasang. Nah, ketika sudah di klik, kamu juga harus memperbaiki deskripsi produk yang kamu tulis.

Gunakan kata-kata dan gaya Bahasa yang memikat pelanggan, tonjolkan keunggulan produkmu, dan tulis dengan rinci apa saja kandungan, cara pakai, juga berbagai informasi penting lainnya.

Nah, itu adalah berbagai cara iklan di Blibli yang perlu kamu tahu. Baik dari biaya, keuntungannya, juga tips agar iklan tersebut dapat berjalan lebih optimal.

Salah satu tips agar promosi ini berjalan maksimal adalah adanya media promosi yang menarik, misalnya pembuatan foto produk, katalog, dan brosur dengan copy yang memikat.

Tahukah kamu kalau Mash Moshem Indonesia juga bisa memberikan media promosi ini untuk membantu brand kosmetikmu berkembang?

Yap! Dengan konsep One Stop Cosmetic Manufacturer, kami berkomitmen memberikan layanan super lengkap untukmu ketika maklon kosmetik.

Enggak hanya pembuatan produk dan produksi massal, kami juga memberikan layanan aftersales dengan membuatkan berbagai media promosi yang kamu butuhkan.

Hmm, di mana lagi sih, kamu bisa dapat partner bisnis kosmetik yang super endulita dan lengkap kalau bukan di Mash Moshem Indonesia?

Yuk, langsung bikin janji konsultasi dan diskusikan rencana produk andalanmu bersama kami!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment