Kekurangan dan Kelebihan Memasarkan Produk di Pinterest, Harus Tahu!

kelebihan dan kekurangan memasarkan produk di pinterest (1)

Hai Girls! Buat kamu yang hobi fotografi dan suka nyari ide fashion pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Pinterest. Yes, aplikasi dari Amerika yang dibuat pada 2009 ini cukup popular di kalangan anak muda. Biasanya aplikasi ini tempat bersarangnya anak-anak aesthetic.

Pinterest merupakan aplikasi social media virtual pinboard yang membuat penggunanya bisa membuat album foto sendiri. Baik dari unggahan atau koleksi pribadi dan dari koleksi unggahan orang lain.

Pinterest ini termasuk aplikasi social media pada umumnya. Seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Sayangnya di Indonesia sendiri sosia media ini jarang sekali pemakaianya. Rata-rata hanya anak-anak muda yang butuh ide untuk berkarya. Usia itu berkisar di bawah 40 tahun.

Eits, tapi tunggu dulu. Meskipun Pinterest tidak setenar Facebook dan Twitter, tapi aplikasi ini juga cukup menguntungkan untuk media promosi. Tidak hanya sekedar mencari ide untuk foto-foto. Bagi para pebisnis, ini bisa dijadikan peluang untuk memasarkan produk.

Kok bisa? Pinterest mempunyai banyak fitur dan salah satunya adalah landing ke website. Banyak blogger yang memanfaatkan Pinterest ini sebagai ladang uang bagi mereka.

Mereka memposting foto-foto produk dengan apik, yang mana produk tersebut bisa didapatkan dengan membeli melalui website. Tentu hal ini sangat optimal bagi kamu yang ingin memaksimalkan website sebagai media pemasaran.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kelebihan dan kekuangan memasarkan produk di Pinterest, alangkah baiknya jika kamu mengenal manfaat dari Pinterest ini dulu. Seperti apa? Baca artikelnya hingga selesai ya. Selamat membaca!

Manfaat Pinterest sebagai Media Promosi

Setiap media promosi tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Begitu pula dengan menggunakan kelebihan dan kekurangan memasarkan produk di Pinterest.

Meskipun aplikasi yang satu ini tidak setenar Instagram, Youtube ataupun Twitter, ternyata Pinterest mempunyai segudang manfaat. Berikut daftar manfaat Pinterest yang wajib kamu ketahui:

Memberi Inspirasi

Nggak salah lagi, kalau kamu lagi buntu dan butuh ide, Pinterest adalah tempat persinggahan yang tepat. Sebab di Pinterest adalah gudangnya ide. Mulai dari fotografi, fashion, food, hingga traveling, semua ada di Pinterest.

Bahkan ide untuk kamu yang ingin berbisnis pun juga ada di Pinterest. Tak heran jika aplikasi ini merupakan andalan bagi mereka yang notabennya bekerja di bidang kreatif. Sebab Pinterest ini adalah aplikasi terbaik yang bisa menyumbang beragam ide. Tertarik menggunakannya?

Trendy

 Manfaat selanjutnya adalah kamu bisa menemukan tren di Pinterest. Sebagian besar dari pengguna Pinterest adalah mereka yang suka berbagai tentang desain, produk hingga konten terkini. Tentu ini sangat membantu untuk kamu yang berkecimpung di dunia bisnis.

Dengan memahami tren, kamu bisa menerka pasar untuk bisnismu ke depannya. Nggak hanya itu, kamu juga bisa mebuat produk atau konten sesuai dengan pekembangan jaman. Supaya tidak terkesan kuno dan kurang up date.

Promosi Produk

Pinterest memang menjadi solusi untuk kamu yang ingin memasarkan produk dan meningkatkan penjualan. Sama sepeti social media pada umumnya, peningkatan digital marketing melalui Pinterest ini juga sangat dipengaruhi engagement.

Engagement di Pinterest dipengaruhi oleh like, share direct message hingga share atau klik link. Dengan adanya interaksi seperti ini, engagementmu akan meningkat dan produkmu akan terpromosi secara optimal.

