Formula dan Bahan

6 Cara Menggunakan Retinol dan Niacinamide agar Kulit Cerah

cara penggunaan retinol dan niacinamide

Menggabungkan retinol dan niacinamide dalam rutinitas perawatan kulit adalah cara efektif untuk mencapai kulit yang glowing dan sehat. Retinol dan niacinamide dikenal dengan manfaat yang luar biasa, mulai dari mengurangi tanda-tanda penuaan hingga memperbaiki tekstur kulit. 

Namun, diperlukan pemahaman mengenai cara penggunaan retinol dan niacinamide, agar hasilnya tetap optimal dan sedikit iritasi. Dengan cara penggunaan retinol dan niacinamide yang tepat, Anda dapat memperoleh hasil terbaik tanpa risiko yang berlebihan.

Ketika digunakan secara bersamaan,retinol dan niacinamide saling melengkapi dalam memperbaiki berbagai masalah kulit. Sebelum mencoba menggabungkan produk retinol dan niacinamide, yuk ketahui cara penggunaan retinol dan niacinamide yang tepat.

Jangan sembarangan mengaplikasikan retinol dan niacinamide, ya! Bukannya memperoleh kulit yang sehat, kamu malah mengalami iritasi jika tidak menerapkan cara penggunaan retinol dan niacinamide yang benar. Yuk, ketahui cara penggunaan retinol dan niacinamide yang benar serta manfaat kombinasi retinol & niacinamide pada artikel ini.

6 Cara Menggunakan Retinol dan Niacinamide

Memahami dan menerapkan cara penggunaan retinol dan niacinamide sangat penting untuk merawat kulit dengan efektif. Kamu bisa memperoleh manfaat retinol & niacinamide dengan maksimal, tanpa mengalami iritasi. Yuk, ketahui panduan cara penggunaan retinol dan niacinamide yang tepat:

Memilih Produk Retinol & Niacinamide yang Tepat

Pilih retinol dengan konsentrasi yang sesuai untuk kulitmu, jika kamu baru memulai penggunaan retinol, gunakan retinol dengan konsentrasi rendah (0,01% – 1%). Sementara untuk niacinamide, pilih produk dengan konsentrasi sekitar 5-10% untuk hasil yang optimal. 

Bersihkan Wajah Sebelum Pakai Retinol & Niacinamide

Cara penggunaan retinol dan niacinamide adalah wajib membersihkan wajah terlebih dahulu. Kulit wajah yang bersih akan meningkatkan penyerapan bahan aktif pada retinol dan niacinamide. Pastikan wajah benar-benar kering sebelum mengaplikasikan niacinamide dan retinol.

Mengaplikasikan Retinol & Niacinamide Sesuai Urutan

Sebaiknya gunakan retinol dan niacinamide di malam hari, karena retinol sangat sensitif terhadap matahari dan bisa membuat kulitmu jadi merah. Cara penggunaan retinol dan niacinamide adalah, aplikasikan niacinamide terlebih dahulu sebelum menggunakan retinol. 

Niacinamide membantu memperkuat skin barrier, sehingga bisa mengurangi risiko iritasi dari retinol. Sebelum mengaplikasikan retinol, pastikan niacinamide sudah benar-benar meresap dengan sempurna. 

Jangan Menggunakan Bahan Aktif yang Iritan Bersamaan dengan Retinol

Hindari penggunaan bahan-bahan aktif yang “keras” seperti AHA, BHA, atau benzoyl peroxide secara bersamaan dengan retinol. Kombinasi retinol dengan kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko iritasi dan membuat kulit lebih sensitif. Jika ingin menggunakan kandungan yang “keras” tersebut, kamu bisa memakainya sehari setelah penggunaan retinol.

Memakai Sunscreen Setelah Mengaplikasikan Retinol & Niacinamide

Retinol dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, oleh karena itu kamu wajib mengaplikasikan sunscreen.Akan sia-sia jika kamu memakai retinol & niacinamide, tapi tidak rajin mengaplikasikan sunscreen. Kulitmu bisa rusak akibat sinar matahari, dan kamu tidak bisa merasakan efek dari pemakaian retinol dan niacinamide.

