Strategi Emotional Marketing: Definisi, Kegunaan, dan Tip Menerapkannya
Hai, Beauty Preneurs! Pernahkah kamu melihat sebuah iklan lalu turut tersenyum karena iklan tersebut? Iklan tersebut menyajikan kebahagiaan yang membuatmu turut bahagia dan seperti menjadi bagian dari iklan. Sehingga kamu ngeh atau aware dengan brand dalam iklan tersebut.
Atau apakah kamu pernah merasakan sedih setelah melihat konten iklan? Kamu turut merasakan kesedihan yang ada dalam iklan tersebut, dan merasa relate dengan kehidupanmu. Sehingga kamu turut prihatin bahkan tertarik dengan brand yang ada pada iklan tersebut, lalu mencari tahu lebih dalam mengenai brand yang menggugah emosimu itu. Pernahkah kamu berbuat demikian?
Jika kamu pernah mengalaminya, berarti brand atau iklan tersebut telah berhasil melakukan brand awareness melalui strategi emotional marketing.
Pernahkah kamu mendengar istilah emotional marketing? Sebenarnya ada banyak jenis strategi marketing yang terbilang cukup efektif untuk menarik konsumen, salah satunya adalah emotional marketing.
Strategi jenis ini tengah populer karena memanfaatkan emosi konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Tidak hanya itu, emotional marketing juga mampu menarik konsumen merasa lebih dekat dan terhubung dengan suatu merek produk.
Jadi apa sebenarnya emotional marketing itu? Mengapa strategi marketing ini dikatakan efektif? Bagaimana tip menyiapkan strategi emotional marketing ini? Bagaimana cara mengukur efektivitas strategi emotional marketing?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab melalui penjelasan berikut. Simak sampai akhir, ya!
Apa itu Emotional Marketing?
Emotional marketing adalah upaya pemasaran dan periklanan yang menekankan pada emosi konsumen agar lebih mengingat, memperhatikan, lalu melakukan pembelian suatu produk.
Jenis marketing ini biasanya menggunakan emosi seperti kesedihan, kemarahan, kebahagiaan, bahkan ketakutan konsumen. Karena setiap manusia pasti memiliki emosi yang berpengaruh pada pengambilan keputusan.
Itu sebabnya, strategi marketing ini salah satu strategi yang jitu untuk menggaet konsumen karena membuat konsumen merasa lebih dekat dengan suatu merek atau brand, sehingga pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Iklan yang dapat menyentuh emosi penonton akan lebih relate dengan perasaan konsumen sehingga membuat mereka terdorong untuk mengenali suatu brand dan melakukan pembelian produk.
Hal-Hal yang Membuat Emotional Marketing Efektif
Berikut merupakan beberapa alasan yang membuat emotional marketing dapat dijadikan strategi andalan dalam dunia marketing.
Memudahkan Konsumen untuk Mengingat Brand
Ketika manusia mengalami fenomena yang membangkitkan emosi, entah kebahagiaan atau suatu hal yang membuat terkesan, manusia akan cenderung mengingat peristiwa tersebut.
Itu sebabnya iklan yang dapat menggugah emosi penonton akan lebih membekas di ingatan dan meningkatkan brand awareness.
Konten Akan Lebih Banyak Dibagikan
Konten atau Iklan yang kamu buat bisa saja banyak beredar di sosial media jika memang hal tersebut menarik perhatian. Dengan demikian, brand atau produk milikmu akan lebih mudah dikenal dan dijangkau banyak orang, apalagi jika banyak orang yang membagikan kontenmu.
Berpengaruh pada Keputusan Membeli
Meskipun ada banyak produk dengan kualitas yang sama, konsumen akan cenderung memilih produk yang memiliki ikatan emosional dengannya, itulah sebabnya emotional marketing ini sangat jitu untuk diterapkan dalam strategi pemasaran.
Karena ketika akan membeli sesuatu, konsumen akan cenderung berpikir sejenak dan emotional marketing inilah yang dapat bekerja dan berpengaruh pada keputusan membeli.
Menginspirasi Tindakan
Sebuah iklan yang powerful dan menggugah emosi dapat menginspirasi konsumen untuk melakukan suatu tindakan.
Contohnya, iklan yang mengkampanyekan hidup bersih karena kebersihan dapat membuat manusia merasa nyaman, kualitas hidup meningkat, dan badan pun menjadi sehat. Bisa saja hal tersebut menginspirasi konsumen untuk melakukan hal yang sama seperti yang kamu tampilkan dalam iklan.
Membangun Loyalitas Konsumen
Konsumen yang memiliki kedekatan emosional dengan suatu brand, cenderung akan lebih loyal bahkan merekomendasikan pada banyak orang. Konsumen yang loyal tentu akan sangat menguntungkan perusahaan.
Dengan demikian, emotional marketing merupakan strategi yang dapat diandalkan untuk membangun kedekatan dengan konsumen.
Tips Menyiapkan Strategi Emotional Marketing
Berikut merupakan tips yang dapat kamu lakukan untuk menyiapkan strategi emotional marketing. Simak, ya!
Kenali Konsumen dan Target Pasarmu
Hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengenali jenis konsumen dan target pasar yang ingin kamu capai. Cari tahulah hal yang menarik perhatian konsumen dan buatlah strategi untuk menarik emosi mereka.
Temukan Hal yang Bisa Menumbuhkan Inspirasi
Sesuatu yang menginspirasi tentulah hal-hal baik yang dapat menarik perhatian. Temukan hal-hal yang dapat menumbuhkan inspirasi bagi konsumen dan berkomitmen untuk itu.
Gunakan Lokasi Tertentu
Ketika membuat konten dengan lokasi tertentu, ternyata dapat membangkitkan rasa emosional konsumen, terlebih lagi yang tinggal di daerah tersebut. Mereka akan lebih mudah merasa terhubung dan dekat dengan brand.
Membuat Narasi Kampanye yang Menarik
Jika ingin banyak orang melihat konten iklan atau kampanyemu, pastikan narasi yang kamu buat menarik hati mereka, agar emosi mereka terhubung dengan brandmu. Dengan begitu, brandmu akan dapat konsumen ingat dengan baik.
Menggunakan Warna Khusus
Penggunaan warna pada desain konten merupakan hal yang penting. Karena warna dapat membangkitkan emosi tertentu.
Seperti warna putih yang melambangkan kedamaian dan keanggunan, warna hijau yang melambangkan kesegaran dan keseimbangan, dan lain-lain. Pastikan menyesuaikan warna dengan konsep brandmu.
Cara Mengukur Efektivitas Strategi Emotional Marketing
Layaknya strategi pemasaran lainnya, efektivitas strategi emotional marketing juga harus diukur. Bagaimana caranya?
Cek Subscriber, Clickbait, Viewer, dan Pembelian
Jika memiliki akun sosial media, tentu kamu dapat melihat seberapa besar audience melihat atau tertarik dengan kontenmu. Hal ini cukup mudah dilakukan, karena pergerakan grafik audience dapat dipantau melalui sosial media yang kamu pegang. Kamu dapat mengecek followers, views, likes, dan interaksi audiens terhadap kontenmu di sosial media.
Cek juga pembelian di e-commerce atau marketplace kamu, apakah cukup banyak yang melihat produkmu atau tidak, banyak pembeli yang membeli ataukah tidak. Jika kamu melakukan penjualan di sosial media dan e-commerce hal ini lebih mudah bagimu untuk melakukan pemantauan.
Jika memang banyak orang yang mengklik, melihat, dan menshare kontenmu, berarti dapat dikatakan kontenmu memang menarik perhatian, apalagi jika banyak konsumen yang membeli produkmu, maka, strategi emotional marketing yang kamu lakukan berhasil menarik hati konsumen di pasaran.
Jangan lupa untuk terus melakukan inovasi yang menarik dan unik agar konsumen senantiasa tertarik dengan brandmu dan bahkan menjadi pelanggan yang loyal jika kamu berhasil menarik emosi mereka dan membuat mereka merasa terhubung dengan brandmu.
Mengadakan Survei
Jika kamu ingin hasil yang lebih spesifik dan jujur, cara yang paling mungkin dilakukan adalah melakukan survei pelanggan. Kamu dapat memberikan pertanyaan atau opsi tentang produk atau konten yang telah kamu luncurkan di pasaran kepada audience.
Hasil dari survei ini akan lebih spesifik dibandingkan memantau grafik dari sosial media. Brand owner jadi lebih tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan, hal apa saja yang menarik perhatian mereka, apa yang menarik tentang brand atau kampanyemu, bahkan hal apa yang bisa kamu perbaiki ke depannya.
Untuk itu, pengadaan survei dapat dilakukan sebagai ruang umpan balik dari konten yang telah kamu luncurkan di pasaran.
Nah Beauty Preneurs, itu dia informasi mengenai strategi emotional marketing yang dapat membantu brand atau produkmu dikenal di pasaran dan dibeli banyak orang.
Jika kamu membutuhkan jasa maklon kosmetik atau skincare untuk bisnismu, Mash Moshem Indonesia akan siap membantumu untuk mewujudkannya.
Mash Moshem Indonesia merupakan jasa maklon terbaik yang dapat kamu ajak berpartner dalam penciptaan produk skincare ataupun kosmetik yang sesuai dengan keinginanmu. Bersama tim profesional kami yang handal dan terpercaya, kamu dapat merencanakan dan menyusun konsep produk terbaikmu.
Strategi emotional marketing tentu dapat kamu terapkan bersama kami. Kami dapat membantu proses pemasaran produkmu dengan layanan after sales, seperti pembuatan konten video, brosur, dan product knowledge. Sungguh menarik, bukan?
Kamu berminat? Ayo segera komunikasikan dengan kami melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Atau kamu juga bisa menghubungi tim pemasaran kami melalui nomor yang tertera di Contact Us. See you, Beauty Preneurs!