Kamu bisa memasang website di Pinterest. Karena salah satu fitur pada aplikasi ini adalah dengan menambahkan website. Jadi jika ada pengunjung yang tertarik dengan foto atau produk yang kamu pasang, mereka akan langsung mengunjungi website untuk membeli.

Dengan begitu tidak hanya produkmu yang akan laris manis, namun juga traffic di websitemu akan meningkat.

Convention Rates

Tak hanya Facebook dan TikTok saja yang terdapat fitur iklan. Pinterest pun mempunyai hal yang sama. Bahkan mereka mempunyai dua tipe iklan sekaligus. Yakni Promoted Pins dan Promoted Video. Artinya kamu bisa mempromosikan koleksi yang telah kamu buat di Pinterest. Begitu juga dengan video.

Dengan iklan seperi ini akan membuatmu mudah terhubung dengan audience. Sehingga kamu bisa mencapai goals bisnis sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan Pinterset Tag untuk melihat aktivitas audiencemu. Menarik sekali bukan?

Beragam manfaat ini membuat Pinterest tercatat sebagai salah satu aplikasi dengan beragam kelebihan.  Namun di balik kelebihan itu ternyata juga ada beberapa kekurangan dari aplikasi ini. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan memasarkan prooduk di Pinterest.

Baca Juga: Menjanjikan, Begini Cara Promosi Produk di Pinterest yang Tepat

Kelebihan dan Kekurangan Memasarkan Produk di Piterest

kelebihan dan kekurangan memasarkan produk di pinterest (2)

Setelah mengetahui beragam manfaat dari Pinterest, pasti kamu langsung berpikir mantap untuk menggunakan aplikasi ini. Eits, tapi tunggu dulu.

Sebelum kamu menggunakan media ini untuk promosi, alangkah baiknya untukmu mengetahui kelebihan dan kekurangan memasarkan produk di Pinterest terlebih dahulu. Apa saja? Simak penjelasannya berikut.

Kelebihan Pinterest Untuk Memasarkan Produk

Meskipun di Indonesia penggunanya tidak sebanyak Facebook dan YouTube, Pinterest masih sangat efektif sebagai media social untuk promosi atau bahkan juga branding. Berikut adalah kelebihan Pinterest jika kamu menggunakannya sebagai media untuk memasarkan produk.

Membuat Bisnis Semakin Trendy

Seperti yang telah disinggung sebelumya bahwa Pinterest adalah aplikasi yang cukup efektif untuk melihat apa saja yang menjadi tren. Apalagi customer nomor satu di Pinterest ini adalah produk. Yes, produk. Sebagian besr foto-foto aesthetic yang dipasang para penggunanya adalah produk.

Nggak hanya itu, kini Pinterest juga membuat fitur Pinterest bisnis. Dengan fitur ini kamu juga akan dapat dengan mudah mengenali apa saja yang sedang menjadi tren di industry bisnis yang sedang kamu terkuni. Bahkan hal ini juga bisa mendorong brand awareness yang sedang kamu bangun.

Apalagi jika target pasarmu adalah usia di bawah 40 tahun. Pinterest bisa menjadi ladang penghasilan untuk promosi bisnismu. Sebab sebagian besar dari mereka yang memakai Pinterest adalah yang usia masih produktif. Jadi sangat tepat apabila produkmu menyasar mereka.

Brand Authority Semakin Meningkat

Kelebihan memasarkan produk di Pinterest selanjutnya adalah meningkatkan brand authority. Yang dimaksud brand authority ini adalah penilaian secara keseluruhan terhadap sebuah brand. Jadi tidak hanya membuat bisnismu semakin trendy, melalui Pinterest kamu juga bisa langsung mengevaluasi bisnis yang sedang kamu jalankan.

Sebab penilaian audience terhadap bisismu bisa langsung terlihat. Cara ini hanya untuk kamu yang upgrade akun menjadi bisnis. Memang sangat disarankan untuk para pebisnis untuk mengupgrade akun yang dimiliki.

Cara seperti ini akan membuatmu mendapat prioritas dari Pinterest. Jika kamu sudah upgrade, profilmu pun akan berbeda dengan yang lain. Ada beberapa fitur yang tidak dimiliki akun biasa ada di bisnis. Seperti header, analytics yang bisa melihat jumlah tayangan. Juga untuk menambah website yang terverifikasi.