Pakai Pelembab Setelah Retinol & Niacinamide

Setelah mengaplikasikan retinol dan niacinamide, selalu lanjutkan dengan pelembab wajah. Gunakan pelembab setelah retinol dan niacinamide menyerap. Pelembab membantu mengunci kelembaban, serta mengurangi risiko wajah menjadi kering akibat retinol.



Manfaat Kombinasi Retinol dan Niacinamide

Setelah memahami serta menerapkan cara penggunaan retinol dan niacinamide yang tepat, kamu akan merasakan manfaat dari kombinasi kedua kandungan tersebut. Apa saja kah manfata dari kombinasi retinol dan niacinamide?

Retinol & Niacinamide Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Retinol dikenal efektif dalam merangsang produksi kolagen, sehingga meningkatkan elastisitas kulit, serta membantu mengurangi garis halus dan kerutan.Niacinamide juga dapat meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kombinasi kedua kandungan ini bisa membuat kulit terlihat lebih muda dan segar.

Retinol & Niacinamide Menyamarkan Hiperpigmentasi dan Bekas Jerawat

Retinol membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit, sehingga membuat noda hitam dan bekas jerawat dapat pudar dengan lebih cepat. Sementara niacinamide mampu meredakan peradangan dan mengurangi produksi melanin, maka dari itu kombinasi kedua bahan ini mampu membuat kulit tampak lebih cerah dan merata.

Retinol & Niacinamide Mengendalikan Produksi Minyak Berlebih

Retinol mampu mengatur siklus pergantian sel kulit, sehingga pori-pori tidak tersumbat. Niacinamide mengontrol produksi sebum atau minyak alami di kulit agar tidak berlebihan, sehingga dengan menggunakan retinol dan niacinamide secara bersamaan bisa membantu mencegah jerawat & komedo, serta menyeimbangkan kulit, tidak terlalu berminyak atau kering.

Baca juga: “Kadar Retinol yang Aman untuk Semua Jenis Kulit

Retinol & Niacinamide Meredakan Iritasi

Apabila tidak memahami cara penggunaan retinol dan niacinamide yang tepat, retinol bisa menyebabkan iritasi. Nah, di sini lah niacinamide berperan penting sebagai penenang yang meredakan kemerahan dan iritasi akibat penggunaan retinol.

Retinol & Niacinamide Memperbaiki Fungsi Skin Barrier

Retinol bisa membuat kulit lebih sensitif, dan niacinamide membantu memperkuat lapisan skin barrier. Skin barrier yang kuat mampu mencegah kehilangan kelembaban alami dari dalam kulit, sehingga kombinasi ini kedua bahan ini bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.

Retinol & Niacinamide Meningkatkan Penyerapan Nutrisi Kulit

Retinol mempercepat pergantian sel kulit, sehingga kulit bisa lebih cepat menyerap produk lain. Sementara niacinamide bekerja efektif dalam menjaga keseimbangan kadar air di kulit, dan pada kulit yang lebih bersih dan sehat, bahan aktif dari produk skincare yang lain lebih mudah diserap. Kombinasi retinol & niacinamide membuat hasil perawatan kulit menjadi lebih optimal.

Cara Membuat Skincare dengan Kandungan Retinol dan Niacinamide

Memahami cara penggunaan retinol dan niacinamide saja tidak lah cukup. Kamu juga harus menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol dan niacinamide yang berkualitas. Kamu bisa menggunakan jasa maklon untuk menghasilkan skincare dengan kandungan retinol dan niacinamide, yuk ikuti panduannya:

Menyusun Rencana Bisnis & Konsep Produk Retinol & Niacinamide

Kamu wajib menyusun rencana bisnis serta konsep skincare dengan retinol dan niacinamide terlebih dahulu, agar nantinya tidak salah langkah dalam membuat keputusan. Perusahaan maklon menyediakan sesi konsultasi agar kamu bisa mendiskusikan rencana bisnis serta konsep produk retinol dan niacinamide.

Ada berbagai hal terkait rencana bisnis produk retinol dan niacinamide yang bisa kamu bahas. Contohnya: jenis produk skincare apa yang ingin dibuat dengan kandungan retinol dan niacinamide, harga jual, target konsumen, analisis kompetitor, serta apa saja kelebihan yang ingin ditonjolkan dari produkmu.

Baca juga: “Apakah Retinol Boleh Digabung dengan Salicylic Acid?

Meracik Formulasi Produk Retinol & Niacinamide

Tahap selanjutnya adalah pembuatan formula serta sampel produk retinol & niacinamide yang dilakukan oleh tim research and development (R&D). Berikutnya, kamu akan diberikan sampel produk retinol dan niacinamide. Kamu diberi kesempatan untuk mengajukan revisi apabila sampel produk retinol dan niacinamide belum sesuai dengan keinginanmu.

Produksi Massal Produk Retinol & Niacinamide

Skincare dengan kandungan retinol dan niacinamide diproduksi massal berdasarkan sampel yang telah disetujui. Banyaknya jumlah skincare retinol dan niacinamide yang diproduksi mengacu kepada minimum order quantity (MOQ) yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan maklon.

Perusahaan maklon yang berpengalaman mampu memproduksi skincare dengan retinol dan niacinamide dalam waktu singkat. Hal ini karena perusahaan maklon menggunakan fasilitas produksi yang canggih, serta tenaga kerja ahli yang telah berpengalaman dalam memproduksi produk retinol dan niacinamide.

Mendaftarkan Perizinan Skincare dengan Retinol & Niacinamide

Perusahaan maklon akan mendaftarkan produk retinol dan niacinamide ke BPOM. Izin edar BPOM sangat dibutuhkan, agar produk retinol dan niacinamide bisa dipasarkan secara aman dan legal.

Membuat Desain Kemasan Skincare dengan Retinol & Niacinamide

Tak perlu khawatir kalau kamu tidak jago desain, karena perusahaan maklon menyediakan tim desain untuk menciptakan desain kemasan produk retinol dan niacinamide. Selain menarik secara visual, tim desain juga akan membuatkan desain kemasan produk retinol dan niacinamide yang sesuai dengan identitas brand dan target pasar.

Kamu juga bisa memberikan request terkait desain kemasan produk retinol dan niacinamide kepada tim desain. Contohnya: melampirkan cara penggunaan retinol dan niacinamide pada label kemasan secara singkat dan padat, tanggal produksi & expired produk, serta kadar atau persentase retinol & niacinamide

Memasarkan Produk Retinol & Niacinamide

Pemasaran skincare dengan kandungan retinol dan niacinamide juga bisa dibantu oleh perusahaan maklon. Fasilitas pemasaran yang disediakan yaitu: foto katalog produk retinol & niacinamide, video promosi, mengelola akun media sosial & marketplace, hingga mendistribusikan produk retinol & niacinamide kepada reseller atau mitra.

Kamu juga bisa menggunakan strategi soft-selling untuk memasarkan produk retinol & niacinamide. Dalam video promosi, kamu bisa menjelaskan tutorial cara penggunaan retinol dan niacinamide yang tepat.

Cara penggunaan retinol dan niacinamide juga harus disertai dengan produk yang berkualitas. Kamu bisa mewujudkan produk retinol & niacinamide yang aman, berkualitas, dan efektif di PT Mash Moshem Indonesia, perusahaan maklon produk kosmetik yang telah berpengalaman sejak tahun 2011.

Seluruh proses produksi retinol & niacinamide akan mematuhi standar CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik), sehingga kualitas dan keamanan produkmu terjamin. Yuk, diskusikan lebih lanjut rencana bisnis produk retinol & niacinamide dengan klik tombol di bawah ini!