Branding Kosmetik

Apa Itu Link Dofollow dan Nofollow? Yuk, Simak Penjelasannya!

link dofollow dan nofollow

Ketika membicarakan soal SEO, backlink adalah salah satu hal yang memiliki peranan penting dalam strategi optimasinya. Namun, tahukah kamu kalau backlink ini juga punya punya beberapa jenis, misalnya link dofollow dan nofollow?

Memasarkan produk lewat website penjualan bisa memberikan banyak keuntungan untuk bisnismu. Tak hanya meningkatkan penjualan atau menambah nilai pada citra perusahaan, Website yang berkualitas dan powerful juga dapat membuatmu menjangkau lebih banyak konsumen. Bahkan, bisa membuat brand awareness dan popularitas brand-mu meningkat.

Nah, untuk membuat Website bisnis yang powerful kamu harus bisa menetapkan strategi optimasi SEO. Misalnya dengan mengoptimalkan penggunaan link dofollow dan nofollow.

Penasaran apa yang dimaksud dengan dua jenis link tersebut? Apa perbedaan dan bagaimana keduanya bisa memberikan dampak baik untuk Website bisnismu? Baca terus artikel ini sampai habis, biar kamu enggak ketinggalan informasinya!

Link dofollow merupakan jenis backlink yang akan menggunakan robot mesin pencari untuk mengindex dan juga menelusuri link yang akan dialihkan ke wesbsite lainnya.

Jenis backlink ini akan memberikan izin kepada mesin pencari Google untuk beralih ke link website lain, yang secara otomatis akan terbentuk saat menyematkan sebuah tautan tanpa haru melakukan konfigurasi.

Dengan ini secara otomatis Google akan mengikuti setiap tautan yang telah disematkan pada artikel website milik pribadi atau halaman website.

Seringkali jenis baclink dofollow ini akan disematkan dalam satu kata kunci yang ditargetkan. Hal tersebut untuk menaikkan dan menguatkan nilai konten serta SEO

  1. Berpeluang dijatuhi sanksi dari Google karena akan terlalu banyak link di dalam website.
  2. Terlalu banyak spam komentar yang masuk di dalam kolom komentar yang cenderung tidak sesuai dengan topik artikel.
  3. Seperti pedang bermata dua, link dofollow cenderung berpeluang untuk menurunkan rangking website.
  1. Tautan yang ada di dalam website dapat menjadi backlink.
  2. Page ranking akan mengalami kenaikan karena pengunjung website terus meningkat melalui peringkat Google yang baik.

Walaupun jarang dipergunakan link nofollow dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal seperti bisa menmimalisir komentar spam. Terjaganya kualitas SEO di Google dan stabilitas link yang terjaga, di mana dapat membuat Google akan mengikutinya.

Akan tetapi pastinya link nofollow memiliki kekurangan seperti tidak akan memberikan pengaruh besar pada nilai SEO untuk link tujuan.

  1. Link nofollow tidak memiliki peran besar untuk menaikan optimasi SEO Google.
  2. Jenis linlk nofollow kurang memiliki peminat terutama dari blogger maupun webmaster.
  3. Linl nofollow hanya sebatas sebagai rujukan para pembaca artikel saja.
  1. Meskipan tidak dihitung sebagai backlink yang kuat untuk meningkatkan posisi SEO di Google, link nofollow memiliki peran penting sebagai diversifikasi link.
  2. Link akan tetap terlihat oleh pengguna
  3. Memudahkan pengguna saat membutuhkan informasi yang penting.

Pada umumnya kedua backlink diatas memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tidak sedikit pengelola dan pengguna website seringkali menggunakan dofollow maupun nofollow untuk meningkatkan rating website miliknya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan SEO di Google serta mempermudah navigasi pengunjung website yang ingin mengunjunginya, termasuk Google Bot yang akan melakukan Crawling.

Dari pemaparan di atas pasti sudah dapat kita simpulkan apa perbedaan nofollow dan dofrollow dari segi nilai SEO di Google.

Pada intinya link nofollow tidak bisa diindex oleh mesin pencari Google sedangkan link dofollow akan terindeks oleh mesin pencari Google.

Berikut ini adalah perbedaan paling mencolok antara link dofollow dengan link nofollow ditinjau dari segi struktur penulisan.

(<a href=”https://www.qwords.com/”>Qwords.com</a>)

Link dofollow secara default memiliki sifat otomatis di mana tidak memerlukan kegiatan pengaturan lanjutan, baik dari segi platform blogspot/blogger dan juga WordPress.

(<a href=” https://www.qwords.com/” rel=”nofollow”>Qwords.com</a>)

seperti kutipan diatas, penulisan link nofollow akan memiliki perbedaan daripada penulisan link dofollow.

Ada tambahan seperti rel= “nofollow” yang memberikan penegasan bahwa Google bot tidak bisa melakukan crawl menuju tautan terkait.

Namun dalam segi tampilan baik link nofollow maupun dofollow sama sekali tidak berbeda di mata pengunjung website.

Pengaruh Dofollow dan Nofollow pada SEO

Jika kamu sudah mengetahui apa itu link nofollow dan apa itu link dofollow, selanjutnya kamu wajib mengetahui apa saja sih pengaruh kedua backlink tersebut untuk nilai SEO.

Untuk website yang mempunyai backlink ke website berkualitas baik, maka kualitas website itu tadi juga akan dianggap baik.

Bagi website lain

Jika website kamu akan kamu berikan backlink dofollow, maka secara otomatis kamu akan mengizinkan Google untuk membaca link terkait.

Hal tersebut akan menjadi keuntungan tersendiri untuk kamu karena website milikmu secara otomatis bisa memperoleh backlink.

Akan tetapi hal ini tidak akan memberikan pengaruh besar kalau backlink itu tadi merupakan nofollow.

Bagi website sendiri

Hal ini akan berlaku saat website milikmu memperoleh backlik, dari sini artikel akan mempengaruhi performa nilai SEO wesbite-mu.

Akan tetapi semua itu tidak bisa kita pukul rata untuk menaikan performa website. Hal tersebut disebabkan karena backlink yang diberikan kepada website milikmu memrupakan link nofollow.

Dari sini berarti link yang akan kamu letakkan dalam website itu tadi tidak akan terbaca dan terdeteksi oleh Google.

Agar performa website kamu bisa mendapatkan nilai yang baik, kamu harus memiliki backlink dofollow yang mumpuni.

Link dofollow bisa kamu pergunakan di dalam internal limk yang bisa mengarahkan konten lain dari website milikmu sendiri.

Mungkin sebagian dari kamu di sini berfikir bahwa membuat backlink dofollow dan nofollow di WrodPress sulit dan rumit, padahal sebenarnya tidak.

Dalam artikel ini akan dijelaskan runtutan cara membuat link dofollow dan juga link nofoloow dengan baik, mudah melalui editor WordPress maupun menggunakan plugin seperti berikut

Menambahkan Dofollow

Jika menambahkan link di dalam konten artikel, link akan secara otomatis menjadi sebagai dofollow. Berikut ini adalah langkah membuat link dofollow seperti

  1. Lakukan highlight teks/words yang akan kamu berikan link nofollow maupun link dofollow.
  2. Kemudian arahkan kursor keatas Gutenberg Block Editor lalu tekan CTRL+K
  3. Salin URL kemudian paste ke dalam box yang muncul.
  4. Selanjutnya klik di dalam pengaturan link, kemudian klik Open New Tab

Membuat Nofollow Menggunakan Editor WordPress

Menambahkan backlink nofollow itu mirip dengsan dofollow. Perbedaanya adalah terletak di beberapa tsambahan lain.

Dari sini kamu bisa ikut terlebih dahulu langkah berikut ini untuk mengganti dofollow menjadi nofollow seperti

  1. Klik icon titik tiga baris kebawah pada bagian atas block lalu kamu pilih Edit as HTML
  2. Selanuutnya kamu bisa melihat kode HTML Add Variabel rel=”nofollow” ke dalam baris link agar bisa membuat nofollow seperti baris kode <a href=”https://www.karsanusantara.com/” rel=”nofollow”>Karsa Nusantara</a>

Membuat Nofollow Menggunakan Plugin

Plugin ultimate nofollow adalah plugin yang cocok untuk kamu tipikal orang yang membutuhkan link nofollow yang secara otomatis semua atribut nofollow ke dalam beberapa tipe tautan seperti halnya komentar di blog.

Plugin jenis ini menyediakan solusi kemudahaan untuk memproses berbagai macam link nofollow di WordPress.

Ada beberapa kelebihan dari plugin jenis ini antara lain memberikan kamu bermacam-macam pilihan nofollow shrotcodes, menambahkan nofollow checkbox ke dalam tampilan reguler WordPress ‘Insert link’, dan juga secara otomatis menerapkan nofollow kesemua link.

Plugin jenis ini telah tersedia di semua repositori WordPress sehingga membuat kamu dapat langsung menginstalnya dengan melalui “Dashboard lalu ke Plugin kemudian ke Add New”.

Jika kam sudah menginstaknya, kamu hanya tinggal menambahkan link seperti biasanya.

Pastinya kamu akan terganggu dengan jenis komentar yang tidak sesuai dengan topik pembahasan artikel di dalam website milikmu.

Ada baiknya kamu segera mengatur link di kolom komentar website kamu menjadi nofollow. Kamu dapat mengaturnya secara otomatis nofollow ke semua link yang terdapat di blog kemontar kemudain akses Setting-Nofollow di dalam WordPress Dashboard.

Lalu centang Nofollow all links in comments? sebagai langkah untuk dapat menyisipkan beberapa link nofollow pada kolom komentar yang ada di kontenmu. Kemudian, kamu bisa klik Save Changes, agar dapat menyimpan perubahan tersebut.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah penjelasan soal link nofollow dan dofollow yang mungkin belum kamu tahu secara rinci. Mengoptimalkan penggunaan dua link tersebut dalam artikel bisnismu bisa membantu meningkatkan jangkaun konten promosimu, lho.

Dengan begitu, bisnis ataupun brand kosmetikmu akan menjangkau konsumen baru yang potensial. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan reputasi brand dengan membuat Website bisnismu berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Menarik, bukan?

Tak hanya link nofollow dan dofollow, kamu bisa mengetahui berbagai tips promosi dan branding produk kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Atau simak terus update terbaru dari laman media sosial Mash Moshem Indonesia, ya!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011