Tentu hal ini akan sangat berguna untuk meningkatkan brand awareness. Jadi kredibilitasmu di mata audience tidak akan diragukan lagi.

Pengunjung Website Lebih Meningkat

Fitur utama Pinterest adalah dengan menambahkan website. Website yang sudah kamu pasang di profil akan terhubung dengan koleksi atau produk yang kamu unggah. Sehingga hal ini juga bisa meningkatkan performa websitemu.

Untuk pemasaran lebih optimal, kamu bisa menggunakan Website tersebut untuk menulis review atau ulasan tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan. Metode ini akan membuat  calon konsumen lebih percaya dengan produk yang sedang kamu promosikan.

Jangkauan Luas Tanpa Hashtag

Kelebihan Pinterest yang lain adalah kamu bisa melakukan promosi tanpa menggunakan hastag. Terntu ini sangat berbeda dari media social lainnya yang mengandalkan hastag untuk meraih jangkauan yang lebih luas.

Sebab di Pinterest tidak membutuhkan hal tersebut. Kamu cukup memasang foto produk dan membuatnya sebagai koleksi. Semakin banyak klik link yang kamu dapatkan, akan semakin meningkat pula perfomamu di Pinterest.

Jangkauan Audience yang Luas

Sama seperti social media lainnya, Pinterest juga mempunyai jangkauan yang luas. Tentu ini menjadi peluang bagi yang ingin memasarkan produk secara Imternasional. Sebab Pinterest mempunyai banyak audience dari berbagai Negara,

Tentu ini sangat efektif untuk kamu yang ingin go Internasional. Setiap produk atau foto yang kamu posting di Pinterest akan otomatis menjangkau audience yang mempunyai interest yang sama. Tak peduli seberapa jauh jangkauannya.

Nah itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Pinterest. Lantas apa kekurangan yang dimiliki media social yang satu ini? Simak ulasannya berikut.

Kekurangan Memasarkan Produk di Pinterest

Selain memiliki berbagai kelebihan, Pinterest juga memiliki kekurangan untuk memasarkan produk. Berikut adalah kekurangan Pinterest untuk memasarkan produk.

Kurang Bisa Menjaring Konsumen Indonesia

Kekurangan pertama dari Pinterest ini adalah kurang bisa menjaring konsumen dari Indonesia. Sebab di Indonesia sendiri masih sangat jarang sekali pengguna Pinterest. Salah satunya adalah factor bahasa. Aplikasi yang dominan dengan warna merah ini tidak memasukkan bahasa Indonesia sebagai opsinya.

Sehingga untuk mereka yang kurang mengerti tentang bahasa Inggris akan malas menggunakannya. Namun untuk kamu yang mengerti bahasa Inggris dan ingin menjaring konsumen dari Luar Negeri, Pinterest juaranya.

Audience Terbatas

Jika harapanmu bisa menjaring berbagai kalangan di Pinterest. Lupakan hal itu. Sebab hanya usia-usia tertentu yang menggunakan aplikasi ini. Yakni mereka yang rata-rata memilik usia di bawah 40 tahun.

Tentu ini sangat berbeda dengan aplikasi social media lainnya. Seperti Facebook, Instagram, Twitter hingga TikTok. Mereka bisa menjangkau semua kalangan. Bahkan melalui aplikasi tersebut kamu juga bisa menargetkan audience yang kamu inginkan tanpa harus meng-upgrade akun.

Fitur yang Ribet

Tak hanya audience yang terbatas, Pinterest juga dinilai mempunyai fitur yang cukup rumit. Bahkan beberapa dari pengguna Pinterest pun ada yang masih kebingungan. Dan kebanyakan dari mereka hanya memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari ide saja.

Oleh karena itu, para pebisnis kurang tertarik menggunakan aplikasi ini sebagai media promosi mereka. Bahkan jika ingin mempunyai fitur-fitur yang lain, harus selalu upgrade. Hal inilah yang membuat para pengguna social media malas menggunakan Pinterest.

Nah itu dia adalah kelebihan dan kekurangan memasarkan produk di Pinterest. Meskipun ada beberapa kekurangan dalam aplikasi ini, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba memasarkan produkmu di sini. Have a good luck!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment